Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kpu Malut: Pilkada Damai Jangan Hanya Slogan

komisi pemilihan umum, muliadi tutupoho, pilkada damai

Posted on 26 May 2013. Hits : 333

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara Muliadi Tutupoho memita seluruh pasangan calon gubernur/wakil gubernur agar keinginan pilkada damai tidak hanya dijadikan slogan.

'Komitmen pilkada damai tersebut tidak hanya menjadi slogan, tetapi harus diwujudkan oleh semua pihak yang terkait dengan pilkada, terutama para cagub/cawagub dan tim suksesnya,' katanya di Ternate, Minggu.

KPU Malut akan berupaya melaksanakan semua tahapan Pilkada Malut sesuai dengan aturan dan jika dalam proses pelaksanaannya nanti, terutama setelah penetapan pemenang pilkada, ada pihak yang keberatan hendaknya menggunakan jalur hukum, antara lain ke Mahkamah Konstitusi.

Ia juga menekankan kepada kepala daerah agar mengawasi dan lebih menyosialisasikan mengenai netralitas KPU dalam melaksanakan semua tahapan pilkada, karena sesuai pengalaman selama ini, salah satu penyebab terjadinya konflik dalam pilkada adalah ketidakpuasan terhadap kinerja KPU.

Sebelumnya, enam pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur (Cagub/Cawagub) Malut untuk periode 2013-2018 mendeklarasikan penyelenggaraan pilkada damai dan berkualitas, terutama pada tahapan kampanye, pemungutan suara dan pasca-penetapan pemenang.

Deklarasi pilkada damai yang berlangsung di Ternate digagas oleh Polda Malut bekerja sama dengan KPU Malut dan masing-masing tim sukses pasangan cagub/cawagub.

Sementara Kapolda Malut Brigjen Pol Machmud Arifin mengatakan, pihaknya saat ini sangat mengharapkan agar deklarasi pilkada damai tersebut tidak hanya sebatas pernyataan lisan, tetapi benar-benar diimplementasikan selama proses penyelenggaraan pilkada.

Kasus konflik pada pilkada Malut 2012 dan 2007 harus menjadi pelajaran bagi semua pihak agar tidak lagi terjadi pada Pilkada Malut 2013 ini, karena konflik seperti itu justru sangat merugikan daerah dan masyarakat.

Ia mengatakan, ada tiga komponen utama yang harus saling bekerja sama untuk mendukung penyelenggaraan pilkada damai, yakni KPU sebagai penyelenggara, para cagub/cawagub serta unsur pengamanan yakni Polri dan TNI.(ant/rd)

BEI Kaji Aturan Baru IPO Perusahaan Migas

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengaku sedang mengkaji peraturan baru untuk memudahkan perusahaan sektor minyak dan gas melakukan penawaran umum perdana saham (IPO) meski belum memulai tahapan operasi produksi.

Tarik Minat Masyarakat, Sosialisasi Pasar Modal Perlu Lebih Gencar

Bursa Efek Indonesia (BEI) berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat membantu mensosialisasikan investasi pasar modal kepada masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Lebih Dari 25.000 Warga Mesir Tinggalkan Libya

Lebih dari 25.000 warga negara Mesir meninggalkan Libya dan kembali ke tanah airnya sejak kelompok bersenjata Negara Islam (IS) menyiarkan video pemenggalan 21 pemeluk Kristen Koptik asal Mesir pada awal Februari, kata Kementerian Luar Negeri, Jumat.

Pilot Ukraina Dapat Tewas Dalam Hitungan Hari Di Penjara Rusia

Kesehatan pilot Ukraina, yang melakukan mogok makan di penjara Rusia, merosot tajam dan "dapat meninggal dalam hitungan hari", kata anggota dewan hak asasi manusia Kremlin, Jumat.

Partai Perindo: Jokowi Harus Rebut PDI Perjuangan

Partai Persatuan Indonesia (Perindo) pimpinan Hary Tanoesoedibjo menilai Presiden Jokowi harus merebut kendali atas partai pengusungnya, PDI Perjuangan, agar memiliki kekuatan dalam menjalankan pemerintahan.