Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Beras di Solo Naik

harga beras, beras, solo

Posted on 09 Jan 2013. Hits : 401

Harga beras di Kota Solo, Jawa Tengah pada musim penghujan ini naik antara Rp200 sampai Rp500 per kilogram.

"Kenaikan harga beras yang terjadi karena harga pasokan dari sentra beras juga sudah naik, selain tingginya curah hujan menyebabkan petani kewalahan dalam proses pengeringan gabah," kata Listyowati, pedagang besar beras di kawasan Pasar Legi, Solo, Rabu.

Listyowati mengatakan jenis beras kualitas rendah harganya sekitar Rp. 6.700,- per kilogram, sedang untuk C4 kualitas biasa berkisar Rp. 7.000,- hingga Rp. 7.500,- per kilogram, dan untuk jenis C4 kualitas super dan Menthik berkisar Rp. 8.500,- hingga Rp. 9.000,- per kilogram.

"Harga tersebut adalah harga distributor, sedang harga untuk konsumen tentu saja lebih tinggi namun kenaikan harga hampir sama, dalam kisaran Rp 200,- hingga Rp 500,- per kilogram," katanya.

Hal senada juga dikatakan oleh Ali yang merupakan pedagang beras Pasar Legi, Solo, bahwa kenaikan harga beras sekarang ini salah satunya dipengaruhi oleh faktor musim yakni musim penghujan.

Ia mengatakan bahwa harga dari distributor memang sudah naik sejak pertengahan Desember 2012 lalu. Kenaikan kembali terjadi sehari jelang Tahun Baru 2013, seiring tingginya curah hujan.

"Sejak curah hujan tinggi, bahkan ditambah lagi di beberapa daerah penghasil beras di sekitar kota Solo terkena musibah banjir, harga beraspun mengalami kenaikan," kata Ali.(ant/as)

Perdana Menteri Yaman Mundur

Perdana Menteri Yaman Mohammed Basindawa mundur dari jabatannya pada Minggu waktu setempat di tengah bentrokan berdarah selama seminggu antara militer angkatan bersenjata dan kelompok gerilyawan Syiah di Ibukota Sanaa, demikian laporan Kantor Berita Xinhua.

Disnakertras Harapkan UMK 2015 Sesuai KHL Buruh

Aparat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mengharapkan Upah Minimum Kabupaten 2015 diharapkan sesuai dengan kebutuhan hidup layak para buruh di wilayah ini.

Demonstrasi Perubahan Iklim Libatkan 100.000 Orang Di New York

Para pemimpin dunia, termasuk Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon, dijadwalkan bergabung dengan para petani, nelayan, anak-anak serta kalangan lainnya dalam demonstrasi pada Minggu untuk mendesak aksi menanggulangi perubahan iklim.

Pesisir Selatan Perkirakan Produksi Kerapu 156 Ton

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, memproyeksi produksi ikan kerapu budidaya daerah itu hingga akhir 2014 mencapai 156 ton.

Pemerintah Bantah Bubarkan Hansip

Pemerintah membantah telah membubarkan Pertahanan Sipil (Hansip) melalui pencabutan Keppres Nomor 55 Tahun 1972 tentang Penyempurnan Organisasi Pertahanan Sipil (Hansip) dan Organisasi Perlawanan dan Keamanan Rakyat (Wankamra).