Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU DIY Uji Kelayakan KPU Kabupaten Bertahap

kpu diy, kpu kabupaten, bertahap

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 342

Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 besar calon anggota Komisi Pemilihan Umum di lima kabupaten/kota di provinsi ini bertahap.

"Nanti "fit and proper test" akan dilakukan berurutan di lima kabupaten/kota. Untuk saat ini masih melakukan persiapan materi," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Farid Bambang Siswantoro di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Farid proses uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 besar calon komisioner KPU sesuai rencana akan dimulai dari Kota Yogyakarta 8 Oktober, Kabupaten Bantul 9 Oktober, Kabupaten Kulon Progo 10 Oktober, Gunung Kidul 11 Oktober, dan Sleman 12 Oktober 2013.

KPU DIY akan memilih lima nama terbaik dari 10 besar hasil tahapan seleksi sebelumnya yang dilakukan oleh tim seleksi (Timsel), kata dia.

Menurut dia, materi mendasar yang akan menjadi penekanan dalam proses seleksi adalah mengenai independensi, etika selain juga mengenai kompetensi.

"Tapi yang penting kami ingin memperoleh orang yang tepat di tempat yang benar," kata dia.

Keberpihakan, kata dia, merupakan hal pokok yang harus dihindari oleh komisioner KPU. hal itu perlu diantisipasi seiring banyaknya anggota KPU yang dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) disebabkan faktor keberpihakan.

"Pak Jimly Assidiqqie (Ketua DKPP) telah memecat 95 anggota KPU, dimana sebagian besar karena independensi. Hal semacam itu tidak boleh terjadi lagi khususnya di DIY," kata dia.

Sementara itu, kata dia, KPU DIY akan menargetkan proses seleksi di lima kabupaten/kota akan selesai sebelum 24 Oktober 2013 yang juga merupakan batas akhir masa bakti komisioner KPU periode 2009-2013.(ris/ant)

Indonesia-Angola Kerja Sama Energi

Indonesia dan Angola menandatangani kerja sama bidang energi sehingga kedua negara sepakat meningkatkan kerja sama perdagangan dan pembangunan kilang migas bersama dengan dasar saling menguntungkan.

Laos Tuan Rumah Pertemuan Lingkungan ASEAN

Pertemuan Informal Kementerian Lingkungan ASEAN ke-15 (15th IAMME) resmi dibuka di ibu kota Laos, Vientiane, Kamis.

PBB Usul Zona Beku Untuk Pertempuran Suriah

Utusan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Staffan de Misture menyampaikan "rencana aksi" untuk Suriah pada Kamis dengan meminta agar pertempuran dibekukan di daerah-daerah setempat guna memberikan akses bagi pengiriman bantuan serta menciptakan dasar bagi perundingan.

Sanksi-sanksi Terhadap Fiji Dicabut

Amerika Serikat dan Australia Jumat mengatakan mereka mencabut sanksi-sanksi terhadap Fiji setelah pemilu di negara pulau Pasifik itu bulan lalu yang mengakhiri delapan tahun kekuasaan militer.

Jakbar Keruk Tujuh Sungai

Suku Dinas (Sudin) Pekerjaan Umum Tata Air Kota Administrasi Jakarta Barat telah mengeruk tujuh sungai di wilayah tersebut pada September 2014 untuk mengantisipasi banjir saat memasuki musim hujan.