Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Padang Lawas Siapkan Tahapan Pilkada

kpu, kabupaten padang lawas, pilkada, sumatera utara

Posted on 16 Jan 2013. Hits : 684

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas mempersiapkan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) terkait akan dilakukan serentak dengan enam daerah lainnya di Sumatera Utara.

Anggota KPU Padang Lawas, Atas Siregar dihubungi ANTARA di Medan, Rabu, mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan keputusan tentang tahapan jadwal pilkada, pemutakhiran data, pembetukan panitia pemilihan kecamatan (PPK), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Selain itu, KPU Padang Lawas sedang menyiapkan keputusan tentang jadwal pendaftaran, serta tata cara dan syarat pendaftaran pasangan calon.

Dalam persiapan tersebut, KPU Padang Lawas merencanakan tahapan pendaftaran dari jalur perseorangan akan dilakukan pada awal bulan April 2013.

Adapun pendaftaran pasangan calon yang didukung partai politik atau gabungan partai politik akan dilaksanakan pada akhir April.

Sedangkan proses pemungutan suara direncanakan pada September 2013, katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Sumut Irham Buana Nasution mengatakan, pihaknya menggagas pelaksanaan pilkada secara serentak untuk tujuh kabupaten di provinsi itu pada tahun 2013, yakni Batubara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Dairi, Deli Serdang, Tapanuli Utara, dan Langkat.

Gagasan itu muncul karena adanya kebijakan untuk meniadakan pilkada pada 2014 yang berbarengan dengan pemilihan legislatif dan presiden, maka proses demokrasi di tujuh kabupaten itu dipercepat pada 2013.

Untuk merealisasikan rencana itu, KPU Pusat telah mengeluarkan surat edaran terhadap fungsionaris KPU di tujuh kabupaten di Sumut tersebut.(ant/id)

Pemkab Siapkan Solusi Jangka Menengah Untuk PKL

Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Kubu Raya Nursyam Ibrahim mengatakan Pemerintah Daerah Kubu Raya akan memberikan solusi jangka menengah kepada para pedagang kaki lima (PKL) yang akan digusur pada jalur hijau dengan menempatkan pada pasar moderen rencana pembangunan mall di kabupaten itu.

Kemenkuh-HAM Dirikan LKPA di Kendari

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum-HAM) mendirikan Lembaga Khusus Pembinaan Anak (LKPA) di Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pelemparan KA Rangkasbitung-Merak Cukup Tinggi

Pelemparan perjalanan Kereta Api (KA) jurusan Rangkasbitung-Merak, selama sebulan terakhir cukup tinggi hingga menimbulkan luka parah.

OJK Dorong Penerapan 'Good Corporate Governance'

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong penerapan "good corporate governance" dengan menyelenggarakan training bagi 200 emiten dan perusahaan publik di bulan Agustus 2015.

Rupiah Senin Pagi Menguat

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin pagi bergerak menguat sebesar 46 poin menjadi Rp13.