Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkab Kudus Sosialisasikan Tahapan Pilkades

pemkab kudus, sosialisasikan, pilkades

Posted on 03 Oct 2013. Hits : 426

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sosialisasikan tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang bakal digelar secara serentak lewat spanduk yang dipasang di setiap kantor kepala desa dan kecamatan.

"Kami sudah menyiapkan media sosialisasi, seperti spanduk berdiri (stand banner) yang berukurang sedang yang nantinya akan ditempatkan di sembilan kantor kecamatan dan 116 desa yang akan menggelar Pilkades," kata Pelaksana tugas Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kudus, Agus Budi Satriyo, di Kudus, Kamis.

Di dalam "stand banner" tersebut, kata dia, terdapat informasi tahapan mulai dari tahapan pembentukan panitia pemilihan kepala desa (Panlih) hingga penngangkatan dan pelantikan calon kepala desa terpilih.

Dengan adanya spanduk informasi tersebut, dia berharap, masyarakat juga ikut mendukung pelaksanaannya dan memantau tahapan persiapan agar pelaksanaannya nanti berlangsung lancar dan kondusif.

"Setidaknya, tahapan awal hingga akhir tidak ada permasalahan, karena masyarakat juga ikut mengawasinya," ujarnya.

Berdasarkan tahapan, kata dia, 30 September hingga 2 Oktober 2013 merupakan tahapan pembentukan Panlih oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Sedangkan pendaftaran pemilih dimulai 6-20 Oktober 2013 dan penetapan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) pada 4 November 2013, serta pemungutan suara pada 4 November 2013.

Ia berharap, masyarakat bersikap proaktif memastikan namanya sudah tercatat sebagai pemilih pada DPT Pilkades.

Untuk menghindari warga tidak tercantum di DPT, katanya, setiap tahapan panitia pendaftar pemilih diminta untuk mengumumkan setiap tahapan pendaftaran pemilih.

Rencananya, terdapat 116 desa di Kabupaten Kudus yang akan menggelar Pilkades secara serentak.(ris/ant)

Unimed Pecahkan Dua Kali Rekor MURI

Universitas Negeri Medan (Unimed) selama tahun 2014 ini telah dua kali memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam bidang pendidikan.

Daerah Resapan Lereng Merapi Perlu Diproteksi

Daerah resapan air di lereng Gunung Merapi di Kabupaten Klaten dan Boyolali, Jawa Tengah, perlu diproteksi agar sumber daya air tetap terjaga, kata peneliti Paris-Sorbonne University, Prancis, Adrian Selles.

DKI: 5 Kelurahan Dipasang Alat Deteksi Banjir

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera memasang alat khusus sistem peringatan bencana di lima kelurahan rawan banjir yang ada di Kota Jakarta.

Staf Ahli Sarankan Umat Beragama Jaga Kerukunan

Staf Ahli Bidang Pembangunan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fadli menyarankan kepada seluruh umat beragama agar menjaga kerukunan dan toleransi dalam rangka peningkatan pembangunan nasional.

Tiongkok Serukan Jepang Untuk Akhiri Operasi Jet Tempur Acak

Tiongkok menyerukan Jepang untuk menghentikan operasi pesawat jet tempur acaknya terhadap pesawat Tiongkok menyusul kenaikan jumlah operasi tersebut, dan mengatakan itu sebagai sumber masalah keamanan penerbangan.