Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Bahan Bangunan di Pangkalpinang Stabil

harga bahan bangunan, bahan bangunan, pangkalpinang, bangka belitung

Posted on 09 Nov 2012. Hits : 589

Harga berbagai jenis bahan bangunan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pekan ini masih stabil seiring pasokan barang dari Jawa dan Sumatera berjalan lancar.

"Stok barang saat ini juga masih cukup untuk memenuhi permintaan konsumen hingga dua minggu ke depan," kata Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel, Ridwan di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, berdasarkan pemantauan perkembangan harga bahan bangunan selama satu minggu terakhir, harga semen merk Tiga Roda Rp62.000 per 50 kilogram (kg), semen merk Holcim Rp60.000 per 50 kg dan semen merk Bosowa Rp58.000 per 50 kg.

Kemudian harga seng gelombang tebal 2 mm seharga Rp19.500 per lebar, tebal 3 mm Rp36.600 per lembar dan untuk seng plat masih kosong.

Sementara itu, perkembangan harga bahan utama kontruksi bangunan seperti besi juga masih stabil yaitu untuk ukuran 6 mm Rp31.000 per batang, ukuran 8 mm Rp47.000 per batang, ukuran 10 mm Rp65.000 per batang dan ukuran 12 mm Rp105.000 per batang.

"Dilihat secara umum perkembangan harga barang termasuk bahan bangunan di Pangkalpinang cenderung lebih tinggi karena hampir 80 persen barang yang beredar di pasaran merupakan kiriman dari Jawa dan Sumatera," katanya.

Menurut dia, jarak pengiriman barang yang terlalu jauh ke Bangka tentunya memerlukan biaya tinggi sehingga secara otomatis perkembangan harga di pasaran cenderung lebih tinggi.

Sementara itu, Disperindag selalu mengimbau para pengusaha toko bangunan agar terus meningatkan stok barang untuk mengantisipasi adanya kelangkaan barang akibat terhambatnya pengiriman dari luar daerah tersebut.

"Selain itu, kami juga melakukan pemantauan harga barang secara rutin untuk mengantisipasi adanya permainan harga barang yang cenderung memberatkan konsumen," katanya.

Menurut Ridwan, jika nantinya ditemukan ada pedagang yang mempermainkan harga atau menaikkan harga, maka pemerintah akan mengambil tindakan tegas agar tidak merugikan masyarakat. (ant/as)

Militan Libya Rebut Ladang Minyak

Militan Libya dilaporkan merebut setidaknya dua ladang minyak di Libya bagian tengah pada Selasa (3/3), demikian ujar juru bicara keamanan industri minyak negara itu kepada AFP, Rabu.

Kasus DBD Pekanbaru Terus Meningkat Capai 283

Dalam dua bulan, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di KotaPekanbaru terus mengalami peningkatan yang tajam, meski Pemerintah Kota (pemko) sudah menerbitkan edaran penanggulangan dengan gotong-royong massal di wilayah itu.

Hollande Rencanakan Kunjungan Pertama Presiden Prancis ke Kuba

Presiden Francoise Hollande akan menjadi kepala negara Prancis pertama yang mengunjungi Kuba pada Mei mendatang sebagai pertanda mencairnya hubungan antara negara komunis tersisih itu dengan Eropa dan Amerika Serikat.

Distanbun Data Kerusakan Tanaman Akibat Banjir

Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), telah mengirim tim untuk melakukan pendataan terhadap kerusakan tanaman padi dan jagung di Kabupaten Sikka akibat disapu banjir.

Kartu Tani Diuji Cobakan di Batang

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia mengujicobakan kartu tani untuk 300 petani di lapangan Desa Lebo, Grinsing, Kabupaten Batang, Rabu.