Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU DIY Uji Kelayakan KPU Kabupaten Bertahap

kpu diy, kpu kabupaten, bertahap

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 330

Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 besar calon anggota Komisi Pemilihan Umum di lima kabupaten/kota di provinsi ini bertahap.

"Nanti "fit and proper test" akan dilakukan berurutan di lima kabupaten/kota. Untuk saat ini masih melakukan persiapan materi," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Farid Bambang Siswantoro di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Farid proses uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 besar calon komisioner KPU sesuai rencana akan dimulai dari Kota Yogyakarta 8 Oktober, Kabupaten Bantul 9 Oktober, Kabupaten Kulon Progo 10 Oktober, Gunung Kidul 11 Oktober, dan Sleman 12 Oktober 2013.

KPU DIY akan memilih lima nama terbaik dari 10 besar hasil tahapan seleksi sebelumnya yang dilakukan oleh tim seleksi (Timsel), kata dia.

Menurut dia, materi mendasar yang akan menjadi penekanan dalam proses seleksi adalah mengenai independensi, etika selain juga mengenai kompetensi.

"Tapi yang penting kami ingin memperoleh orang yang tepat di tempat yang benar," kata dia.

Keberpihakan, kata dia, merupakan hal pokok yang harus dihindari oleh komisioner KPU. hal itu perlu diantisipasi seiring banyaknya anggota KPU yang dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) disebabkan faktor keberpihakan.

"Pak Jimly Assidiqqie (Ketua DKPP) telah memecat 95 anggota KPU, dimana sebagian besar karena independensi. Hal semacam itu tidak boleh terjadi lagi khususnya di DIY," kata dia.

Sementara itu, kata dia, KPU DIY akan menargetkan proses seleksi di lima kabupaten/kota akan selesai sebelum 24 Oktober 2013 yang juga merupakan batas akhir masa bakti komisioner KPU periode 2009-2013.(ris/ant)

Wabup Bogor Ajak Warga Dukung Presiden Baru

Wakil Bupati Bogor Nurhayanti mengajak warganya mendukung presiden yang baru sebagai pemimpin menuju bangsa maju, kuat, dan berdaya saing tinggi.

Jokowi Lebaran Perpisahan Di Balaikota

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) merayakan Idul Fitri 1435 Hijriah bersama dengan keluarga besar pegawai Pemerintah Provinsi DKI dan DPRD setempat sebelum dilantik sebagai Presiden RI pada 20 Oktober mendatang.

Trans Kalimantan Poros Selatan Masih Ramai Pemudik

Arus mudik di ruas jalan Trans Kalimantan Poros Selatan, khususnya yang melintasi Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, hingga hari raya ini masih terlihat ramai.

Jusuf Kalla Minta Masyarakat Jaga Kedamaian

Calon wakil presiden terpilih sesuai rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jusuf Kalla meminta masyarakat Indonesia untuk menjaga kedamaian dalam merayakan Idul Fitri 1435 H.

Zoelva: Partisipasi Umat Islam Belum Selesai Pascapemilu

Partisipasi umat Islam belum selesai pasca-Pemilihan Umum Presiden 9 Juli 2014, kata Prof Dr Hamdan Zoelva dalam khutbahnya usai Shalat Idul Fitri 1435 H di Lapangan Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan, Senin.