Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Tetapkan Gubernur Sumsel Terpilih

kpu, gubernur sumatera selatan, terpilih

Posted on 11 Oct 2013. Hits : 205

Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih Alex Noerdin dan Ishak Mekki melalui rapat pleno di Palembang, Jumat menindaklanjuti hasil keputusan Mahkamah Konstitusi pada 8 Oktober 2013.

"Kami sudah melaksanakan rapat pleno penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumsel terpilih hasil pemungutan suara ulang Pilkada, 4 September lalu," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan, Chandra Puspa Mirza di Palembang, Jumat.

Menurut dia, setelah ditetapkan, maka surat keputusan (SK) itu akan disampaikan segera ke DPRD Sumatera Selatan untuk ditindaklanjuti.

"Kalau sempat pada hari ini juga kita sampaikan ke DPRD Sumsel, tetapi bila belum memungkinkan, maka setelah Idul Adha nanti baru disampaikan," katanya.

Ia mengatakan, pada Senin (14/10) libur begitu pula Selasa (15/10) libur Idul Adha, karena itu penyerahan SK tersebut disampaikan pada Rabu (16/10) ke DPRD Sumsel.

SK itu mengenai penetapan perolehan suara sah dan penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Pilkada 2013, ujarnya.

Adapun penetapan itu tertuang dalam keputusan KPU Provinsi Sumsel No. 38/Kpts/KPU.Prov-006/X/2013 tentang penetapan perolehan suara sah serta penetapan calon terpilih gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan pada Pilkada tahun 2013.

Sebagaimana diketahui pasangan calon gubernur-wakil gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin-Ishak Mekki menang pada pemilihan suara ulang Pilkada, 4 September lalu dengan selisih 58.630 suara dari pasangan Herman Deru-Maphilinda Boer yang berada di urutan kedua berdasarkan hasil penghitungan suara, setelah dihitung semuanya oleh MK.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Alex Noerdin-Ishak Mekki memperoleh 1.447.799 suara, Herman Deru-Maphilinda Boer 1.389.169 suara, selanjutnya Eddy Santana Putra-Anisja Djuita Supriyanto 507.149 suara, dan Iskandar Hasan-Hafisz Tohir meraih 341.278 suara.(ris/ant)

Pusri Jual Pupuk ke Swasta

Perseroan Terbatas Pupuk Sriwidjaja sejak Januari hingga September 2014 telah menjual pupuk urea nonsubsidi atau komersial ke perusahaan perkebunan swasta sebanyak 332.

Tunisia Tutup Perbatasan Dengan Libya

Tunisia, yang khawatir terhadap kemungkinan serangan teroris, berencana menutup perbatasannya dengan Libya yang tidak stabil politiknya selama tiga hari bertepatan dengan pemilihan anggota parlemen akhir pekan ini, kata pemerintah, Kamis.

Pemkab Agam Terus Lengkapi Rambu Lalu Lintas

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), terus berupaya melengkapi rambu-rambu lalu lintas di daerah itu setiap tahunnya, untuk keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

Tambang Pasir Laut Berpotensi Sebabkan Abrasi

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan tambang pasir laut yang rencananya akan dibuka di perairan sebelah barat wilayah tersebut berpotensi menyebabkan abrasi pantai.

Sumsel Selenggarakan Kejurnas Biliar

Sumatera Selatan akan menyelenggarakan kejuaraan nasional biliar memperebutkan piala Pangdam II/Sriwijaya di Palembang, pada 13-16 November 2014.