Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU DIY Uji Kelayakan KPU Kabupaten Bertahap

kpu diy, kpu kabupaten, bertahap

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 342

Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 besar calon anggota Komisi Pemilihan Umum di lima kabupaten/kota di provinsi ini bertahap.

"Nanti "fit and proper test" akan dilakukan berurutan di lima kabupaten/kota. Untuk saat ini masih melakukan persiapan materi," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Farid Bambang Siswantoro di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Farid proses uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 besar calon komisioner KPU sesuai rencana akan dimulai dari Kota Yogyakarta 8 Oktober, Kabupaten Bantul 9 Oktober, Kabupaten Kulon Progo 10 Oktober, Gunung Kidul 11 Oktober, dan Sleman 12 Oktober 2013.

KPU DIY akan memilih lima nama terbaik dari 10 besar hasil tahapan seleksi sebelumnya yang dilakukan oleh tim seleksi (Timsel), kata dia.

Menurut dia, materi mendasar yang akan menjadi penekanan dalam proses seleksi adalah mengenai independensi, etika selain juga mengenai kompetensi.

"Tapi yang penting kami ingin memperoleh orang yang tepat di tempat yang benar," kata dia.

Keberpihakan, kata dia, merupakan hal pokok yang harus dihindari oleh komisioner KPU. hal itu perlu diantisipasi seiring banyaknya anggota KPU yang dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) disebabkan faktor keberpihakan.

"Pak Jimly Assidiqqie (Ketua DKPP) telah memecat 95 anggota KPU, dimana sebagian besar karena independensi. Hal semacam itu tidak boleh terjadi lagi khususnya di DIY," kata dia.

Sementara itu, kata dia, KPU DIY akan menargetkan proses seleksi di lima kabupaten/kota akan selesai sebelum 24 Oktober 2013 yang juga merupakan batas akhir masa bakti komisioner KPU periode 2009-2013.(ris/ant)

Legislator Kaltim Dukung Perda Kawasan Tanpa Rokok

Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur Andika Hasan memberikan apresiasi dan mendukung rencana DPRD Kota Samarinda menerbitkan Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok di wilayah ibukota provinsi tersebut.

Belum Ada Warga Sulut Terinfeksi Virus Zika

Pejabat RSUP Prof RD Kandou Manado menyatakan hingga pekan pertama Februari tahun ini, belum ada wargaSulawesi Utara (Sulut) yang terinfeksi virus zika dan harus dirawat di rumah sakit.

SDN Pejuang Bertekad Pertahankan Predikat Sekolah Adiwiyata

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pejuang VII Kota Bekasi, Jawa Barat, bertekad akan mempertahankan predikat sebagai sekolah Adiwiyata yang berwawasan lingkungan sehat pada 2016.

Wali Kota Metro Kunjungi Bocah Sakit Jantung

Penjabat Wali Kota Metro Achmad Chrisna Putra mengunjungi Rendi Irawan (6), bocah penderita jantung bocor di Jalan Merica Kelurahan Iringmulyo Kecamatan Metro Timur.

Kekurangan PNS Pemkot Sukabumi Rekrut Tenaga Sukarela

Pemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat mengangkat tenaga kerja sukarela untuk mengisi kekurangan pegawai di sejumlah organisasi perangkat daerah.