Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dinas Peternakan Gunung Kidul Pertahankan Ternak Lokal

gunung kidul, peternakan

Posted on 27 Nov 2012. Hits : 487

Dinas Peternakan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus melakukan penyelamatan dan mempertahankan ternak unggulan lokal berupa sapi putih, kambing bligon, dan ayam buras.

"Kami terus berupaya melakukan penyelamatan komoditas unggulan asli Gunung Kidul," kata Bupati Gunung Kidul Badingah, Selasa.

Bupati mengatakan penyelamatan sapi unggul dilaksanakan melalui uji perfoman dan penyelamatan sapi betina produktif. Untuk Kambing Bligon melalui kegiatan village breeding center (VBC). Sedangkan untuk ayam buras, Dinas Peternakan melaksanakan zonifikasi pengembangan ayam buras yaitu Kecamatan Semin.

"Upaya ini terus kami upayakan untuk mempertahankan komoditas unggulan. Setiap tahunnya program ini berdampak positif terhadap perkembangan komoditas unggulan Gunung Kidul," kata Bupati.

Dalam rangka menyukseskan program pelestarian sapi lokal atau putih, kata Badingah, Dinas Peternakan melaksanakan berbagai program.

Kegiatan tersebut meliputi pengadaan semen beku atau straw dengan bibit sapi putih lebih dominan, peningkatan populasi dan budidaya sapi potong sengan fokus pembinaan dan pengadaan sapi putih, penyelamatan sapi betina produktif dan pengembangan sapi lokal, melaksanakan kegiatan uji perfomance sapi putih untuk menjaring ternak sapi putih yang berkualitas.

"Untuk mendukung kegiatan diatas dikembangkan program pembuatan pakan ternak alternatif," kata dia.

Pedagang sapi Pasar Hewan Siyono Harjo Gunung Kidul Hartono mengatakan sapi putih susah didapat karena masyarakat lebih memilih memelihara sapi simental karena cepat besar dan harganya jauh lebih mahal.

"Masyarakat sudah lama memilih memelihara sapi merah. Saat ini, sapi putih tidak prospektif soal harga," kata dia.

Dia mengatakan, satu bulan terakhir, harga sapi di Gunung Kidul terus mengalami kenaikan karena permintaan sapi dari Jakarta sangat tinggi. Kenaikan harga sapi sendiri mencapai 20 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"Kenaikan harga sapi ini, kami perkirakan akan terus berlangsung hingga ada kebijakan mengimpor sapi dari Australia," katanya. (ant/as)

JPPR Ungkap Temuan Dana Kampanye Pilkada 2015

Lembaga pemantau pemilu Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) mengungkapkan temuannya atas penggunaan dana kampanye Pilkada 2015 oleh 27 pasangan calon di sembilan daerah Pilkada.

KPI Libatkan Masyarakat Terkait Evaluasi Program Televisi

Komisi Penyiaran Indonesia melibatkan masyarakat terkait evaluasi program siaran 10 televisi swasta berjaringan nasional melalui uji publik yang berakhir 31 Januari 2016.

Bursa Efek Ajari Investor Tekhnik Investasi Saham

Bursa Efek Indonesia (BEI) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bakal menyelenggarakan pelatihan tentang tekhnik berinvestasi saham bagi para investor yang ingin mendalami tentang bagaimana membaca grafik dan tren pergerakan saham.

Atlet Asal Sulbar Perkuat ASEAN Games 2018

Atlet dayung putri asal Provinsi Sulawesi Barat, Ramlah yang selama ini menjadi binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP), kini terpilih dalam seleksi atlet nasional untuk berlaga di turnamen ASEAN GAMES 2018 mendatang.

DPRD Kalsel Optimistis Selesai Bahas Prolegda 2016

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP2D) DPRD Kalimantan Selatan HM Rosehan NB optimistis lembaga legislatifnya akan selesai membahas Raperda yang masuk program legislasi daerah tingkat provinsi tersebut tahun 2016.