Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Klarifikasi Jumlah Pemilih Calon Gubernur SUMSEL

komisi pemilihan umum sumatera selatan, mengklarifikasi jumlah pemilih calon gubernur, anisatul mardiah

Posted on 29 Apr 2013. Hits : 311

Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan akan mengklarifikasi jumlah pemilih calon gubernur yang telah ditetapkan beberapa hari lalu, asalkan ada bukti data yang mereka terima tidak valid.

"Jumlah pemilih ditetapkan itu bisa saja berubah asalkan nanti ada bukti bahwa data yang kita terima tidak valid," kata Ketua KPU Sumsel Anisatul Mardiah di Palembang, Senin.

Sebagaimana diketahui jumlah pemilih yang ditetapkan KPU beberapa waktu lalu sebanyak 5.820.453 orang.

Menurut dia, jumlah pemilih calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel pada Pilkada mendatang akan diganti sesuai dengan data fakta di lapangan.

Ia mengatakan, pihaknya berjanji akan mengklarifikasi beberapa data yang dipermasalahkan Badan Pengawas Pemilu Sumsel.

Jumlah pemilih masih dapat dirubah sampai seminggu sebelum Pilkada, jadi masih panjang rentan waktunya. Insyaallah dalam waktu dekat klarifikasinya, karena masalah jumlah pemilih legislatif juga sedang berjalan, tuturnya.

Selisih jumlah pemilih pada pemilihan gubernur Sumsel yang dipermasalahkan Bawaslu itu masih bisa tercover dengan kertas suara yang 2,5 persen, jadi tidak perlu khawatir.

"Selain itu, tidak mungkin pemilih datang 100 persen ke tempat pemungutan suara, walaupun kita berharap begitu," katanya.

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu Sumsel mengajukan keberatan dengan jumlah pemilih tetap yang ditetapkan KPU provinsi setempat untuk pemilihan kepala daerah 6 Juni 2013.

Anggota Bawaslu Sumsel Kurniawan menyatakan, KPU menetapkan jumlah pemilih tetap untuk pilkada gubernur-wakil gubernur sebanyak 5.820.453 orang, sementara hasil pengawasan di beberapa kabupaten dan kota terdapat selisih jumlahnya.

Selisih jumlah pemilih tetap itu seperti di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Kota Pagaralam, Empat Lawang, Musi Banyuasin dan Kota Palembang.(ant/rd)

Polda Lampung Dorong Pemberdayaan Perajin Senpi

Polda Lampung mendorong pemerintah daerah setempat untuk memberdayakan para perajin senjata api rakitan di Lampung, menyusul maraknya peredaran senpi ilegal di wilayah tersebut.

Balai Sungai Agendakan Pembangunan Waduk Di Merauke

Manajemen Balai Sungai Wilayah Papuamengagendakan pembangunan dua waduk di Kabupaten Merauke untuk mengatasi masalah pengairan lahan pertanian di daerah tersebut saat musim kemarau.

Warga Aceh Selatan Keberatan Tanahnya Dibangun sekolah

Sejumlah warga merasa keberatan keberadaan gedung SMPN-4 Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan, karena pihak Dinas Pendidikan setempat membangun sekolah tersebut di tanah mereka, tanpa memberitahukan sebelumnya.

Ekspor Sawit Bengkulu Turun 79,16 Persen

Badan Pusat Satistik Provinsi Bengkulu mengungkapkan ekspor komoditas sawit provinsi itu mengalami penurunan pada Juli, tercatat turun sampai 79,16 persen.

Tambang Gunung Botak Segera Ditutup

Gubernur Maluku menegaskan, areal penambangan emas ilegal di kawasan Gunung Botak, Kecamatan Wamsaid, kabupaten Pulau Buru akan segera ditutup.