Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gorontalo Utara Maksimalkan P2BN Tingkatkan Produksi Beras

gorontalo utara, produksi beras

Posted on 06 Dec 2012. Hits : 238

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), akan memaksimalkan peran posko Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN), untuk mencapai target produksi beras pada tahun 2013.

"Kita harus optimis menargetkan peningkatan produksi beras, agar tahun depan surplus beras mampu tercapai dan daerah ini dapat menjadi penyumbang target nasional sebesar 10 juta ton per tahun," ungkap Bupati Indra Yasin, Kamis.

Menurut bupati, keseriusan pemerintah daerah sebagai penyanggah produksi beras nasional, didukung dengan tersedianya areal persawahan yang sangat luas, sistem irigasi yang mulai menerapkan teknologi maju, serta bantuan langsung kepada petani.

Diantaranya penyaluran bibit, obat-obatan dan peralatan pertanian secara gratis. Upaya ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas petani.

Disamping itu peran tenaga penyuluh pertanian yang mampu memberikan pemahaman dan penjelasan teknis kepada para petani, tentang tata cara meningkatkan produksi beras terus dimaksimalkan.

"Tenaga penyuluh dituntut memiliki pengetahuan yang lebih tinggi, sebab petani memiliki pengalaman langsung mengelola lahan persawahan mereka," ungkap Bupati.

Posko P2BN ini harus ditunjang dengan ketersediaan tenaga penyuluh profesional, yang diharapkan mampu mengajak petani meninggalkan sistem penanaman dengan pola tradisional, dan mulai beralih dengan penerapan teknologi pertanian, baik pra maupun pasca pengolahan hasil pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Gorontalo Utara, Idris Labantu, menjelaskan, peningkatan produksi beras telah diprogramkan melalui cetak sawah baru, intensifikasi pertanian, optimalisasi lahan dan penyerahan bantuan pertanian.

Pada tahun 2012 ini, produksi beras mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Seperti di wilayah Kecamatan Biawu dan Tolinggula yang mampu memproduksi beras rata-rata 8 ton per hektar.

Makanya pada tahun 2013 nanti, pemerintah daerah akan menunjang produksi beras, melalui pembangunan sistem irigasi berteknologi maju, yang ditargetkan terealisasi di 10 wilayah kecamatan. (ant/as)

Menpora : SEA Game Bisa Diproyeksikan Di Madura

Pulau Madura bisa diproyeksikan menjadi tempat perhelatan nasional maupun internasional, seperti SEA Game, kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Sulsel Juara Umum Kejurnas Piala Wapres

Tuan rumah Sulawesi Selatan keluar sebagai juara sekaligus berhak atas Piala Wakil Presiden pada Kejuaraan Liga Nasional Muaythai seri pertama di Lapangan Karebosi Link Makassar, 17-19 Desember 2014.

SMP Negeri 05 Mukomuko Terima Penghargaan Adiwiyata

SMP Negeri 05 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2014 terpilih sebagai salah satu sekolah penerima Adiwidiyata atau penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup.

Pemprov Galakkan Kerja Bakti Jumat Dan Minggu

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggalakkan kegiatan kerja bakti setiap Jumat dan Minggu di setiap lingkungan permukiman di wilayah ibu kota itu dalam rangka mengantisipasi banjir.

Banyak Kebakaran Rumah Akibat Instalasi Non-SLO

Pejabat Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik (Konsuil) Wilayah Riau menyatakan banyak laporan masuk yang menyatakan kebakaran rumah atau bangunan lainnya disebabkan instalasi listrik non-SLO (Sertifikat Laik Operasi).