Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Beras di Solo Naik

harga beras, beras, solo

Posted on 09 Jan 2013. Hits : 401

Harga beras di Kota Solo, Jawa Tengah pada musim penghujan ini naik antara Rp200 sampai Rp500 per kilogram.

"Kenaikan harga beras yang terjadi karena harga pasokan dari sentra beras juga sudah naik, selain tingginya curah hujan menyebabkan petani kewalahan dalam proses pengeringan gabah," kata Listyowati, pedagang besar beras di kawasan Pasar Legi, Solo, Rabu.

Listyowati mengatakan jenis beras kualitas rendah harganya sekitar Rp. 6.700,- per kilogram, sedang untuk C4 kualitas biasa berkisar Rp. 7.000,- hingga Rp. 7.500,- per kilogram, dan untuk jenis C4 kualitas super dan Menthik berkisar Rp. 8.500,- hingga Rp. 9.000,- per kilogram.

"Harga tersebut adalah harga distributor, sedang harga untuk konsumen tentu saja lebih tinggi namun kenaikan harga hampir sama, dalam kisaran Rp 200,- hingga Rp 500,- per kilogram," katanya.

Hal senada juga dikatakan oleh Ali yang merupakan pedagang beras Pasar Legi, Solo, bahwa kenaikan harga beras sekarang ini salah satunya dipengaruhi oleh faktor musim yakni musim penghujan.

Ia mengatakan bahwa harga dari distributor memang sudah naik sejak pertengahan Desember 2012 lalu. Kenaikan kembali terjadi sehari jelang Tahun Baru 2013, seiring tingginya curah hujan.

"Sejak curah hujan tinggi, bahkan ditambah lagi di beberapa daerah penghasil beras di sekitar kota Solo terkena musibah banjir, harga beraspun mengalami kenaikan," kata Ali.(ant/as)

SatPol PP Lombok Barat Gusur PKL Membandel

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, menggusur puluhan lapak pedagang kaki lima mulai dari kawasan Jalan TGH Lopan hingga Giri Menang Square karena dinilai melanggar aturan.

Dinsos Perhatikan Bakat Seni Anak Jalanan

Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta rencananya akan memberikan perhatian khusus terhadap bakat atau talenta yang dimiliki anak jalanan di bidang seni dan budaya.

DPRD Minta Dishub Pantau Truk Batu Bara

DPRD Batanghari, Jambi melalui Ketua Komisi II M. Amin.

Pemkab Bekasi Pastikan Venue Porda Jabar Siap

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memastikan seluruh venue atau arena pertandingan Pekan Olahraga Daerah Jabar XII/2014 telah siap dipergunakan pada November mendatang.

Ajak Generasi Muda Lebih Cintai Angkutan Umum, UPL TransJakarta Adakan 'TJ Goes to School'

Program TJ Goes to School digulirkan dengan tujuan masyarakat dan generasi muda lebih menyukai angkutan umum daripada pribadi.