Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU DIY Uji Kelayakan KPU Kabupaten Bertahap

kpu diy, kpu kabupaten, bertahap

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 342

Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 besar calon anggota Komisi Pemilihan Umum di lima kabupaten/kota di provinsi ini bertahap.

"Nanti "fit and proper test" akan dilakukan berurutan di lima kabupaten/kota. Untuk saat ini masih melakukan persiapan materi," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Farid Bambang Siswantoro di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Farid proses uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 besar calon komisioner KPU sesuai rencana akan dimulai dari Kota Yogyakarta 8 Oktober, Kabupaten Bantul 9 Oktober, Kabupaten Kulon Progo 10 Oktober, Gunung Kidul 11 Oktober, dan Sleman 12 Oktober 2013.

KPU DIY akan memilih lima nama terbaik dari 10 besar hasil tahapan seleksi sebelumnya yang dilakukan oleh tim seleksi (Timsel), kata dia.

Menurut dia, materi mendasar yang akan menjadi penekanan dalam proses seleksi adalah mengenai independensi, etika selain juga mengenai kompetensi.

"Tapi yang penting kami ingin memperoleh orang yang tepat di tempat yang benar," kata dia.

Keberpihakan, kata dia, merupakan hal pokok yang harus dihindari oleh komisioner KPU. hal itu perlu diantisipasi seiring banyaknya anggota KPU yang dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) disebabkan faktor keberpihakan.

"Pak Jimly Assidiqqie (Ketua DKPP) telah memecat 95 anggota KPU, dimana sebagian besar karena independensi. Hal semacam itu tidak boleh terjadi lagi khususnya di DIY," kata dia.

Sementara itu, kata dia, KPU DIY akan menargetkan proses seleksi di lima kabupaten/kota akan selesai sebelum 24 Oktober 2013 yang juga merupakan batas akhir masa bakti komisioner KPU periode 2009-2013.(ris/ant)

Bank Mandiri Hibahkan Ambulans ke RS Bantul

Perseroan Terbatas Bank Mandiri Area Yogyakarta menghibahkan satu unit ambulans senilai Rp210 juta kepada Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk mendukung sarana kesehatan bagi masyarakat.

Petani Kopi Desak Pembangunan Jalan Usaha Tani

Para petani kopi di delapan desa di Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang, Bengkulu mendesak pemerintah membangun jalan usaha tani sehingga biaya produksi pertanian dapat ditekan.

Perkembangan Teknologi Membawa Kemajuan Pembangunan Kamar Mandi

Perkembangan teknologi pada produk kamar mandi atau toilet saat ini semakin pesat seiring pembangunan perumahan, vila maupun hotel-hotel berbintang.

Kadin: IFEX Bangun Kekuatan Mebel Jateng

Kamar Dagang dan Industri Jawa Tengah menilai pelaksanaan "Indonesia International Furniture Expo" 2015 dapat membangun kekuatan sektor mebel di provinsi ini.

Korban Meninggal Kebakaran Tanah Abang Bertambah

Korban yang meninggal dunia akibat kebakaran di Kelurahan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat bertambah setelah dilakukan pembersihan puing bangunan oleh masyarakat setempat.