Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gorontalo Utara Maksimalkan P2BN Tingkatkan Produksi Beras

gorontalo utara, produksi beras

Posted on 06 Dec 2012. Hits : 238

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), akan memaksimalkan peran posko Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN), untuk mencapai target produksi beras pada tahun 2013.

"Kita harus optimis menargetkan peningkatan produksi beras, agar tahun depan surplus beras mampu tercapai dan daerah ini dapat menjadi penyumbang target nasional sebesar 10 juta ton per tahun," ungkap Bupati Indra Yasin, Kamis.

Menurut bupati, keseriusan pemerintah daerah sebagai penyanggah produksi beras nasional, didukung dengan tersedianya areal persawahan yang sangat luas, sistem irigasi yang mulai menerapkan teknologi maju, serta bantuan langsung kepada petani.

Diantaranya penyaluran bibit, obat-obatan dan peralatan pertanian secara gratis. Upaya ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas petani.

Disamping itu peran tenaga penyuluh pertanian yang mampu memberikan pemahaman dan penjelasan teknis kepada para petani, tentang tata cara meningkatkan produksi beras terus dimaksimalkan.

"Tenaga penyuluh dituntut memiliki pengetahuan yang lebih tinggi, sebab petani memiliki pengalaman langsung mengelola lahan persawahan mereka," ungkap Bupati.

Posko P2BN ini harus ditunjang dengan ketersediaan tenaga penyuluh profesional, yang diharapkan mampu mengajak petani meninggalkan sistem penanaman dengan pola tradisional, dan mulai beralih dengan penerapan teknologi pertanian, baik pra maupun pasca pengolahan hasil pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Gorontalo Utara, Idris Labantu, menjelaskan, peningkatan produksi beras telah diprogramkan melalui cetak sawah baru, intensifikasi pertanian, optimalisasi lahan dan penyerahan bantuan pertanian.

Pada tahun 2012 ini, produksi beras mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Seperti di wilayah Kecamatan Biawu dan Tolinggula yang mampu memproduksi beras rata-rata 8 ton per hektar.

Makanya pada tahun 2013 nanti, pemerintah daerah akan menunjang produksi beras, melalui pembangunan sistem irigasi berteknologi maju, yang ditargetkan terealisasi di 10 wilayah kecamatan. (ant/as)

Keputusan Palestina Bergabung Dengan ICC Tak Bisa Diubah

Seorang pejabat senior Palestina pada Ahad (1/2) mengatakan keputusan pemimpin Palestina untuk bergabung dengan Mahkamah Pidana Internasional (ICC) tak bisa diubah.

KPI : Anggota DPRD Dilarang Masuk Timsel KPID

Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Amiruddin menegaskan bahwa anggota DPRD tidak boleh masuk sebagai anggota Tim Seleksi pada proses seleksi anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah.

4 Orang Meninggal Akibat DBD

Wakil Wali Kota Manado, Harley Alfredo Benfica Mangindaan mengatakan, hingga akhir bulan Januari 2015 tercatat empat orang meninggal akibat penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Legislator : Banjir Di Samarinda Rusak Fasiltas Umum

Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur Achmad Rosyidi mengemukakan banjir yang terus terjadi di Kota Samarinda telah mengakibatkan kerusakan dan dampak negatif yang semakin parah terutama pada fasilitas umum.

Persib Lawan Arema 0-0 Di Babak Pertama

Pertandingan Persib Bandung melawan Arema Cronus pada final Inter Island Cup sementara imbang 0-0 hingga berakhirnya babak pertama di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu malam.