Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Riau Siapkan Regulasi Pelaksanaan Pemilihan Gubernur

kpu riau, pilkada riau, pekanbaru

Posted on 07 Jan 2013. Hits : 569

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau tengah mempersiapkan ragam aturan atau regulasi pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2013--2018.

"Tentunya, regulasi itu disesuaikan dengan amanat undang-undang pemilihan umum dan kepala daerah," kata Ketua KPU Provinsi Riau, H. Tengku Edy Sabli, di Pekanbaru, per telepon, Senin.

Intinya, demikian Sabli, KPU Provinsi Riau saat ini tengah melaksanakan tugas-tugas jelang pelaksanaan atau yang disebut prapelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

Dia mengatakan, sebelumnya pada akhir Desember 2012, KPU Provinsi Riau juga telah menyampaikan hasil verifikasi faktual untuk 16 partai politik kabupaten dan kota se-Riau.

Penyampaian hasil verifikasi faktual ini sebelumnya disampaikan dalam rapat pleno terbuka KPU Provinsi Riau di Hotel Arowana Pekanbaru pada bulan Desember 2012.

Ia mengatakan bahwa rapat pleno terbuka ketika itu dihadiri seluruh pimpinan partai politik di 12 kabupaten dan kota di Riau dan Panwaslu.

Baik terhadap hasil verifikasi faktual kepengurusan Parpol, keanggotaan, keterwakilan perempuan, keberadaan kantor, maupun dokumen lainnya, kata dia, semuanya telah dibahas.

Sebanyak 16 parpol tersebut adalah parpol yang lulus verifikasi administrasi KPU Pusat. "Hasil ini selanjutnya juga telah disampaikan ke KPU Pusat, Panwaslu, dan pimpinan partai politik yang bersangkutan," katanya.

Ia mengatakan bahwa KPU Provinsi Riau tidak menentukan apakah parpol yang bersangkutan lulus atau tidak dan menjadi peserta pemilu atau tidak. "Keputusan itu diputuskan KPU Pusat," katanya.

Selanjutnya, kata dia, pada tanggal 3 Januari 2013, KPU Riau juga telah menyampaikan hasil verifikasi faktual terhadap 18 partai politik yang melakukan gugatan ke KPU Pusat. (ant/as)

Kemenpar Bantu Rp5 Miliar Promosi Wisata Maluku

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan mengalokasikan anggaran Rp5 miliar untuk membantu promosi pariwisata provinsi Maluku agar berkembang pesat dan menarik bagi wisatawan manca negara.

Bayern Lupakan Masalah Cedera Setelah Menang Di Hoffenheim

Bayern Munich dapat mengamankan gelar Liga Jerman ketiga mereka pada akhir pekan mendatang menyusul kemenangan 2-0 di markas Hoffenheim, namun mereka masih memiliki kekhawatiran perihal cedera pemain menjelang pertandingan krusial melawan Porto pada Selasa.

Marquez Start Dari Posisi Terdepan Di Argentina

Juara dunia Marc Marquez meraih posisi start terdepan ke-24nya pada MotoGP ke-39nya di Argentina pada Sabtu.

Chelsea Semakin Dekati Gelar Liga Utama Inggris

Chelsea unggul sepuluh angka di puncak klasemen Liga Utama Inggris setelah mereka menang 1-0 atas Manchester United pada Sabtu, ketika Leicester meninggalkan posisi juru kunci.

Djokovic Hadapi Berdych Di Final Monte Carlo

Novak Djokovic melangkah ke posisi potensial untuk meraih trofi keempatnya musim ini saat dia mencapai final keempat selama karirnya pada turnamen Monte Carlo Masters di Monte Carlo, Monaco, Sabtu, dengan kemenangan 6-3, 6-3 atas Rafael Nadal.