Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU DIY Uji Kelayakan KPU Kabupaten Bertahap

kpu diy, kpu kabupaten, bertahap

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 342

Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 besar calon anggota Komisi Pemilihan Umum di lima kabupaten/kota di provinsi ini bertahap.

"Nanti "fit and proper test" akan dilakukan berurutan di lima kabupaten/kota. Untuk saat ini masih melakukan persiapan materi," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Farid Bambang Siswantoro di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Farid proses uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 besar calon komisioner KPU sesuai rencana akan dimulai dari Kota Yogyakarta 8 Oktober, Kabupaten Bantul 9 Oktober, Kabupaten Kulon Progo 10 Oktober, Gunung Kidul 11 Oktober, dan Sleman 12 Oktober 2013.

KPU DIY akan memilih lima nama terbaik dari 10 besar hasil tahapan seleksi sebelumnya yang dilakukan oleh tim seleksi (Timsel), kata dia.

Menurut dia, materi mendasar yang akan menjadi penekanan dalam proses seleksi adalah mengenai independensi, etika selain juga mengenai kompetensi.

"Tapi yang penting kami ingin memperoleh orang yang tepat di tempat yang benar," kata dia.

Keberpihakan, kata dia, merupakan hal pokok yang harus dihindari oleh komisioner KPU. hal itu perlu diantisipasi seiring banyaknya anggota KPU yang dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) disebabkan faktor keberpihakan.

"Pak Jimly Assidiqqie (Ketua DKPP) telah memecat 95 anggota KPU, dimana sebagian besar karena independensi. Hal semacam itu tidak boleh terjadi lagi khususnya di DIY," kata dia.

Sementara itu, kata dia, KPU DIY akan menargetkan proses seleksi di lima kabupaten/kota akan selesai sebelum 24 Oktober 2013 yang juga merupakan batas akhir masa bakti komisioner KPU periode 2009-2013.(ris/ant)

Gempa 5,1 Sr Guncang Pesisir Selatan Sumbar

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5,1 skala Richter di barat daya Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, Minggu, pukul 19.

Balon Wako Dumai Utamakan Program Air Bersih

Seorang Bakal Calon Wali Kota Dumai dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Ikhsan menyatakan akan mengutamakan program pembangunan air bersih jika diberi amanah masyarakat dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Desember 2015.

Morotai Rawan Jadi Pintu Masuk Produk Ilegal

Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), rawan menjadi pintu masuk produk ilegal asal luar negeri ke wilayah Malut, karena kabupaten itu berada di daerah perbatasan dengan Filipina, 'Kapal ikan asal Filipina selama ini sering masuk secara ilegal ke Morotai dan itu tidak tertutup kemungkinan kapal itu membawa berbagai produk ilegal asal Filipina untuk di pasarkan di Morotai,' kata Kepala Balai Pengawasan Obat dan makanan (BPOM) Malut, Abdullah Latukonsina di Ternate, Minggu.

423 PIK Riau Lindungi Remaja Dari Bahaya

Keberadaan sebanyak 423 unit Pusat Informasi Konseling (PIK) remaja di Provinsi Riau diharapkan dapat melindungi generasi muda dari lingkungan yang berbahaya seperti pengaruh narkoba dan penyakit AIDS.

Gubernur Bali Ingatkan Warga Buleleng Jalin Silaturahmi

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengingatkan warga dari Kabupaten Buleleng yang tinggal di perantauan agar senantiasa menjalin silaturahmi dengan semua warga di Pulau Dewata maupun di luar pulau.