Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkab Kudus Siapkan Pelaksanaan Pilkades 116 Desa

pemkab kudus, siapkan, pelaksanaan pilkades 116 desa

Posted on 16 Jul 2013. Hits : 541

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades)di 116 desa daerah setempat, setelah sempat tertunda akibat bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kudus 2013.

"Sesuai surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri, pelaksanaan Pilkades harus digelar paling lambat enam bulan setelah pelaksanaan Pilkada Kudus yang diselenggarakan 26 Mei 2013," kata Pelaksana tugas Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Kudus, Agus Budi Satriyo, di Kudus, Selasa.

Dengan demikian, kata dia, persiapannya harus dimulai sejak dini, agar pada Januari atau Februari 2014 bisa digelar serempak di 116 desa.

Setelah Lebaran 2013, katanya, persiapan pelaksanaan Pilkades akan diintensifkan, termasuk pembentukan panitia Pilkades oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Selain itu, lanjut dia, masing-masing desa juga harus mempersiapkan proses penganggarannya sejak sekarang, meskipun mendapatkan dana stimulan dari Pemkab Kudus.

Berdasarkan Perda 19/2006 tentang Pemilihan/Pemberhentian Kepala Desa, anggaran pelaksanaan Pilkades bersumber dari APBDes, APBD, dan pihak ketiga.

Terkait dengan sejumlah kepala desa yang memasuki akhir masa jabatannya dalam waktu dekat, kata dia, sesuai ketentuan yang berlaku akan diisi oleh pejabat sementara yang diusulkan oleh camat setempat kepada bupati dengan mempertimbangkan aspirasi masyarakat.

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan surat edaran dari Mendagri, untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa akan diangkat pejabat sementara kepala desa selama enam bulan dan bisa diangkat kembali satu kali enam bulan.

Adapun sejumlah pihak yang diperbolehkan diusulkan menjabat sebagai pejabat sementara kepala desa, yakni perangkat desa, pegawai negeri sipil dan tokoh masyarakat.

Berdasarkan data yang ada, terdapat 116 kepala desa yang memasuki akhir masa jabatannya pada Juli, Agustus, September dan Oktober 2013.(ris/ant)

10 Sekolah Dumai Terapkan PPDB Online

Dinas Pendidikan Kota Dumai Provinsi Riau kembali akan menerapkan sistem berbasis internet atau 'online' dalam penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2015, khusus untuk 10 sekolah unggulan di daerah itu.

IFRA 2015 Ingin Dorong Pertumbuhan Waralaba Indonesia

Pameran dan konferensi bertema waralaba IFRA 2015 dibuka secara resmi hari ini dengan tujuan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan bisnis waralaba (franchise) di Indonesia di masa datang.

Disperindag Akan Menggelar Operasi Sembako

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), akan menggelar operasi pasar dengan menyiapkan berbagai sembilan bahan pokok (sembako) dengan harga murah pada menjelang Ramadan nanti.

Jelajahi Pasar Manca, Tak Buat Baba Rafi Lupakan Indonesia

Di tengah upaya menjangkau pasar mancanegara terutama Malaysia, tidak membuat Kebab Turki BabaRafi melupakan pasar domestik.

Djokovic Atasi Masalah Cedera Untuk Tembus Putaran Ketiga

Harapan-harapan Novak Djokovic untuk melengkapi karirnya di Grand Slam dengan menjuarai Prancis Terbuka sempat mendapat masalah, ketika ia memerlukan 'medical time out' saat meraih kemenangan 6-1, 6-4, 6-4 atas petenis Luxemburg Gilles Muller di Roland Garros pada Kamis.