Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkab Kudus Siapkan Pelaksanaan Pilkades 116 Desa

pemkab kudus, siapkan, pelaksanaan pilkades 116 desa

Posted on 16 Jul 2013. Hits : 541

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades)di 116 desa daerah setempat, setelah sempat tertunda akibat bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kudus 2013.

"Sesuai surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri, pelaksanaan Pilkades harus digelar paling lambat enam bulan setelah pelaksanaan Pilkada Kudus yang diselenggarakan 26 Mei 2013," kata Pelaksana tugas Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Kudus, Agus Budi Satriyo, di Kudus, Selasa.

Dengan demikian, kata dia, persiapannya harus dimulai sejak dini, agar pada Januari atau Februari 2014 bisa digelar serempak di 116 desa.

Setelah Lebaran 2013, katanya, persiapan pelaksanaan Pilkades akan diintensifkan, termasuk pembentukan panitia Pilkades oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Selain itu, lanjut dia, masing-masing desa juga harus mempersiapkan proses penganggarannya sejak sekarang, meskipun mendapatkan dana stimulan dari Pemkab Kudus.

Berdasarkan Perda 19/2006 tentang Pemilihan/Pemberhentian Kepala Desa, anggaran pelaksanaan Pilkades bersumber dari APBDes, APBD, dan pihak ketiga.

Terkait dengan sejumlah kepala desa yang memasuki akhir masa jabatannya dalam waktu dekat, kata dia, sesuai ketentuan yang berlaku akan diisi oleh pejabat sementara yang diusulkan oleh camat setempat kepada bupati dengan mempertimbangkan aspirasi masyarakat.

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan surat edaran dari Mendagri, untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa akan diangkat pejabat sementara kepala desa selama enam bulan dan bisa diangkat kembali satu kali enam bulan.

Adapun sejumlah pihak yang diperbolehkan diusulkan menjabat sebagai pejabat sementara kepala desa, yakni perangkat desa, pegawai negeri sipil dan tokoh masyarakat.

Berdasarkan data yang ada, terdapat 116 kepala desa yang memasuki akhir masa jabatannya pada Juli, Agustus, September dan Oktober 2013.(ris/ant)

Astra Agro Lestari Kembangkan Perkebunan Sawit

PT Astra Agro Lestari Tbk mengembangkan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat seluas 18.

Pemkab Pacu Kreativitas Pelajar Kembangkan Website Sekolah

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung berupaya memacu kreativitas pelajar dalam mengembangkan website sekolah masing-masing melalui lomba.

AFFI Dukung Sertifikasi Produk Halal

Executive Vice-President Indonesia Flavor and Fragrance Association (AFFI) Paulus J Rusli mengatakan, penerapan sertifikat halal oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik MUI telah mendorong produk mereka diterima secara luas di masyarakat.

Bupati Minahasa Apresiasi Dokter Teladan

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow memberikan apresiasi atas prestasi utusan Kabupaten Minahasa sekaligus mewakili Provinsi Sulawesi Utara dr Caroline Prully Saerang yang meraih predikat tenaga kesehatan teladan Puskesmas tingkat nasional tahun 2014.

Roy Hodgson Himbau Pemain Muda Inggris Bermain Di Luar Negeri

Pelatih tim nasional Inggris Roy Hodgson menghimbau kepada para pemain muda internasional untuk bermain di luar negeri dan memperkaya pengalaman sepak bola mereka, daripada hanya duduk di bangku pemain cadangan di klub-klub Liga Utama Inggris yang dipenuhi para pemain asing.