Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Klarifikasi Jumlah Pemilih Calon Gubernur SUMSEL

komisi pemilihan umum sumatera selatan, mengklarifikasi jumlah pemilih calon gubernur, anisatul mardiah

Posted on 29 Apr 2013. Hits : 258

Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan akan mengklarifikasi jumlah pemilih calon gubernur yang telah ditetapkan beberapa hari lalu, asalkan ada bukti data yang mereka terima tidak valid.

"Jumlah pemilih ditetapkan itu bisa saja berubah asalkan nanti ada bukti bahwa data yang kita terima tidak valid," kata Ketua KPU Sumsel Anisatul Mardiah di Palembang, Senin.

Sebagaimana diketahui jumlah pemilih yang ditetapkan KPU beberapa waktu lalu sebanyak 5.820.453 orang.

Menurut dia, jumlah pemilih calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel pada Pilkada mendatang akan diganti sesuai dengan data fakta di lapangan.

Ia mengatakan, pihaknya berjanji akan mengklarifikasi beberapa data yang dipermasalahkan Badan Pengawas Pemilu Sumsel.

Jumlah pemilih masih dapat dirubah sampai seminggu sebelum Pilkada, jadi masih panjang rentan waktunya. Insyaallah dalam waktu dekat klarifikasinya, karena masalah jumlah pemilih legislatif juga sedang berjalan, tuturnya.

Selisih jumlah pemilih pada pemilihan gubernur Sumsel yang dipermasalahkan Bawaslu itu masih bisa tercover dengan kertas suara yang 2,5 persen, jadi tidak perlu khawatir.

"Selain itu, tidak mungkin pemilih datang 100 persen ke tempat pemungutan suara, walaupun kita berharap begitu," katanya.

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu Sumsel mengajukan keberatan dengan jumlah pemilih tetap yang ditetapkan KPU provinsi setempat untuk pemilihan kepala daerah 6 Juni 2013.

Anggota Bawaslu Sumsel Kurniawan menyatakan, KPU menetapkan jumlah pemilih tetap untuk pilkada gubernur-wakil gubernur sebanyak 5.820.453 orang, sementara hasil pengawasan di beberapa kabupaten dan kota terdapat selisih jumlahnya.

Selisih jumlah pemilih tetap itu seperti di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Kota Pagaralam, Empat Lawang, Musi Banyuasin dan Kota Palembang.(ant/rd)

Pengamanan Kotak Suara Hingga Pleno

Pengamanan dan pengawalan kotak suara Pemilihan Umum Legislatif 2014 masih akan terus dilakukan hingga pelaksanaan rapat pleno penghitungan suara tingkat provinsi, demikian kata Kapolda Riau Brigjen Condro Kirono.

FGII Pertanyakan Keterlambatan Pencarian Dana UN

Dewan Pimpinan Pusat Forum Guru Independen Indonesia mempertanyakan pemerintah yang belum mencairkan pendanaan untuk pelaksanaan Ujian Nasional 2014, padahal UN tingkat sekolah menengah atas sederajat berakhir hari ini.

Rakyat Terancam Kelaparan

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon Rabu memperingatkan bahwa lebih dari satu juta orang di Sudan Selatan beresiko kelaparan.

Dispenda Kendari Minta Lurah Sosialisasikan Retribusi Sampah

Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), meminta kepada seluruh lurah di daerah itu untuk aktif melakukan sosialisasi terhadap retribusi sampah.

UNICEF Kecam Penculikan 100 Siswi

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon dan Dana Anak-anak PBB (UNICEF) Rabu mengutuk penculikan sekitar 100 siswi dari asrama mereka di Nigeria timurlaut sehari sebelumnya dan menyerukan pembebasan segera mereka.