Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkab Kudus Siapkan Pelaksanaan Pilkades 116 Desa

pemkab kudus, siapkan, pelaksanaan pilkades 116 desa

Posted on 16 Jul 2013. Hits : 448

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades)di 116 desa daerah setempat, setelah sempat tertunda akibat bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kudus 2013.

"Sesuai surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri, pelaksanaan Pilkades harus digelar paling lambat enam bulan setelah pelaksanaan Pilkada Kudus yang diselenggarakan 26 Mei 2013," kata Pelaksana tugas Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Kudus, Agus Budi Satriyo, di Kudus, Selasa.

Dengan demikian, kata dia, persiapannya harus dimulai sejak dini, agar pada Januari atau Februari 2014 bisa digelar serempak di 116 desa.

Setelah Lebaran 2013, katanya, persiapan pelaksanaan Pilkades akan diintensifkan, termasuk pembentukan panitia Pilkades oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Selain itu, lanjut dia, masing-masing desa juga harus mempersiapkan proses penganggarannya sejak sekarang, meskipun mendapatkan dana stimulan dari Pemkab Kudus.

Berdasarkan Perda 19/2006 tentang Pemilihan/Pemberhentian Kepala Desa, anggaran pelaksanaan Pilkades bersumber dari APBDes, APBD, dan pihak ketiga.

Terkait dengan sejumlah kepala desa yang memasuki akhir masa jabatannya dalam waktu dekat, kata dia, sesuai ketentuan yang berlaku akan diisi oleh pejabat sementara yang diusulkan oleh camat setempat kepada bupati dengan mempertimbangkan aspirasi masyarakat.

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan surat edaran dari Mendagri, untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa akan diangkat pejabat sementara kepala desa selama enam bulan dan bisa diangkat kembali satu kali enam bulan.

Adapun sejumlah pihak yang diperbolehkan diusulkan menjabat sebagai pejabat sementara kepala desa, yakni perangkat desa, pegawai negeri sipil dan tokoh masyarakat.

Berdasarkan data yang ada, terdapat 116 kepala desa yang memasuki akhir masa jabatannya pada Juli, Agustus, September dan Oktober 2013.(ris/ant)

Bongkar Muat Teluk Bayur Meningkat

Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat setiap tahun mengalami peningkatan.

Polres Sumbawa Selidiki Maraknya Pencurian Ternak

Tim Penyidik Reserse Kriminal Polres Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, menyelidiki kasus pencurian ternak di wilayah hukum setempat yang tetap marak, terakhir terjadi di Brang Pelat, Desa Pelat, Kecamatan Unter Iwis.

Serangan Udara Tewaskan 35 Gerilyawan

Serangan-serangan udara di Yaman selatan menewaskan 25 tersangka anggota al Qaida Minggu, kata sumber-sumber suku setempat, dalam operasi kedua dari jenisnya dalam dua hari.

230 Polisi Amankan Rapat Pleno Di Lebak

Sebanyak 230 polisi mengamankan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilu DPR,DPRD dan DPD di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

DPRD Bengkalis Banyak Wajah Baru

Hasil Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Bengkalis, Riau, Minggu, menyatakan para calon legislatif yang berhasil menang dan menempati kursi di DPRD setempat didominasi wajah baru.