Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Banten Kaya Potensi Hasil Hutan Bukan Kayu

bukan kayu, potensi hutan, banten

Posted on 26 Sep 2013. Hits : 394

Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten Nasrullah menyatakan daerah tersebut kaya potensi hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah.

"Untuk sektor kehutanan, kita selain memiliki kayu juga hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah, katanya di Serang, Kamis.

Untuk potensi madu, kata dia, diantaranya berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kolon (TNUK) Kabupaten Pandeglang.

Hasil hutan tersebut, kata dia, dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dengan syarat tidak boleh merusak kawasan hutan.

Bahkan masyarakat dibina, terutama dalam tata cara pengambilan madu serta pengelolaan paskapanen.

"Sebelumnya masyarakat mengambil seluruh madu yang ada pada satu sarang lebah, hal dampaknya tidak baik karena lebih bisa pindah ke tempat lain," katanya.

Sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kemudian membina masyarakat dan meminta agar pengambilan jangan dilakukan secara keseluruhan agar lebih tidak pindah.

Hasil madu lebah dari TNUK, kata dia, kadar airnya juga relatif tinggi dan encer sehingga harga jualnya relatif rendah.

"BUMN tersebut kemudian membantu alat untuk mengurangi kadar air tersebut, dan sekarang kualitasnya sudah bagus dengan kandungan air rendah sehingga harga jual tinggi," ujarnya.

Balai Taman Nasional Ujung Kulon telah bekerja sama dengan Jaringan Madu Indonesia (HJMI), Perhimpunan Hanjuang Mahardika Nusantara (PHMN) dan Kelompok Tani Madu Hutan Ujung Kulon (KTMHUK).

"Dalam kerja sama ini disepakati, masyarakat bisa mencari madu sambil membantu menjaga serta melestarikan kawasan TNUK," ujarnya.

Kerja sama itu, merupakan pemanfaatan madu hutan secara lestari untuk perlindungan populasi lebah hutan atau odeng (apis dorsata) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ant/as)

Pemkab Lebak Waspadai Ajaran Radikalisme Dan ISIS

Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten mewaspadai ajaran radikalisme dan Islamic State Of Iraq and Syria (ISIS) karena bisa memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Polresta Bogor Alihkan Sejumlah Rute Saat Helaran

Polres Bogor Kota menyiapkan pengalihan arus lalu lintas sejumlah ruas jalan yang akan dilalui peserta Pawai Budaya Helaran yang akan diselenggarakan Sabtu (30/5) dalam rangka Hari Jadi Bogor ke-533.

Foto Bersama di Stand Mustika Ratu

Didampingi Puteri Indonesia 2015 dan Puteri Indonesia Pariwisata, Sekretaris Jendral Kementerian Perdagangan RI, Gunaryo dan Bapak Anang Sukandar bersama dua wanita cantik lagi disebelahnya telah berfoto bersama di Stand Mustika Ratu yang hadir di IFRA 2015.

Gunaryo, Cicipi Jamu Ala Mustika Ratu

Mendukung pertumbuhan bisnis di Indonesia Taman Sari Royal Heritage Spa berkategori 'wellness and day spa' di bawah naungan PT Mustika Ratu kini hadir di acara expo yang diadakan AFI dan Dyandra di JCC Senayan.

I Made Djimat Dan Enrico Hadirkan Suasana Magis Di Italia

Kolaborasi seniman Bali dan Italia I Made Djimat dan Enrico Maserolli bersama grup Gamelan Gong Cenik berhasil menghadirkan suasana magis Bali yang utuh, dalam acarayang digelardi Kota Tua - Citta Alta - Bergamo, Italia.