Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU DIY Uji Kelayakan KPU Kabupaten Bertahap

kpu diy, kpu kabupaten, bertahap

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 342

Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 besar calon anggota Komisi Pemilihan Umum di lima kabupaten/kota di provinsi ini bertahap.

"Nanti "fit and proper test" akan dilakukan berurutan di lima kabupaten/kota. Untuk saat ini masih melakukan persiapan materi," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Farid Bambang Siswantoro di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Farid proses uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 besar calon komisioner KPU sesuai rencana akan dimulai dari Kota Yogyakarta 8 Oktober, Kabupaten Bantul 9 Oktober, Kabupaten Kulon Progo 10 Oktober, Gunung Kidul 11 Oktober, dan Sleman 12 Oktober 2013.

KPU DIY akan memilih lima nama terbaik dari 10 besar hasil tahapan seleksi sebelumnya yang dilakukan oleh tim seleksi (Timsel), kata dia.

Menurut dia, materi mendasar yang akan menjadi penekanan dalam proses seleksi adalah mengenai independensi, etika selain juga mengenai kompetensi.

"Tapi yang penting kami ingin memperoleh orang yang tepat di tempat yang benar," kata dia.

Keberpihakan, kata dia, merupakan hal pokok yang harus dihindari oleh komisioner KPU. hal itu perlu diantisipasi seiring banyaknya anggota KPU yang dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) disebabkan faktor keberpihakan.

"Pak Jimly Assidiqqie (Ketua DKPP) telah memecat 95 anggota KPU, dimana sebagian besar karena independensi. Hal semacam itu tidak boleh terjadi lagi khususnya di DIY," kata dia.

Sementara itu, kata dia, KPU DIY akan menargetkan proses seleksi di lima kabupaten/kota akan selesai sebelum 24 Oktober 2013 yang juga merupakan batas akhir masa bakti komisioner KPU periode 2009-2013.(ris/ant)

Setoran Awal Haji Nasional Rp76 Triliun

Kementerian Agama sudah mengumpulkan Rp76 triliun dana setoran awal dari jamaah calon haji se-Indonesia untuk membiayai persiapan hingga pelaksanaan ibadah Rukun Islam kelima.

Tender Progam Pembangunan Penting Dipercepat

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pelaksanaan proses tender beragam program pembangunan yang bermanfaat bagi rakyat banyak penting untuk dipercepat sehingga mengatasi kendala lambatnya penyerapan anggaran di berbagai daerah.

BUMN Diminta Kembangkan Tenun Sultra

Anggota DPR RI, Tina Nur Alam, meminta badan usaha milik negara (BUMN) di Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk ikut mengembangkan tenun lokal Sultra.

Blok Afrika Timur Kutuk Serangan Teror di Somalia

Satu blok Afrika Timur pada Ahad (26/7) mengutuk serangan terhadap Hotel Jazeera di Mogadishu sehingga menewaskan 15 orang, termasuk seorang staf Kedutaan Besar Tiongkok, dan melukai lebih dari 40 orang lagi.

Menteri ESDM : Inggris Tertarik Investasi Listrik

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan Inggris berminat untuk berinvestasi bidang ketenagalistrikan Indonesia.