Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU DIY Uji Kelayakan KPU Kabupaten Bertahap

kpu diy, kpu kabupaten, bertahap

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 342

Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 besar calon anggota Komisi Pemilihan Umum di lima kabupaten/kota di provinsi ini bertahap.

"Nanti "fit and proper test" akan dilakukan berurutan di lima kabupaten/kota. Untuk saat ini masih melakukan persiapan materi," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Farid Bambang Siswantoro di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Farid proses uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 besar calon komisioner KPU sesuai rencana akan dimulai dari Kota Yogyakarta 8 Oktober, Kabupaten Bantul 9 Oktober, Kabupaten Kulon Progo 10 Oktober, Gunung Kidul 11 Oktober, dan Sleman 12 Oktober 2013.

KPU DIY akan memilih lima nama terbaik dari 10 besar hasil tahapan seleksi sebelumnya yang dilakukan oleh tim seleksi (Timsel), kata dia.

Menurut dia, materi mendasar yang akan menjadi penekanan dalam proses seleksi adalah mengenai independensi, etika selain juga mengenai kompetensi.

"Tapi yang penting kami ingin memperoleh orang yang tepat di tempat yang benar," kata dia.

Keberpihakan, kata dia, merupakan hal pokok yang harus dihindari oleh komisioner KPU. hal itu perlu diantisipasi seiring banyaknya anggota KPU yang dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) disebabkan faktor keberpihakan.

"Pak Jimly Assidiqqie (Ketua DKPP) telah memecat 95 anggota KPU, dimana sebagian besar karena independensi. Hal semacam itu tidak boleh terjadi lagi khususnya di DIY," kata dia.

Sementara itu, kata dia, KPU DIY akan menargetkan proses seleksi di lima kabupaten/kota akan selesai sebelum 24 Oktober 2013 yang juga merupakan batas akhir masa bakti komisioner KPU periode 2009-2013.(ris/ant)

Kadis PU Kalteng Serahkan Pohon ke Kampung Asri

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Tengah Leonard S Ampung menyerah ratusan pohon dan tong sampah sebagai upaya mewujudkan percontohan kampung asri yang digagas Betang Jurnalis Bahijau.

BUMN Kembangkan Kawasan Terpadu

Pemerintah siap mengembangkan kawasan industri terpadu di Lampung yang direalisasikan dengan mengoptimalisasi aset BUMN.

Bengkalis Bakal Dijadikan Kota Pendidikan

Pemerintahan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, berkomitmen menjadikan kabupaten berjuluk "Negeri Junjungan" tersebut sebagai pusat pendidikan nasional di kawasan Sumatera, "Bengkalis merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Riau yang saat ini memiliki tiga perguruan tinggi negeri, bahkan jumlah lebih banyak dari jumlah PTN yang ada di Ibu Kota Provinsi Riau," kata Bupati Bengkalis, Herlian Saleh, Minggu.

Semarang Ajukan Raperda

Pemerintah Kota Semarang mengajukan tiga rancangan peraturan daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat untuk mengoptimalkan pendapatan daerah.

Harga Karet Mulai Menguat

Harga karet di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan sejak beberapa hari terakhir mulai merangkak naik dari Rp4.