Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Presiden Akan Umumkan 'May Day' Sebagai Libur Nasional

mayaday,hari libur nasional

Posted on 30 Apr 2013. Hits : 442

Presiden SBY akan mengumumkan Hari Buruh Sedunia yang jatuh setiap 1 Mei menjadi hari libur nasional. Ini merupakan kado istimewa yang sudah ditunggu-tunggu oleh para buruh dan pekerja dari sejak lama.

Demikian disampaikan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam keterangan persnya di Kantor Presiden, usai bertemu dengan Presiden di Istana Negara, Senin (29/4) petang yang dikutip dari laman webpresiden.

“Ini kado istimewa dan insya Allah akan disampaikan pada 1 Mei mendatang di PT Maspion atau PT Unilever. Beliau (Presiden) akan memberikan kado yang sudah kami tunggu-tunggu lama sekali, yaitu akan menjadikan 1 Mei menjadi hari libur nasional pada tahun-tahun berikutnya,” kata Said.

Presiden SBY juga mengungkapkan rasa empatinya terhadap para buruh. “Presiden mengatakan berasal dari orang kecil, maka sudah barang tentu hati dan empatinya sama seperti yang dirasakan orang kecil dan masyarakat miskin, termasuk buruh yang tergolong dalam kaum marginal,” Said menjelaskan.

Pimpinan serikat pekerja/buruh dalam pertemuan tadi menyampaikan jangan ada penangguhan upah minimun yang tidak sesuai aturan main, yaitu Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 231 tahun 2003. Dalam kesempatan ini, ditekankan pula tentang upah guru honor. Para buruh meminta guru honor harus mendapatkan upah minimum.

Menurut Said, Presiden SBY menyambut baik usulan tersebut. Soal penangguhan pembayaran upah minimum memang ada aturannya. Tapi dengan syarat, seperti ada audit , diketahui pekerja atau serikat pekerja, dan perusahaan bersangkutan memang rugi. “Kalau tidak ada syarat-syarat tersebut, jangan dipermudah,” ujar Said.

Sementara itu, Ketua Umum Konfederasi Kongres Aliansi Buruh Indonesia Nining Elitos, yang turut menyampaikan keterangan pers, mengatakan serikat pekerja akan terus mendorong penghapusan sistem outsourcing, penghentian tindakan premanisme, dan kriminalisasi terhadap serikat buruh.(ris)

Ribuan Jemaah Haji Riau Dalam Perawatan di Saudi

Lima orang haji dari Provinsi Riau hingga saat ini masih dalam perawatan intensif Rumah Sakit di Arab Saudi dan belum bisa pulang ke tanah air, meski teman-teman sesama Kelompok Terbangnya sudah tiba di Indonesia.

'Kamu Harus Cepat Pulang' Tutup Syukuran Rakyat

Lagu 'Kamu Harus Cepat Pulang' dari grup musik Slank menjadi penutup Syukuran Rakyat Salam Tiga Jari di Kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Senin malam.

Pabrik Rokok Stop Pembelian Tembakau di Bojonegoro

Dinas Perhutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan sejumlah pabrik rokok menghentikan pembelian tembakau, karena panen tanaman tembakau Virginia Voor Oogst (VO) dan Jawa, yang merupakan tanaman Juni ternyata sudah habis.

Ekspor Kerajinan Bali Naik

Bali meraup devisa sebesar 151,19 juta dolar AS dari pengapalan aneka jenis hasil kerajinan skala rumah tangga selama delapan bulan periode Januari-Juli 2014, atau naik 14,22 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya "Hasil industri sentuhan tangan-tangan terampil perajin dan seniman Bali itu mampu memberikan kontribusi sebesar 44,23 persen dari total ekspor Bali sebesar 341,81 juta dolar AS," kata kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Panusunan Siregar di Denpasar, Selasa.

Lebanon Tak Lagi Terima Pengungsi Suriah

Menteri Urusan Sosial Lebanon Rashid Derbas pada Senin, mengatakan negaranya tidak akan menerima pengungsi Suriah lagi, demikian laporan National News Agency (NNA).