Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dinas Peternakan Gunung Kidul Pertahankan Ternak Lokal

gunung kidul, peternakan

Posted on 27 Nov 2012. Hits : 487

Dinas Peternakan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus melakukan penyelamatan dan mempertahankan ternak unggulan lokal berupa sapi putih, kambing bligon, dan ayam buras.

"Kami terus berupaya melakukan penyelamatan komoditas unggulan asli Gunung Kidul," kata Bupati Gunung Kidul Badingah, Selasa.

Bupati mengatakan penyelamatan sapi unggul dilaksanakan melalui uji perfoman dan penyelamatan sapi betina produktif. Untuk Kambing Bligon melalui kegiatan village breeding center (VBC). Sedangkan untuk ayam buras, Dinas Peternakan melaksanakan zonifikasi pengembangan ayam buras yaitu Kecamatan Semin.

"Upaya ini terus kami upayakan untuk mempertahankan komoditas unggulan. Setiap tahunnya program ini berdampak positif terhadap perkembangan komoditas unggulan Gunung Kidul," kata Bupati.

Dalam rangka menyukseskan program pelestarian sapi lokal atau putih, kata Badingah, Dinas Peternakan melaksanakan berbagai program.

Kegiatan tersebut meliputi pengadaan semen beku atau straw dengan bibit sapi putih lebih dominan, peningkatan populasi dan budidaya sapi potong sengan fokus pembinaan dan pengadaan sapi putih, penyelamatan sapi betina produktif dan pengembangan sapi lokal, melaksanakan kegiatan uji perfomance sapi putih untuk menjaring ternak sapi putih yang berkualitas.

"Untuk mendukung kegiatan diatas dikembangkan program pembuatan pakan ternak alternatif," kata dia.

Pedagang sapi Pasar Hewan Siyono Harjo Gunung Kidul Hartono mengatakan sapi putih susah didapat karena masyarakat lebih memilih memelihara sapi simental karena cepat besar dan harganya jauh lebih mahal.

"Masyarakat sudah lama memilih memelihara sapi merah. Saat ini, sapi putih tidak prospektif soal harga," kata dia.

Dia mengatakan, satu bulan terakhir, harga sapi di Gunung Kidul terus mengalami kenaikan karena permintaan sapi dari Jakarta sangat tinggi. Kenaikan harga sapi sendiri mencapai 20 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"Kenaikan harga sapi ini, kami perkirakan akan terus berlangsung hingga ada kebijakan mengimpor sapi dari Australia," katanya. (ant/as)

MMahasiswa Di Ternate Tetap Menolak Kenaikan Harga BBM

Sejumlah elemen gerakan dari mahasiswa di Ternate, Maluku Utara (Malut), Sabtu, tetap melakukan aksi penolakan terhadap kenaikan harga BBM dengan menggunakan dua truk dan ratusan kendaraan roda dua.

Harga Sembako Di Mamuju Naik

Harga sembako yang dijual pedagang dipasaran Kota Mamuju Provinsi Sulawesi Barat mengalami mengalami kenaikan harga setelah pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Smartpreneur Dan Hipmi Riau Gelar Workshop Bisnis

Smartpreneur Community Pekanbaru dan Himpuan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Riau kembali menggelar Workshop Smart Business Map (SBM) selama dua hari, 22-23 November di Pekanbaru yang merupakan lanjutan dari Business Coach Training, 1-2 Oktober 2014 lalu.

DPRD Bahas Antisipasi Dampak Kenaikan BBM

DPRD Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), mengundang sejumlah instansi terkait untuk membahas mengenai antisipasi dampak kenaikan BBM di daerah ini.

Muhammadiyah Yakinkan Pemerintah Akui Kemerdekaan Kosovo

Pimpinan Pusat Muhammadiyah meyakinkan Pemerintah Republik Indonesia untuk mengakui kemerdekaan Kosovo negara yang berada di Tenggara Eropa dimana sebelumnya merupakan bagian dari Serbia .