Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkab Kudus Siapkan Pelaksanaan Pilkades 116 Desa

pemkab kudus, siapkan, pelaksanaan pilkades 116 desa

Posted on 16 Jul 2013. Hits : 541

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades)di 116 desa daerah setempat, setelah sempat tertunda akibat bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kudus 2013.

"Sesuai surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri, pelaksanaan Pilkades harus digelar paling lambat enam bulan setelah pelaksanaan Pilkada Kudus yang diselenggarakan 26 Mei 2013," kata Pelaksana tugas Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Kudus, Agus Budi Satriyo, di Kudus, Selasa.

Dengan demikian, kata dia, persiapannya harus dimulai sejak dini, agar pada Januari atau Februari 2014 bisa digelar serempak di 116 desa.

Setelah Lebaran 2013, katanya, persiapan pelaksanaan Pilkades akan diintensifkan, termasuk pembentukan panitia Pilkades oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Selain itu, lanjut dia, masing-masing desa juga harus mempersiapkan proses penganggarannya sejak sekarang, meskipun mendapatkan dana stimulan dari Pemkab Kudus.

Berdasarkan Perda 19/2006 tentang Pemilihan/Pemberhentian Kepala Desa, anggaran pelaksanaan Pilkades bersumber dari APBDes, APBD, dan pihak ketiga.

Terkait dengan sejumlah kepala desa yang memasuki akhir masa jabatannya dalam waktu dekat, kata dia, sesuai ketentuan yang berlaku akan diisi oleh pejabat sementara yang diusulkan oleh camat setempat kepada bupati dengan mempertimbangkan aspirasi masyarakat.

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan surat edaran dari Mendagri, untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa akan diangkat pejabat sementara kepala desa selama enam bulan dan bisa diangkat kembali satu kali enam bulan.

Adapun sejumlah pihak yang diperbolehkan diusulkan menjabat sebagai pejabat sementara kepala desa, yakni perangkat desa, pegawai negeri sipil dan tokoh masyarakat.

Berdasarkan data yang ada, terdapat 116 kepala desa yang memasuki akhir masa jabatannya pada Juli, Agustus, September dan Oktober 2013.(ris/ant)

Dolar Bervariasi Karena Ekonomi AS Tumbuh Moderat

Kurs dolar AS diperdagangkan bervariasi terhadap mata uang utama lainnya pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena data menunjukkan ekonomi AS kembali ke pertumbuhan moderat pada kuartal keempat 2014.

UEFA : Liverpool Dan Sparta Praha Tidak Langgar Peraturan FFP

Klub Liga Utama Inggris Liverpool dan klub Ceko Sparta Praha dinyatakan tidak melanggar peraturan-peraturan Financial Fair Play (FFP), oleh badan sepak bola Eropa pada Jumat.

Emas Naik Setelah PDB AS Lebih Buruk Dari Perkiraan

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik pada Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah data menunjukkan produk domestik bruto (PDB) AS tumbuh lebih rendah dari yang diperkirakan.

Pertumbuhan Ekonomi AS Melambat Jadi 2,2 Persen

Ekonomi Amerika Serikat tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan pada kuartal keempat 2014, tertekan oleh kenaikan lebih kecil dalam persediaan dan peningkatan lebih besar dalam impor, data revisi menunjukkan Jumat.

Taufan : Saya Tidak Mencalonkan Diri Ketua KNPI

Ketua demisioner DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Taufan EN Rotorasiko menyatakan tidak akan maju dalam bursa pencalonan ketua KNPI periode 2015-2018.