Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkab Kudus Siapkan Pelaksanaan Pilkades 116 Desa

pemkab kudus, siapkan, pelaksanaan pilkades 116 desa

Posted on 16 Jul 2013. Hits : 541

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades)di 116 desa daerah setempat, setelah sempat tertunda akibat bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kudus 2013.

"Sesuai surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri, pelaksanaan Pilkades harus digelar paling lambat enam bulan setelah pelaksanaan Pilkada Kudus yang diselenggarakan 26 Mei 2013," kata Pelaksana tugas Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Kudus, Agus Budi Satriyo, di Kudus, Selasa.

Dengan demikian, kata dia, persiapannya harus dimulai sejak dini, agar pada Januari atau Februari 2014 bisa digelar serempak di 116 desa.

Setelah Lebaran 2013, katanya, persiapan pelaksanaan Pilkades akan diintensifkan, termasuk pembentukan panitia Pilkades oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Selain itu, lanjut dia, masing-masing desa juga harus mempersiapkan proses penganggarannya sejak sekarang, meskipun mendapatkan dana stimulan dari Pemkab Kudus.

Berdasarkan Perda 19/2006 tentang Pemilihan/Pemberhentian Kepala Desa, anggaran pelaksanaan Pilkades bersumber dari APBDes, APBD, dan pihak ketiga.

Terkait dengan sejumlah kepala desa yang memasuki akhir masa jabatannya dalam waktu dekat, kata dia, sesuai ketentuan yang berlaku akan diisi oleh pejabat sementara yang diusulkan oleh camat setempat kepada bupati dengan mempertimbangkan aspirasi masyarakat.

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan surat edaran dari Mendagri, untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa akan diangkat pejabat sementara kepala desa selama enam bulan dan bisa diangkat kembali satu kali enam bulan.

Adapun sejumlah pihak yang diperbolehkan diusulkan menjabat sebagai pejabat sementara kepala desa, yakni perangkat desa, pegawai negeri sipil dan tokoh masyarakat.

Berdasarkan data yang ada, terdapat 116 kepala desa yang memasuki akhir masa jabatannya pada Juli, Agustus, September dan Oktober 2013.(ris/ant)

KPU Bantul Usulkan Anggaran Pilkada Rp18 Miliar

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mengusulkan anggaran penyelenggaraan pemilihan kepala daerah pada Desember 2015 ke pemerintah setempat sekitar Rp18 miliar.

Pemkot Pariaman Perlebar Lahan Parkir Pantai Gandoriah

Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) akan memperlebar area parkir di kawasan Pantai Gandoriah untuk menambah daya tampung kendaraan pengunjung objek wisata setempat.

Pengamat : Melegalkan Politik Uang Rusak Demokrasi

Pengamat politik Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) Asrinaldi menilai wacana melegalkan pemberian imbalan oleh calon kepala daerah kepada pemilih dengan nominal tidak melebihi Rp50 ribu, hanya akan merusak demokrasi di Indonesia.

Dandim Padang Ajak Petani Tanam Padi Organik

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0312 Padang, Sumatera Barat, Letkol Arm Wahyudi Dwi Santoso mengajak petani untuk mengubah pola tanam konvensional menjadi organik, untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Pemkot Payakumbuh Minta PDAM Tingkatkan Pelayanan

Wali kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), Riza Falepi meminta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat menjadikan penghargaan Perpamsi Award 2015 yang diterimanya sebagai pendorong untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.