Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Padang Lawas Siapkan Tahapan Pilkada

kpu, kabupaten padang lawas, pilkada, sumatera utara

Posted on 16 Jan 2013. Hits : 684

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas mempersiapkan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) terkait akan dilakukan serentak dengan enam daerah lainnya di Sumatera Utara.

Anggota KPU Padang Lawas, Atas Siregar dihubungi ANTARA di Medan, Rabu, mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan keputusan tentang tahapan jadwal pilkada, pemutakhiran data, pembetukan panitia pemilihan kecamatan (PPK), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Selain itu, KPU Padang Lawas sedang menyiapkan keputusan tentang jadwal pendaftaran, serta tata cara dan syarat pendaftaran pasangan calon.

Dalam persiapan tersebut, KPU Padang Lawas merencanakan tahapan pendaftaran dari jalur perseorangan akan dilakukan pada awal bulan April 2013.

Adapun pendaftaran pasangan calon yang didukung partai politik atau gabungan partai politik akan dilaksanakan pada akhir April.

Sedangkan proses pemungutan suara direncanakan pada September 2013, katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Sumut Irham Buana Nasution mengatakan, pihaknya menggagas pelaksanaan pilkada secara serentak untuk tujuh kabupaten di provinsi itu pada tahun 2013, yakni Batubara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Dairi, Deli Serdang, Tapanuli Utara, dan Langkat.

Gagasan itu muncul karena adanya kebijakan untuk meniadakan pilkada pada 2014 yang berbarengan dengan pemilihan legislatif dan presiden, maka proses demokrasi di tujuh kabupaten itu dipercepat pada 2013.

Untuk merealisasikan rencana itu, KPU Pusat telah mengeluarkan surat edaran terhadap fungsionaris KPU di tujuh kabupaten di Sumut tersebut.(ant/id)

Presiden : Yatsenyuk Masih PM Ukraina Di Koalisi

Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk akan dipertahankan jabatannya untuk memimpin pemerintah koalisi baru setelah kesepakatan antara partai-partai pro-Barat di negara itu, Presiden Petro Poroshenko mengatakan Jumat.

Dua Kebakaran Landa Jakarta Sabtu Dini Hari

Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya melaporkan terjadi kebakaran di kawasan Tegal Alur dan Pesanggarahan, Jakarta Barat, Sabtu dini hari hingga pagi.

Indonesia Bertekat Turunkan Penderita Kekurangan Gizi Kronik

Indonesia berkomitmen untuk mencapai target penurunan jumlah penderita kekurangan gizi kronik pada balita hingga 40 persen pada tahun 2025.

Pemkot Siap Operasikan Rumah Sakit Masyarakat Miskin

Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur siap mengoperasi rumah sakit umum daerah (RSUD) yang baru selesai dibangun pada Februari 2015 yang diprioritaskan melayani masyarakat miskin.

Dolar Menguat Terhadap Euro Di Tengah Stimulus Zona Euro

Kurs dolar AS bervariasi terhadap mata uang utama lainnya dan naik terhadap euro ke tertinggi dua minggu pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena ketua Bank Sentral Eropa (ECB) berjanji untuk memperluas program stimulusnya.