Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Beras di Solo Naik

harga beras, beras, solo

Posted on 09 Jan 2013. Hits : 389

Harga beras di Kota Solo, Jawa Tengah pada musim penghujan ini naik antara Rp200 sampai Rp500 per kilogram.

"Kenaikan harga beras yang terjadi karena harga pasokan dari sentra beras juga sudah naik, selain tingginya curah hujan menyebabkan petani kewalahan dalam proses pengeringan gabah," kata Listyowati, pedagang besar beras di kawasan Pasar Legi, Solo, Rabu.

Listyowati mengatakan jenis beras kualitas rendah harganya sekitar Rp. 6.700,- per kilogram, sedang untuk C4 kualitas biasa berkisar Rp. 7.000,- hingga Rp. 7.500,- per kilogram, dan untuk jenis C4 kualitas super dan Menthik berkisar Rp. 8.500,- hingga Rp. 9.000,- per kilogram.

"Harga tersebut adalah harga distributor, sedang harga untuk konsumen tentu saja lebih tinggi namun kenaikan harga hampir sama, dalam kisaran Rp 200,- hingga Rp 500,- per kilogram," katanya.

Hal senada juga dikatakan oleh Ali yang merupakan pedagang beras Pasar Legi, Solo, bahwa kenaikan harga beras sekarang ini salah satunya dipengaruhi oleh faktor musim yakni musim penghujan.

Ia mengatakan bahwa harga dari distributor memang sudah naik sejak pertengahan Desember 2012 lalu. Kenaikan kembali terjadi sehari jelang Tahun Baru 2013, seiring tingginya curah hujan.

"Sejak curah hujan tinggi, bahkan ditambah lagi di beberapa daerah penghasil beras di sekitar kota Solo terkena musibah banjir, harga beraspun mengalami kenaikan," kata Ali.(ant/as)

PAD Semester Pertama Penuhi Target

Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Payakumbuh berhasil memenuhi target pendapatan asli daerah tahun anggaran 2014 sebesar 50,09 persen, atau Rp30.

Soekarno-Hatta Kebanjiran Pesawat Cadangan

Sejumlah maskapai penerbangan di Bandara Soekarno - Hatta, menyiapkan tambahan pesawat cadangan selama arus mudik lebaran 2014, guna mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang.

Pusat Perbelanjaan Ramai Pengunjung

Sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Palembang ramai dikunjungi pembeli untuk mencari berbagai keperluan dalam menghadapi lebaran yang tinggal beberapa hari lagi.

Jokowi Jadi Perhatian Timur Tengah

Terpilihnya Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia untuk masa bakti 2014-2019 menjadi perhatian media massa di kawasan Timur Tengah (Timteng) dengan beragam judul berita.

Prof Eko Ilmuwan Lintas Disiplin

KH Ahmad Mustofa Bisri yang akrab disapa Gus Mus mengenang mendiang Profesor Eko Budihardjo sebagai sosok ilmuwan yang memiliki banyak pergaulan di lintas disiplin ilmu.