Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gorontalo Utara Maksimalkan P2BN Tingkatkan Produksi Beras

gorontalo utara, produksi beras

Posted on 06 Dec 2012. Hits : 229

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), akan memaksimalkan peran posko Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN), untuk mencapai target produksi beras pada tahun 2013.

"Kita harus optimis menargetkan peningkatan produksi beras, agar tahun depan surplus beras mampu tercapai dan daerah ini dapat menjadi penyumbang target nasional sebesar 10 juta ton per tahun," ungkap Bupati Indra Yasin, Kamis.

Menurut bupati, keseriusan pemerintah daerah sebagai penyanggah produksi beras nasional, didukung dengan tersedianya areal persawahan yang sangat luas, sistem irigasi yang mulai menerapkan teknologi maju, serta bantuan langsung kepada petani.

Diantaranya penyaluran bibit, obat-obatan dan peralatan pertanian secara gratis. Upaya ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas petani.

Disamping itu peran tenaga penyuluh pertanian yang mampu memberikan pemahaman dan penjelasan teknis kepada para petani, tentang tata cara meningkatkan produksi beras terus dimaksimalkan.

"Tenaga penyuluh dituntut memiliki pengetahuan yang lebih tinggi, sebab petani memiliki pengalaman langsung mengelola lahan persawahan mereka," ungkap Bupati.

Posko P2BN ini harus ditunjang dengan ketersediaan tenaga penyuluh profesional, yang diharapkan mampu mengajak petani meninggalkan sistem penanaman dengan pola tradisional, dan mulai beralih dengan penerapan teknologi pertanian, baik pra maupun pasca pengolahan hasil pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Gorontalo Utara, Idris Labantu, menjelaskan, peningkatan produksi beras telah diprogramkan melalui cetak sawah baru, intensifikasi pertanian, optimalisasi lahan dan penyerahan bantuan pertanian.

Pada tahun 2012 ini, produksi beras mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Seperti di wilayah Kecamatan Biawu dan Tolinggula yang mampu memproduksi beras rata-rata 8 ton per hektar.

Makanya pada tahun 2013 nanti, pemerintah daerah akan menunjang produksi beras, melalui pembangunan sistem irigasi berteknologi maju, yang ditargetkan terealisasi di 10 wilayah kecamatan. (ant/as)

Relawan Turki Bagikan Bantuan

Relawan kemanusiaan yang bernaung dibawah Badan Amal Kimse Yok Mu asal Turki tetap membagikan bantuan di Jalur Gaza meskipun terkepung akibat perang di Palestina.

Pengemis Anak-anak Marak

Pengemis yang tergolong anak-anak usia sekolah dasar di Palembang, Sumatera Selatan marak di kawasan permukiman penduduk dan perempatan lampu merah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

Pasar Murah Bantu Masyarakat

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar pasar murah untuk membantu masyarakat kurang mampu di daerah ini mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah.

BLH Dinilai Lemah

Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau dinilai masih lemah dalam melakukan pengawasan terkait pencemaran lingkungan oleh perusahaan Pabrik Kelapa Sawit yang mengakibatkan masarakat menjadi korban.

Lakalantas Turun 30 Persen

Angka Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) tahun 2013 selama Operasi Ketupat Polres Labuhanbatu menurun 30 persen jika dibanding tahun sebelumnya.