Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Klarifikasi Jumlah Pemilih Calon Gubernur SUMSEL

komisi pemilihan umum sumatera selatan, mengklarifikasi jumlah pemilih calon gubernur, anisatul mardiah

Posted on 29 Apr 2013. Hits : 311

Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan akan mengklarifikasi jumlah pemilih calon gubernur yang telah ditetapkan beberapa hari lalu, asalkan ada bukti data yang mereka terima tidak valid.

"Jumlah pemilih ditetapkan itu bisa saja berubah asalkan nanti ada bukti bahwa data yang kita terima tidak valid," kata Ketua KPU Sumsel Anisatul Mardiah di Palembang, Senin.

Sebagaimana diketahui jumlah pemilih yang ditetapkan KPU beberapa waktu lalu sebanyak 5.820.453 orang.

Menurut dia, jumlah pemilih calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel pada Pilkada mendatang akan diganti sesuai dengan data fakta di lapangan.

Ia mengatakan, pihaknya berjanji akan mengklarifikasi beberapa data yang dipermasalahkan Badan Pengawas Pemilu Sumsel.

Jumlah pemilih masih dapat dirubah sampai seminggu sebelum Pilkada, jadi masih panjang rentan waktunya. Insyaallah dalam waktu dekat klarifikasinya, karena masalah jumlah pemilih legislatif juga sedang berjalan, tuturnya.

Selisih jumlah pemilih pada pemilihan gubernur Sumsel yang dipermasalahkan Bawaslu itu masih bisa tercover dengan kertas suara yang 2,5 persen, jadi tidak perlu khawatir.

"Selain itu, tidak mungkin pemilih datang 100 persen ke tempat pemungutan suara, walaupun kita berharap begitu," katanya.

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu Sumsel mengajukan keberatan dengan jumlah pemilih tetap yang ditetapkan KPU provinsi setempat untuk pemilihan kepala daerah 6 Juni 2013.

Anggota Bawaslu Sumsel Kurniawan menyatakan, KPU menetapkan jumlah pemilih tetap untuk pilkada gubernur-wakil gubernur sebanyak 5.820.453 orang, sementara hasil pengawasan di beberapa kabupaten dan kota terdapat selisih jumlahnya.

Selisih jumlah pemilih tetap itu seperti di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Kota Pagaralam, Empat Lawang, Musi Banyuasin dan Kota Palembang.(ant/rd)

Pedagang Kecewa Jokowi Batal 'Blusukan'' Ke Pasar

Pedagang di Pasar Bawah Pekanbaru mengaku sedikit kecewa atas batalnya 'blusukan' Presiden RI Joko Widodo yang sudah berada di Riau ke tempat tersebut karena sudah ditunggu kedatangannya pada Rabu sore itu.

Buruh Siap Bersinergi Dengan Parlemen

Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Muhammad Rusdi mengatakan seluruh elemen buruh siap bersinergi dengan parlemen melalui gerakan ekstra parlementer untuk mewujudkan kesejahteraan buruh dan rakyat.

Para Menteri Koalisi Perangi IS Akan Bertemu

Para menteri luar negeri dari 60 negara koalisi pimpinan Amerika Serikat untuk memerangi kelompok garis keras Negara Islam (IS) akan mengadakan pertemuan pertama pekan depan di Brussels, kata para pejabat AS Rabu.

Festival Teater Gambarkan Pengaruh Teknologi Lewat Teater

Peserta se-Sumatera Selatan mencoba menggambarkan pengaruh teknologi dan perkembangan zaman lewat teater pada Festival teater pecah belah di Graha Budaya Jakabaring Palembang, Rabu.

Fahri: Prabowo Tidak Intervensi Munas Golkar

Sekretaris Koalisi Merah Putih Fahri Hamzah mengatakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak mengintervensi pelaksanaan Musyawarah Nasional IX Partai Golkar.