Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Biak Buka Pendaftaran Pemantau PILKADA Independen

komisi pemilihan umum, membuka pendaftaran, pemantau independen, pemilihan kepala daerah

Posted on 22 May 2013. Hits : 308

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua membuka pendaftaran pemantau independen untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) bupati setempat pada 10 September 2013 serta Pemilu legislatif 2014.

Ketua KPU Biak Milliam P.Tiblola di Biak, Rabu mengatakan, untuk menjadi pemantau Pemilu independen syaratnya harus mendaftar ke KPU untuk diberikan akreditasi dan Identitas sehingga bisa melakukan pengawasan di lapangan.

'Meski KPU sudah membuka jadwal pendaftaran pengawas Pemilu dan pengawas Pilkada BupatiBiak Numforhingga Mei 2013 belum satupun kelompok masyarakat mendaftar menjadi pengawas independen,' ucap Ketua KPU Milliam Tiblola.

Ia mengakui, persyaratan lain menjadi pemantau independen harus memiliki sumber dana yang jelas serta berbadan hukum dibuktikan dengan akta notaris bersangkutan.

Ketua KPU Milliam mengakui, perlu ada pemantau independen sehingga proses demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 10 September 2013 serta Pemilu legislatif 9 Aprik 2014 dapat berjalan secara demokratis, langsung, bebas rahasia serta jujur dan adil.

KPU Biak, lanjut Milliam, masih membuka kesempatan bagi setiap organisasi atau kelompok masyarakat untuk mendaftar sebagai pemantau independen untuk proses demokrasi Pilkada Bupati 2013 dan Pemilu 2014.

'Untuk tahapan Pemilukada Bupati Biak sudah memasuki jadwalpendaftaran pasangan calon Bupati 25 Mei hingga 1 Juni 2013melalui gabungan partai politik serta jalur perseorangan yang saat ini hanya diawasi Panitia Pengawas Pemilu setempat,' katanya.

Sedangkan tahapan Pemilu 2014, lanjut Milliam, hingga saat ini telah memasuki proses perbaikan berkas administrasi bakal calon anggota legislatif DPRD Biak Numfor hingga batas waktu 22 Mei 2013.(ant/rd)

Buah Durian Asal Kepahiang Banjiri Kota Curup

Buah durian asal Kabupaten Kepahiang Bengkulu saat ini membanjiri sejumlah pasar di Kota Curup Kabupaten Rejanglebong.

Pemkot Bekasi Siapkan Sanksi PNS Mangkir Pascalebaran

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyatakan, telah mempersiapkan sanksi tegas bagi setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) setempat yang mangkir pada hari pertama kerja pascacuti Lebaran, Senin (4/8).

Pencarian Korban Feri Tenggelam Dihentikan

Pencarian korban tewas feri tenggelam di Sungai Kapuas, Kalimantan Tengah, akibat melebihi muatan (overload) yang terjadi Selasa (29/7) atau H+2 Lebaran sekitar pukul 09.

Penyelenggara Fokus Selesaikan Arena Lintasan Kejuaraan Asia

Panitia penyelenggara mulai fokus menyelesaikan arena lintasan ski air yang akan digunakan pada ajang Makassar Asian Cup di Tanjung Bunga Makassar, 5-7 September 2014.

Malaga Dapatkan Bintang Meksiko Ochoa

Kiper Meksiko Guillermo Ochoa, salah satu pemain yang tampil gemilang pada Piala Dunia di Brazil, telah menyelesaikan proses kepindahannya ke klub Spanyol Malaga.