Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Presiden Akan Umumkan 'May Day' Sebagai Libur Nasional

mayaday,hari libur nasional

Posted on 30 Apr 2013. Hits : 442

Presiden SBY akan mengumumkan Hari Buruh Sedunia yang jatuh setiap 1 Mei menjadi hari libur nasional. Ini merupakan kado istimewa yang sudah ditunggu-tunggu oleh para buruh dan pekerja dari sejak lama.

Demikian disampaikan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, usai bertemu dengan Presiden di Istana Negara, Senin (29/4) petang yang dikutip dari laman webpresiden.

“Ini kado istimewa dan insya Allah akan disampaikan pada 1 Mei mendatang di PT Maspion atau PT Unilever. Beliau (Presiden) akan memberikan kado yang sudah kami tunggu-tunggu lama sekali, yaitu akan menjadikan 1 Mei menjadi hari libur nasional pada tahun-tahun berikutnya,” kata Said.

Presiden SBY juga mengungkapkan rasa empatinya terhadap para buruh. “Presiden mengatakan berasal dari orang kecil, maka sudah barang tentu hati dan empatinya sama seperti yang dirasakan orang kecil dan masyarakat miskin, termasuk buruh yang tergolong dalam kaum marginal,” Said menjelaskan.

Pimpinan serikat pekerja/buruh dalam pertemuan tadi menyampaikan jangan ada penangguhan upah minimun yang tidak sesuai aturan main, yaitu Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 231 tahun 2003. Dalam kesempatan ini, ditekankan pula tentang upah guru honor. Para buruh meminta guru honor harus mendapatkan upah minimum.

Menurut Said, Presiden SBY menyambut baik usulan tersebut. Soal penangguhan pembayaran upah minimum memang ada aturannya. Tapi dengan syarat, seperti ada audit , diketahui pekerja atau serikat pekerja, dan perusahaan bersangkutan memang rugi. “Kalau tidak ada syarat-syarat tersebut, jangan dipermudah,” ujar Said.

Sementara itu, Ketua Umum Konfederasi Kongres Aliansi Buruh Indonesia Nining Elitos, yang turut menyampaikan keterangan pers, mengatakan serikat pekerja akan terus mendorong penghapusan sistem outsourcing, penghentian tindakan premanisme, dan kriminalisasi terhadap serikat buruh.(ris)

Martapura Turunkan Mantan Pemain PSM Di Makassar

Tim Divisi Utama Martapura FC akan menurunkan tiga mantan pemain PSM saat menghadapi tim 'Juku Eja' pada laga uji coba di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Sulsel, 30 Maret 2015.

Rakornas KPI Bahas Kesiapan Penyiaran Hadapi MEA

Rapat Koordinasi Nasional Komisi Penyiaran Indonesia yang akan digelar di Makassar akan fokus pada kesiapan lembaga penyiaran dalam menghadapi persaingan pasar bebas atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Nuh Bantah Kurikulum 2013 Ajarkan Radikalisme

Mantan Mendikbud Mohammad Nuh membantah Kurikulum 2013 (K13) mengajarkan radikalisme, karena kurikulum itu justru mengajarkan toleransi dengan pendekatan baru.

Pemkab Sukabumi Ungsikan 100 Jiwa Korban Longsor

Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengungsikan sekitar 100 jiwa korban bencana tanah longsor tebing setinggi kurang lebih 30 meter di Kampung Cimerak yang menyebabkan 10 orang tertimbun.

LSM Kritik Kebijakan Wacana Pengampunan Pajak

Sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang tergabung dalam Forum Pajak Berkeadilan (FPB) mengkritik wacana bakal adanya kebijakan pengampunan pajak yang dinilai berpotensi memberi keringanan bagi pelaku kejahatan perpajakan dan keuangan.