Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Tetapkan Gubernur Sumsel Terpilih

kpu, gubernur sumatera selatan, terpilih

Posted on 11 Oct 2013. Hits : 205

Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih Alex Noerdin dan Ishak Mekki melalui rapat pleno di Palembang, Jumat menindaklanjuti hasil keputusan Mahkamah Konstitusi pada 8 Oktober 2013.

"Kami sudah melaksanakan rapat pleno penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumsel terpilih hasil pemungutan suara ulang Pilkada, 4 September lalu," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan, Chandra Puspa Mirza di Palembang, Jumat.

Menurut dia, setelah ditetapkan, maka surat keputusan (SK) itu akan disampaikan segera ke DPRD Sumatera Selatan untuk ditindaklanjuti.

"Kalau sempat pada hari ini juga kita sampaikan ke DPRD Sumsel, tetapi bila belum memungkinkan, maka setelah Idul Adha nanti baru disampaikan," katanya.

Ia mengatakan, pada Senin (14/10) libur begitu pula Selasa (15/10) libur Idul Adha, karena itu penyerahan SK tersebut disampaikan pada Rabu (16/10) ke DPRD Sumsel.

SK itu mengenai penetapan perolehan suara sah dan penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Pilkada 2013, ujarnya.

Adapun penetapan itu tertuang dalam keputusan KPU Provinsi Sumsel No. 38/Kpts/KPU.Prov-006/X/2013 tentang penetapan perolehan suara sah serta penetapan calon terpilih gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan pada Pilkada tahun 2013.

Sebagaimana diketahui pasangan calon gubernur-wakil gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin-Ishak Mekki menang pada pemilihan suara ulang Pilkada, 4 September lalu dengan selisih 58.630 suara dari pasangan Herman Deru-Maphilinda Boer yang berada di urutan kedua berdasarkan hasil penghitungan suara, setelah dihitung semuanya oleh MK.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Alex Noerdin-Ishak Mekki memperoleh 1.447.799 suara, Herman Deru-Maphilinda Boer 1.389.169 suara, selanjutnya Eddy Santana Putra-Anisja Djuita Supriyanto 507.149 suara, dan Iskandar Hasan-Hafisz Tohir meraih 341.278 suara.(ris/ant)

Menteri KPPPA Bakti Sosial Kartini Di Vihara

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yambise menghadiri bakti sosial peringatan Hari Kartini yang diselenggarakan Parisadha Buddha Dharma Niciren Syosyu Indonesia (NSI) di Vihara Saddharma, Tamansari Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Pengacara Ajak Warga Mimika Awasi Realisasi APBD

Pengacara atau praktisi hukum Timika Thomas Temorubun mengajak warga di wilayah itu ikut mengawasi realisasi program setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang dianggarkan dalam APBD 2015.

Pemkab Solok : Perawatan Taman Arosuka Rp 200 Juta

Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), menganggarkan dana sebanyak Rp200 juta per tahun untuk pemeliharaan dan perawatan 12 taman wisata terpadu di kawasan Arosuka.

Sulbar Tolak Ekspor Buah Kakao Mentah

Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh menyatakan Pemerintah Provinsi Sulbar menolak melakukan ekspor buah kakao mentah (asalan) untuk membangun industri kakao di daerahnya.

Mentan Ingatkan Pentingnya Ketahanan Pangan

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengingatkan pentingnya ketahanan pangan untuk Indonesia khususnya bagi para petani, di mana jika ketahanan pangan lemah maka kedaulatan negara akan terancam.