Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Banten Kaya Potensi Hasil Hutan Bukan Kayu

bukan kayu, potensi hutan, banten

Posted on 26 Sep 2013. Hits : 394

Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten Nasrullah menyatakan daerah tersebut kaya potensi hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah.

"Untuk sektor kehutanan, kita selain memiliki kayu juga hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah, katanya di Serang, Kamis.

Untuk potensi madu, kata dia, diantaranya berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kolon (TNUK) Kabupaten Pandeglang.

Hasil hutan tersebut, kata dia, dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dengan syarat tidak boleh merusak kawasan hutan.

Bahkan masyarakat dibina, terutama dalam tata cara pengambilan madu serta pengelolaan paskapanen.

"Sebelumnya masyarakat mengambil seluruh madu yang ada pada satu sarang lebah, hal dampaknya tidak baik karena lebih bisa pindah ke tempat lain," katanya.

Sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kemudian membina masyarakat dan meminta agar pengambilan jangan dilakukan secara keseluruhan agar lebih tidak pindah.

Hasil madu lebah dari TNUK, kata dia, kadar airnya juga relatif tinggi dan encer sehingga harga jualnya relatif rendah.

"BUMN tersebut kemudian membantu alat untuk mengurangi kadar air tersebut, dan sekarang kualitasnya sudah bagus dengan kandungan air rendah sehingga harga jual tinggi," ujarnya.

Balai Taman Nasional Ujung Kulon telah bekerja sama dengan Jaringan Madu Indonesia (HJMI), Perhimpunan Hanjuang Mahardika Nusantara (PHMN) dan Kelompok Tani Madu Hutan Ujung Kulon (KTMHUK).

"Dalam kerja sama ini disepakati, masyarakat bisa mencari madu sambil membantu menjaga serta melestarikan kawasan TNUK," ujarnya.

Kerja sama itu, merupakan pemanfaatan madu hutan secara lestari untuk perlindungan populasi lebah hutan atau odeng (apis dorsata) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ant/as)

Polres Biak Buka Pendaftaran SIPSS

Kepolisian Republik Indonesia melalui Polres Kabupaten Biak Numfor, Papua, membuka pendaftaran Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) 2015 bagi seluruh warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan administrasi.

KPAI : Kejahatan Begal Semakin Meresahkan

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan bahwa kejahatan berbentuk pencurian kendaraan bermotor dengan menggunakan kekerasan atau yang dikenal dengan sebutan begal semakin membuat resah masyarakat.

Pedesaan Sulut Alami Inflasi 0,13 Persen

Daerah pedesaan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada Februari 2015 mengalami inflasi sebesar 0,13 persen menyusul meningkatnya indeks pada hampir semua kelompok pengeluaran konsumsi rumah tangga di wilayah tersebut.

Puluhan Berkas CPNS K2 Diduga Palsu

Sebanyak 30 orang dari 68 tenaga honorer kategori dua (K2) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang telah dinyatakan lulus ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013, terancam gugur menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Waduk Karian Atasi Ketersediaan Air Warga Jakarta

Pembangunan Waduk Karian yang berlokasi di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, dapat mengatasi ketersediaan air baku untuk warga DKI Jakarta.