Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Padang Lawas Siapkan Tahapan Pilkada

kpu, kabupaten padang lawas, pilkada, sumatera utara

Posted on 16 Jan 2013. Hits : 684

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas mempersiapkan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) terkait akan dilakukan serentak dengan enam daerah lainnya di Sumatera Utara.

Anggota KPU Padang Lawas, Atas Siregar dihubungi ANTARA di Medan, Rabu, mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan keputusan tentang tahapan jadwal pilkada, pemutakhiran data, pembetukan panitia pemilihan kecamatan (PPK), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Selain itu, KPU Padang Lawas sedang menyiapkan keputusan tentang jadwal pendaftaran, serta tata cara dan syarat pendaftaran pasangan calon.

Dalam persiapan tersebut, KPU Padang Lawas merencanakan tahapan pendaftaran dari jalur perseorangan akan dilakukan pada awal bulan April 2013.

Adapun pendaftaran pasangan calon yang didukung partai politik atau gabungan partai politik akan dilaksanakan pada akhir April.

Sedangkan proses pemungutan suara direncanakan pada September 2013, katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Sumut Irham Buana Nasution mengatakan, pihaknya menggagas pelaksanaan pilkada secara serentak untuk tujuh kabupaten di provinsi itu pada tahun 2013, yakni Batubara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Dairi, Deli Serdang, Tapanuli Utara, dan Langkat.

Gagasan itu muncul karena adanya kebijakan untuk meniadakan pilkada pada 2014 yang berbarengan dengan pemilihan legislatif dan presiden, maka proses demokrasi di tujuh kabupaten itu dipercepat pada 2013.

Untuk merealisasikan rencana itu, KPU Pusat telah mengeluarkan surat edaran terhadap fungsionaris KPU di tujuh kabupaten di Sumut tersebut.(ant/id)

Penerbangan Palembang Masih Terganggu Asap

Sejumlah penerbangan dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan ke beberapa kota tujuan masih mengalami gangguan jadwal penerbangan akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan dalam sebulan terakhir.

Suharno Waspada Taktik Persipura

Pelatih Arema Cronous Suharno mengingatkan timnya untuk mewaspadai strategi yang diterapkan pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago, pada laga delapan besar putaran kedua ISL di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Selasa (21/10) sore.

Nelayan Diimbau Tak Gunakan Bagan 30 GT

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) meminta neyalan setempat tidak lagi menggunakan bagan berkapasitas lebih dari 30 GT dalam menangkap ikan.

Lapor Kecamatan Jika Belum Terima E-KTP

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta meminta masyarakat yang sudah melakukan perekaman data kependudukan namun belum memperoleh fisik kartu tanda penduduk elektronik segera melapor ke kecamatan setempat.

PPP Harapkan Terciptanya Politik Yang Kondusif

Partai Persatuan Pembangunan berharap Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dapat menciptakan stabilitas politik dari pemerintahannya.