Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kpu Malut: Pilkada Damai Jangan Hanya Slogan

komisi pemilihan umum, muliadi tutupoho, pilkada damai

Posted on 26 May 2013. Hits : 333

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara Muliadi Tutupoho memita seluruh pasangan calon gubernur/wakil gubernur agar keinginan pilkada damai tidak hanya dijadikan slogan.

'Komitmen pilkada damai tersebut tidak hanya menjadi slogan, tetapi harus diwujudkan oleh semua pihak yang terkait dengan pilkada, terutama para cagub/cawagub dan tim suksesnya,' katanya di Ternate, Minggu.

KPU Malut akan berupaya melaksanakan semua tahapan Pilkada Malut sesuai dengan aturan dan jika dalam proses pelaksanaannya nanti, terutama setelah penetapan pemenang pilkada, ada pihak yang keberatan hendaknya menggunakan jalur hukum, antara lain ke Mahkamah Konstitusi.

Ia juga menekankan kepada kepala daerah agar mengawasi dan lebih menyosialisasikan mengenai netralitas KPU dalam melaksanakan semua tahapan pilkada, karena sesuai pengalaman selama ini, salah satu penyebab terjadinya konflik dalam pilkada adalah ketidakpuasan terhadap kinerja KPU.

Sebelumnya, enam pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur (Cagub/Cawagub) Malut untuk periode 2013-2018 mendeklarasikan penyelenggaraan pilkada damai dan berkualitas, terutama pada tahapan kampanye, pemungutan suara dan pasca-penetapan pemenang.

Deklarasi pilkada damai yang berlangsung di Ternate digagas oleh Polda Malut bekerja sama dengan KPU Malut dan masing-masing tim sukses pasangan cagub/cawagub.

Sementara Kapolda Malut Brigjen Pol Machmud Arifin mengatakan, pihaknya saat ini sangat mengharapkan agar deklarasi pilkada damai tersebut tidak hanya sebatas pernyataan lisan, tetapi benar-benar diimplementasikan selama proses penyelenggaraan pilkada.

Kasus konflik pada pilkada Malut 2012 dan 2007 harus menjadi pelajaran bagi semua pihak agar tidak lagi terjadi pada Pilkada Malut 2013 ini, karena konflik seperti itu justru sangat merugikan daerah dan masyarakat.

Ia mengatakan, ada tiga komponen utama yang harus saling bekerja sama untuk mendukung penyelenggaraan pilkada damai, yakni KPU sebagai penyelenggara, para cagub/cawagub serta unsur pengamanan yakni Polri dan TNI.(ant/rd)

Murray Turut Rasakan Cedera Mcilroy

Petenis Andy Murray mengatakan dirinya bersimpati dengan bintang golf Rory McIlroy yang mengalami cedera pada ligamen pergelangan kaki saat bermain sepak bola sehingga pegolf itu harus melakukan perawatan khusus atas cederanya tersebut.

IMF Siap Bantu Yunani Jika Diminta

Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan pada Senin bahwa pihaknya siap sedia membantu Yunani jika diperlukan untuk melakukannya.

Southampton Tolak Tawaran United Terhadap Schneiderlin

Southampton telah menolak tawaran dari rivalnya di Liga Utama Inggris Manchester United terhadap gelandang Morgan Schneiderlin, menurut pelatih klub itu Ronald Koeman pada Senin.

Masa Depan Sampaoli Bersama Chile Diragukan

Jorge Sampaoli berpeluang mencari tantangan baru setelah melatih Chile menuju kemenangan bersejarah atas Argentina di final Piala Amerika, ia mengindikasikan hal itu pada wawancara dengan surat kabar pada Senin.

Pelatih Juventus Allegri Perpanjang Kontrak

Pelatih Massimiliano Allegri telah memperpanjang kontraknya untuk satu tahun lagi dan akan bertahan di Juventus sampai akhir musim 2016/2017, demikian disampaikan juara Liga Italia itu pada Senin.