Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Riau Siapkan Regulasi Pelaksanaan Pemilihan Gubernur

kpu riau, pilkada riau, pekanbaru

Posted on 07 Jan 2013. Hits : 548

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau tengah mempersiapkan ragam aturan atau regulasi pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2013--2018.

"Tentunya, regulasi itu disesuaikan dengan amanat undang-undang pemilihan umum dan kepala daerah," kata Ketua KPU Provinsi Riau, H. Tengku Edy Sabli, di Pekanbaru, per telepon, Senin.

Intinya, demikian Sabli, KPU Provinsi Riau saat ini tengah melaksanakan tugas-tugas jelang pelaksanaan atau yang disebut prapelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

Dia mengatakan, sebelumnya pada akhir Desember 2012, KPU Provinsi Riau juga telah menyampaikan hasil verifikasi faktual untuk 16 partai politik kabupaten dan kota se-Riau.

Penyampaian hasil verifikasi faktual ini sebelumnya disampaikan dalam rapat pleno terbuka KPU Provinsi Riau di Hotel Arowana Pekanbaru pada bulan Desember 2012.

Ia mengatakan bahwa rapat pleno terbuka ketika itu dihadiri seluruh pimpinan partai politik di 12 kabupaten dan kota di Riau dan Panwaslu.

Baik terhadap hasil verifikasi faktual kepengurusan Parpol, keanggotaan, keterwakilan perempuan, keberadaan kantor, maupun dokumen lainnya, kata dia, semuanya telah dibahas.

Sebanyak 16 parpol tersebut adalah parpol yang lulus verifikasi administrasi KPU Pusat. "Hasil ini selanjutnya juga telah disampaikan ke KPU Pusat, Panwaslu, dan pimpinan partai politik yang bersangkutan," katanya.

Ia mengatakan bahwa KPU Provinsi Riau tidak menentukan apakah parpol yang bersangkutan lulus atau tidak dan menjadi peserta pemilu atau tidak. "Keputusan itu diputuskan KPU Pusat," katanya.

Selanjutnya, kata dia, pada tanggal 3 Januari 2013, KPU Riau juga telah menyampaikan hasil verifikasi faktual terhadap 18 partai politik yang melakukan gugatan ke KPU Pusat. (ant/as)

Kredibilitas Sangat Penting Bagi Lembaga Survei

Direktur Lembaga Survei Indo Strategi, Andar Nubowo menyatakan, kredibilitas sangat penting bagi lembaga survei dan delapan lembaga survei yang hasil hitung cepatnya (quick count) menempatkan pasangan Jokowi-Jusuf Kalla sebagai pemenang memiliki kredibilitas baik.

Hasyim Muzadi : KPU Harus Jujur Dan Adil

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KHA Hasyim Muzadi menyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus bertindak jujur dan adil dalam menghitung perolehan suara masing-masing calon presiden dan wakil presiden.

Disperindag Lombok Barat Waspadai Penimbunan Sembako

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Bara, mewaspadai kemungkinan ada praktik penimbunan sembilan bahan pokok selama Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah.

Pakistan Kutuk Serangan 'Drone' AS Di Waziristan Utara

Pakistan, Jumat, mengutuk serangan 'drone' AS baru-baru ini di Waziristan Utara sehingga menewaskan sedikitnya enam orang pada Kamis (10/7), ketika pasukan keamanan negeri itu terlibat dalam serangan darat melawan gerilyawan di wilayah tersebut.

Jorge Costa Jadi Pelatih Gabon

Mantan bek internasional Portugal Jorge Costa ditunjuk menjadi pelatih tim nasional Gabon, menggantikan rekan senegaranya Paulo Duarte, kata federasi sepak bola Gabon, Jumat.