Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Bahan Bangunan di Pangkalpinang Stabil

harga bahan bangunan, bahan bangunan, pangkalpinang, bangka belitung

Posted on 09 Nov 2012. Hits : 589

Harga berbagai jenis bahan bangunan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pekan ini masih stabil seiring pasokan barang dari Jawa dan Sumatera berjalan lancar.

"Stok barang saat ini juga masih cukup untuk memenuhi permintaan konsumen hingga dua minggu ke depan," kata Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel, Ridwan di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, berdasarkan pemantauan perkembangan harga bahan bangunan selama satu minggu terakhir, harga semen merk Tiga Roda Rp62.000 per 50 kilogram (kg), semen merk Holcim Rp60.000 per 50 kg dan semen merk Bosowa Rp58.000 per 50 kg.

Kemudian harga seng gelombang tebal 2 mm seharga Rp19.500 per lebar, tebal 3 mm Rp36.600 per lembar dan untuk seng plat masih kosong.

Sementara itu, perkembangan harga bahan utama kontruksi bangunan seperti besi juga masih stabil yaitu untuk ukuran 6 mm Rp31.000 per batang, ukuran 8 mm Rp47.000 per batang, ukuran 10 mm Rp65.000 per batang dan ukuran 12 mm Rp105.000 per batang.

"Dilihat secara umum perkembangan harga barang termasuk bahan bangunan di Pangkalpinang cenderung lebih tinggi karena hampir 80 persen barang yang beredar di pasaran merupakan kiriman dari Jawa dan Sumatera," katanya.

Menurut dia, jarak pengiriman barang yang terlalu jauh ke Bangka tentunya memerlukan biaya tinggi sehingga secara otomatis perkembangan harga di pasaran cenderung lebih tinggi.

Sementara itu, Disperindag selalu mengimbau para pengusaha toko bangunan agar terus meningatkan stok barang untuk mengantisipasi adanya kelangkaan barang akibat terhambatnya pengiriman dari luar daerah tersebut.

"Selain itu, kami juga melakukan pemantauan harga barang secara rutin untuk mengantisipasi adanya permainan harga barang yang cenderung memberatkan konsumen," katanya.

Menurut Ridwan, jika nantinya ditemukan ada pedagang yang mempermainkan harga atau menaikkan harga, maka pemerintah akan mengambil tindakan tegas agar tidak merugikan masyarakat. (ant/as)

Relawan: Komitmen Jokowi Mulai Terbukti

Kalangan pengusaha muda yang tergabung dalam Entrepreneur and Professional for Jokowi menilai komitmen Presiden Joko Widodo terhadap pemberantasan korupsi sudah terbukti dengan upaya menyerahkan nama kandidat menteri ke KPK dan PPATK.

Unjuk Rasa Anti Ahok Ganggu Lalu Lintas

Arus lalu lintas jalan kawasan kantor DPRD DKI Jakarta, Jumat, terhambat unjuk rasa Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) yang menolak rencana pengangkatan Wakil Gubernur Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) menjadi gubernur pengganti Joko Widodo.

Wali Kota Apresiasi Kegiatan Simulasi Teroris

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengapresiasi kegiatan latihan pemeliharaan kemampuan prajurit Satuan Yonif 900/Raider Rindam IX Udayana dalam penanganan aksi terorisme di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

ITS Berstatus PTN-BH

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah resmi berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) terhitung sejak 17 Oktober 2014 bersama Unpad Bandung, Unhas Makassar, dan Undip Semarang.

Indonesia Konsultasi Dengan Brazil

Pemerintah mempersiapkan sesi konsultasi dengan Brazil terkait proteksi perdagangan daging ayam beku dan olahannya, di mana Negeri Samba tersebut telah melaporkan Indonesia ke World Trade Organization.