Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Banten Kaya Potensi Hasil Hutan Bukan Kayu

bukan kayu, potensi hutan, banten

Posted on 26 Sep 2013. Hits : 394

Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten Nasrullah menyatakan daerah tersebut kaya potensi hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah.

"Untuk sektor kehutanan, kita selain memiliki kayu juga hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah, katanya di Serang, Kamis.

Untuk potensi madu, kata dia, diantaranya berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kolon (TNUK) Kabupaten Pandeglang.

Hasil hutan tersebut, kata dia, dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dengan syarat tidak boleh merusak kawasan hutan.

Bahkan masyarakat dibina, terutama dalam tata cara pengambilan madu serta pengelolaan paskapanen.

"Sebelumnya masyarakat mengambil seluruh madu yang ada pada satu sarang lebah, hal dampaknya tidak baik karena lebih bisa pindah ke tempat lain," katanya.

Sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kemudian membina masyarakat dan meminta agar pengambilan jangan dilakukan secara keseluruhan agar lebih tidak pindah.

Hasil madu lebah dari TNUK, kata dia, kadar airnya juga relatif tinggi dan encer sehingga harga jualnya relatif rendah.

"BUMN tersebut kemudian membantu alat untuk mengurangi kadar air tersebut, dan sekarang kualitasnya sudah bagus dengan kandungan air rendah sehingga harga jual tinggi," ujarnya.

Balai Taman Nasional Ujung Kulon telah bekerja sama dengan Jaringan Madu Indonesia (HJMI), Perhimpunan Hanjuang Mahardika Nusantara (PHMN) dan Kelompok Tani Madu Hutan Ujung Kulon (KTMHUK).

"Dalam kerja sama ini disepakati, masyarakat bisa mencari madu sambil membantu menjaga serta melestarikan kawasan TNUK," ujarnya.

Kerja sama itu, merupakan pemanfaatan madu hutan secara lestari untuk perlindungan populasi lebah hutan atau odeng (apis dorsata) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ant/as)

Saudi Janji Lindungi Kiriman Bantuan Kemanusiaan PBB Untuk Yaman

Arab Saudi berjanji pada Sabtu akan melindungi pengiriman bantuan kemanusiaan senilai 274 dolar AS yang dilakukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa bagi Yaman yang dilanda konflik.

DIY Persiapkan Kemampuan Nelayan Hadapi Pasar ASEAN

Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta mempersiapkan kemampuan nelayan dalam mengelola hasil tangkapan untuk menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Bupati Mamuju Utara Kelimpungan Bayar Rhoma Irama

Bupati Mamuju Utara, Sulawesi Barat, mengaku kelimpungan mencari dana untuk membayar jasa artis penyanyi dangdut H Rhoma Irama bersama Soneta Group dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12/2015 kabupaten itu.

Luhut : Pertemuan Bisnis KAA Akan Bahas UKM

Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan dua pertemuan bisnis yang akan diselenggarakan pada peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 direncanakan banyak membahas Usaha Kecil Menengah (UKM).

Pelatih : Dua Bulan Untuk Tubuh Ala 'Superhero'

Pelatih kebugaran Corne Van Zyl mengatakan perlu waktu dua bulan bagi kaum Adam untuk membentuk tubuh ala pahlawan super atau 'superhero'.