Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Tetapkan DPT Pemilu Legislatif 2014

komisi pemilihan umum, pemilu legislatif, pemilu 2014, dpt

Posted on 12 Sep 2013. Hits : 500

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas, Jawa Tengah, Kamis, menetapkan jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap Pemilu Legislatif 2014 sebanyak 1.316.818 orang.

"Penetapan ini dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang dihadiri pimpinan 12 partai politik peserta Pemilu 2014 di Banyumas, Panitia Pengawas Pemilihan Umum, Panitia Pemilihan Kecamatan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta beberapa institusi lainnya," kata anggota KPU Banyumas, FA Agus Wahyudi, di Purwokerto.

Dalam DPT yang disusun berdasarkan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) akhir, kata dia, terdapat penurunan jumlah pemilih sebanyak 247 orang jika dibanding dengan DPSHP awal yang sebanyak 1.317.065 orang.

Menurut dia, penurunan tersebut terjadi karena adanya pencoretan terhadap 4.250 nama yang tidak memenuhi syarat sebagai pemilih.

Meskipun terjadi pencoretan, dia mengatakan bahwa dalam DPSHP akhir terdapat 4.003 pemilih baru yang masuk.

"Dengan demikian, selisih antara DPSHP awal dan DPSHP akhir sebanyak 247 orang," katanya.

Ia mengatakan KPU Banyumas akan memberikan salinan (softcopy) DPT ini kepada seluruh pimpinan parpol peserta Pemilu di Kabupaten Banyumas dan Panwaslu Banyumas agar bisa dicermati.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua KPU Purbalingga Heri Sulistyono mengatakan bahwa berdasarkan rapat pleno terbuka yang digelar pada hari Rabu (11/9), jumlah pemilih yang terdaftar pada DPT Pemilu 2014 di kabupaten ini mencapai 725.419 orang, terdiri 365.149 laki-laki dan 360.270 perempuan.

Menurut dia, perubahan DPT bisa terjadi setiap saat dengan rentang waktu yang cepat, seperti adanya pemilih yang mutasi ke luar daerah maupun masuk Purbalingga, pemilih yang meninggal dunia, pemilih pemula, dan pemilih yang belum terdaftar dalam DPT.

"Bagi masyarakat yang belum terdaftar saat DPT ditetapkan, masih bisa didaftarkan untuk menjadi pemilih dalam pemilu. Bahkan, bagi masyarakat yang tidak mempunyai identitas berupa kartu tanda penduduk atau kartu keluarga, akan masuk dalam daftar pemilih khusus," katanya.(ris/ant)

Minyak Merosot Lagi Kirim WTI Pada Terendah 2003

Tanpa berita penggerak pasar tertentu tapi kelebihan pasokan minyak mentah global terus bertahan, pasar minyak meluncur lagi pada Kamis (Jumat pagi WIB), menyeret minyak mentah AS ke harga terendah dalam hampir 13 tahun.

Emas Naik Tajam Karena Ekuitas As Jatuh

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange melonjak pada Kamis (Jumat pagi WIB), karena ekuitas AS mengalami penurunan tajam dalam bereaksi terhadap kemerosotan harga minyak.

IMF : Ekonomi Tepi Barat Melambat Akibat Blokade Israel

Dana Moneter Internasional (IMF) pada Kamis mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi di Tepi Barat yang diduduki Israel, melambat ke perkiraan 2,8 persen pada 2015 dan kemungkinan akan tetap di bawah tiga persen tahun ini.

Jerman Janjikan Irak 500 Juta Euro Untuk Bangun Infrastruktur

Kanselir Jerman Angela Merkel pada Kamis mengumumkan kredit bagi Irak senilai 500 juta euro (567,53 juta dolar AS) untuk membantu membangun kembali infrastruktur dan mengatasi tantangan keuangan karena harga minyak yang lemah.

Bank Sentral Swedia Pangkas Kembali Suku Bunga Negatifnya

Bank sentral Swedia pada Kamis mengirim suku bunga repo utamanya ke wilayah negatif lebih lanjut, karena dikatakan inflasi yang rendah akan bertahan lebih lama lagi daripada yang diperkirakan sebelumnya.