Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Banten Kaya Potensi Hasil Hutan Bukan Kayu

bukan kayu, potensi hutan, banten

Posted on 26 Sep 2013. Hits : 394

Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten Nasrullah menyatakan daerah tersebut kaya potensi hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah.

"Untuk sektor kehutanan, kita selain memiliki kayu juga hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah, katanya di Serang, Kamis.

Untuk potensi madu, kata dia, diantaranya berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kolon (TNUK) Kabupaten Pandeglang.

Hasil hutan tersebut, kata dia, dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dengan syarat tidak boleh merusak kawasan hutan.

Bahkan masyarakat dibina, terutama dalam tata cara pengambilan madu serta pengelolaan paskapanen.

"Sebelumnya masyarakat mengambil seluruh madu yang ada pada satu sarang lebah, hal dampaknya tidak baik karena lebih bisa pindah ke tempat lain," katanya.

Sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kemudian membina masyarakat dan meminta agar pengambilan jangan dilakukan secara keseluruhan agar lebih tidak pindah.

Hasil madu lebah dari TNUK, kata dia, kadar airnya juga relatif tinggi dan encer sehingga harga jualnya relatif rendah.

"BUMN tersebut kemudian membantu alat untuk mengurangi kadar air tersebut, dan sekarang kualitasnya sudah bagus dengan kandungan air rendah sehingga harga jual tinggi," ujarnya.

Balai Taman Nasional Ujung Kulon telah bekerja sama dengan Jaringan Madu Indonesia (HJMI), Perhimpunan Hanjuang Mahardika Nusantara (PHMN) dan Kelompok Tani Madu Hutan Ujung Kulon (KTMHUK).

"Dalam kerja sama ini disepakati, masyarakat bisa mencari madu sambil membantu menjaga serta melestarikan kawasan TNUK," ujarnya.

Kerja sama itu, merupakan pemanfaatan madu hutan secara lestari untuk perlindungan populasi lebah hutan atau odeng (apis dorsata) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ant/as)

Pemprov Sulbar Minta PNPM-MP Dilanjutkan

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat meminta program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan dilanjutkan pada masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Perusahaan Bersedia Lepaskan Sebagian HGU Untuk USB

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memastikan perusahaan perkebunan di daerah itu bersedia melepaskan sebagian kecil lahan hak guna usaha untuk pembangunan unit sekolah baru.

Siti Nurbaya : Saya Masih Sibuk Rapat

Ketua DPP Partai Nasdem (Nasional Demokrat) Siti Nurbaya Bakar mengaku masih sibuk melaksanakan rapat untuk menyelesaikan pekerjaan jika nanti harus meninggalkan jabatannya dan menduduki kursi menteri dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Dinas Pendidikan : Guru Lulusan PLPG Bekasi Meningkat

Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat jumlah tenaga pengajar yang berhasil lulus Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) terus meningkat setiap tahun.

Pengusaha Hotel Bekasi Siap Sukseskan Porda

Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyatakan komitmennya menyukseskan Pekan Olahraga Daerah XII /2014.