Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tahapan Pemilukada Di Deiyai Dinilai Cacat Hukum

tahapan pemilihan kepala daerah, di kabupaten deiyai, cacat hukum oleh salah satu peserta pemilukada yan giyai

Posted on 30 Apr 2013. Hits : 350

Tahapan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Deiyai dinilai cacat hukum oleh salah satu peserta pemilukada Yan Giyai di Jayapura, Selasa.

"Penyelenggara pemilukada di Kabupaten Deiyai diduga telah melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu," ujar Yan.

Ia menjelaskan, penyelenggara pemilu dalam hal ini Ketua dan anggota KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Kabupaten Deiyai diduga tidak cermat, tidak adil, tidak setara dan tidak independent dalam penyelenggaraan pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Deiyai karena berpihak pada salah satu pasangan calon pada pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Dogiyai tahun 2012.

"Hal ini sudah dilaporkan juga secara tertulis ke DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu) KPU dan memutuskan bahwa ketua dan anggota KPUD Kabupaten Deiyai yang berjumlah lima orang diberhentikan sesuai dengan Surat Putusan No.1/DKPP-PKE-II/2013," urai Yan.

Lebih lanjut Yan menuturkan, oleh karena kelima anggota KPU tersebut telah diberhentikan, maka seharusnya tahapan pemilukada di Kabupaten Deiyai diulang kembali dari awal.

"Dari Surat Putusan DKPP disebutkan bahwa hasil putusannya tersebut harus segera dilaksanakan KPU Provinsi Papua dengan diawasi oleh Bawaslu (Badan Pengawasan Pemilu)," imbuhnya.(ant/rd)

Menhut janji Selesaikan Peer Sebelum Mundur

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan berjanji untuk segera menyelesaikan sejumlah hal yang menjadi wewenangnya sebelum mengundurkan diri pada 28 September nanti dari jabatannya.

Pameran Pendidikan UNM Tampilkan Karya Inovatif

Pameran pendidikan Universitas Negeri Makassar (UNM) menampilkan karya inovatif dari mahasiswa untuk berpartisipasi dalam peringatan Diesnatalis ke-53.

Situasi Jakarta Tetap Kondusif

Situasi Ibu Kota Jakarta jelang putusan Mahkamah Konstitusi tentang gugatal pilpres, Kamis (21/8) tetap kondusif.

Mobil Dinas Anggota DPRD Lama Ditarik

Sekretariat DPRD Nunukan, Kalimantan Utara, mengaku telah menarik mobil dinas (mobdin) yang digunakan anggota DPRD periode 2009-2014 yang tidak terpilih kembali pada pemilu legislatif 2014.

Angkutan Batu Bara Terus Diawasi

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus melakukan pengawasan terhadap angkutan batu bara, terutama yang melalui jalan umum.