Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Distribusikan Surat Suara Pilkada Riau 2013

kpu distribusikan, sura suara, pilkada riau 2013

Posted on 13 Aug 2013. Hits : 206

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau telah mendistribusikan sebanyak lebih empat juta surat suara Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Riau 2013 ke seluruh kabupaten dan kota yang ada di sana.

"Pendistribusian surat suara telah tuntas sejak Minggu (11/8)," kata Kepala Sub-Bagian Umum dan Logistik KPU Dearah Riau, Khoirul Fahmi di Pekanbaru, Selasa.

Selanjutnya kata dia, KPU di seluruh daerah kabupaten dan kota akan melipat surat suara dan menunggu alat kelengkapan pemilihan suara lainnya untuk dikemas dalam kotak suara dan didistribusikan ke tempat pemungutan suara (TPS).

Ia mengatakan, sebanyak tiga kontainer berisikan surat suara sebelumnya pada 5 Agustus 2013 berangkat dari Bandung, Jawa Barat, menuju Riau dengan melewati perjalanan darat.

Ketiga kontainer tersebut kata Khoirul, membawa sekitar 4.100.471 surat suara yang saat ini telah tiba di seluruh kabupaten dan kota di Riau.

Ia mengatakan, surat suara yang dicetak berdasarkan jumlah pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) yakni sebanyak 4.000.459, kemudian ditambah 2,5 persen yaitu sebanyak 100.011.475.

"Penambahan surat suara itu sesuai dengan aturan Pilkada, gunanya adalah untuk mengantisipasi jika ada surat suara yang rusak," ucapnya, menjelaskan.

Khoirul mengemukakan, pengiriman logistik surat suara tersebut sebelumnya dari Pekanbaru dikirim melalui jasa pengiriman Kantor Pos.

Saai ini, kata dia, surat suara sudah diterima oleh sebanyak 12 KPU Daerah kabupaten dan kota se-Riau.

"Pejabat penerima barang dan sekretaris masing-masing KPU sudah menerima langsung dari PT Pos," tuturnya.

Setelah menerima surat suara, demikian Khoirul, petugas di masing-masing KPU akan menyortir surat suara yang rusak dan mengetahui kekurangan surat suara, sehingga penambahan dapat segera dilaksanakan.

Setelah itu, kata dia, kemudian baru melengkapinya dengan berbagai alat kelengkapan yang dibutuhkan seperti tinta, segel, formulir, alat pencoblos, alas pencoblos, sampul, tanda pengenal untuk saksi, Linmas dan KPPS, template untuk pemilih tuna netra, daftar pasangan calon untuk di TPS, pena, spidol dan tali rafia.

"Semuanya harus lengkap agar saat pemilihan nanti, tidak terjadi hal-hal yang berpotensi mengganggu bahkan menggagalkan jalannya pemilihan gubernur," tukasnya.(ris/ant)

PDIP Tanggapi Pernyataan KPU Tak Langgar UU

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menanggapi pernyataan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arif Budiman bahwa Peraturan KPU (PKPU) Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pencalonan Kepala Daerah tidak menyalahi UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang pilkada.

Gubernur Babel Ambil Alih Kebijakan Terkait Kobatin

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi akan mengambil alih kebijakan terkait status PT Kobatin yang masih belum jelas agar permasalahan perusahaan tambang itu dapat terselesaikan dengan baik.

BPBD Bantul Harapkan Bantuan Air BUMN Dikoordinasikan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan jika ada bantuan droping air bersih saat musim kemarau dari badan usaha milik negara dikoordinasikan terlebih dulu.

Hasil Panen Petani Sawit Turun Akibat Kemarau

Pendapatan petani kelapa sawit di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, sebulan terakhir turun drastis karena tandan buah segar yang dipanen selama kemarau berkurang dari biasanya.

Gorontalo Utara Siapkan Pompanisasi Atasi Kekeringan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara menyiapkan bantuan pompanisasi untuk mengatasi kekeringan di beberapa wilayah.