Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU 'Goes To School' Jaring Pemilih Pemula

kpu, malang, program goes to school, karing pemilih pemula

Posted on 20 Nov 2013. Hits : 228

Komisi Pemilihan Umum Kota Malang, Jawa Timur, menggelar program 'goses to school' untuk menjaring pemilih pemula yang jumlahnya cukup besar di daerah itu.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Zainudin, Rabu, mengatakan potensi pemilih pemula di kota pendidikan itu cukup besar, diperkirakan mencapai 25 sampai 30 persen dari jumlah pemilih yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) sekitar 607.875 jiwa.

'Sosialisasi di sekolah-sekolah, khususnya jenjang SMA ini sangat penting karena pelajar merupakan pemilih pemula,' kata Zainudin yang membidangi Divisi SDM, Organisasi dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Malang.

Menurut dia, materi sosialisasi pada pelajar tersebut, selain hal-hal yang berkaitan dengan teknis pemilihan, KPU juga mengajak siswa untuk menyalurkan aspirasi politiknya berdasarkan hati nurani, bukan karena iming-iming sesuatu atau imbalan tertentu dari para calon legislatif (caleg).

Sosialisasi yang dikemas dalam program goes to school itu tidak hanya dilaksanakan di sekolah-sekolah yang berstatus negeri, tapi juga swasta.

Selain menyasar para pemilih pemula di sekolah-sekolah, lanjutnya, dalam waktu dekat ini jug a mulai menggarap pemilih perempuan yang jumlahnya lebih banyak dari kaum laki-laki. Perempuan yang sudah masuk DPT pemilihan legislatif 2014 mencapai 309.888 jiwa, sedangkan laki-laki h anya sebanyak 297.987 jiwa.

Ia mengakui sosialisasi pemilihan legislatif yang digelar pada April 2014 itu tidak dilakukan sendirian, tapi juga menggandeng relawan demokrasi yang telah dibentuk beberapa waktu lalu dan sudah dibekali berbagai materi terkait pemilu legislatif.

Tugas relawan demokrasi yang berjumlah 25 orang itu adalah sebagai penghubung sekaligus yang menyiapkan segala sesuatu ketika KPU akan menggelar sosialisasi di lingkungan masyarakat, bahkan menjadi petugas sosialisasi partisipasi pemilih bagi masyarakat di sekitarnya.

'Berbagai elemen akan kita sasar untuk sosialisasi ini, yakni elemen perempuan, pemilih pemula, keagamaan, disabelitas, dan warga di daerah pinggiran. Semua kegiatan sosialisasi akan melibatkan relawan demokrasi,' katanya, menambahkan.(ant/rd)

Wall Street Hentikan Penurunan Empat Hari Beruntun

Saham-saham di Wall Street berakhir naik pada Jumat (Sabtu pagi WIB), menghentikan kerugian empat hari beruntun, karena para pedagang mengabaikan pertumbuhan ekonomi AS yang lebih lemah dari perkiraan untuk kuartal keempat.

Harga Minyak Jatuh Karena Kekhawatiran Krisis Yaman Berkurang

Harga minyak dunia merosot pada Jumat (Sabtu pagi WIB), memberikan kembali beberapa keuntungan dari lonjakan dua hari, karena pedagang terus mengawasi serangan udara yang dipimpin Arab Saudi terhadap pemberontak Syiah di Yaman.

Kemacetan Landa Jakarta Tiap Jumat

Kemacetan sudah bukan barang aneh di Jakarta tetapi uniknya kemacetan kadang berlaku di jalur tertentu saja, sementara jalur lain jauh lebih lengang.

Artotel Jakarta Dukung Kegiatan Earth Hour

Manajemen Artotel Jakarta mendukung sepenuhnya terselenggaranya kampanye global Earth Hour dengan pemadaman listrik selama 1 jam yang akan diberlakukan pada Sabtu (28/3) mulai pukul 20.

Stasiun Koningsplein, Nama Gambir Dulu Kala

Stasiun Gambiradalahstasiun kereta apiterbesar diDaerah Khusus Ibukota Jakarta,Indonesiadan terletak diGambir, Gambir, Jakarta Pusat.