Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Banten Kaya Potensi Hasil Hutan Bukan Kayu

bukan kayu, potensi hutan, banten

Posted on 26 Sep 2013. Hits : 394

Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten Nasrullah menyatakan daerah tersebut kaya potensi hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah.

"Untuk sektor kehutanan, kita selain memiliki kayu juga hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah, katanya di Serang, Kamis.

Untuk potensi madu, kata dia, diantaranya berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kolon (TNUK) Kabupaten Pandeglang.

Hasil hutan tersebut, kata dia, dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dengan syarat tidak boleh merusak kawasan hutan.

Bahkan masyarakat dibina, terutama dalam tata cara pengambilan madu serta pengelolaan paskapanen.

"Sebelumnya masyarakat mengambil seluruh madu yang ada pada satu sarang lebah, hal dampaknya tidak baik karena lebih bisa pindah ke tempat lain," katanya.

Sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kemudian membina masyarakat dan meminta agar pengambilan jangan dilakukan secara keseluruhan agar lebih tidak pindah.

Hasil madu lebah dari TNUK, kata dia, kadar airnya juga relatif tinggi dan encer sehingga harga jualnya relatif rendah.

"BUMN tersebut kemudian membantu alat untuk mengurangi kadar air tersebut, dan sekarang kualitasnya sudah bagus dengan kandungan air rendah sehingga harga jual tinggi," ujarnya.

Balai Taman Nasional Ujung Kulon telah bekerja sama dengan Jaringan Madu Indonesia (HJMI), Perhimpunan Hanjuang Mahardika Nusantara (PHMN) dan Kelompok Tani Madu Hutan Ujung Kulon (KTMHUK).

"Dalam kerja sama ini disepakati, masyarakat bisa mencari madu sambil membantu menjaga serta melestarikan kawasan TNUK," ujarnya.

Kerja sama itu, merupakan pemanfaatan madu hutan secara lestari untuk perlindungan populasi lebah hutan atau odeng (apis dorsata) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ant/as)

Sudin Sosial Tangani Bantuan ABK Tahun Depan

Suku Dinas Sosial di enam wilayah administrasi Provinsi DKI Jakarta akan menangani bantuan untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) mulai tahun 2015, kata Kepala Seksi Pelayanan Sosial Anak Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Vivi Kafilatul.

WNI Diimbau Waspadai Demo Besar Oposisi Mesir

Rencana demonstrasi besar yang diserukan pihak oposisi Front Salafi pada Jumat (28/11) mendorong Duta Besar RI untuk Mesir Nurfaizi Suwandi mengimbau semua warga negara Indonesia (WNI) terutama para mahasiswa untuk waspada.

DPRD Balikpapan Segera Rampungkan Pembahasan RAPBD 2015

DPRD Kota Balikpapan, Kalimantan Timur akan segera merampungkan pembahasan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2015 agar bisa ditetapkan pertengahan Desember 2014.

Pemkab Deliserdang Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah

Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, terus berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, mengingat potensi yang ada di daerah itu cukup besar namun belum terkelola dengan sepenuhnya.

Walikota Pariaman Sampaikan Nota RAPBD Tahun 2015

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyampaikan nota Rancangan Anggaran Perndapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun anggaran 2015 di hadapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman.