Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkab Kudus Siapkan Pelaksanaan Pilkades 116 Desa

pemkab kudus, siapkan, pelaksanaan pilkades 116 desa

Posted on 16 Jul 2013. Hits : 541

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades)di 116 desa daerah setempat, setelah sempat tertunda akibat bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kudus 2013.

"Sesuai surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri, pelaksanaan Pilkades harus digelar paling lambat enam bulan setelah pelaksanaan Pilkada Kudus yang diselenggarakan 26 Mei 2013," kata Pelaksana tugas Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Kudus, Agus Budi Satriyo, di Kudus, Selasa.

Dengan demikian, kata dia, persiapannya harus dimulai sejak dini, agar pada Januari atau Februari 2014 bisa digelar serempak di 116 desa.

Setelah Lebaran 2013, katanya, persiapan pelaksanaan Pilkades akan diintensifkan, termasuk pembentukan panitia Pilkades oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Selain itu, lanjut dia, masing-masing desa juga harus mempersiapkan proses penganggarannya sejak sekarang, meskipun mendapatkan dana stimulan dari Pemkab Kudus.

Berdasarkan Perda 19/2006 tentang Pemilihan/Pemberhentian Kepala Desa, anggaran pelaksanaan Pilkades bersumber dari APBDes, APBD, dan pihak ketiga.

Terkait dengan sejumlah kepala desa yang memasuki akhir masa jabatannya dalam waktu dekat, kata dia, sesuai ketentuan yang berlaku akan diisi oleh pejabat sementara yang diusulkan oleh camat setempat kepada bupati dengan mempertimbangkan aspirasi masyarakat.

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan surat edaran dari Mendagri, untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa akan diangkat pejabat sementara kepala desa selama enam bulan dan bisa diangkat kembali satu kali enam bulan.

Adapun sejumlah pihak yang diperbolehkan diusulkan menjabat sebagai pejabat sementara kepala desa, yakni perangkat desa, pegawai negeri sipil dan tokoh masyarakat.

Berdasarkan data yang ada, terdapat 116 kepala desa yang memasuki akhir masa jabatannya pada Juli, Agustus, September dan Oktober 2013.(ris/ant)

Perusahaan Jalin Kemitraan Dengan Petani

Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan perusahaan yang tidak punya kebun kelapa sawit bermitra dengan petani untuk mendapatkan bahan baku.

Mahasiswa Perbatasan Jangan Hanya Jadi Penonton

Mahasiswa di kawasan perbatasan jangan hanya jadi penonton, melainkan harus meningkatkan kualitas pendidikan dan ketrampilan.

Penarikan Retribusi Gua Pindul Gunung Kidul Dihentikan

Pemerintah Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menghentikan penarikan retribusi masuk Kawasan Gua Pindul sejak Kamis (26/3), karena diduga masih terjadi kebocoran dana yang dipungut dari pengunjung tersebut.

Bandung Utama Kalahkan Stadium 67-60

Tim bola basket JNE Bandung Utama mengalahkan Stadium Jakarta 67-60 pada lanjutan IndiHome NBL Indonesia 2014-2015 seri ke-9 di GOR C-TRA Arena Kota Bandung, Sabtu.

Hotel Surabaya Padamkan Listrik Peringati Earth Hour

Pebisnis hotel di Surabaya, yakni Sheraton Hotel and Towers, memadamkan listrik selama satu jam untuk memperingati 'Earth Hour' yang dilaksanakan setiap tanggal 28 Maret sebagai kampanye kepedulian lingkungan.