Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gorontalo Utara Maksimalkan P2BN Tingkatkan Produksi Beras

gorontalo utara, produksi beras

Posted on 06 Dec 2012. Hits : 238

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), akan memaksimalkan peran posko Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN), untuk mencapai target produksi beras pada tahun 2013.

"Kita harus optimis menargetkan peningkatan produksi beras, agar tahun depan surplus beras mampu tercapai dan daerah ini dapat menjadi penyumbang target nasional sebesar 10 juta ton per tahun," ungkap Bupati Indra Yasin, Kamis.

Menurut bupati, keseriusan pemerintah daerah sebagai penyanggah produksi beras nasional, didukung dengan tersedianya areal persawahan yang sangat luas, sistem irigasi yang mulai menerapkan teknologi maju, serta bantuan langsung kepada petani.

Diantaranya penyaluran bibit, obat-obatan dan peralatan pertanian secara gratis. Upaya ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas petani.

Disamping itu peran tenaga penyuluh pertanian yang mampu memberikan pemahaman dan penjelasan teknis kepada para petani, tentang tata cara meningkatkan produksi beras terus dimaksimalkan.

"Tenaga penyuluh dituntut memiliki pengetahuan yang lebih tinggi, sebab petani memiliki pengalaman langsung mengelola lahan persawahan mereka," ungkap Bupati.

Posko P2BN ini harus ditunjang dengan ketersediaan tenaga penyuluh profesional, yang diharapkan mampu mengajak petani meninggalkan sistem penanaman dengan pola tradisional, dan mulai beralih dengan penerapan teknologi pertanian, baik pra maupun pasca pengolahan hasil pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Gorontalo Utara, Idris Labantu, menjelaskan, peningkatan produksi beras telah diprogramkan melalui cetak sawah baru, intensifikasi pertanian, optimalisasi lahan dan penyerahan bantuan pertanian.

Pada tahun 2012 ini, produksi beras mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Seperti di wilayah Kecamatan Biawu dan Tolinggula yang mampu memproduksi beras rata-rata 8 ton per hektar.

Makanya pada tahun 2013 nanti, pemerintah daerah akan menunjang produksi beras, melalui pembangunan sistem irigasi berteknologi maju, yang ditargetkan terealisasi di 10 wilayah kecamatan. (ant/as)

Presiden Diminta Fokus Benahi Perumahan Rakyat

Lembaga swadaya masyarakat Indonesia Property Watch mengharapkan pemerintahan Presiden Joko Widodo dapat lebih fokus dalam mengurusi perumahan rakyat guna mengatasi kekurangan perumahan di Tanah Air.

Singapura Sumbang 150 Ribu Dolar Untuk Perangi Ebola

Singapura akan memberikan sumbangan 150.000 dolar AS kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk memerangi penyebaran Ebola, kata Departemen Kesehatan dan Departemen Luar Negeri negara itu Selasa.

Banten Bakal Rampungkan 6 Jalan Utama

Pemerintah Provinsi Banten akan segera menuntaskan perbaikan dan pelebaran enam ruas jalan yang sudah tertuang dalam Perda No.

City Kembali Gagal Raup Poin Penuh

CSKA Moscow bangkit dari tertinggal 0-2 dan mendapatkan hasil imbang 2-2 saat melawan Manchester City pada pertandingan Liga Champions yang tidak boleh dihadiri penonton pada Selasa (Rabu WIB).

7 Lokasi Jalankan Perda Bebas Rokok

Sebanyak tujuh kawasan siap mengimplementasikan dan menjalankan Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).