Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Banten Kaya Potensi Hasil Hutan Bukan Kayu

bukan kayu, potensi hutan, banten

Posted on 26 Sep 2013. Hits : 394

Sekretaris Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten Nasrullah menyatakan daerah tersebut kaya potensi hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah.

"Untuk sektor kehutanan, kita selain memiliki kayu juga hasil hutan bukan kayu, diantaranya gula aren dan madu lebah, katanya di Serang, Kamis.

Untuk potensi madu, kata dia, diantaranya berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kolon (TNUK) Kabupaten Pandeglang.

Hasil hutan tersebut, kata dia, dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dengan syarat tidak boleh merusak kawasan hutan.

Bahkan masyarakat dibina, terutama dalam tata cara pengambilan madu serta pengelolaan paskapanen.

"Sebelumnya masyarakat mengambil seluruh madu yang ada pada satu sarang lebah, hal dampaknya tidak baik karena lebih bisa pindah ke tempat lain," katanya.

Sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kemudian membina masyarakat dan meminta agar pengambilan jangan dilakukan secara keseluruhan agar lebih tidak pindah.

Hasil madu lebah dari TNUK, kata dia, kadar airnya juga relatif tinggi dan encer sehingga harga jualnya relatif rendah.

"BUMN tersebut kemudian membantu alat untuk mengurangi kadar air tersebut, dan sekarang kualitasnya sudah bagus dengan kandungan air rendah sehingga harga jual tinggi," ujarnya.

Balai Taman Nasional Ujung Kulon telah bekerja sama dengan Jaringan Madu Indonesia (HJMI), Perhimpunan Hanjuang Mahardika Nusantara (PHMN) dan Kelompok Tani Madu Hutan Ujung Kulon (KTMHUK).

"Dalam kerja sama ini disepakati, masyarakat bisa mencari madu sambil membantu menjaga serta melestarikan kawasan TNUK," ujarnya.

Kerja sama itu, merupakan pemanfaatan madu hutan secara lestari untuk perlindungan populasi lebah hutan atau odeng (apis dorsata) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ant/as)

'Blue Economy' Dorong Industri Baru

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C. Sutardjo, mengemukakan bahwa konsep ekonomi biru atau 'blue economy' menekankan pentingnya pengelolaan laut berkelanjutan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi kemakmuran rakyat.

Temanggung Rawan Krisis Air Bersih

Sebanyak enam kecamatan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terancam krisis air bersih pada musim kemarau tahun ini.

Tarif Listrik Picu Inflasi

Tarif listrik memicu inflasi Jawa Timur pada bulan Agustus 2014 sebesar 0,37 persen karena terjadinya peningkatan tarif 3,89 persen hingga menjadikannya sebagai penyumbang tertinggi terhadap inflasi.

KKP Siapkan SDM Unggul

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan menyiapkan sumber daya manusia unggul yang dapat bersaing di dunia global terutama dalam sektor kelautan dan perikanan.

Eksekutif Diminta Selektif Mencari Investor

Anggota Komisi III bidang pembangunan dan sarana prasarana DPRD Kota Mataram Zaitun meminta pihak eksekutif ke depan lebih selektif mencari calon investor.