Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkab Kudus Siapkan Pelaksanaan Pilkades 116 Desa

pemkab kudus, siapkan, pelaksanaan pilkades 116 desa

Posted on 16 Jul 2013. Hits : 541

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades)di 116 desa daerah setempat, setelah sempat tertunda akibat bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kudus 2013.

"Sesuai surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri, pelaksanaan Pilkades harus digelar paling lambat enam bulan setelah pelaksanaan Pilkada Kudus yang diselenggarakan 26 Mei 2013," kata Pelaksana tugas Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Kudus, Agus Budi Satriyo, di Kudus, Selasa.

Dengan demikian, kata dia, persiapannya harus dimulai sejak dini, agar pada Januari atau Februari 2014 bisa digelar serempak di 116 desa.

Setelah Lebaran 2013, katanya, persiapan pelaksanaan Pilkades akan diintensifkan, termasuk pembentukan panitia Pilkades oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Selain itu, lanjut dia, masing-masing desa juga harus mempersiapkan proses penganggarannya sejak sekarang, meskipun mendapatkan dana stimulan dari Pemkab Kudus.

Berdasarkan Perda 19/2006 tentang Pemilihan/Pemberhentian Kepala Desa, anggaran pelaksanaan Pilkades bersumber dari APBDes, APBD, dan pihak ketiga.

Terkait dengan sejumlah kepala desa yang memasuki akhir masa jabatannya dalam waktu dekat, kata dia, sesuai ketentuan yang berlaku akan diisi oleh pejabat sementara yang diusulkan oleh camat setempat kepada bupati dengan mempertimbangkan aspirasi masyarakat.

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan surat edaran dari Mendagri, untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa akan diangkat pejabat sementara kepala desa selama enam bulan dan bisa diangkat kembali satu kali enam bulan.

Adapun sejumlah pihak yang diperbolehkan diusulkan menjabat sebagai pejabat sementara kepala desa, yakni perangkat desa, pegawai negeri sipil dan tokoh masyarakat.

Berdasarkan data yang ada, terdapat 116 kepala desa yang memasuki akhir masa jabatannya pada Juli, Agustus, September dan Oktober 2013.(ris/ant)

Pembagian Angpaw Warnai Imlek Di Kelenteng Bandung

Prosesi pembagian angpaw mewarnai kegiatan perayaan Imlek 2567 di kawasan Kelenteng Kota Bandung yang dilakukan oleh para jemaat yang bersembahyang di dua vihara di kawasan itu.

Harga Bawang Merah Di Probolinggo Turun

Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, pada awal Februari 2016 mengalami penurunan karena pasokan melimpah.

Warga Tionghoa Mataram Doakan Indonesia Lebih Baik

Warga keturunan Tionghoa di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mendoakan agar kondisi Indonesia menjadi lebih baik lagi di Tahun Baru Imlek 2567 atau 'Tahun Monyet Api' yang penuh dengan semangat bekerja.

Sudikerta Ingatkan Pelajar Tidak Iseng Terkait Isis

Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengingatkan kepada pelajar di daerah setempat untuk tidak iseng terkait keberadaan 'Islamic State of Iraq and Syria' (ISIS) karena bisa berdampak luas terhadap keamanan wilayah dan pariwisata.

Garda Bangsa Siap Jalankan Rekomendasi Mukernas PKB

Dewan Koordinasi Nasional (DKN) Garda Bangsa siap menjalanan rekomendasi Musyawarah Kerja Nasional Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menolak perkawinan sejenis atau lebih popular disebut LGBT (lesbian, gay, biseksual dan trandsgender/transeksual).