Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Beras di Solo Naik

harga beras, beras, solo

Posted on 09 Jan 2013. Hits : 401

Harga beras di Kota Solo, Jawa Tengah pada musim penghujan ini naik antara Rp200 sampai Rp500 per kilogram.

"Kenaikan harga beras yang terjadi karena harga pasokan dari sentra beras juga sudah naik, selain tingginya curah hujan menyebabkan petani kewalahan dalam proses pengeringan gabah," kata Listyowati, pedagang besar beras di kawasan Pasar Legi, Solo, Rabu.

Listyowati mengatakan jenis beras kualitas rendah harganya sekitar Rp. 6.700,- per kilogram, sedang untuk C4 kualitas biasa berkisar Rp. 7.000,- hingga Rp. 7.500,- per kilogram, dan untuk jenis C4 kualitas super dan Menthik berkisar Rp. 8.500,- hingga Rp. 9.000,- per kilogram.

"Harga tersebut adalah harga distributor, sedang harga untuk konsumen tentu saja lebih tinggi namun kenaikan harga hampir sama, dalam kisaran Rp 200,- hingga Rp 500,- per kilogram," katanya.

Hal senada juga dikatakan oleh Ali yang merupakan pedagang beras Pasar Legi, Solo, bahwa kenaikan harga beras sekarang ini salah satunya dipengaruhi oleh faktor musim yakni musim penghujan.

Ia mengatakan bahwa harga dari distributor memang sudah naik sejak pertengahan Desember 2012 lalu. Kenaikan kembali terjadi sehari jelang Tahun Baru 2013, seiring tingginya curah hujan.

"Sejak curah hujan tinggi, bahkan ditambah lagi di beberapa daerah penghasil beras di sekitar kota Solo terkena musibah banjir, harga beraspun mengalami kenaikan," kata Ali.(ant/as)

Pencari Suaka Afghanistan Rela Tinggal Berdesakan

Meski berdesakan tinggal di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) di Lamaru, Balikpapan Timur, ratusan pencari suaka asal Afghanistan dan Iran tetap terlihat gembira.

Kalbar Miliki Gereja Katolik Berkapasitas 3.000 Orang

Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis meresmikan Gereja Katedral Santo Yosef Pontianak yang mampu menampung sekitar tiga ribu orang di Pontianak, Jumat.

Pemkab Bekasi Upayakan Bantuan Perahu Bagi Nelayan

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sedang mengupayakan pemberian bantuan perahu kepada para nelayan di pesisir laut Muaragembong pada 2015.

Pemkab Bekasi Fasilitasi Petugas Dishub Motor Trail

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memfasilitasi personel Dinas Perhubungan setempat dengan motor trail guna memaksimalkan kinerja pelayanan lalu lintas.

BPBD Padangpariaman Imbau Warga Waspadai Bencana Banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Padangpariaman mengimbau masyarakat agar tetap mewaspadai cuaca ekstrim disertai ancaman bencana alam seperti, banjir dan longsor, terutama bagi warga di daerah rawan bencana.