Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Lampung Buka Pendaftaran Calon Gubernur

kpu, lampung, buka pendaftaran, calon gubernur

Posted on 18 Jun 2013. Hits : 298

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung membuka pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2014-2019 mulai tanggal 22 sampai 28 Juni 2013.

"KPU siap menerima pendaftaran itu dari jam 08.00 WIB hingga 16.00 WIB," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung Handy Mulyaningsih di Bandarlampung, Selasa.

Dalam proses pendaftaran tersebut, menurutnya, pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur maupun ketua dan sekretaris partai politik atau gabungan yang mengusung pasangan calon, wajib hadir dalam pendaftaran tersebut.

"KPU sudah mengirimkan surat pada sebanyak 38 parpol peserta Pemilu legislatif 2009 lalu terkait hal itu," kata dia.

Selain kewajiban hadir para bakal pasangan calon dan ketua serta sekretaris parpol pendukung, KPU juga mewajibkan parpol pendukung untuk menyerahkan surat kepengurusan struktur, baik tingkat daerah maupun cabang kepada KPU, yang sudah dilegalisasi oleh DPP.

Ketua KPU Provinsi Lampung Nanang Trenggono mengatakan persyaratan tersebut wajib dilengkapi sebagai bukti keseriusan dan kepastian hukum pasangan bakal calon tersebut.

"KPU juga tidak mau terombang-ambing dengan konflik internal partai yang berpengaruh terhadap pelaksanaan pilgub itu sendiri, kami butuh kerja sama dengan parpol pengusung," katanya.

Sementara itu, Pilgub Lampung putaran pertama dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2013. KPU Lampung hingga saat ini belum mendapat kepastian terkait anggaran pelaksanaan pilgub tersebut.

Anggaran APBD Perubahan baru akan dibahas pada bulan Juni 2013, KPU mengaku telah merevisi perkembangan terkini terkait kebutuhan anggaran pilgub tersebut.

Sejumlah tokoh yang diperkirakan ikut bersaing dalam Pilgub Lampung mendatang adalah Alzier Dianis Thabranie (Ketua PDD Golkar Lampung), Herman HN (Wali Kota Bandarlampung), Djoko Umar Said (Wagub Lampung), Mukhlis Basri (Bupati Lampung Barat) dan sejumlah tokoh lainnya.(ris/ant)

Pemkab Tanah Datar Bantu Korban Korban Longsor

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), memberikan bantuan pada tiga kepala keluarga yang rumahnya terkena bencana longsor di Nagari Lubuak Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara.

Pengolahan Air Waduk Pluit Perlu Dikaji

Pelaksanan tugas Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Tri Kurniadi mengatakan pengolahan air Waduk Pluit perlu dikaji terlebih dahulu agar aman ketika dikonsumsi masyarakat melalui perusahaan air minum.

Pekanbaru Minta HET Elpiji Dikaji Ulang

Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT meminta kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru untuk penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) gas elpiji subsidi 3 kilogram dikaji menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi.

Badai Tropis Tewaskan Dua Orang di Filipina

Setidak-tidaknya dua orang tewas dan seorang lain terluka setelah badai tropis Chebi (nama lokal Queenie) melanda Filipina tengah dan selatan, kata badan penanggulangan bencana setempat, Jumat.

UE Masukkan Nama Baru Dalam Catatan Hitam

Uni Eropa (UE), pada Kamis (27/11), menambahkan lima kelompok dan 13 tokoh ke dalam cacatan hitam mereka atas peran separatis dalam pemilu yang dilaksanakan bulan ini di daerah Ukraina Timur.