Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tahapan Pemilukada Di Deiyai Dinilai Cacat Hukum

tahapan pemilihan kepala daerah, di kabupaten deiyai, cacat hukum oleh salah satu peserta pemilukada yan giyai

Posted on 30 Apr 2013. Hits : 350

Tahapan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Deiyai dinilai cacat hukum oleh salah satu peserta pemilukada Yan Giyai di Jayapura, Selasa.

"Penyelenggara pemilukada di Kabupaten Deiyai diduga telah melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu," ujar Yan.

Ia menjelaskan, penyelenggara pemilu dalam hal ini Ketua dan anggota KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Kabupaten Deiyai diduga tidak cermat, tidak adil, tidak setara dan tidak independent dalam penyelenggaraan pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Deiyai karena berpihak pada salah satu pasangan calon pada pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Dogiyai tahun 2012.

"Hal ini sudah dilaporkan juga secara tertulis ke DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu) KPU dan memutuskan bahwa ketua dan anggota KPUD Kabupaten Deiyai yang berjumlah lima orang diberhentikan sesuai dengan Surat Putusan No.1/DKPP-PKE-II/2013," urai Yan.

Lebih lanjut Yan menuturkan, oleh karena kelima anggota KPU tersebut telah diberhentikan, maka seharusnya tahapan pemilukada di Kabupaten Deiyai diulang kembali dari awal.

"Dari Surat Putusan DKPP disebutkan bahwa hasil putusannya tersebut harus segera dilaksanakan KPU Provinsi Papua dengan diawasi oleh Bawaslu (Badan Pengawasan Pemilu)," imbuhnya.(ant/rd)

DPR Sepakati Harga Minyak 60 Dolar/Barel

Komisi VII DPR dan Kementerian ESDM menyepakati harga minyak Indonesia (Indonesia crude price/ICP) dalam RAPBN Perubahan 2015 sebesar 60 dolar per barel.

LIPI: Hambatan Utama Jokowi Adalah PDIP

Pengamat politik LIPI Ikrar Nusa Bhakti menilai hambatan utama kinerja Presiden Joko Widodo adalah PDIP selaku partai pengusungnya dalam Pilpres 2014 silam.

Presiden Hormati Proses Hukum

Presiden Joko Widodo mengatakan hingga saat ini masih mengikuti proses hukum, baik untuk kasus Komjen (Pol) Budi Gunawan maupun Bambang Widjojanto, dan tidak ingin turut campur dalam proses tersebut.

Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok Turun

Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di Cilacap, Jawa Tengah, turun sebagai dampak penurunan harga bahan bakar minyak dan elpiji 12 kilogram, kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Cilacap Dian Arinda Murni.

Topeng Kayu Tradisional Bantul Diminati Seniman Mancanegara

Topeng kayu tradisional produk perajin pedukuhan Kadekrowo, Desa Gilangharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, selain diminati seniman dalam negeri juga seniman dari mancanegara.