Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Sosialisasikan Aturan Kampanye Pemilu 2014

kpu sosialisasikan, aturan kampanye, 2014

Posted on 13 Aug 2013. Hits : 342

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah akan mensosialisasikan Peraturan KPU Nomor 1 tahun 2013 tentang aturan kampanye partai politik dan calon legislatif pada Pemilu 2014.

"Sosialisasinya juga melibatkan instansi pemerintah daerah seperti Badan Kesatuan Bangsa," kata Ketua KPU Sulawesi Tengah Sahran Raden di Palu, Selasa.

Dia mengatakan sosialisasi tersebut rencananya akan dilaksanakan Kamis (15/8) dengan menghadirkan penyelenggara Pemilu se Sulawesi Tengah, partai politik dan instansi terkait lainnya.

Sahran mengatakan Peraturan KPU Nomor 1/2013 sebagai instrumen hukum secara teknis mengatur pedoman kampanye.

Dia mengatakan meski sedang ada revisi terhadap peraturan tersebut tetapi secara substansi tidak mengubah nomenklatur pedoman kampanye dan norma klausul pasalnya.

"Yang diatur dalam perubahan itu hanya terkait dengan pengaturan pelibatan anak-anak dan tempat pemasangan alat peraga kampanye," kata Sahran.

Saat ini alat peraga kampanye berupa baliho sudah banyak berjejal di tempat-tempat strategis baik di kota maupun di desa-desa.

Di beberapa tempat tertentu yang lokasinya strategis baliho para calon anggota legislatif berjejer tidak karuan sehingga terkesan merusak ruang publik di dalam kota.

Sebagian baliho yang dipasang hanya menggunakan kayu sehingga terkesan kumuh. Namun sebagian calon sudah menggunakan lokasi reklame permanen yang sudah memiliki izin dari pemerintah kota.

Beberapa waktu lalu Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palu sudah membersihkan sebagian alat peraga tersebut khususnya di jalan-jalan protokol dan perempatan jalan.

Sahran mengatakan dengan disosialisasikannya Peraturan KPU Nomor 1/2013 diharapkan bisa menertibkan alat peraga kampanye yang sudah terpasang.(ris/ant)

Dispora Sulsel Gelar Kejurda Pelajar 2015

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Selatan kembali menggelar kejuaraan daerah antarpelajar se-Sulsel di Kawasan Olahraga Sudiang Makassar, 21-23 Agustus 2015.

Pengamat : Pemilik Lahan Terlantar Dikenakan Pajak Tinggi

Pengamat Ekonomi Syariah dari Perguruan Tinggi Wasilatul Fallah Rangkasbitung Encep Khaerudin mengatakan pemilik lahan yang melantarkan tanahnya dengan tidak ditanami tanaman produktif harus dikenakan pajak tinggi.

Martin Van Bruinessen : NU Perlu Pemimpin Kharismatik

Pengamat NU dari Utrech University, Belanda, Prof Martin van Bruinessen, menyatakan NU memerlukan pemimpin kharismatik yang mengutamakan pemberdayaan 'akar rumput' dan tidak mementingkan elite.

Puskepi Pertanyakan Harga BBM Tidak Turun

Direktur Puskepi Sofyano Zakaria mempertanyakan harga BBM yang dijual dalam negeri tidak mengalami penurunan ketika harga minyak dunia turun.

GAPKI Dorong Adanya Kebijakan Peningkatan Konsumsi Biodiesel

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mendorong pemerintah untuk membuat kebijakan tentang peningkatan konsumsi biodiesel di industri otomotif.