Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU - Polri Tandatangani MOU Pengamanan Pemilu 2014

kpu, polri, penandatanganan mou, pemilu 2014

Posted on 16 Jan 2013. Hits : 316

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kepolisian RI (Polri), Rabu, menandatangani nota kesepahaman (MOU) tentang penyelenggaraan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu ) 2014 di Gedung KPU Pusat, Jakarta.

"Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, akan menjadikan keyakinan bahwa proses pemilu dapat dilaksanakan dengan optimal sesuai yang diharapkan," kata Kapolri Jenderal Timur Pradopo di Jakarta.

Polri menegaskan komitmennya untuk bersikap profesional, netral dan tidak terpengaruh dari pihak manapun dalam melakukan pengamanan pelaksanaan Pemilu 2014.

Timur berharap proses penyelenggaraan pemilu di Tanah Air dapat mewujudkan perubahan dan siklus pemerintahan yang cerdas.

Oleh karena itu, pelaksanaan pesta demokrasi yang digelar lima tahun sekali itu perlu pengamanan maksimal.

Dia menambahkan konflik yang biasanya terjadi dalam proses penyelenggaraan pemilu di Indonesia antara lain adalah penetapan jumlah pemilih dan politik uang.

"Apabila tidak dikelola dengan sungguh-sungguh, maka akan berdampak pada aspek kehidupan sosial," tambahnya.

Nota kesepahaman antara KPU dan Polri tersebut merupakan kelanjutan dari kesepakatan kedua belah pihak yang tertuang dalam SK Nomor 09/SKB/KPU/2008 dan SK Nomor 8/7/VII/2008 tentang pengamanan pemilu.

Selain itu, nota kesepakatan bersama tentang sentra penegakan hukum terpadu (Gakkundu) antara Polri, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kejaksaan Agung RI (Kejagung).

"Melalui nota kesepahaman dan nota kesepakatan ini, embrio kerja sama yang bersinergi sesuai tupoksi masing-masing dapat terwujud," kata Jaksa Agung Basrief Arief.

Penegakan hukum tidak dapat dilakukan oleh satu institusi saja, tapi juga oleh semua lembaga terkait serta peran masyarakat.

Oleh karena itu, nota kesepahaman dan kesepakatan bersama tersebut diperlukan untuk menyamakan persepsi dalam pelanggaran pelaksanaan Pemilu 2014 secara terpadu dan berintegritas.(ant/id)

30 Paramedis Hewan Qurban Disiapkan

Kepala Dinas Pertanian Kelautan Perikanan Kota Mataram H Mutawalli mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 30 orang paramedis untuk melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban sebelum dan setelah Idul Adha 1435 Hijriah.

Kemarau Potensi 'Hotspot' Semakin Luas

Musim kemarau di beberapa provinsi mengakibatkan potensi "hotspot" atau titik api semakin meluas, kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho.

Bali Ekspor Barang Antik ke AS

Bali mengekspor barang-barang furniture antik terbanyak ke Amerika Serikat, meskipun persaingan aneka barang perabotan rumah tangga di pasaran antarbangsa cukup ketat.

Dinas PU DKI Bakal Dibagi Dua

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana membagi Dinas Pekerjaan Umum (PU) menjadi dua bagian, yakni Dinas PU Jalan dan Dinas PU Tata Air.

Pemkab Siapkan 10 Hektare TPU

Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua telah menyiapkan lahan seluas 10 hektare untuk areal tempat pemakaman umum (TPU) berlokasi di Kampung Maryendi-Ambroben Sub Distrik Samofa.