Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Riau Siapkan Regulasi Pelaksanaan Pemilihan Gubernur

kpu riau, pilkada riau, pekanbaru

Posted on 07 Jan 2013. Hits : 569

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau tengah mempersiapkan ragam aturan atau regulasi pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2013--2018.

"Tentunya, regulasi itu disesuaikan dengan amanat undang-undang pemilihan umum dan kepala daerah," kata Ketua KPU Provinsi Riau, H. Tengku Edy Sabli, di Pekanbaru, per telepon, Senin.

Intinya, demikian Sabli, KPU Provinsi Riau saat ini tengah melaksanakan tugas-tugas jelang pelaksanaan atau yang disebut prapelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

Dia mengatakan, sebelumnya pada akhir Desember 2012, KPU Provinsi Riau juga telah menyampaikan hasil verifikasi faktual untuk 16 partai politik kabupaten dan kota se-Riau.

Penyampaian hasil verifikasi faktual ini sebelumnya disampaikan dalam rapat pleno terbuka KPU Provinsi Riau di Hotel Arowana Pekanbaru pada bulan Desember 2012.

Ia mengatakan bahwa rapat pleno terbuka ketika itu dihadiri seluruh pimpinan partai politik di 12 kabupaten dan kota di Riau dan Panwaslu.

Baik terhadap hasil verifikasi faktual kepengurusan Parpol, keanggotaan, keterwakilan perempuan, keberadaan kantor, maupun dokumen lainnya, kata dia, semuanya telah dibahas.

Sebanyak 16 parpol tersebut adalah parpol yang lulus verifikasi administrasi KPU Pusat. "Hasil ini selanjutnya juga telah disampaikan ke KPU Pusat, Panwaslu, dan pimpinan partai politik yang bersangkutan," katanya.

Ia mengatakan bahwa KPU Provinsi Riau tidak menentukan apakah parpol yang bersangkutan lulus atau tidak dan menjadi peserta pemilu atau tidak. "Keputusan itu diputuskan KPU Pusat," katanya.

Selanjutnya, kata dia, pada tanggal 3 Januari 2013, KPU Riau juga telah menyampaikan hasil verifikasi faktual terhadap 18 partai politik yang melakukan gugatan ke KPU Pusat. (ant/as)

Penurunan Kinerja Jasa Keuangan Sulut Akibat Banjir

Penurunan kinerja jasa keuangan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di tahun 2014 akibat bencana banjir bandang yang terjadi di awal tahun lalu.

Sejumlah Mahasiswa Afirmasi Universitas Brawijaya Di DO

Sejumlah mahasiswa yang mengikuti program afirmasi dari berbagai daerah Indonesia di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, terpaksa di drop out (DO) karena tidak memenuhi persyaratan capaian indeks prestasi.

Ratusan Perahu Ditambatkan di Pelabuhan Karangantu

Ratusan perahu nelayan tradisional terpaksa hanya ditambatkan di Pelabuhan Nusantara Karangantu Kota Serang, Banten, menyusul berlangsungnya musim angin barat yang membahayakan keselamatan jika melaut.

Golkar Inisiasi Perubahan Sistem Anggaran Sentralistik

Fraksi Partai Golkar DPR akan menginisiasi perubahan sistem anggaran yang sentralistik agar program pusat dan daerah sinkron dan tepat sasaran.

Langgar Perizinan, 130 Minimarket di Kabupaten Bogor Disegel

Dalam enam bulan terakhir, 130 dari 227 minimarket di enam kecamatan di Bogor telah disegel dan dilarang beroperasi oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor.