Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Persaingan Ketat Pemilu Diwarnai Politik Uang

panwaslu, gunung kidul, praktik politik uang, warnai pemilu

Posted on 07 Dec 2013. Hits : 406

Panitia pengawas pemilu Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memprediksi praktik politik uang akan mewarnai Pemilu 2014 karena persaingan untuk mendapatkan kursi dewan sangat ketat.

Divisi pengawasan Panwaslu Gunung Kidul Budi Haryanto di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan politik uang terjadi dengan melibatkan beberapa oknum calon anggota legislatif (caleg) dan calon anggota DPD.

'Tindakan ini dilakukan dengan cara dan prosedur yang cukup baik dan terorganisir akibatnya panwaslu akan mengalami kesulitan membuktikan sebagai pelanggaran pidana pemilu. Kami sudah mempelajari modus-modusnya dari Pemilu 2009,' kata Budi.

Menurut dia, politik uang sudah bukan lagi menjadi rahasia umum. Politik uang sudah menjadi tradisi dan memiliki pola tersendiri di tengah masyarakat. Pola-pola tersebut dipraktikkan oleh semua komponen dalam sistem politik mulai dari pemilihan kepala dusun hingga pemilu legislatif.

'Apa pun usaha pencegahan politik uang akan sulit untuk dibersihkan dalam praktik demokrasi Indonesia. Politik sudah menjadi suatu bagian yang terintegrasi dalam masyarakat Indonesia. Politik uang ini dianggap sebagai sebuah fenomena biasa dalam sistem demokrasi di Indonesia,' kata dia.

Ia mengatakan praktik politik uang biasanya dilakukan oknum caleg mendekati hari pelaksanaan pemilu atau sering disebut 'serangan fajar'. Jadi, tidak jarang satu orang pemilih mengikuti syukuran dan menerima uang dari dua orang atau bahkan tiga caleg berbeda.

'Sistem seperti ini memang sangat disukai orang, khususnya masyarakat awam yang kehidupannya dilengkapi dengan penderitaan kemiskinan. Kemiskinan menyuburkan praktik politik di tengah masyarakat, selain sikap apatis warga terhadap pemilihan,' katanya.

Disisi lain berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu, sangat dilarang untuk menggunakan politik uang seperti yang telah banyak terjadi karena politik uang sama saja dengan 'membeli' suara rakyat.(ant/rd)

Biaya Rujukan Pasien Dekai Rp60 Juta

Biaya rujukan pasien dari Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, ke Jayapura kemudian sebaliknya dari Jayapura kembali ke Dekai sebesar Rp60 juta.

Disperindag Temukan Bahan Kue Kedaluwarsa

Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindag) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menemukan bahan kue dan makanan serta ikan kaleng kedaluwarsa dalam inspeksi mendadak menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah.

Ngurah Rai Siap Hadapi Lebaran

Bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar, Bali, dinilai siap dalam menghadapi lonjakan penumpang yang biasa dihadapi pada masa liburan lebaran 2014/1435 Hijriyah.

Telkomsel Pasang BTS di Bandara

Perseroan Terbatas Telkomsel Cabang Palu memasang satu unit base transceiver station (BTS) atau penguat sinyal untuk melayani para pemudik yang sedang berada di dalam ruang tunggu Bandara Mutiara SIS Aljufri, Kota Palu.

Polres Kotim Tingkatkan Pengamanan Rumah Pemudik

Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, meningkatkan pengamanan selama perayaan lebaran Idul Fitri, di antaranya pengamanan rumah-rumah pemudik.