Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dinas Peternakan Gunung Kidul Pertahankan Ternak Lokal

gunung kidul, peternakan

Posted on 27 Nov 2012. Hits : 487

Dinas Peternakan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus melakukan penyelamatan dan mempertahankan ternak unggulan lokal berupa sapi putih, kambing bligon, dan ayam buras.

"Kami terus berupaya melakukan penyelamatan komoditas unggulan asli Gunung Kidul," kata Bupati Gunung Kidul Badingah, Selasa.

Bupati mengatakan penyelamatan sapi unggul dilaksanakan melalui uji perfoman dan penyelamatan sapi betina produktif. Untuk Kambing Bligon melalui kegiatan village breeding center (VBC). Sedangkan untuk ayam buras, Dinas Peternakan melaksanakan zonifikasi pengembangan ayam buras yaitu Kecamatan Semin.

"Upaya ini terus kami upayakan untuk mempertahankan komoditas unggulan. Setiap tahunnya program ini berdampak positif terhadap perkembangan komoditas unggulan Gunung Kidul," kata Bupati.

Dalam rangka menyukseskan program pelestarian sapi lokal atau putih, kata Badingah, Dinas Peternakan melaksanakan berbagai program.

Kegiatan tersebut meliputi pengadaan semen beku atau straw dengan bibit sapi putih lebih dominan, peningkatan populasi dan budidaya sapi potong sengan fokus pembinaan dan pengadaan sapi putih, penyelamatan sapi betina produktif dan pengembangan sapi lokal, melaksanakan kegiatan uji perfomance sapi putih untuk menjaring ternak sapi putih yang berkualitas.

"Untuk mendukung kegiatan diatas dikembangkan program pembuatan pakan ternak alternatif," kata dia.

Pedagang sapi Pasar Hewan Siyono Harjo Gunung Kidul Hartono mengatakan sapi putih susah didapat karena masyarakat lebih memilih memelihara sapi simental karena cepat besar dan harganya jauh lebih mahal.

"Masyarakat sudah lama memilih memelihara sapi merah. Saat ini, sapi putih tidak prospektif soal harga," kata dia.

Dia mengatakan, satu bulan terakhir, harga sapi di Gunung Kidul terus mengalami kenaikan karena permintaan sapi dari Jakarta sangat tinggi. Kenaikan harga sapi sendiri mencapai 20 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"Kenaikan harga sapi ini, kami perkirakan akan terus berlangsung hingga ada kebijakan mengimpor sapi dari Australia," katanya. (ant/as)

Cara Menjual Sikat Gigi

Seorang salesman sikat gigi di perusahaan diminta oleh atasannya untuk menjelaskan bagaimana ia berhasil menjual begitu banyak sikat gigi.

Para Perundingan Tambah Waktu Untuk Bahas Program Nuklir Iran

Kekuatan-kekuatan global yang berkutat untuk mencapai sebuah perjanjian nuklir dengan Iran meminta waktu lagi pada Selasa setelah para menteri luar negeri gagal menjembatani apa yang seorang diplomat sebut isu-isu yang masih ada "sangat, sangat, sangat alot".

Peserta BPJS Mukomuko Keluhan Pelayanan Puskesmas

Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengeluhkan tidak maksimalnya pelayanan kesehatan bagi pasien BPJS di puskesmas Kecamatan Ipuh.

Tentara Aljazair Tewaskan 102 Gerilyawan Dalam Enam Bulan

Sebanyak 102 gerilyawan fanatik bersenjata tewas oleh prajurit Angkatan Darat Aljazair selama semester pertama 2015, kata satu laporan resmi yang dikeluarkan pada Selasa (7/7) oleh Kementerian Pertahanan.

60 Napi Narkoba Jalani Rehabilitasi Dalam Lapas

Sebanyak 60 orang narapidana menjalani rehabilitasi di dalam Lapas Narkoba Kelas IIA Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, dengan waktu selama tiga bulan.