Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Sosialisasikan Aturan Kampanye Pemilu 2014

kpu sosialisasikan, aturan kampanye, 2014

Posted on 13 Aug 2013. Hits : 342

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah akan mensosialisasikan Peraturan KPU Nomor 1 tahun 2013 tentang aturan kampanye partai politik dan calon legislatif pada Pemilu 2014.

"Sosialisasinya juga melibatkan instansi pemerintah daerah seperti Badan Kesatuan Bangsa," kata Ketua KPU Sulawesi Tengah Sahran Raden di Palu, Selasa.

Dia mengatakan sosialisasi tersebut rencananya akan dilaksanakan Kamis (15/8) dengan menghadirkan penyelenggara Pemilu se Sulawesi Tengah, partai politik dan instansi terkait lainnya.

Sahran mengatakan Peraturan KPU Nomor 1/2013 sebagai instrumen hukum secara teknis mengatur pedoman kampanye.

Dia mengatakan meski sedang ada revisi terhadap peraturan tersebut tetapi secara substansi tidak mengubah nomenklatur pedoman kampanye dan norma klausul pasalnya.

"Yang diatur dalam perubahan itu hanya terkait dengan pengaturan pelibatan anak-anak dan tempat pemasangan alat peraga kampanye," kata Sahran.

Saat ini alat peraga kampanye berupa baliho sudah banyak berjejal di tempat-tempat strategis baik di kota maupun di desa-desa.

Di beberapa tempat tertentu yang lokasinya strategis baliho para calon anggota legislatif berjejer tidak karuan sehingga terkesan merusak ruang publik di dalam kota.

Sebagian baliho yang dipasang hanya menggunakan kayu sehingga terkesan kumuh. Namun sebagian calon sudah menggunakan lokasi reklame permanen yang sudah memiliki izin dari pemerintah kota.

Beberapa waktu lalu Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palu sudah membersihkan sebagian alat peraga tersebut khususnya di jalan-jalan protokol dan perempatan jalan.

Sahran mengatakan dengan disosialisasikannya Peraturan KPU Nomor 1/2013 diharapkan bisa menertibkan alat peraga kampanye yang sudah terpasang.(ris/ant)

Peneliti Keluhkan Sulitnya Mencairkan Dana BOPTN

Peneliti IPB Dr Suryo Wiyono mengaku kesulitan untuk mencairkan dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) karena prosedurnya yang sangat rumit.

Malaysia Tunggu Hasil Uji Sampel B Chong Wei

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin Abu Bakar mengatakan nama atlet yang terlibat penggunaan obat terlarang baru akan diumumkan setelah hasil tes urine dikeluarkan oleh Agensi Anti-Doping Dunia (WADA).

Pemboman Tewaskan Belasan Orang

Sedikitnya 14 orang tewas dan 65 orang cedera dalam dua serangan bom di Ibu Kota Irak, Baghdad, Rabu malam (22/10), kata satu sumber polisi.

Gubernur NTB Luncurkan Penggunaan Kartu Ternak

Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Zainul Majdi di Lombok Timur, Rabu meluncurkan kartu ternak sapi se-pulau Lombok untuk mempermudah pembinaan terhadap para peternak.

Ada 3 Kasus Flu Burung di Jakarta

enyebabkan kematian seseorang dan unggas. "Seorang warga yang tinggal di Jakarta Timur meninggal dunia akibat mengidap penyakit flu burung.