Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Desa Wahyu Penghasil Kemiri

desa wahyu, penghasil komoditi kemiri

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 460

Desa Wahyu, salah satu dari sejumlah desa yang berada di Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, kini sebagai daerah penghasil komoditi kemiri.

'Warga di sini dalam beberapa tahun terakhir ini menggantungkan hidup mereka dari hasil komoditi itu,' kata Deden, salah seorang petani asal Desa Wahyu, Sabtu.

Ia mengatakan hampir 95 persen warga desa tersebut sebagai petani kemiri.

Selain kemiri, petani di desa yang terletak di Pegunungan Matantimali juga mengembangkan komoditas perkebunan lain seperti kakao dan cengkeh.

'Tapi yang terbesar adalah tanaman kemiri,' kata ayah tiga putera itu.

Menurut dia, kondisi tanah dan juga iklim yang ada di Pegunungan Matantimali sangat cocok bagi pengembangan kemiri.

Kemiri yang dikembangkan terdiri atas kemiri lokal dan juga bogor. Kedua jenis kemiri itu sangat cocok dikembangkan di daerah itu.

Kemiri dalam jangka lima tahun sudah berproduksi dengan lebat.

Hasil produksi petani selama ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional yang ada di Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Harga biji kemiri dijual petani kepada pedagang saat ini berkisar Rp15.000,00 per kilogram. Harga kemiri pernah naik mencapai Rp30.000,00 per kilogram.

Petani selain menjual ke Palu, juga banyak pedagang yang datang membeli langsung di kebun petani, sehingga pemasaran komoditi tidak susah.(ant/rd)

Farouk Bantah DPD Ambil Gedung Bekas Kemenpora

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Farouk Muhammad membantah jika pihaknya ingin mengambil gedung bekas kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga sebagai kantor.

Legislator Sosialisasi Pilar Kebangsaan Di Kolaka Timur

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Komisi VI, Tina Nur Alam yang melakukan reses ke Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, juga menggelar acara sosialisasi empat Pilar Kebangsaan di Kabupaten Kolaka Timur, Senin.

Bpk Minta Legislatif Dorong Pemda Menindaklanjuti Rekomendasi

Kepala Perwakilan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Provinsi Sulawesi Selatan, Tri Heriadi meminta pihak legislatif untuk turut mendorong pemerintah daerah (pemda) agar menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan BPK.

Entang Sutisna, Seniman Pembuat Wayang Golek

Entang Sutisna begitu dikenal sebagai salah satu tokoh pembuat wayang golek dari Kota Bogor, namanya mulai dikenal ketika Mendiang Mantan Presiden Soeharto dan Ibu Tien Soeharto secara khusus memesan 1 set wayang golek yang berisi 120 wayang kepada pensiunan Korem 061 Suryakencana ini.

Presiden Jokowi Akan Resmikan Bangunan IPDN Papua

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan meresmikan bangunan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Papua pada Jumat (8/5) di Jayapura.