Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Desa Wahyu Penghasil Kemiri

desa wahyu, penghasil komoditi kemiri

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 460

Desa Wahyu, salah satu dari sejumlah desa yang berada di Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, kini sebagai daerah penghasil komoditi kemiri.

'Warga di sini dalam beberapa tahun terakhir ini menggantungkan hidup mereka dari hasil komoditi itu,' kata Deden, salah seorang petani asal Desa Wahyu, Sabtu.

Ia mengatakan hampir 95 persen warga desa tersebut sebagai petani kemiri.

Selain kemiri, petani di desa yang terletak di Pegunungan Matantimali juga mengembangkan komoditas perkebunan lain seperti kakao dan cengkeh.

'Tapi yang terbesar adalah tanaman kemiri,' kata ayah tiga putera itu.

Menurut dia, kondisi tanah dan juga iklim yang ada di Pegunungan Matantimali sangat cocok bagi pengembangan kemiri.

Kemiri yang dikembangkan terdiri atas kemiri lokal dan juga bogor. Kedua jenis kemiri itu sangat cocok dikembangkan di daerah itu.

Kemiri dalam jangka lima tahun sudah berproduksi dengan lebat.

Hasil produksi petani selama ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional yang ada di Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Harga biji kemiri dijual petani kepada pedagang saat ini berkisar Rp15.000,00 per kilogram. Harga kemiri pernah naik mencapai Rp30.000,00 per kilogram.

Petani selain menjual ke Palu, juga banyak pedagang yang datang membeli langsung di kebun petani, sehingga pemasaran komoditi tidak susah.(ant/rd)

Ratusan Warga Kirab Budaya Suro Di Kediri

Ratusan warga dari berbagai daerah mengikuti kirab budaya suroan Komunitas Garudo Mukho Kediri, Jawa Timur, memeringati tahun baru Jawa 1 Suro yang bertetapan dengan tahun baru Islam 1 Muharam 1436 Hijriah, Sabtu.

Mantan Wagub Aceh Cocok Isi Kabinet Jokowi-JK

Mantan Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar mendapat dukungan dan penilaian positif dari berbagai kalangan sebagai salah satu sosok yang tepat mengisi posisi kabinet Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo/ M Jusuf Kalla.

Ekspor Buah Sumut 149,579 Juta Dolar AS

Nilai ekspor buah-buahan Sumatera Utara hingga Julitahun ini naik 68,75 persen atau menjadi149,579 juta dolar AS dipicu naiknya volume dan harga jual.

Comscore Tempatkan Berniaga Peringkat Pertama

ComScore, perusahaan analis media digital menempatkan Berniaga.

Perolehan PAD Kabupaten Sarolangun Diprediksi Lampaui Target

Perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sarolangun tahun ini diprediksi akan melampaui target, sebab hingga pertengahan Oktober 2014 sudah mencapai 92,33 persen.