Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Riau Siapkan Regulasi Pelaksanaan Pemilihan Gubernur

kpu riau, pilkada riau, pekanbaru

Posted on 07 Jan 2013. Hits : 569

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau tengah mempersiapkan ragam aturan atau regulasi pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2013--2018.

"Tentunya, regulasi itu disesuaikan dengan amanat undang-undang pemilihan umum dan kepala daerah," kata Ketua KPU Provinsi Riau, H. Tengku Edy Sabli, di Pekanbaru, per telepon, Senin.

Intinya, demikian Sabli, KPU Provinsi Riau saat ini tengah melaksanakan tugas-tugas jelang pelaksanaan atau yang disebut prapelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

Dia mengatakan, sebelumnya pada akhir Desember 2012, KPU Provinsi Riau juga telah menyampaikan hasil verifikasi faktual untuk 16 partai politik kabupaten dan kota se-Riau.

Penyampaian hasil verifikasi faktual ini sebelumnya disampaikan dalam rapat pleno terbuka KPU Provinsi Riau di Hotel Arowana Pekanbaru pada bulan Desember 2012.

Ia mengatakan bahwa rapat pleno terbuka ketika itu dihadiri seluruh pimpinan partai politik di 12 kabupaten dan kota di Riau dan Panwaslu.

Baik terhadap hasil verifikasi faktual kepengurusan Parpol, keanggotaan, keterwakilan perempuan, keberadaan kantor, maupun dokumen lainnya, kata dia, semuanya telah dibahas.

Sebanyak 16 parpol tersebut adalah parpol yang lulus verifikasi administrasi KPU Pusat. "Hasil ini selanjutnya juga telah disampaikan ke KPU Pusat, Panwaslu, dan pimpinan partai politik yang bersangkutan," katanya.

Ia mengatakan bahwa KPU Provinsi Riau tidak menentukan apakah parpol yang bersangkutan lulus atau tidak dan menjadi peserta pemilu atau tidak. "Keputusan itu diputuskan KPU Pusat," katanya.

Selanjutnya, kata dia, pada tanggal 3 Januari 2013, KPU Riau juga telah menyampaikan hasil verifikasi faktual terhadap 18 partai politik yang melakukan gugatan ke KPU Pusat. (ant/as)

Kemenag : Program Haji Talangan Ditiadakan

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ruslan menyatakan program haji talangan bekerja sama dengan lembaga perbankan sudah ditiadakan karena kuota calon jamaah haji (CJH) sangat terbatas.

Calhaj Jabar Mulai Masuk Asrama 31 Agustus

Sebanyak 29.888 orang calon haji asal Jawa Barat diagendakan mulai memasuki Embarkasi Haji Jakarta-Bekasi di Kota Bekasi, mulai 31 Agustus 2014.

Petani Lebak Berharap Pemerintah Beri Benih Padi

Sejumlah petani di Kabupaten Lebak, Banten, berharap pemerintah memberi bantuan berupa benih padi varietas unggul setelah tanaman mereka terserang hama wereng batang cokelat hingga mengalami puso atau gagal panen.

Polres Pamekasan Belum Tarik Pasukan Dari KPU

Kepolisian Resor Pamekasan, Jawa Timur, hingga Jumat malam belum menarik pasukan dari kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Brawijaya, mengantisipasi pergerakan massa sehubungan dengan putusan Mahkamah Kontitusi mengenai perkara perselisihan hasil pemilu presiden.

Kantor DPRD Mukomuko Dipasang CCTV

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memasang belasan kamera pengintai atau CCTV guna menjaga keamanan di dalam dan luar kantor tersebut.