Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Klarifikasi Jumlah Pemilih Calon Gubernur SUMSEL

komisi pemilihan umum sumatera selatan, mengklarifikasi jumlah pemilih calon gubernur, anisatul mardiah

Posted on 29 Apr 2013. Hits : 311

Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan akan mengklarifikasi jumlah pemilih calon gubernur yang telah ditetapkan beberapa hari lalu, asalkan ada bukti data yang mereka terima tidak valid.

"Jumlah pemilih ditetapkan itu bisa saja berubah asalkan nanti ada bukti bahwa data yang kita terima tidak valid," kata Ketua KPU Sumsel Anisatul Mardiah di Palembang, Senin.

Sebagaimana diketahui jumlah pemilih yang ditetapkan KPU beberapa waktu lalu sebanyak 5.820.453 orang.

Menurut dia, jumlah pemilih calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel pada Pilkada mendatang akan diganti sesuai dengan data fakta di lapangan.

Ia mengatakan, pihaknya berjanji akan mengklarifikasi beberapa data yang dipermasalahkan Badan Pengawas Pemilu Sumsel.

Jumlah pemilih masih dapat dirubah sampai seminggu sebelum Pilkada, jadi masih panjang rentan waktunya. Insyaallah dalam waktu dekat klarifikasinya, karena masalah jumlah pemilih legislatif juga sedang berjalan, tuturnya.

Selisih jumlah pemilih pada pemilihan gubernur Sumsel yang dipermasalahkan Bawaslu itu masih bisa tercover dengan kertas suara yang 2,5 persen, jadi tidak perlu khawatir.

"Selain itu, tidak mungkin pemilih datang 100 persen ke tempat pemungutan suara, walaupun kita berharap begitu," katanya.

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu Sumsel mengajukan keberatan dengan jumlah pemilih tetap yang ditetapkan KPU provinsi setempat untuk pemilihan kepala daerah 6 Juni 2013.

Anggota Bawaslu Sumsel Kurniawan menyatakan, KPU menetapkan jumlah pemilih tetap untuk pilkada gubernur-wakil gubernur sebanyak 5.820.453 orang, sementara hasil pengawasan di beberapa kabupaten dan kota terdapat selisih jumlahnya.

Selisih jumlah pemilih tetap itu seperti di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Kota Pagaralam, Empat Lawang, Musi Banyuasin dan Kota Palembang.(ant/rd)

Saham Hongkong Dibuka Naik

Saham-saham Hongkong naik 0,41 persen dalam beberapa menit pertama perdagangan Kamis, menyusul kemajuan di New York dan Eropa didorong harapan kesepakatan untuk mempertahankan Yunani di zona euro akhirnya dapat dilakukan.

Wabup Mamuju Utara Kukuhkan Petugas Pendampingan Penyalahgunaan Narkoba

Wakil Bupati Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat, Muhammad Saal, mengukuhkan 95 orang sebagai petugas pendampingan penyalahgunaan narkoba di wilayah itu.

Ujian Tulis Calon KPID Usai Lebaran

Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Barat menjadwalkan pelaksanaan ujian tulis bagi calon komisioner KPID akan dilangsungkan setelah hari raya Idul Fitri 1435 H.

Puskesmas Lebak Layani 24 Jam Selama Lebaran

Pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas di Kabupaten Lebak, Banten, melayani 24 jam selama Lebaran 1436 Hijriah guna memberikan pengobatan penyakit dasar kepada masyarakat di daerah itu.

Pemerintah Tingkatkan Kualitas Perkotaan Tangani Pemukiman Kumuh

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat fokus dalam meningkatkan kualitas kehidupan di kawasan perkotaan sebagai upaya guna menangani pemukiman kumuh yang terdapat di berbagai daerah perkotaan di Tanah Air.