Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dinas Peternakan Gunung Kidul Pertahankan Ternak Lokal

gunung kidul, peternakan

Posted on 27 Nov 2012. Hits : 487

Dinas Peternakan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus melakukan penyelamatan dan mempertahankan ternak unggulan lokal berupa sapi putih, kambing bligon, dan ayam buras.

"Kami terus berupaya melakukan penyelamatan komoditas unggulan asli Gunung Kidul," kata Bupati Gunung Kidul Badingah, Selasa.

Bupati mengatakan penyelamatan sapi unggul dilaksanakan melalui uji perfoman dan penyelamatan sapi betina produktif. Untuk Kambing Bligon melalui kegiatan village breeding center (VBC). Sedangkan untuk ayam buras, Dinas Peternakan melaksanakan zonifikasi pengembangan ayam buras yaitu Kecamatan Semin.

"Upaya ini terus kami upayakan untuk mempertahankan komoditas unggulan. Setiap tahunnya program ini berdampak positif terhadap perkembangan komoditas unggulan Gunung Kidul," kata Bupati.

Dalam rangka menyukseskan program pelestarian sapi lokal atau putih, kata Badingah, Dinas Peternakan melaksanakan berbagai program.

Kegiatan tersebut meliputi pengadaan semen beku atau straw dengan bibit sapi putih lebih dominan, peningkatan populasi dan budidaya sapi potong sengan fokus pembinaan dan pengadaan sapi putih, penyelamatan sapi betina produktif dan pengembangan sapi lokal, melaksanakan kegiatan uji perfomance sapi putih untuk menjaring ternak sapi putih yang berkualitas.

"Untuk mendukung kegiatan diatas dikembangkan program pembuatan pakan ternak alternatif," kata dia.

Pedagang sapi Pasar Hewan Siyono Harjo Gunung Kidul Hartono mengatakan sapi putih susah didapat karena masyarakat lebih memilih memelihara sapi simental karena cepat besar dan harganya jauh lebih mahal.

"Masyarakat sudah lama memilih memelihara sapi merah. Saat ini, sapi putih tidak prospektif soal harga," kata dia.

Dia mengatakan, satu bulan terakhir, harga sapi di Gunung Kidul terus mengalami kenaikan karena permintaan sapi dari Jakarta sangat tinggi. Kenaikan harga sapi sendiri mencapai 20 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"Kenaikan harga sapi ini, kami perkirakan akan terus berlangsung hingga ada kebijakan mengimpor sapi dari Australia," katanya. (ant/as)

Ibrahimovic Masuk Tim Psg Untuk Pertandingan Melawan Monaco

Zlatan Ibrahimovic berpeluang melakukan penampilan perdananya di Liga Prancis musim ini pada pertandingan Minggu di markas AS Monaco, setelah ia memulihkan diri dari cedera.

Bayern Dilaporkan Siap Rekrut Pemain Muda Juventus Coman

Juara Jerman Bayern Munich siap merekrut pemain sayap Prancis U-21 Kingsley Coman dari Juventus, menurut laporan-laporan media pada Sabtu.

260 Nelayan Asal Myanmar Belum Dipulangkan

Sebanyak 260 nelayan asal Myanmar yang pernah bekerja pada perusahaan perikanan di Kabupaten Kepulauan Aru belum dipulangkan ke negara asal mereka dan masih ditampung di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tantui, Ambon, Maluku.

Gubernur Bali Ingatkan Jajaran Mampu Kelola Perubahan

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengingatkan jajarannya agar mampu mengelola perubahan dan menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan global yang sangat cepat sehingga program pembangunan tetap bermanfaat bagi masyarakat.

Seniman Amang Paparkan Sejarah FSS Lewat Buku

Seniman Amang Mawardi memaparkan bahwa sejarah Festival Seni Surabaya (FSS) lewat sebuah tulisan yang dirangkum lewat karya bukunya berjudul 'Dalam Lintasan Seni'.