Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU DIY Uji Kelayakan KPU Kabupaten Bertahap

kpu diy, kpu kabupaten, bertahap

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 342

Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 besar calon anggota Komisi Pemilihan Umum di lima kabupaten/kota di provinsi ini bertahap.

"Nanti "fit and proper test" akan dilakukan berurutan di lima kabupaten/kota. Untuk saat ini masih melakukan persiapan materi," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Farid Bambang Siswantoro di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Farid proses uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 besar calon komisioner KPU sesuai rencana akan dimulai dari Kota Yogyakarta 8 Oktober, Kabupaten Bantul 9 Oktober, Kabupaten Kulon Progo 10 Oktober, Gunung Kidul 11 Oktober, dan Sleman 12 Oktober 2013.

KPU DIY akan memilih lima nama terbaik dari 10 besar hasil tahapan seleksi sebelumnya yang dilakukan oleh tim seleksi (Timsel), kata dia.

Menurut dia, materi mendasar yang akan menjadi penekanan dalam proses seleksi adalah mengenai independensi, etika selain juga mengenai kompetensi.

"Tapi yang penting kami ingin memperoleh orang yang tepat di tempat yang benar," kata dia.

Keberpihakan, kata dia, merupakan hal pokok yang harus dihindari oleh komisioner KPU. hal itu perlu diantisipasi seiring banyaknya anggota KPU yang dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) disebabkan faktor keberpihakan.

"Pak Jimly Assidiqqie (Ketua DKPP) telah memecat 95 anggota KPU, dimana sebagian besar karena independensi. Hal semacam itu tidak boleh terjadi lagi khususnya di DIY," kata dia.

Sementara itu, kata dia, KPU DIY akan menargetkan proses seleksi di lima kabupaten/kota akan selesai sebelum 24 Oktober 2013 yang juga merupakan batas akhir masa bakti komisioner KPU periode 2009-2013.(ris/ant)

PSG Pastikan Tidak Rekrut Pemain Baru Lagi

Paris St Germain (PSG) tidak akan merekrut pemain-pemain baru lagi sebelum akhir bursa transfer sambil tetap membuka pintu keluar terbuka bagi Ezequiel Lavezzi, demikian dikatakan presiden klub Nasser Al-Khelaifi pada Jumat.

Konsumen Diminta Hati-hati Pilih Apotek 'Online'

Konsumen diharapkan berhati-hati dalam memilih apotek 'online', karena ditengarai banyak yang abal-abal, kata Direktur Obat24.

Lapangan Handil Total Hasilkan 15.000 BOPD Minyak

Lapangan Handil kawasan Blok Mahakam yang dikelola oleh Total E&P Indonesie saat ini masih memproduksi minyak dan kondensat sebesar 15.

Dirjen : Negara Lain Juga Alami Permasalahan Visa

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Abdul Djamil, mengatakan negara lain juga mengalami permasalahan visa haji yang menyebabkan jamaahnya tertunda berangkat ke Tanah Suci.

Kecamatan Sewon Tidak Menerima Izin Pembangunan Perumahan

Pemerintah Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak menerima permohonan izin pembangunan perumahan di wilayah setempat sejak ada moratorium perumahan oleh pemerintah daerah pada akhir Mei 2015.