Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Padang Lawas Siapkan Tahapan Pilkada

kpu, kabupaten padang lawas, pilkada, sumatera utara

Posted on 16 Jan 2013. Hits : 684

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas mempersiapkan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) terkait akan dilakukan serentak dengan enam daerah lainnya di Sumatera Utara.

Anggota KPU Padang Lawas, Atas Siregar dihubungi ANTARA di Medan, Rabu, mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan keputusan tentang tahapan jadwal pilkada, pemutakhiran data, pembetukan panitia pemilihan kecamatan (PPK), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Selain itu, KPU Padang Lawas sedang menyiapkan keputusan tentang jadwal pendaftaran, serta tata cara dan syarat pendaftaran pasangan calon.

Dalam persiapan tersebut, KPU Padang Lawas merencanakan tahapan pendaftaran dari jalur perseorangan akan dilakukan pada awal bulan April 2013.

Adapun pendaftaran pasangan calon yang didukung partai politik atau gabungan partai politik akan dilaksanakan pada akhir April.

Sedangkan proses pemungutan suara direncanakan pada September 2013, katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Sumut Irham Buana Nasution mengatakan, pihaknya menggagas pelaksanaan pilkada secara serentak untuk tujuh kabupaten di provinsi itu pada tahun 2013, yakni Batubara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Dairi, Deli Serdang, Tapanuli Utara, dan Langkat.

Gagasan itu muncul karena adanya kebijakan untuk meniadakan pilkada pada 2014 yang berbarengan dengan pemilihan legislatif dan presiden, maka proses demokrasi di tujuh kabupaten itu dipercepat pada 2013.

Untuk merealisasikan rencana itu, KPU Pusat telah mengeluarkan surat edaran terhadap fungsionaris KPU di tujuh kabupaten di Sumut tersebut.(ant/id)

Wali Kota : Pasar Murah Antisipasi Lonjakan Harga

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyatakan strategi mengantisipasi lonjakan harga menjelang lebaran dan laju inflasi dilakukan dengan menggelarpasar murah.

Kubu Raya Laksanakan Kembali Program Padat Karya

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, akan kembali melaksanakan program padat karya sebagai upaya mempercepat pembangunan di setiap desa yang ada di kabupaten itu.

Kekerasan Seksual Terhadap Anak Di Papua Meningkat

Kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan di Provinsi Papua meningkat tajam sejak setahun terakhir, kata Kepala Sub Bidang (Kasubid) Penanganan Kekerasan terhadap Anak dan Masalah Sosial Anak Provinsi Papua, Levina Kalansina Sawaki.

Luas Panen Berkurang Produksi Kacang Hijau Turun

Penurunan produksi kacang hijau di Provinsi Papua disebabkan berkurangnya luas panen sebesar 28 hektar atau sekitar 9,06 persen.

Dispenda Jemput Bola Dongkrak Pad Rp2,9 Triliun

Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Riau menggunakan sistim menjemput bola atas potensi pajak sejumlah perusahaan besar di daerah itu, guna dongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) sesuai target Rp2,9 triliun.