Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Riau Siapkan Regulasi Pelaksanaan Pemilihan Gubernur

kpu riau, pilkada riau, pekanbaru

Posted on 07 Jan 2013. Hits : 569

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau tengah mempersiapkan ragam aturan atau regulasi pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2013--2018.

"Tentunya, regulasi itu disesuaikan dengan amanat undang-undang pemilihan umum dan kepala daerah," kata Ketua KPU Provinsi Riau, H. Tengku Edy Sabli, di Pekanbaru, per telepon, Senin.

Intinya, demikian Sabli, KPU Provinsi Riau saat ini tengah melaksanakan tugas-tugas jelang pelaksanaan atau yang disebut prapelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

Dia mengatakan, sebelumnya pada akhir Desember 2012, KPU Provinsi Riau juga telah menyampaikan hasil verifikasi faktual untuk 16 partai politik kabupaten dan kota se-Riau.

Penyampaian hasil verifikasi faktual ini sebelumnya disampaikan dalam rapat pleno terbuka KPU Provinsi Riau di Hotel Arowana Pekanbaru pada bulan Desember 2012.

Ia mengatakan bahwa rapat pleno terbuka ketika itu dihadiri seluruh pimpinan partai politik di 12 kabupaten dan kota di Riau dan Panwaslu.

Baik terhadap hasil verifikasi faktual kepengurusan Parpol, keanggotaan, keterwakilan perempuan, keberadaan kantor, maupun dokumen lainnya, kata dia, semuanya telah dibahas.

Sebanyak 16 parpol tersebut adalah parpol yang lulus verifikasi administrasi KPU Pusat. "Hasil ini selanjutnya juga telah disampaikan ke KPU Pusat, Panwaslu, dan pimpinan partai politik yang bersangkutan," katanya.

Ia mengatakan bahwa KPU Provinsi Riau tidak menentukan apakah parpol yang bersangkutan lulus atau tidak dan menjadi peserta pemilu atau tidak. "Keputusan itu diputuskan KPU Pusat," katanya.

Selanjutnya, kata dia, pada tanggal 3 Januari 2013, KPU Riau juga telah menyampaikan hasil verifikasi faktual terhadap 18 partai politik yang melakukan gugatan ke KPU Pusat. (ant/as)

Masyarakat Pertanyakan Kelebihan Lahan HGU PT TPP

Sejumlah warga masyarakat Indragiri Hulu, Provinsi Riau, masih mempertanyakan kelebihan lahan hak guna usaha PT Tunggal Perkasa Plantations anak perusahaan Astra Group hasil pengukuran ulang oleh tim terpadu.

Stok Bahan Pokok di Biak Cukup Aman

Stok kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Biak Numfor, Papua, menjelang bulan puasa Ramadhan 1436 Hijriah, di tingkat distributor dan pengecer bahan pokok di wilayah itu cukup aman.

Pernikahan Anak Sulung Jokowi

[Rabu, 03/06/2015 12:52] Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar resepsi pernikahan putra pertamanya Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda pada Kamis, 11 Juni pekan depan.

Pemkot Padang Adakan Pelatihan Mentor Pesantren Ramadhan

Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan pelatihan mentor pesantren Ramadhan 1436 Hijriyah yang ditargetkan tuntas pada 10 Juni agar tidak mengganggu acara pembukaan kegiatan itu pada 12 Juni 2015.

Maluku Dapat 10 Persen PI Masela

Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan, pemerintah telah menyetujui pemberian 10 persen hak partisipasi (PI) pengelolaan Blok Masela kepada BUMD pemerintah provinsi.