Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Banten Kaya Potensi Hasil Hutan Bukan Kayu

bukan kayu, potensi hutan, banten

Posted on 26 Sep 2013. Hits : 394

Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten Nasrullah menyatakan daerah tersebut kaya potensi hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah.

"Untuk sektor kehutanan, kita selain memiliki kayu juga hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah, katanya di Serang, Kamis.

Untuk potensi madu, kata dia, diantaranya berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kolon (TNUK) Kabupaten Pandeglang.

Hasil hutan tersebut, kata dia, dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dengan syarat tidak boleh merusak kawasan hutan.

Bahkan masyarakat dibina, terutama dalam tata cara pengambilan madu serta pengelolaan paskapanen.

"Sebelumnya masyarakat mengambil seluruh madu yang ada pada satu sarang lebah, hal dampaknya tidak baik karena lebih bisa pindah ke tempat lain," katanya.

Sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kemudian membina masyarakat dan meminta agar pengambilan jangan dilakukan secara keseluruhan agar lebih tidak pindah.

Hasil madu lebah dari TNUK, kata dia, kadar airnya juga relatif tinggi dan encer sehingga harga jualnya relatif rendah.

"BUMN tersebut kemudian membantu alat untuk mengurangi kadar air tersebut, dan sekarang kualitasnya sudah bagus dengan kandungan air rendah sehingga harga jual tinggi," ujarnya.

Balai Taman Nasional Ujung Kulon telah bekerja sama dengan Jaringan Madu Indonesia (HJMI), Perhimpunan Hanjuang Mahardika Nusantara (PHMN) dan Kelompok Tani Madu Hutan Ujung Kulon (KTMHUK).

"Dalam kerja sama ini disepakati, masyarakat bisa mencari madu sambil membantu menjaga serta melestarikan kawasan TNUK," ujarnya.

Kerja sama itu, merupakan pemanfaatan madu hutan secara lestari untuk perlindungan populasi lebah hutan atau odeng (apis dorsata) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ant/as)

Semua Mobil Pemadam Kebakaran Majene Rusak

Masyarakat di wilayah Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, merasa cemas mendengar kabar bahwa semua unit mobil pemadam kebakaran di daerah setempat telah rusak.

Sepinggan Bandara Pertama Dengan Mal Butik

Perseroan Terbatas Angkasa Pura (AP) I menyatakan Bandara Sepinggan yang baru saja diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (15/9), merupakan bandara yang pertama kali dilengkapi dengan mal butik.

Pertempuran Tewaskan 6 Warga Sipil

Enam warga sipil tewas dalam pertempuran di kubu pemberontak Donetsk, Ukraina timur, Minggu, hari paling berdarah sejak gencatan senjata ditandatangani 10 hari yang lalu.

Bantaeng Rebut Medali Emas Sepak Bola Porda

Tim Sepakbola Kabupaten Bantaeng berhasil keluar sebagai juara, sekaligus merebut medali emas usai mengalahkan tim Makassar dengan skor 2-1 pada babak final Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV di Stadion Mini Lamalaka Bantaeng, Senin.

Verratti Perpanjang Kontrak Dengan PSG

Gelandang Italia Marco Verratti telah menandatangani perpanjangan kontrak berdurasi satu tahun dengan Paris Saint Germain, yang mempertahankannya di klub itu sampai 2019, demikian diumumkan juara Liga Prancis itu pada Senin.