Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bantul Susun Perda Kawasan Lahan Pangan Berkelanjutan

bantul, kawasan lahan pangan

Posted on 12 Dec 2012. Hits : 306

Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,menyusun Peraturan Daerah yang mengatur tentang kawasan lahan pangan berkelanjutan di daerah itu.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bantul, Tri Saktiyana di Bantul, Rabu, mengatakan, Peraturan Daerah (Perda) kawasan lahan pangan itu bertujuan untuk mengendalikan alih fungsi lahan dari pertanian ke nonpertanian.

"Sementara ini baru dalam tahap izin prinsip untuk melihat status apakah kawasan ini hijau atau kuning. Jadi nanti ketika ada alih fungsi diarahkan pada zona yang berwarna kuning," katanya.

Sementara, kata dia pada kawasan yang disebutkan berwarna hijau harus terus dipertahankan sebagai lahan pertanian berkelanjutan dan tidak boleh dialihfungsikan guna menghasilkan pangan.

"Pembahasan Rancangan Perda kawasan pangan akan mulai diproses pada 2013 mendatang bersama teman-teman di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul," katanya.

Menurut dia, untuk memberikan rangsangan terhadap petani yang memiliki lahan yang masuk dalam zona hijau agar tidak mengalihfungsi lahan ke nonpertanian, maka pihaknya memberikan penghargaan.

"Kami akan meringankan pajak bumi dan bangunan (PBB) terhadap petani yang bersedia mengabadikan lahan pertanian sepanjang tahun," katanya.

Sementara, Sekretaris Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKPPP) Bantul, Bambang Pin Erwanta belum lama ini mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan pangan di Bantul, harus ada lahan pertanian lestari seluas 13.000 hektare dan posisi saat ini masih ada seluas 15.000 hektare.

"Alih fungsi lahan mencapai empat hingga enam hektare per tahun, makanya diperketat agar tidak menganggu ketahanan pangan, paling tidak produksi pangan Bantul masih mencukupi kebutuhan," katanya.

Ia mengatakan, selain meringankan pajak petani, pemkab juga akan membantu mempermudah sertifikasi lahan pertanian yang dilestarikan serta diutamakan untuk mendapat bantuan benih demi kesejahteraan petani. (ant/as)

Dinas : Jembatan Penghubung Rsud Bekasi Rampung Desember

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menargetkan proses pembangunan jembatan penghubung Rumah Sakit Umum Daerah tanpa kelas di wilayah setempat akan rampung Desember 2014.

Mitra Kukar Intensifkan Latihan Hadapi Semifinal U-21

Tim Mitra Kukar, Kaltim, mengintensifkan latihan untuk menghadapi Semen Padang, Sumbar, pada laga semifinal kompetisi Indonesia Super League (ISL) U-21 di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, 16 Oktober 2014.

Warga Kota Sampit Kesulitan Air Bersih

Pemenuhan air bersih oleh perusahaan Daerah Air Minum Sampit masih dikeluhkan warga penduduk setempat, bahkan warga yang tinggal di perkotaan.

Neymar Diragukan Tampil Lawan Malaga

Pasangan Barcelona Neymar dan Ivan Rakitic mendapat cedera ringan dan berpeluang absen pada pertandingan Liga Spanyol di markas Malaga pada Rabu, demikian disampaikan tim pemuncak klasemen itu pada Senin.

DPRD Kalsel Percepat Pengesahan Pimpinan Definitif

DPRD Kalimantan Selatan mempercepat pengesahan pimpinan dewan definitif, dengan memajukan jadwal rapat paripurna, yang semula direncanakan 26 September 2014 diubah atau dimajukan menjadi 25 September, agar mereka bisa segera dilantik.