Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Bahan Bangunan di Pangkalpinang Stabil

harga bahan bangunan, bahan bangunan, pangkalpinang, bangka belitung

Posted on 09 Nov 2012. Hits : 589

Harga berbagai jenis bahan bangunan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pekan ini masih stabil seiring pasokan barang dari Jawa dan Sumatera berjalan lancar.

"Stok barang saat ini juga masih cukup untuk memenuhi permintaan konsumen hingga dua minggu ke depan," kata Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel, Ridwan di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, berdasarkan pemantauan perkembangan harga bahan bangunan selama satu minggu terakhir, harga semen merk Tiga Roda Rp62.000 per 50 kilogram (kg), semen merk Holcim Rp60.000 per 50 kg dan semen merk Bosowa Rp58.000 per 50 kg.

Kemudian harga seng gelombang tebal 2 mm seharga Rp19.500 per lebar, tebal 3 mm Rp36.600 per lembar dan untuk seng plat masih kosong.

Sementara itu, perkembangan harga bahan utama kontruksi bangunan seperti besi juga masih stabil yaitu untuk ukuran 6 mm Rp31.000 per batang, ukuran 8 mm Rp47.000 per batang, ukuran 10 mm Rp65.000 per batang dan ukuran 12 mm Rp105.000 per batang.

"Dilihat secara umum perkembangan harga barang termasuk bahan bangunan di Pangkalpinang cenderung lebih tinggi karena hampir 80 persen barang yang beredar di pasaran merupakan kiriman dari Jawa dan Sumatera," katanya.

Menurut dia, jarak pengiriman barang yang terlalu jauh ke Bangka tentunya memerlukan biaya tinggi sehingga secara otomatis perkembangan harga di pasaran cenderung lebih tinggi.

Sementara itu, Disperindag selalu mengimbau para pengusaha toko bangunan agar terus meningatkan stok barang untuk mengantisipasi adanya kelangkaan barang akibat terhambatnya pengiriman dari luar daerah tersebut.

"Selain itu, kami juga melakukan pemantauan harga barang secara rutin untuk mengantisipasi adanya permainan harga barang yang cenderung memberatkan konsumen," katanya.

Menurut Ridwan, jika nantinya ditemukan ada pedagang yang mempermainkan harga atau menaikkan harga, maka pemerintah akan mengambil tindakan tegas agar tidak merugikan masyarakat. (ant/as)

Kabut Asap di Kalteng Makin Parah

Kabut asap akibat kebakaran lahan semakin parah sehingga dikeluhkan masyarakat Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, karena sudah sangat mengganggu kesehatan dan aktivitas rutin mereka.

Batam Tawarkan Wisata Memancing dan Menyelam

Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menawarkan wisata memancing dan menyelam dalam Batam Fishing Diving and Sport Toursim (BFST) di Pulau Abang, 18-19 Oktober 2014.

Edukasi Asuransi ke Mahasiswa Kembangkan Pasar

Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI) Hendrisman Rahim mengatakan sosialisasi maupun edukasi asuransi kepada mahasiswa dapat mengembangkan pasar Indonesia yang relatif masih rendah.

Pekerja Freeport Dirikan Tenda di Tengah Jalan

Aksi massa seribuan pekerja di kawasan tambang PT Freeport Indonesia yang berlangsung di ruas jalan mile 72 Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, masih terus berlanjut, bahkan pendemo mendirikan tenda di tengah jalan utama menuju tambang.

Permintaan Hewan Kurban di Jaksel Turun

Permintaan hewan kurban di Jakarta Selatan (Jaksel), menurun seiring harga hewan kurban tersebut mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah.