Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Desa Wahyu Penghasil Kemiri

desa wahyu, penghasil komoditi kemiri

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 460

Desa Wahyu, salah satu dari sejumlah desa yang berada di Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, kini sebagai daerah penghasil komoditi kemiri.

'Warga di sini dalam beberapa tahun terakhir ini menggantungkan hidup mereka dari hasil komoditi itu,' kata Deden, salah seorang petani asal Desa Wahyu, Sabtu.

Ia mengatakan hampir 95 persen warga desa tersebut sebagai petani kemiri.

Selain kemiri, petani di desa yang terletak di Pegunungan Matantimali juga mengembangkan komoditas perkebunan lain seperti kakao dan cengkeh.

'Tapi yang terbesar adalah tanaman kemiri,' kata ayah tiga putera itu.

Menurut dia, kondisi tanah dan juga iklim yang ada di Pegunungan Matantimali sangat cocok bagi pengembangan kemiri.

Kemiri yang dikembangkan terdiri atas kemiri lokal dan juga bogor. Kedua jenis kemiri itu sangat cocok dikembangkan di daerah itu.

Kemiri dalam jangka lima tahun sudah berproduksi dengan lebat.

Hasil produksi petani selama ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional yang ada di Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Harga biji kemiri dijual petani kepada pedagang saat ini berkisar Rp15.000,00 per kilogram. Harga kemiri pernah naik mencapai Rp30.000,00 per kilogram.

Petani selain menjual ke Palu, juga banyak pedagang yang datang membeli langsung di kebun petani, sehingga pemasaran komoditi tidak susah.(ant/rd)

Jokowi : BBM Naik Tanyakan Pada Menteri ESDM

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan soal kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium sebaiknya ditanyakan langsung kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Nanan Akui Belum Mampu Bawa F1 Ke Indonesia

Ketua Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) Nanan Sukarna mengakui hingga menjelang berakhirnya masa kepemimpinannya belum mampu membawa kejuaraan bergengsi yaitu Formula 1 dan MotoGP ke Indonesia karena banyak kendala yang dihadapi.

Marchisio Absen Beberapa Bulan Karena Cedera Ligamen Lutut

Gelandang Italia dan Juventus Claudio Marchisio akan absen beberapa bulan setelah mengalami cedera ligamen saat berlatih bersama tim nasional, kata Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) pada Jumat.

FA Denda Hull Karena Gagal Mengendalikan Para Pemainnya

Hull dijatuhi denda sebesar 30.000 pound oleh FA karena gagal mengendalikan para pemainnya pada pertandingan Liga Utama Inggris yang berlangsung sengit pada 14 Maret, saat mereka bermain imbang tanpa gol dengan tim juru kunci Leicester.

Golkar ARB : Pergantian Pengurus Diserahkan Ke DPD

DPP Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie (ARB) menyerahkan , pesan pergantian pengurus yang telah berpindah dan mendukung Agung Laksono kepada dewan pimpinan daerah (DPD) kabupaten/kota.