Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Klarifikasi Jumlah Pemilih Calon Gubernur SUMSEL

komisi pemilihan umum sumatera selatan, mengklarifikasi jumlah pemilih calon gubernur, anisatul mardiah

Posted on 29 Apr 2013. Hits : 311

Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan akan mengklarifikasi jumlah pemilih calon gubernur yang telah ditetapkan beberapa hari lalu, asalkan ada bukti data yang mereka terima tidak valid.

"Jumlah pemilih ditetapkan itu bisa saja berubah asalkan nanti ada bukti bahwa data yang kita terima tidak valid," kata Ketua KPU Sumsel Anisatul Mardiah di Palembang, Senin.

Sebagaimana diketahui jumlah pemilih yang ditetapkan KPU beberapa waktu lalu sebanyak 5.820.453 orang.

Menurut dia, jumlah pemilih calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel pada Pilkada mendatang akan diganti sesuai dengan data fakta di lapangan.

Ia mengatakan, pihaknya berjanji akan mengklarifikasi beberapa data yang dipermasalahkan Badan Pengawas Pemilu Sumsel.

Jumlah pemilih masih dapat dirubah sampai seminggu sebelum Pilkada, jadi masih panjang rentan waktunya. Insyaallah dalam waktu dekat klarifikasinya, karena masalah jumlah pemilih legislatif juga sedang berjalan, tuturnya.

Selisih jumlah pemilih pada pemilihan gubernur Sumsel yang dipermasalahkan Bawaslu itu masih bisa tercover dengan kertas suara yang 2,5 persen, jadi tidak perlu khawatir.

"Selain itu, tidak mungkin pemilih datang 100 persen ke tempat pemungutan suara, walaupun kita berharap begitu," katanya.

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu Sumsel mengajukan keberatan dengan jumlah pemilih tetap yang ditetapkan KPU provinsi setempat untuk pemilihan kepala daerah 6 Juni 2013.

Anggota Bawaslu Sumsel Kurniawan menyatakan, KPU menetapkan jumlah pemilih tetap untuk pilkada gubernur-wakil gubernur sebanyak 5.820.453 orang, sementara hasil pengawasan di beberapa kabupaten dan kota terdapat selisih jumlahnya.

Selisih jumlah pemilih tetap itu seperti di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Kota Pagaralam, Empat Lawang, Musi Banyuasin dan Kota Palembang.(ant/rd)

Pengadilan Israel Perpanjang Penahanan Pemimpin Ekstrimis Yahudi

Satu pengadilan Israel pada Selasa memerintahkan Meir Ettinger, pemimpin kelompok ektrimis Yahudi untuk tetap ditahan setelah penangkapannya menyusul pembakaran hingga tewas seorang bayi Palestina, kata sumber-sumber di pengadilan.

Densus 88 Tangani Terduga ISIS Di NTT

Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti-teror telah mengambil alih penanganan terhadap tiga terduga anggota jaringan Negara Islam Irak dan Suriah atau "Islamic State of Irac and Syria (ISIS)", yang ditangkap di Kabupaten Alor, NTT pekan lalu.

Gunung Sinabung Sumut Terus Keluarkan Awan Panas

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, masih terus mengeluarkan awan panas dengan intensitas yang relatif sangat tinggi.

Peserta Pilkada Kuantan Singingi Lolos Tes Kesehatan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, menyatakan semua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang terdaftar lolos tes kesehatan.

Persaingan Pilkada Purbalingga Sangat Ketat

Pengamat politik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Ahmad Sabiq memperkirakan persaingan dalam Pemilihan Kepala Daerah Purbalingga akan berlangsung sangat ketat.