Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU - Polri Tandatangani MOU Pengamanan Pemilu 2014

kpu, polri, penandatanganan mou, pemilu 2014

Posted on 16 Jan 2013. Hits : 316

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kepolisian RI (Polri), Rabu, menandatangani nota kesepahaman (MOU) tentang penyelenggaraan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu ) 2014 di Gedung KPU Pusat, Jakarta.

"Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, akan menjadikan keyakinan bahwa proses pemilu dapat dilaksanakan dengan optimal sesuai yang diharapkan," kata Kapolri Jenderal Timur Pradopo di Jakarta.

Polri menegaskan komitmennya untuk bersikap profesional, netral dan tidak terpengaruh dari pihak manapun dalam melakukan pengamanan pelaksanaan Pemilu 2014.

Timur berharap proses penyelenggaraan pemilu di Tanah Air dapat mewujudkan perubahan dan siklus pemerintahan yang cerdas.

Oleh karena itu, pelaksanaan pesta demokrasi yang digelar lima tahun sekali itu perlu pengamanan maksimal.

Dia menambahkan konflik yang biasanya terjadi dalam proses penyelenggaraan pemilu di Indonesia antara lain adalah penetapan jumlah pemilih dan politik uang.

"Apabila tidak dikelola dengan sungguh-sungguh, maka akan berdampak pada aspek kehidupan sosial," tambahnya.

Nota kesepahaman antara KPU dan Polri tersebut merupakan kelanjutan dari kesepakatan kedua belah pihak yang tertuang dalam SK Nomor 09/SKB/KPU/2008 dan SK Nomor 8/7/VII/2008 tentang pengamanan pemilu.

Selain itu, nota kesepakatan bersama tentang sentra penegakan hukum terpadu (Gakkundu) antara Polri, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kejaksaan Agung RI (Kejagung).

"Melalui nota kesepahaman dan nota kesepakatan ini, embrio kerja sama yang bersinergi sesuai tupoksi masing-masing dapat terwujud," kata Jaksa Agung Basrief Arief.

Penegakan hukum tidak dapat dilakukan oleh satu institusi saja, tapi juga oleh semua lembaga terkait serta peran masyarakat.

Oleh karena itu, nota kesepahaman dan kesepakatan bersama tersebut diperlukan untuk menyamakan persepsi dalam pelanggaran pelaksanaan Pemilu 2014 secara terpadu dan berintegritas.(ant/id)

DTKP Ternate Akan Benahi Sejumlah Taman Kota

Dinas Tata Kota dan Pertamanan (DTKP) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), akan membenahi sejumlah taman kota, mulai dari selatan hingga utara kota, guna menciptakan Kota Ternate yang indah dan berestetika.

Multifungsi Kebun Raya Dibahas Di Belanda

Indonesia memandang penting peran dan keberadaan kebun raya (botanical garden) yang multifungsi, kata Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) RI Den Haag, Ibnu Wahyutomo.

Hutan Lindung Rejanglebong Rentan Ditanami Ganja

Kawasan Bukit Barisan di wilayah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, yang jauh dari permukiman penduduk dan sulit dijangkau, ternyata disalahgunakan sindikat narkoba dengan menjadikannya ladang pohon ganja.

Presiden Buka Kongres PKPI Keempat Di Medan

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka kongres ke-empat Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) di Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu.

PSMS Medan Tetapkan 23 Pemain

Skuad PSMS Medan akhirnya ditetapkan sebanyak 23 orang yang akan memperkuat tim tersebut untuk menjalani Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2015 yang menurut rencana mulai bergulir akhir April mendatang.