Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkab Kudus Siapkan Pelaksanaan Pilkades 116 Desa

pemkab kudus, siapkan, pelaksanaan pilkades 116 desa

Posted on 16 Jul 2013. Hits : 541

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades)di 116 desa daerah setempat, setelah sempat tertunda akibat bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kudus 2013.

"Sesuai surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri, pelaksanaan Pilkades harus digelar paling lambat enam bulan setelah pelaksanaan Pilkada Kudus yang diselenggarakan 26 Mei 2013," kata Pelaksana tugas Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Kudus, Agus Budi Satriyo, di Kudus, Selasa.

Dengan demikian, kata dia, persiapannya harus dimulai sejak dini, agar pada Januari atau Februari 2014 bisa digelar serempak di 116 desa.

Setelah Lebaran 2013, katanya, persiapan pelaksanaan Pilkades akan diintensifkan, termasuk pembentukan panitia Pilkades oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Selain itu, lanjut dia, masing-masing desa juga harus mempersiapkan proses penganggarannya sejak sekarang, meskipun mendapatkan dana stimulan dari Pemkab Kudus.

Berdasarkan Perda 19/2006 tentang Pemilihan/Pemberhentian Kepala Desa, anggaran pelaksanaan Pilkades bersumber dari APBDes, APBD, dan pihak ketiga.

Terkait dengan sejumlah kepala desa yang memasuki akhir masa jabatannya dalam waktu dekat, kata dia, sesuai ketentuan yang berlaku akan diisi oleh pejabat sementara yang diusulkan oleh camat setempat kepada bupati dengan mempertimbangkan aspirasi masyarakat.

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan surat edaran dari Mendagri, untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa akan diangkat pejabat sementara kepala desa selama enam bulan dan bisa diangkat kembali satu kali enam bulan.

Adapun sejumlah pihak yang diperbolehkan diusulkan menjabat sebagai pejabat sementara kepala desa, yakni perangkat desa, pegawai negeri sipil dan tokoh masyarakat.

Berdasarkan data yang ada, terdapat 116 kepala desa yang memasuki akhir masa jabatannya pada Juli, Agustus, September dan Oktober 2013.(ris/ant)

Relawan Bulat Ajukan Budi Arie Calon KSP

Para relawan pendukung Jokowi yang tergabung dalam Sekretriat Bersama Partisipasi Indonesia telah bulat mencalonkan Budi Arie Setiabudi, mantan aktivis mahasiswa 1998 dan Ketua umum Projo sebagai calon Kepala staf Presiden (KSP).

Calon Wali Kota Dumai Ikuti Karnaval Kampanye

Sebanyak lima pasang calon wali kota Dumai Riau mengikuti karnaval kampanye damai dengan berkeliling kota yang diadakan Komisi Pemilihan Umum setempat, dimulai dari Jalan HR Subrantas, Kamis.

Sekolah Di Sumsel Tidak Diliburkan Terkait Kabut

Sekolah di Sumatera Selatan tidak diliburkan meskipun sejak sepekan terakhir proses belajar dan mengajar di pagi hari terganggu oleh kabut asap.

YKWS Berikan Pemahaman Pengelolaan HKM Ke Media

Yayasan Konservasi Way Seputih melalui kegiatan 'visit media' ingin memberikan pembelajaran serta proses pengajuan hak kelola hutan kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

Kemarau Panjang Ancam Tanaman Cengkih Petani Sulut

Petani cengkih di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara(Sulut) mengkhawatirkan tanaman cengkih, terutama yang baruditanam satu dua tahun terakhir, mengering dampak musim kemarau yang sudah berlangsung beberapa bulan.