Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Tetapkan DPT Pemilu Legislatif 2014

komisi pemilihan umum, pemilu legislatif, pemilu 2014, dpt

Posted on 12 Sep 2013. Hits : 500

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas, Jawa Tengah, Kamis, menetapkan jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap Pemilu Legislatif 2014 sebanyak 1.316.818 orang.

"Penetapan ini dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang dihadiri pimpinan 12 partai politik peserta Pemilu 2014 di Banyumas, Panitia Pengawas Pemilihan Umum, Panitia Pemilihan Kecamatan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta beberapa institusi lainnya," kata anggota KPU Banyumas, FA Agus Wahyudi, di Purwokerto.

Dalam DPT yang disusun berdasarkan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) akhir, kata dia, terdapat penurunan jumlah pemilih sebanyak 247 orang jika dibanding dengan DPSHP awal yang sebanyak 1.317.065 orang.

Menurut dia, penurunan tersebut terjadi karena adanya pencoretan terhadap 4.250 nama yang tidak memenuhi syarat sebagai pemilih.

Meskipun terjadi pencoretan, dia mengatakan bahwa dalam DPSHP akhir terdapat 4.003 pemilih baru yang masuk.

"Dengan demikian, selisih antara DPSHP awal dan DPSHP akhir sebanyak 247 orang," katanya.

Ia mengatakan KPU Banyumas akan memberikan salinan (softcopy) DPT ini kepada seluruh pimpinan parpol peserta Pemilu di Kabupaten Banyumas dan Panwaslu Banyumas agar bisa dicermati.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua KPU Purbalingga Heri Sulistyono mengatakan bahwa berdasarkan rapat pleno terbuka yang digelar pada hari Rabu (11/9), jumlah pemilih yang terdaftar pada DPT Pemilu 2014 di kabupaten ini mencapai 725.419 orang, terdiri 365.149 laki-laki dan 360.270 perempuan.

Menurut dia, perubahan DPT bisa terjadi setiap saat dengan rentang waktu yang cepat, seperti adanya pemilih yang mutasi ke luar daerah maupun masuk Purbalingga, pemilih yang meninggal dunia, pemilih pemula, dan pemilih yang belum terdaftar dalam DPT.

"Bagi masyarakat yang belum terdaftar saat DPT ditetapkan, masih bisa didaftarkan untuk menjadi pemilih dalam pemilu. Bahkan, bagi masyarakat yang tidak mempunyai identitas berupa kartu tanda penduduk atau kartu keluarga, akan masuk dalam daftar pemilih khusus," katanya.(ris/ant)

Perusahaan Tambang Sawahlunto Kesulitan Terapkan Standar Keselamatan

Meskipun pemerintah hanya mewajibkan untuk memenuhi standar minimal dalam menerapkan standar keselamatan dan kesehatan kerja pertambangan umum, namun hal itu sulit dipenuhi oleh 12 perusahaan tambang rakyat di Kota Sawahlunto.

Ribuan Warga Tionghoa Berdatangan Ke Pulau Kemaro

Ribuan warga Tionghoa berdatangan ke Pulau Kemaro Palembang menjelang satu hari perayaan Cap Go Meh yang dipusatkan di pulau di tengah kota tersebut.

Mantan Bupati Polman Berebut Jabatan Eselon II

Mantan Bupati Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar yang masih aktif selaku PNS, rupanya ikut berburu jabatan eselon II lingkup Pemprov setempat.

Museum Benteng Vredeburg Tambah Koleksi Jeep Willys

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menambah koleksi baru berupa kendaraan yang biasanya digunakan pada masa perjuangan, yaitu Jeep Willys.

Rektor Ingin Jadikan ISI Denpasar Jadi Pusat Seni

Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar Dr I Gede Arya Sugiartha bertekad mengantarkan lembaga pendidikan yang dipimpinnya itu menjadi pusat seni dan budaya unggulan.