Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bantul Susun Perda Kawasan Lahan Pangan Berkelanjutan

bantul, kawasan lahan pangan

Posted on 12 Dec 2012. Hits : 306

Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,menyusun Peraturan Daerah yang mengatur tentang kawasan lahan pangan berkelanjutan di daerah itu.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bantul, Tri Saktiyana di Bantul, Rabu, mengatakan, Peraturan Daerah (Perda) kawasan lahan pangan itu bertujuan untuk mengendalikan alih fungsi lahan dari pertanian ke nonpertanian.

"Sementara ini baru dalam tahap izin prinsip untuk melihat status apakah kawasan ini hijau atau kuning. Jadi nanti ketika ada alih fungsi diarahkan pada zona yang berwarna kuning," katanya.

Sementara, kata dia pada kawasan yang disebutkan berwarna hijau harus terus dipertahankan sebagai lahan pertanian berkelanjutan dan tidak boleh dialihfungsikan guna menghasilkan pangan.

"Pembahasan Rancangan Perda kawasan pangan akan mulai diproses pada 2013 mendatang bersama teman-teman di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul," katanya.

Menurut dia, untuk memberikan rangsangan terhadap petani yang memiliki lahan yang masuk dalam zona hijau agar tidak mengalihfungsi lahan ke nonpertanian, maka pihaknya memberikan penghargaan.

"Kami akan meringankan pajak bumi dan bangunan (PBB) terhadap petani yang bersedia mengabadikan lahan pertanian sepanjang tahun," katanya.

Sementara, Sekretaris Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKPPP) Bantul, Bambang Pin Erwanta belum lama ini mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan pangan di Bantul, harus ada lahan pertanian lestari seluas 13.000 hektare dan posisi saat ini masih ada seluas 15.000 hektare.

"Alih fungsi lahan mencapai empat hingga enam hektare per tahun, makanya diperketat agar tidak menganggu ketahanan pangan, paling tidak produksi pangan Bantul masih mencukupi kebutuhan," katanya.

Ia mengatakan, selain meringankan pajak petani, pemkab juga akan membantu mempermudah sertifikasi lahan pertanian yang dilestarikan serta diutamakan untuk mendapat bantuan benih demi kesejahteraan petani. (ant/as)

Sebagian Sekolah Bantul Tunda Bagikan Rapor Siswa

Sebagian sekolah dasar di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menunda pembagian rapor kepada siswa semester pertama, karena kesulitan menerapkan Kurikulum 2013.

Legislator Ungkap Persoalan Sertifikat Lahan Sawit

Sekretaris Komisi II DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Muspandi mengatakan, salah satu permasalahan yang kerap ditemui di lapangan adalah persoalan sertifikat sebagai legalitas kepemilikan lahan petani sawit di Kabupaten Paser.

Legislator Tampung Aspirasi Masyarakat Sumsel

Ketua Komisi VI DPR RI H Achmad Hafisz Tohir melakukan reses ke daerah pemilihan Sumsel I guna menampung aspirasi masyarakat dari Sumatera Selatan.

Bulog : Stok Beras Papua Aman

Kepala Bulog Divisi Regional (Divre) Papua dan Papua Barat, Arif Mandu mengemukakan, stok beras menjelang perayaan Natal 25 Desember 2014 dan Tahun Baru 2015 untuk kedua provinsi itu aman.

KBRI Fasilitasi Hubungan Bisnis Indonesia-Myanmar

Keduataan besar Republik Indonesia untuk Myanmar berusaha membuka peluang kerja sama kedua negara agar semakin terbuka dengan mempertemukan para pengusaha Indonesia dengan pengusaha Myanmar.