Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU DIY Uji Kelayakan KPU Kabupaten Bertahap

kpu diy, kpu kabupaten, bertahap

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 342

Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 besar calon anggota Komisi Pemilihan Umum di lima kabupaten/kota di provinsi ini bertahap.

"Nanti "fit and proper test" akan dilakukan berurutan di lima kabupaten/kota. Untuk saat ini masih melakukan persiapan materi," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Farid Bambang Siswantoro di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Farid proses uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 besar calon komisioner KPU sesuai rencana akan dimulai dari Kota Yogyakarta 8 Oktober, Kabupaten Bantul 9 Oktober, Kabupaten Kulon Progo 10 Oktober, Gunung Kidul 11 Oktober, dan Sleman 12 Oktober 2013.

KPU DIY akan memilih lima nama terbaik dari 10 besar hasil tahapan seleksi sebelumnya yang dilakukan oleh tim seleksi (Timsel), kata dia.

Menurut dia, materi mendasar yang akan menjadi penekanan dalam proses seleksi adalah mengenai independensi, etika selain juga mengenai kompetensi.

"Tapi yang penting kami ingin memperoleh orang yang tepat di tempat yang benar," kata dia.

Keberpihakan, kata dia, merupakan hal pokok yang harus dihindari oleh komisioner KPU. hal itu perlu diantisipasi seiring banyaknya anggota KPU yang dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) disebabkan faktor keberpihakan.

"Pak Jimly Assidiqqie (Ketua DKPP) telah memecat 95 anggota KPU, dimana sebagian besar karena independensi. Hal semacam itu tidak boleh terjadi lagi khususnya di DIY," kata dia.

Sementara itu, kata dia, KPU DIY akan menargetkan proses seleksi di lima kabupaten/kota akan selesai sebelum 24 Oktober 2013 yang juga merupakan batas akhir masa bakti komisioner KPU periode 2009-2013.(ris/ant)

Aceh Kembangkan Perpustakaan Penjara

Pemerintah Aceh melalui Badan Arsip dan Perpustakaan menggandeng lembaga permasyarakatan dan rumah tahanan untuk mengembangkan perpustakaan di penjara.

Komisi V DPRD Jabar Gelar Tes Urine

Komisi V DPRD Jawa Barat menggelar tes urine bagi 20 orang yang terdiri atas pimpinan dan anggotanya di Gedung DPRD Jawa Barat, Kota Bandung, Senin, sebagai upaya penanggulangan terhadap bahaya narkotika.

Disnakeswan Temukan Kasus Rabies di 155 Desa

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali hingga saat ini sudah menemukan kasus anjing positif rabies pada 155 desa di Pulau Dewata.

Aktivis Lingkungan Wujudkan Wisata Bandar Bakau

Seorang aktivis lingkungan di Kota Dumai, Riau, Darwis Saleh, berhasil mewujudkan suatu objek wisata alam bandar bakau di tepi pantai berkat perjuangan bersama yang keras dan gigih selama hampir 10 tahun.

324 Puskesmas Siaga di Jalur Mudik Jabar

Dinas Kesehatan Jawa Barat menyiagakan sebanyak 324 puskesmas selama 24 jam di sepanjang jalur/balik mudik Lebaran 2015/1436 Hijriah di wilayah ini sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan bagi pemudik.