Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gorontalo Utara Maksimalkan P2BN Tingkatkan Produksi Beras

gorontalo utara, produksi beras

Posted on 06 Dec 2012. Hits : 238

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), akan memaksimalkan peran posko Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN), untuk mencapai target produksi beras pada tahun 2013.

"Kita harus optimis menargetkan peningkatan produksi beras, agar tahun depan surplus beras mampu tercapai dan daerah ini dapat menjadi penyumbang target nasional sebesar 10 juta ton per tahun," ungkap Bupati Indra Yasin, Kamis.

Menurut bupati, keseriusan pemerintah daerah sebagai penyanggah produksi beras nasional, didukung dengan tersedianya areal persawahan yang sangat luas, sistem irigasi yang mulai menerapkan teknologi maju, serta bantuan langsung kepada petani.

Diantaranya penyaluran bibit, obat-obatan dan peralatan pertanian secara gratis. Upaya ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas petani.

Disamping itu peran tenaga penyuluh pertanian yang mampu memberikan pemahaman dan penjelasan teknis kepada para petani, tentang tata cara meningkatkan produksi beras terus dimaksimalkan.

"Tenaga penyuluh dituntut memiliki pengetahuan yang lebih tinggi, sebab petani memiliki pengalaman langsung mengelola lahan persawahan mereka," ungkap Bupati.

Posko P2BN ini harus ditunjang dengan ketersediaan tenaga penyuluh profesional, yang diharapkan mampu mengajak petani meninggalkan sistem penanaman dengan pola tradisional, dan mulai beralih dengan penerapan teknologi pertanian, baik pra maupun pasca pengolahan hasil pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Gorontalo Utara, Idris Labantu, menjelaskan, peningkatan produksi beras telah diprogramkan melalui cetak sawah baru, intensifikasi pertanian, optimalisasi lahan dan penyerahan bantuan pertanian.

Pada tahun 2012 ini, produksi beras mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Seperti di wilayah Kecamatan Biawu dan Tolinggula yang mampu memproduksi beras rata-rata 8 ton per hektar.

Makanya pada tahun 2013 nanti, pemerintah daerah akan menunjang produksi beras, melalui pembangunan sistem irigasi berteknologi maju, yang ditargetkan terealisasi di 10 wilayah kecamatan. (ant/as)

Kehati Tanam 290 Ribu Mangrove Untuk Penghijauan

Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) menanam 290 ribu batang tumbuhan mangrove dalam dua tahun dari yang ditargetkan sebanyak 200 ribu batang sebagai langkah penghijauan di wilayah pesisir Indonesia.

Akom Lakukan Pertemuan Dengan Dpd Golkar Kalsel

Ketua DPR RI Ade Komarudin melakukan pertemuan dengan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I dan II Partai Golkar Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat malam.

Pengamat: Revisi Aturan Dni Melenceng Dari Nawacita

Pengamat Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Manado Agus T Poputra mengatakan revisi aturan daftar investasi negatif (DIN) dinilai kebablasan dan akan melukai nasionalisme dan melenceng dari Nawacita.

Dalam Negeri Kuasai Bongkar Barang Pelabuhan Sulut

Pelayaran dalam negeri masih menguasai kegiatan bongkar barangdi sebagian besar pelabuhan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Korban Salah Tangkap Minta Namanya Dipulihkan

Seorang warga bernama Lucky Achadi meminta kepada Kepolisian Resor Pekanbaru, Provinsi Riau, memulihkan nama baiknya karena telah menjadi korban salah tangkap saat aparat menangani kasus narkoba.