Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dinas Peternakan Gunung Kidul Pertahankan Ternak Lokal

gunung kidul, peternakan

Posted on 27 Nov 2012. Hits : 415

Dinas Peternakan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus melakukan penyelamatan dan mempertahankan ternak unggulan lokal berupa sapi putih, kambing bligon, dan ayam buras.

"Kami terus berupaya melakukan penyelamatan komoditas unggulan asli Gunung Kidul," kata Bupati Gunung Kidul Badingah, Selasa.

Bupati mengatakan penyelamatan sapi unggul dilaksanakan melalui uji perfoman dan penyelamatan sapi betina produktif. Untuk Kambing Bligon melalui kegiatan village breeding center (VBC). Sedangkan untuk ayam buras, Dinas Peternakan melaksanakan zonifikasi pengembangan ayam buras yaitu Kecamatan Semin.

"Upaya ini terus kami upayakan untuk mempertahankan komoditas unggulan. Setiap tahunnya program ini berdampak positif terhadap perkembangan komoditas unggulan Gunung Kidul," kata Bupati.

Dalam rangka menyukseskan program pelestarian sapi lokal atau putih, kata Badingah, Dinas Peternakan melaksanakan berbagai program.

Kegiatan tersebut meliputi pengadaan semen beku atau straw dengan bibit sapi putih lebih dominan, peningkatan populasi dan budidaya sapi potong sengan fokus pembinaan dan pengadaan sapi putih, penyelamatan sapi betina produktif dan pengembangan sapi lokal, melaksanakan kegiatan uji perfomance sapi putih untuk menjaring ternak sapi putih yang berkualitas.

"Untuk mendukung kegiatan diatas dikembangkan program pembuatan pakan ternak alternatif," kata dia.

Pedagang sapi Pasar Hewan Siyono Harjo Gunung Kidul Hartono mengatakan sapi putih susah didapat karena masyarakat lebih memilih memelihara sapi simental karena cepat besar dan harganya jauh lebih mahal.

"Masyarakat sudah lama memilih memelihara sapi merah. Saat ini, sapi putih tidak prospektif soal harga," kata dia.

Dia mengatakan, satu bulan terakhir, harga sapi di Gunung Kidul terus mengalami kenaikan karena permintaan sapi dari Jakarta sangat tinggi. Kenaikan harga sapi sendiri mencapai 20 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"Kenaikan harga sapi ini, kami perkirakan akan terus berlangsung hingga ada kebijakan mengimpor sapi dari Australia," katanya. (ant/as)

Jenazah TKW Sumbawa Dipulangkan Dari Arab

Jenazah tenaga kerja wanita (TKW) asal Dusun Malili, Desa Berare, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa, yakni Khadijah Binti Hasan, akhirnya dipulangkan ke kampung halamannya dari Arab Saudi.

Kementerian Anggarkan Rp50 Miliar Perbaiki Perkebunan Teh

Kementerian Pertanian pada tahun ini menyiapkan anggaran Rp50 miliar untuk melakukan perbaikan perkebunan teh seluas 3.

USAID Gelar Pelatihan Pengajaran di Tobasa

United states agency for international development (USAID) Prioritas menggelar pelatihan pengajaran yang difokuskan pada materi pembelajaran akif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) bagi sejumlah guru di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara.

Bawaslu Riau Minta Rekapitulasi Ulang Dua Kecamatan

Badan Pengawas Pemilu Provinsi Riau merekomendasikan agar dilakukan rekapitulasi ulang di dua kecamatan di Kabupaten Kampar, Riau, karena adanya sengketa jumlah surat suara yang sah tidak sah mencapai 2.

Kepulauan 'Senkaku' Dilindungi Perjanjian Keamanan

Presiden Amerika Serikat Barack Obama Kamis mengatakan dalam konferensi pers di Jepang bahwa pulau-pulau yang berada di tengah sengketa sengit wilayah dengan Tiongkok dilindungi oleh perjanjian pertahanan yang mewajibkan Washington bertindak jika diserang.