Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Desa Wahyu Penghasil Kemiri

desa wahyu, penghasil komoditi kemiri

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 460

Desa Wahyu, salah satu dari sejumlah desa yang berada di Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, kini sebagai daerah penghasil komoditi kemiri.

'Warga di sini dalam beberapa tahun terakhir ini menggantungkan hidup mereka dari hasil komoditi itu,' kata Deden, salah seorang petani asal Desa Wahyu, Sabtu.

Ia mengatakan hampir 95 persen warga desa tersebut sebagai petani kemiri.

Selain kemiri, petani di desa yang terletak di Pegunungan Matantimali juga mengembangkan komoditas perkebunan lain seperti kakao dan cengkeh.

'Tapi yang terbesar adalah tanaman kemiri,' kata ayah tiga putera itu.

Menurut dia, kondisi tanah dan juga iklim yang ada di Pegunungan Matantimali sangat cocok bagi pengembangan kemiri.

Kemiri yang dikembangkan terdiri atas kemiri lokal dan juga bogor. Kedua jenis kemiri itu sangat cocok dikembangkan di daerah itu.

Kemiri dalam jangka lima tahun sudah berproduksi dengan lebat.

Hasil produksi petani selama ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional yang ada di Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Harga biji kemiri dijual petani kepada pedagang saat ini berkisar Rp15.000,00 per kilogram. Harga kemiri pernah naik mencapai Rp30.000,00 per kilogram.

Petani selain menjual ke Palu, juga banyak pedagang yang datang membeli langsung di kebun petani, sehingga pemasaran komoditi tidak susah.(ant/rd)

Kalbar Kembali Raih Opini WTP

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dengan paragraf penjelasan atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2013.

DPRD Babel Minta Wagub Jangan Asal Bicara

Wakil ketua komisi II, DPRD Provinsi Bangka Belitung, Deddy Yulianto meminta Wakil Gubernur Hidayat Arsani untuk tidak asal bicara dalam memberikan kritik yang bisa mencederai kelembagaan DPRD.

AS Lakukan 14 Serangan

Pesawat Amerika Serikat menghantam para pejuang Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS/IS) di 14 serangan udara dekat bendungan terbesar Irak dalam 24 jam terakhir, kata para pejabat Rabu, di tengah ancaman ISIS untuk membunuh seorang wartawan Amerika yang kedua.

Petani Kesulitan BBM Untuk Alat Pertanian

Ratusan petani di wilayah Cianjur selatan, Jabar, mengeluhkan sulitnya mendapatkan BBM jenis solar, setelah dilakukan pembatasan pembelian BBM.

Warga Berharap Harga Elpiji Tidak Naik

Warga Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berharap pada pemerintah untuk membatalkan rencana kenaikan harga elpiji 12 kilogram karena dikhawatirkan akan memicu naiknya harga kebutuhan masyarakat lainnya.