Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tahapan Pemilukada Di Deiyai Dinilai Cacat Hukum

tahapan pemilihan kepala daerah, di kabupaten deiyai, cacat hukum oleh salah satu peserta pemilukada yan giyai

Posted on 30 Apr 2013. Hits : 350

Tahapan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Deiyai dinilai cacat hukum oleh salah satu peserta pemilukada Yan Giyai di Jayapura, Selasa.

"Penyelenggara pemilukada di Kabupaten Deiyai diduga telah melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu," ujar Yan.

Ia menjelaskan, penyelenggara pemilu dalam hal ini Ketua dan anggota KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Kabupaten Deiyai diduga tidak cermat, tidak adil, tidak setara dan tidak independent dalam penyelenggaraan pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Deiyai karena berpihak pada salah satu pasangan calon pada pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Dogiyai tahun 2012.

"Hal ini sudah dilaporkan juga secara tertulis ke DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu) KPU dan memutuskan bahwa ketua dan anggota KPUD Kabupaten Deiyai yang berjumlah lima orang diberhentikan sesuai dengan Surat Putusan No.1/DKPP-PKE-II/2013," urai Yan.

Lebih lanjut Yan menuturkan, oleh karena kelima anggota KPU tersebut telah diberhentikan, maka seharusnya tahapan pemilukada di Kabupaten Deiyai diulang kembali dari awal.

"Dari Surat Putusan DKPP disebutkan bahwa hasil putusannya tersebut harus segera dilaksanakan KPU Provinsi Papua dengan diawasi oleh Bawaslu (Badan Pengawasan Pemilu)," imbuhnya.(ant/rd)

Tokoh Hukum Berikan Dukungan Kepada KPK

Sejumlah tokoh hukum memberikan dukungan kepada KPK terkait rencana revisi UU No 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi.

Mukomuko Bangun 11 Jalan Usaha Produksi Perkebunan

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2016 akan membangun sebanyak 11 titik jalan usaha produksi (JUP) perkebunan kelapa sawit dan karet di daerah itu.

DPRD Paser Asistensi Raperda Ke Gubernur Kaltim

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Paser segera melakukan asistensi terhadap enam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang telah disetujui akhir Januari 2016, ke Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

Gubernur DKI: Genangan Muncul Karena Saluran Tersumbat

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan penyebab utama munculnya genangan air di sejumlah wilayah ibu kota adalah saluran-saluran air yang tersumbat.

Satpol PP Padang Bantah Lakukan Penganiayaan

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Firdaus Ilyas membantah jajarannya melakukan penganiayaan terhadap salah seorang warga kota setempat pada Minggu (7/2).