Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU DIY Uji Kelayakan KPU Kabupaten Bertahap

kpu diy, kpu kabupaten, bertahap

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 342

Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 besar calon anggota Komisi Pemilihan Umum di lima kabupaten/kota di provinsi ini bertahap.

"Nanti "fit and proper test" akan dilakukan berurutan di lima kabupaten/kota. Untuk saat ini masih melakukan persiapan materi," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Farid Bambang Siswantoro di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Farid proses uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 besar calon komisioner KPU sesuai rencana akan dimulai dari Kota Yogyakarta 8 Oktober, Kabupaten Bantul 9 Oktober, Kabupaten Kulon Progo 10 Oktober, Gunung Kidul 11 Oktober, dan Sleman 12 Oktober 2013.

KPU DIY akan memilih lima nama terbaik dari 10 besar hasil tahapan seleksi sebelumnya yang dilakukan oleh tim seleksi (Timsel), kata dia.

Menurut dia, materi mendasar yang akan menjadi penekanan dalam proses seleksi adalah mengenai independensi, etika selain juga mengenai kompetensi.

"Tapi yang penting kami ingin memperoleh orang yang tepat di tempat yang benar," kata dia.

Keberpihakan, kata dia, merupakan hal pokok yang harus dihindari oleh komisioner KPU. hal itu perlu diantisipasi seiring banyaknya anggota KPU yang dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) disebabkan faktor keberpihakan.

"Pak Jimly Assidiqqie (Ketua DKPP) telah memecat 95 anggota KPU, dimana sebagian besar karena independensi. Hal semacam itu tidak boleh terjadi lagi khususnya di DIY," kata dia.

Sementara itu, kata dia, KPU DIY akan menargetkan proses seleksi di lima kabupaten/kota akan selesai sebelum 24 Oktober 2013 yang juga merupakan batas akhir masa bakti komisioner KPU periode 2009-2013.(ris/ant)

TPID : Laju Inflasi Agustus Sumbar 1,72 Persen

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mencatat laju inflasi pada Agustus 2014 sebesar 1,72% (month to month) dengan laju inflasi tahunan sebesar 5,44% (year on year).

Harimau Putih Tewaskan Anak Sekolah Di Kebun Binatang New Delhi

Seekor harimau putih menerkam seorang anak sekolah dan menewaskannya di kebun binatang New Delhi pada Selasa, kata petugas dan saksi mata.

Bupati Jayapura : Rakyat Dan Tni Semakin Bersinergi

Bupati Jayapura Papua Mathius Awoitauw mengatakan, kerelaan masyarakat adat Papua dan Suku Ohee menghibahkan tanah seluas 10.

Pelabuhan Batuampar Batam Dilengkapi Dua 'Crane' Canggih

Pelabuhan Bongkar Muat Batuampar di Kawasan Perdagangan Bebas Batam, Kepulauan Riau, akan dilengkapi dengan dua 'crane' canggih dengan rel seperti fasilitas standar pelabuhan kargo Singapura.

BaKTI Fokus Penguatan Kapasitas Perempuan Di Parlemen

Direktur Eksekutif Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) Caroline Tumapahu mengatakan, pihaknya akan fokus pada penguatan kapasitas perempuan yang duduk di kursi parlemen dan mengembangkan unit bisnis mandiri BaKTI.