Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Klarifikasi Jumlah Pemilih Calon Gubernur SUMSEL

komisi pemilihan umum sumatera selatan, mengklarifikasi jumlah pemilih calon gubernur, anisatul mardiah

Posted on 29 Apr 2013. Hits : 311

Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan akan mengklarifikasi jumlah pemilih calon gubernur yang telah ditetapkan beberapa hari lalu, asalkan ada bukti data yang mereka terima tidak valid.

"Jumlah pemilih ditetapkan itu bisa saja berubah asalkan nanti ada bukti bahwa data yang kita terima tidak valid," kata Ketua KPU Sumsel Anisatul Mardiah di Palembang, Senin.

Sebagaimana diketahui jumlah pemilih yang ditetapkan KPU beberapa waktu lalu sebanyak 5.820.453 orang.

Menurut dia, jumlah pemilih calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel pada Pilkada mendatang akan diganti sesuai dengan data fakta di lapangan.

Ia mengatakan, pihaknya berjanji akan mengklarifikasi beberapa data yang dipermasalahkan Badan Pengawas Pemilu Sumsel.

Jumlah pemilih masih dapat dirubah sampai seminggu sebelum Pilkada, jadi masih panjang rentan waktunya. Insyaallah dalam waktu dekat klarifikasinya, karena masalah jumlah pemilih legislatif juga sedang berjalan, tuturnya.

Selisih jumlah pemilih pada pemilihan gubernur Sumsel yang dipermasalahkan Bawaslu itu masih bisa tercover dengan kertas suara yang 2,5 persen, jadi tidak perlu khawatir.

"Selain itu, tidak mungkin pemilih datang 100 persen ke tempat pemungutan suara, walaupun kita berharap begitu," katanya.

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu Sumsel mengajukan keberatan dengan jumlah pemilih tetap yang ditetapkan KPU provinsi setempat untuk pemilihan kepala daerah 6 Juni 2013.

Anggota Bawaslu Sumsel Kurniawan menyatakan, KPU menetapkan jumlah pemilih tetap untuk pilkada gubernur-wakil gubernur sebanyak 5.820.453 orang, sementara hasil pengawasan di beberapa kabupaten dan kota terdapat selisih jumlahnya.

Selisih jumlah pemilih tetap itu seperti di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Kota Pagaralam, Empat Lawang, Musi Banyuasin dan Kota Palembang.(ant/rd)

PASI Harapkan Satu Organisasi Olahraga

Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Mohammad Hasan mengharapkan hanya ada satu induk organisasi keolahragaan yang mengurusi cabang-cabang olahraga di Indonesia.

Mendag Diminta Cabut Permendag 44/2014

Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Sihol Manulang meminta Menteri Perdagangan Rachmat Gobel untuk mencabut Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 44 Tahun 2014, karena mendorong penyelundupan timah dalam jumlah besar.

Uranium Sulbar Tidak Dikomersialisasi

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menyatakan kandungan uranium yang terdapat di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat tidak akan dibuat menjadi komersial tetapi untuk pembangunan bangsa ini.

Pemerintah Akan Perkuat Sistem Logistik Nasional

Pemerintahan Indonesia akan mengoptimalkan penerapan sistem logistik nasional untuk meningkatkan industri logistik Tanah Air, kata Asisten Deputi Fasilitas Sistem Logistik dan Perdagangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Erwin Raza.

KRKP Berharap Pemerintah Lirik Kedelai Edamame

Pemerintah diharapkan dapat melirik produksi kedelai edamame, pasalnya komoditi tersebut memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan memberikan keuntungan bagi petaninya, kata Manager Advokasi dan Jaringan Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) Said Abdullah.