Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Riau Siapkan Regulasi Pelaksanaan Pemilihan Gubernur

kpu riau, pilkada riau, pekanbaru

Posted on 07 Jan 2013. Hits : 569

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau tengah mempersiapkan ragam aturan atau regulasi pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2013--2018.

"Tentunya, regulasi itu disesuaikan dengan amanat undang-undang pemilihan umum dan kepala daerah," kata Ketua KPU Provinsi Riau, H. Tengku Edy Sabli, di Pekanbaru, per telepon, Senin.

Intinya, demikian Sabli, KPU Provinsi Riau saat ini tengah melaksanakan tugas-tugas jelang pelaksanaan atau yang disebut prapelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

Dia mengatakan, sebelumnya pada akhir Desember 2012, KPU Provinsi Riau juga telah menyampaikan hasil verifikasi faktual untuk 16 partai politik kabupaten dan kota se-Riau.

Penyampaian hasil verifikasi faktual ini sebelumnya disampaikan dalam rapat pleno terbuka KPU Provinsi Riau di Hotel Arowana Pekanbaru pada bulan Desember 2012.

Ia mengatakan bahwa rapat pleno terbuka ketika itu dihadiri seluruh pimpinan partai politik di 12 kabupaten dan kota di Riau dan Panwaslu.

Baik terhadap hasil verifikasi faktual kepengurusan Parpol, keanggotaan, keterwakilan perempuan, keberadaan kantor, maupun dokumen lainnya, kata dia, semuanya telah dibahas.

Sebanyak 16 parpol tersebut adalah parpol yang lulus verifikasi administrasi KPU Pusat. "Hasil ini selanjutnya juga telah disampaikan ke KPU Pusat, Panwaslu, dan pimpinan partai politik yang bersangkutan," katanya.

Ia mengatakan bahwa KPU Provinsi Riau tidak menentukan apakah parpol yang bersangkutan lulus atau tidak dan menjadi peserta pemilu atau tidak. "Keputusan itu diputuskan KPU Pusat," katanya.

Selanjutnya, kata dia, pada tanggal 3 Januari 2013, KPU Riau juga telah menyampaikan hasil verifikasi faktual terhadap 18 partai politik yang melakukan gugatan ke KPU Pusat. (ant/as)

Jelang Lebaran Order Parsel Meningkat

Pesanan atau order sejumlah toko pembuat parsel di Kabupaten Ngawi, Jawa timur meningkat signifikan menjelang hari Lebaran tahun 2015 yang kurang dua pekan lagi.

40 Persen Petani Sawit Pakai Bibit Asalan

Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu mencatat sebanyak 40 persen petani yang menanam komoditas sawit di daerah itu masih menggunakan bibit asalan dengan produktivitas dan kualitas buah rendah.

Polisi Bentuk Tim Ungkap Pencurian Rp293 Juta

Kepolisian Resort Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, membentuk tim khusus untuk mengungkap pencurian uang sebesar Rp293 juta yang terjadi di depan gedung Akademi Kebidanan Langkat.

Wapres: Sri Mulyani Sudah Berkiprah Tingkat Internasional

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Direktur Pelaksana Bank Dunia Sri Mulyani sudah berkiprah di tingkat internasional sekaligus menepis kabar bahwa Sri Mulyani akan masuk ke dalam jajaran Kabinet Kerja.

Indonesia-Brunei Berkomitmen Kembangkan Kerja Sama Perdagangan-Investasi

Indonesia dan Brunei Darussalam berkomitmen untuk mengembangkan potensi kerja sama dalam bidang perdagangan, investasi, dan ketenagakerjaan, demikian menurut keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Jumat.