Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

MK Uji Hasil Pilkada Sumba Barat Daya

hasil pilkada sumba barat, mahkamah konstitusi, ntt, nusa tenggara timur, sengketa

Posted on 20 Aug 2013. Hits : 1275

Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum Nusa Tenggara Timur (NTT) Djidon de Haan meminta semua pihak menunggu hasil Pilkada Sumba Barat Daya yang sedang diuji di Mahkamah Konstitusi.

"KPU minta masyarakat, khususnya Sumba Barat Daya untuk bersabar karena hasil Pilkada masih diuji di MK," kata Djidon de Haan di Kupang, Selasa, terkait proses Pilkada SBD yang menuai protes karena KPU dinilai tidak netral dalam melaksanakan pleno rekapitulasi penghitungan suara.

Dia mengatakan tidak mengikuti secara datail proses pleno rekapitulasi penghitungan suara pada PPS, PPK dan KPU sampai pada penetapan pasangan calon terpilih.

"Kami tunggu saja, apa yang akan diputuskan MK. KPU tentu akan melaksanakan apapun yang akan diputuskan MK," katanya.

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat Daya (SBD) Kornelius Kodi Mete-Daud Lende Umbu Moto atau KONco OLE ATE, menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Gugatan itu karena keputusan KPU SBD yang menetapkan pasangan Markus Dairo Talu-Dara Tanggu Kaha ( MDT-DT) sebagai bupati dan wakil bupati terpilih periode 2003-2018 dinilai penuh dengan rekayasa.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) menetapkan pasangan calon Markus Dairo Talu- Dara Tanggu Kaha (paket MDT-DT) sebagai Bupati dan Wakil Bupati SBD terpilih.

Pasangan MDT-DT ini mendulang suara terbanyak, yakni 81.543 suara atau 47,62 persen dari total suara sah.

Posisi kedua ditempati pasangan Kornelius Kodi Mete-Daud Lende Umbu Moto (paket KONco OLE ATE) yang meraih 79.498 suara (46,43 persen) dan pasangan Jacob Malo Bulu-John Mila Mesa Geli (Paket Manis) dengan 10.179 suara (5,94 persen).

Dia mengatakan telah menyiapkan lebih dari 30 orang saksi. Semua sudah berada di Jakarta untuk memberikan keterangan dalam sidang di MK.

Selain menyiapkan para saksi, dokumen C1 KWK sudah disiapkan seluruhnya untuk dijadikan sebagai alat bukti di sidang Mahkamah Konstitusi.

Kornelis Kodi Mete yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Sumba barat Daya itu menjelaskan, dari dokumen C1 KWK, telah terjadi pengembungan suara di dua kecamatan yakni Kecamatan Wewewa Tengah dan Wewewa Barat.

Perolehan suara yang ditetapkan di tingkat PPK dan KPU tidak sesuai dengan data C1 KWK, kata Kodi Mete.

Dia juga meminta masyarakat SBD untuk menyikapi masalah hasil Pilkada ini secara arif dan bijaksana.

Khusus kepada para pendukung pasangan itu, dia meminta untuk tidak emosional agar SBD tetap aman dan damai.(ris/ant)

Tak Hanya Pria, Kaum Hawa Juga Terpesona Batu Berharga

Tren batu akik yang akhir-akhir ini merebak ke segala lapisan juga tidak lupa melanda kaum wanita.

Menteri Yohana Yembesi Kunjungi Booth-booth di GPMB 2015

Menteri Peranan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembesi yang berkesempatan meninjau pameran GPMB di JCC yang dibuka hari ini sampai 2 Agustus itu tampak sedang bercakap-cakap dengan salah satu petugas jaga booth yang tengah menerangkan produk-produk yang dipajang.

Isu Disabilitas Diangkat di GPMB 2015

Kelompok masyarakat penyandang disabilitas adalah bagian dari rakyat Indonesia yang juga memiliki perannya sendiri.

Beri Edukasi, BPOM Suguhkan Kuis Interaktif di GPMB 2015

Untuk menarik para pengunjung ke boothnya di pameranGelar Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Budaya yang berlangsung di JCC hingga 2 Agustus nanti, BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) memberikan kuis interaktif yang bernilai edukasi.

Gudeg Jogja Semarakkan Pameran GPMB 2015 di JCC

Sejumlah pengunjung pameran Gelar Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Budaya tampak asyik menikmati hidangan gudeg Jogja yang dijual di dalam ruang pameran.