Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU - Polri Tandatangani MOU Pengamanan Pemilu 2014

kpu, polri, penandatanganan mou, pemilu 2014

Posted on 16 Jan 2013. Hits : 316

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kepolisian RI (Polri), Rabu, menandatangani nota kesepahaman (MOU) tentang penyelenggaraan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu ) 2014 di Gedung KPU Pusat, Jakarta.

"Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, akan menjadikan keyakinan bahwa proses pemilu dapat dilaksanakan dengan optimal sesuai yang diharapkan," kata Kapolri Jenderal Timur Pradopo di Jakarta.

Polri menegaskan komitmennya untuk bersikap profesional, netral dan tidak terpengaruh dari pihak manapun dalam melakukan pengamanan pelaksanaan Pemilu 2014.

Timur berharap proses penyelenggaraan pemilu di Tanah Air dapat mewujudkan perubahan dan siklus pemerintahan yang cerdas.

Oleh karena itu, pelaksanaan pesta demokrasi yang digelar lima tahun sekali itu perlu pengamanan maksimal.

Dia menambahkan konflik yang biasanya terjadi dalam proses penyelenggaraan pemilu di Indonesia antara lain adalah penetapan jumlah pemilih dan politik uang.

"Apabila tidak dikelola dengan sungguh-sungguh, maka akan berdampak pada aspek kehidupan sosial," tambahnya.

Nota kesepahaman antara KPU dan Polri tersebut merupakan kelanjutan dari kesepakatan kedua belah pihak yang tertuang dalam SK Nomor 09/SKB/KPU/2008 dan SK Nomor 8/7/VII/2008 tentang pengamanan pemilu.

Selain itu, nota kesepakatan bersama tentang sentra penegakan hukum terpadu (Gakkundu) antara Polri, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kejaksaan Agung RI (Kejagung).

"Melalui nota kesepahaman dan nota kesepakatan ini, embrio kerja sama yang bersinergi sesuai tupoksi masing-masing dapat terwujud," kata Jaksa Agung Basrief Arief.

Penegakan hukum tidak dapat dilakukan oleh satu institusi saja, tapi juga oleh semua lembaga terkait serta peran masyarakat.

Oleh karena itu, nota kesepahaman dan kesepakatan bersama tersebut diperlukan untuk menyamakan persepsi dalam pelanggaran pelaksanaan Pemilu 2014 secara terpadu dan berintegritas.(ant/id)

Timsel Gandeng ICW Seleksi Calon Anggota KI

Tim seleksi calon anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten menggandeng Indonesia Corruption Watch (ICW) untuk menelusuri rekam jejak calon anggota KI untuk periode 2015-2019.

Lampung Fair Transaksikan Rp 3 Miliar

Nilai transaksi pada Lampung Selatan Fair 2014 mencapai Rp3 miliar, pada pameran yang digelar di Kecamatan Tanjungbintang selama lima hari.

Pertamina Didesak Ambilalih Blok Mahakam

PT Pertamina harus mengambilalih blok Migas Mahakam dari Total E&P Indonesia (Perancis) dan Inpex Corporation (Jepang) untuk menambah produksi minyak nasional dan cadangan minyak nasional, setelah pemerintah menaikkan harga BBM belakangan ini.

Parlemen Turki Setujui Kirim Pasukan ke Misi Afrika

Para anggota parlemen Turki Kamis menyetujui mengirimkan pasukan dalam misi pasukan Uni Eropa di Afrika Tengah selama setahun dengan Ceko dan Mali saat Turki terus berupaya untuk meningkatkan kehadirannya di wilayah tersebut.

Pengungsi Pencari Suaka Di Indonesia 6.200 Orang

Sebanyak 6.200 orang pencari suaka yang kini berada di Indonesia, terpaksa menanti proses resettlement Australia lebih lama akibat adanya pengurangan quota.