Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gorontalo Utara Maksimalkan P2BN Tingkatkan Produksi Beras

gorontalo utara, produksi beras

Posted on 06 Dec 2012. Hits : 238

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), akan memaksimalkan peran posko Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN), untuk mencapai target produksi beras pada tahun 2013.

"Kita harus optimis menargetkan peningkatan produksi beras, agar tahun depan surplus beras mampu tercapai dan daerah ini dapat menjadi penyumbang target nasional sebesar 10 juta ton per tahun," ungkap Bupati Indra Yasin, Kamis.

Menurut bupati, keseriusan pemerintah daerah sebagai penyanggah produksi beras nasional, didukung dengan tersedianya areal persawahan yang sangat luas, sistem irigasi yang mulai menerapkan teknologi maju, serta bantuan langsung kepada petani.

Diantaranya penyaluran bibit, obat-obatan dan peralatan pertanian secara gratis. Upaya ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas petani.

Disamping itu peran tenaga penyuluh pertanian yang mampu memberikan pemahaman dan penjelasan teknis kepada para petani, tentang tata cara meningkatkan produksi beras terus dimaksimalkan.

"Tenaga penyuluh dituntut memiliki pengetahuan yang lebih tinggi, sebab petani memiliki pengalaman langsung mengelola lahan persawahan mereka," ungkap Bupati.

Posko P2BN ini harus ditunjang dengan ketersediaan tenaga penyuluh profesional, yang diharapkan mampu mengajak petani meninggalkan sistem penanaman dengan pola tradisional, dan mulai beralih dengan penerapan teknologi pertanian, baik pra maupun pasca pengolahan hasil pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Gorontalo Utara, Idris Labantu, menjelaskan, peningkatan produksi beras telah diprogramkan melalui cetak sawah baru, intensifikasi pertanian, optimalisasi lahan dan penyerahan bantuan pertanian.

Pada tahun 2012 ini, produksi beras mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Seperti di wilayah Kecamatan Biawu dan Tolinggula yang mampu memproduksi beras rata-rata 8 ton per hektar.

Makanya pada tahun 2013 nanti, pemerintah daerah akan menunjang produksi beras, melalui pembangunan sistem irigasi berteknologi maju, yang ditargetkan terealisasi di 10 wilayah kecamatan. (ant/as)

PSM Santai Jelang Pembagian Grup Piala Presiden

Tim pelatih PSM Makassar bersikap santai jelang pembagian grup di turnamen Piala Presiden atau sebelumnya bernama Piala Indonesia Satu (PIS) oleh pihak Mahaka Sport and Entertainment.

Bupati : Alor Fokus Optimalkan Potensi Wisata

Bupati Alor Amon Djobo mengatakan, saat ini dirinya fokus mengembangkan dan mengoptimalkan potensi wisata yang tersedia di daerahnya seperti taman laut, karang dan biota laut lainnya yang memesona pengunjung.

Joged Bumbung Sinabun Buleleng Pukau Penonton Mahalango

Penampilan Joged Bumbung Desa Sinabun, Kabupaten Buleleng, Bali memukau ratusan penonton pagelaran Bali Mandara Mahalango ke-2 di Kalangan Ayodya, Taman Budaya, Denpasar, Sabtu Malam.

Kapal Pemkab 'Yap Wairon' Dikelola Pihak Ketiga

Operasional kapal perintis milik pemerintah kabupaten Biak Numfor, Papua, KM Yap Wairon, akan ditangani pihak ketiga yaitu perusahaan pelayaran Papua Lintas Nusantara.

'Water Cannon' Polda NTB Padamkan Kebakaran Hypermart

Tiga mobil 'water cannon' Polda NTB dan Polres Mataram diperbantukan untuk memadamkan kebakaran gedung pusat perbelanjaan Hypermart Kota Mataram, Minggu pagi.