Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Tetapkan DPT Pemilu Legislatif 2014

komisi pemilihan umum, pemilu legislatif, pemilu 2014, dpt

Posted on 12 Sep 2013. Hits : 410

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas, Jawa Tengah, Kamis, menetapkan jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap Pemilu Legislatif 2014 sebanyak 1.316.818 orang.

"Penetapan ini dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang dihadiri pimpinan 12 partai politik peserta Pemilu 2014 di Banyumas, Panitia Pengawas Pemilihan Umum, Panitia Pemilihan Kecamatan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta beberapa institusi lainnya," kata anggota KPU Banyumas, FA Agus Wahyudi, di Purwokerto.

Dalam DPT yang disusun berdasarkan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) akhir, kata dia, terdapat penurunan jumlah pemilih sebanyak 247 orang jika dibanding dengan DPSHP awal yang sebanyak 1.317.065 orang.

Menurut dia, penurunan tersebut terjadi karena adanya pencoretan terhadap 4.250 nama yang tidak memenuhi syarat sebagai pemilih.

Meskipun terjadi pencoretan, dia mengatakan bahwa dalam DPSHP akhir terdapat 4.003 pemilih baru yang masuk.

"Dengan demikian, selisih antara DPSHP awal dan DPSHP akhir sebanyak 247 orang," katanya.

Ia mengatakan KPU Banyumas akan memberikan salinan (softcopy) DPT ini kepada seluruh pimpinan parpol peserta Pemilu di Kabupaten Banyumas dan Panwaslu Banyumas agar bisa dicermati.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua KPU Purbalingga Heri Sulistyono mengatakan bahwa berdasarkan rapat pleno terbuka yang digelar pada hari Rabu (11/9), jumlah pemilih yang terdaftar pada DPT Pemilu 2014 di kabupaten ini mencapai 725.419 orang, terdiri 365.149 laki-laki dan 360.270 perempuan.

Menurut dia, perubahan DPT bisa terjadi setiap saat dengan rentang waktu yang cepat, seperti adanya pemilih yang mutasi ke luar daerah maupun masuk Purbalingga, pemilih yang meninggal dunia, pemilih pemula, dan pemilih yang belum terdaftar dalam DPT.

"Bagi masyarakat yang belum terdaftar saat DPT ditetapkan, masih bisa didaftarkan untuk menjadi pemilih dalam pemilu. Bahkan, bagi masyarakat yang tidak mempunyai identitas berupa kartu tanda penduduk atau kartu keluarga, akan masuk dalam daftar pemilih khusus," katanya.(ris/ant)

Terminal Inhil Perlu Peningkatan Pelayanan

Terminal yang berdiri megah di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau perlu ditingkatkan pelayanannya agar semua mobil bisa masuk ke dalam terminal sehingga dapat membantu pemasukan daerah.

Sean Start Urutan 18 Di Silverstone

Sean Gelael menempati urutan ke-18 pada race pertama kejuaraan FIA Formula 3 Eropa yang berlangsung Sabtu, setelah mengikuti babak kualifikasi untuk menentukan posisi start (pole) yang diadakan Jumat waktu setempat.

YPKM Papua Rekrut 500 Relawan HIV-AIDS

Lembaga Swadaya Masyarakat, Yayasan Pengembangan Kesehatan Masyarakat (YPKM), Papua di Jayapura merekrut dan medidik sedikitnya 500 tenaga relawan guna mencegah penyebaran virus HIV-AIDS di daerah tersebut.

Pendaftaran SBMPTN 2014 Dibuka 12 Mei

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 mulai dibuka pada 12 Mei hingga 6 Juni 2014 di halaman http://pendaftaran.

KPU Tanjungpinang Musnahkan 6.424 Surat Suara Sisa

Komisi Pemilihan Umum Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau memusnahkan sebanyak 6.