Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Bahan Bangunan di Pangkalpinang Stabil

harga bahan bangunan, bahan bangunan, pangkalpinang, bangka belitung

Posted on 09 Nov 2012. Hits : 503

Harga berbagai jenis bahan bangunan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pekan ini masih stabil seiring pasokan barang dari Jawa dan Sumatera berjalan lancar.

"Stok barang saat ini juga masih cukup untuk memenuhi permintaan konsumen hingga dua minggu ke depan," kata Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel, Ridwan di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, berdasarkan pemantauan perkembangan harga bahan bangunan selama satu minggu terakhir, harga semen merk Tiga Roda Rp62.000 per 50 kilogram (kg), semen merk Holcim Rp60.000 per 50 kg dan semen merk Bosowa Rp58.000 per 50 kg.

Kemudian harga seng gelombang tebal 2 mm seharga Rp19.500 per lebar, tebal 3 mm Rp36.600 per lembar dan untuk seng plat masih kosong.

Sementara itu, perkembangan harga bahan utama kontruksi bangunan seperti besi juga masih stabil yaitu untuk ukuran 6 mm Rp31.000 per batang, ukuran 8 mm Rp47.000 per batang, ukuran 10 mm Rp65.000 per batang dan ukuran 12 mm Rp105.000 per batang.

"Dilihat secara umum perkembangan harga barang termasuk bahan bangunan di Pangkalpinang cenderung lebih tinggi karena hampir 80 persen barang yang beredar di pasaran merupakan kiriman dari Jawa dan Sumatera," katanya.

Menurut dia, jarak pengiriman barang yang terlalu jauh ke Bangka tentunya memerlukan biaya tinggi sehingga secara otomatis perkembangan harga di pasaran cenderung lebih tinggi.

Sementara itu, Disperindag selalu mengimbau para pengusaha toko bangunan agar terus meningatkan stok barang untuk mengantisipasi adanya kelangkaan barang akibat terhambatnya pengiriman dari luar daerah tersebut.

"Selain itu, kami juga melakukan pemantauan harga barang secara rutin untuk mengantisipasi adanya permainan harga barang yang cenderung memberatkan konsumen," katanya.

Menurut Ridwan, jika nantinya ditemukan ada pedagang yang mempermainkan harga atau menaikkan harga, maka pemerintah akan mengambil tindakan tegas agar tidak merugikan masyarakat. (ant/as)

Pleno KPU Dumai Diwarnai Demonstrasi Mahasiswa

Rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilu legislatif (Pileg) 2014 oleh Komisi Pemilihan Umum Dumai yang digelar di Dumai, Ahad, sempat diwarnai aksi demonstrasi belasan mahasiswa setempat.

Penyebaran Titik Pameran Majukan Seni Rupa Sumbar

Penyebaran titik berpameran di 19 kabupaten/kota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dinilai merupakan salah satu potensi yang dapat memajukan seni rupa di daerah itu.

Puluhan Ribu Umat Kristen Manado Rayakan Paskah

Puluhan ribu umat Kristen di Manado, Sulawesi Utara merayakan Paskah Kebangkitan Yesus Kristus dalam ibadah agung di gereja, Minggu.

Penelitian Ikan 'Mikih' Butuh Waktu Tujuh Tahun

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengatakan penelitian untuk pengembangan dan budi daya ikan 'Mikih' yang endemik di daerah itu membutuhkan waktu tujuh hingga sepuluh tahun.

BI Tahan Laju Pertumbuhan Ekonomi Bengkulu

Bank Indonesia (BI) berencana menahan laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Bengkulu pada 2014 agar berada pada angka enam persen.