Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kpu Malut: Pilkada Damai Jangan Hanya Slogan

komisi pemilihan umum, muliadi tutupoho, pilkada damai

Posted on 26 May 2013. Hits : 278

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara Muliadi Tutupoho memita seluruh pasangan calon gubernur/wakil gubernur agar keinginan pilkada damai tidak hanya dijadikan slogan.

'Komitmen pilkada damai tersebut tidak hanya menjadi slogan, tetapi harus diwujudkan oleh semua pihak yang terkait dengan pilkada, terutama para cagub/cawagub dan tim suksesnya,' katanya di Ternate, Minggu.

KPU Malut akan berupaya melaksanakan semua tahapan Pilkada Malut sesuai dengan aturan dan jika dalam proses pelaksanaannya nanti, terutama setelah penetapan pemenang pilkada, ada pihak yang keberatan hendaknya menggunakan jalur hukum, antara lain ke Mahkamah Konstitusi.

Ia juga menekankan kepada kepala daerah agar mengawasi dan lebih menyosialisasikan mengenai netralitas KPU dalam melaksanakan semua tahapan pilkada, karena sesuai pengalaman selama ini, salah satu penyebab terjadinya konflik dalam pilkada adalah ketidakpuasan terhadap kinerja KPU.

Sebelumnya, enam pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur (Cagub/Cawagub) Malut untuk periode 2013-2018 mendeklarasikan penyelenggaraan pilkada damai dan berkualitas, terutama pada tahapan kampanye, pemungutan suara dan pasca-penetapan pemenang.

Deklarasi pilkada damai yang berlangsung di Ternate digagas oleh Polda Malut bekerja sama dengan KPU Malut dan masing-masing tim sukses pasangan cagub/cawagub.

Sementara Kapolda Malut Brigjen Pol Machmud Arifin mengatakan, pihaknya saat ini sangat mengharapkan agar deklarasi pilkada damai tersebut tidak hanya sebatas pernyataan lisan, tetapi benar-benar diimplementasikan selama proses penyelenggaraan pilkada.

Kasus konflik pada pilkada Malut 2012 dan 2007 harus menjadi pelajaran bagi semua pihak agar tidak lagi terjadi pada Pilkada Malut 2013 ini, karena konflik seperti itu justru sangat merugikan daerah dan masyarakat.

Ia mengatakan, ada tiga komponen utama yang harus saling bekerja sama untuk mendukung penyelenggaraan pilkada damai, yakni KPU sebagai penyelenggara, para cagub/cawagub serta unsur pengamanan yakni Polri dan TNI.(ant/rd)

PLN Musirawas Bentuk Desa Binaan Atasi Tunggakan

PT PLN (Persero) Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, berencana membentuk desa binaan untuk mengatasi tunggakan konsumen yang saat ini mencapai Rp4,7 miliar dari 69 ribu pelanggan.

Tiga Pembalap Asing Berlaga Di Kota Palu

Tiga pembalap asing dipastikan ikut berlaga pada kejuaraan motocross terbuka di sirkuit Tanah Runtuh Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada 25-27 April 2014.

46 Tim Kaltim Berebut Ke Brazil

Sebanyak 46 tim sepak bola anak usia 10-12 tahun di Kaltim, Sabtu (19/4) bersaing ketat di babak penyisihan, dilanjutkan final pada Minggu sore agar bisa berlaga di tingkat nasional yang selanjutnya bertanding dalam Piala Dunia Anak di Brazil.

Persipura Targetkan Pimpin Klasemen LSI

Tim Persipura Jayapura menargetkan bisa memimpin klasemen Liga Super Indonesia (LSI) dengan harapan bisa menahan seri atau meraih poin penuh dari tamunya PSM Makasar pada laga di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Sabtu sore.

PSM Khawatir Kebobolan Dimenit Awal Lawan Persipura

menit awal seperti, Persipura kalahkan Persebaya dengan gol cepatnya,' kata pelatih PSM Makasar Rudy Keltjes di Jayapura via telepon seluler, Sabtu.