Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Beras di Solo Naik

harga beras, beras, solo

Posted on 09 Jan 2013. Hits : 401

Harga beras di Kota Solo, Jawa Tengah pada musim penghujan ini naik antara Rp200 sampai Rp500 per kilogram.

"Kenaikan harga beras yang terjadi karena harga pasokan dari sentra beras juga sudah naik, selain tingginya curah hujan menyebabkan petani kewalahan dalam proses pengeringan gabah," kata Listyowati, pedagang besar beras di kawasan Pasar Legi, Solo, Rabu.

Listyowati mengatakan jenis beras kualitas rendah harganya sekitar Rp. 6.700,- per kilogram, sedang untuk C4 kualitas biasa berkisar Rp. 7.000,- hingga Rp. 7.500,- per kilogram, dan untuk jenis C4 kualitas super dan Menthik berkisar Rp. 8.500,- hingga Rp. 9.000,- per kilogram.

"Harga tersebut adalah harga distributor, sedang harga untuk konsumen tentu saja lebih tinggi namun kenaikan harga hampir sama, dalam kisaran Rp 200,- hingga Rp 500,- per kilogram," katanya.

Hal senada juga dikatakan oleh Ali yang merupakan pedagang beras Pasar Legi, Solo, bahwa kenaikan harga beras sekarang ini salah satunya dipengaruhi oleh faktor musim yakni musim penghujan.

Ia mengatakan bahwa harga dari distributor memang sudah naik sejak pertengahan Desember 2012 lalu. Kenaikan kembali terjadi sehari jelang Tahun Baru 2013, seiring tingginya curah hujan.

"Sejak curah hujan tinggi, bahkan ditambah lagi di beberapa daerah penghasil beras di sekitar kota Solo terkena musibah banjir, harga beraspun mengalami kenaikan," kata Ali.(ant/as)

Penjualan Sapi Kurban Mulai Meningkat

Penjualan sapi kurban di Kota Pekanbaru, Riau, mulai menunjukan peningkatan meski pelaksanaan Idul Adha masih berjarak satu bulan lagi.

Ahok Ancam Pengusaha Mikrolet

Kemacetan di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat sepertinya sulit diatasi.

Bus Wisata Perlu Dikelola Lebih Profesional

Keberadaan bus tingkat wisata atau Bus City Tour dengan tujuan keliling Jakarta disambut antusias warga ibu kota.

85 Persen Pasien RSUD Berasal Dari BPJS

Sekitar 85 persen pasien Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berasal dari peserta Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kesehatan menyusul tingginya masyarakat terhadap jaminan sosial kesehatan tersebut.

Kawasan Marunda Akan Dilengkapi Sirkuit Motor

Pemprov DKI Jakarta membatalkan rencana pembangunan sirkuit sepeda motor di kawasan Marunda, Cilincing.