Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Banten Kaya Potensi Hasil Hutan Bukan Kayu

bukan kayu, potensi hutan, banten

Posted on 26 Sep 2013. Hits : 394

Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten Nasrullah menyatakan daerah tersebut kaya potensi hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah.

"Untuk sektor kehutanan, kita selain memiliki kayu juga hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah, katanya di Serang, Kamis.

Untuk potensi madu, kata dia, diantaranya berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kolon (TNUK) Kabupaten Pandeglang.

Hasil hutan tersebut, kata dia, dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dengan syarat tidak boleh merusak kawasan hutan.

Bahkan masyarakat dibina, terutama dalam tata cara pengambilan madu serta pengelolaan paskapanen.

"Sebelumnya masyarakat mengambil seluruh madu yang ada pada satu sarang lebah, hal dampaknya tidak baik karena lebih bisa pindah ke tempat lain," katanya.

Sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kemudian membina masyarakat dan meminta agar pengambilan jangan dilakukan secara keseluruhan agar lebih tidak pindah.

Hasil madu lebah dari TNUK, kata dia, kadar airnya juga relatif tinggi dan encer sehingga harga jualnya relatif rendah.

"BUMN tersebut kemudian membantu alat untuk mengurangi kadar air tersebut, dan sekarang kualitasnya sudah bagus dengan kandungan air rendah sehingga harga jual tinggi," ujarnya.

Balai Taman Nasional Ujung Kulon telah bekerja sama dengan Jaringan Madu Indonesia (HJMI), Perhimpunan Hanjuang Mahardika Nusantara (PHMN) dan Kelompok Tani Madu Hutan Ujung Kulon (KTMHUK).

"Dalam kerja sama ini disepakati, masyarakat bisa mencari madu sambil membantu menjaga serta melestarikan kawasan TNUK," ujarnya.

Kerja sama itu, merupakan pemanfaatan madu hutan secara lestari untuk perlindungan populasi lebah hutan atau odeng (apis dorsata) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ant/as)

DPRD Kalsel Konsultasi Ke Kemendagri Dan Kemenkeu

Panitia Khusus Raperda tentang Penagihan Pajak Daerah Dengan Surat Paksa di Kalimantan Selatan hendak konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia di Jakarta.

Panwaslu : Sulit Buktikan Politik Uang Pasangan Boneka

Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menyatakan sulit membuktikan politik uang terkait isu pasangan boneka dalam bursa pencalonan peserta Pemilihan Kepala Daerah 9 Desember 2015.

TNI Netral Dalam Mengawal Pilkada Boven Digul

Komandan Kodim (Dandim) 1711/BVD Letkol Kav Eko Agus Nugroho menegaskan bahwa TNI netral dalam mengawal pesta demokrasi, pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Boven Didul.

Yonif 751/Raider Bantu Angkut Bantuan Korban Tolikara

Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 751/Raider Mayor Inf Nova Ismailiyanto mengatakan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNi Fransen G Siahaan perintahkan satuannya untuk membantu mengangkut dan mengirim bantuan material guna pembangunan sarana fisik di Karubaga, Kabupaten Tolikara.

Tiga Pasangan Calon Bupati Pangandaran Periksa Kesehatan

Tiga pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Pangandaran, Jawa Barat, mulai mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan rohani dan jasmani sebagai syarat sebelum ditetapkan peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) Pangandaran 2015.