Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gorontalo Utara Maksimalkan P2BN Tingkatkan Produksi Beras

gorontalo utara, produksi beras

Posted on 06 Dec 2012. Hits : 238

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), akan memaksimalkan peran posko Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN), untuk mencapai target produksi beras pada tahun 2013.

"Kita harus optimis menargetkan peningkatan produksi beras, agar tahun depan surplus beras mampu tercapai dan daerah ini dapat menjadi penyumbang target nasional sebesar 10 juta ton per tahun," ungkap Bupati Indra Yasin, Kamis.

Menurut bupati, keseriusan pemerintah daerah sebagai penyanggah produksi beras nasional, didukung dengan tersedianya areal persawahan yang sangat luas, sistem irigasi yang mulai menerapkan teknologi maju, serta bantuan langsung kepada petani.

Diantaranya penyaluran bibit, obat-obatan dan peralatan pertanian secara gratis. Upaya ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas petani.

Disamping itu peran tenaga penyuluh pertanian yang mampu memberikan pemahaman dan penjelasan teknis kepada para petani, tentang tata cara meningkatkan produksi beras terus dimaksimalkan.

"Tenaga penyuluh dituntut memiliki pengetahuan yang lebih tinggi, sebab petani memiliki pengalaman langsung mengelola lahan persawahan mereka," ungkap Bupati.

Posko P2BN ini harus ditunjang dengan ketersediaan tenaga penyuluh profesional, yang diharapkan mampu mengajak petani meninggalkan sistem penanaman dengan pola tradisional, dan mulai beralih dengan penerapan teknologi pertanian, baik pra maupun pasca pengolahan hasil pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Gorontalo Utara, Idris Labantu, menjelaskan, peningkatan produksi beras telah diprogramkan melalui cetak sawah baru, intensifikasi pertanian, optimalisasi lahan dan penyerahan bantuan pertanian.

Pada tahun 2012 ini, produksi beras mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Seperti di wilayah Kecamatan Biawu dan Tolinggula yang mampu memproduksi beras rata-rata 8 ton per hektar.

Makanya pada tahun 2013 nanti, pemerintah daerah akan menunjang produksi beras, melalui pembangunan sistem irigasi berteknologi maju, yang ditargetkan terealisasi di 10 wilayah kecamatan. (ant/as)

India Larang Peredaran Alkohol

Pihak berwenang di Kerala mengumumkan pelarangan alkohol sebagai usaha mengatasi masalah kekerasan, yang meningkat di negara bagian India selatan itu.

Yaman Tingkatkan Siaga

Presiden Abdrabuh Mansur Hadi mendesak angkatan bersenjata Yaman "meningkatkan kesiagaan mereka" sehari menjelang berakhirnya batas waktu yang diberikan para gerilyawa bagi pemerintah untuk mundur.

ISI Padang Panjang Diapresiasi

Pemerintah dan masyarakat Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), memberikan apresiasi kepada pameran seni yang digelar mahasiswa jurusan Seni Kriya Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang di kota itu.

Karawang Akan Bangun Jembatan Layang

Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan membangun jalan layang di sekitar Johar untuk mengatasi kemacetan yang selalu terjadi setiap hari di daerah tersebut.

Tabrakan Bus Tewaskan 30 Orang

Menurut informasi terbaru, sedikitnya 30 orang tewas Jumat pagi dalam tabrakan dua bus di selatan Semenanjung Sinai di Mesir, mungkin ada warga Rusia di antara yang terluka, kata Reuters dan MENA Mesir dalam laporannya.