Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Biak Buka Pendaftaran Pemantau PILKADA Independen

komisi pemilihan umum, membuka pendaftaran, pemantau independen, pemilihan kepala daerah

Posted on 22 May 2013. Hits : 316

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua membuka pendaftaran pemantau independen untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) bupati setempat pada 10 September 2013 serta Pemilu legislatif 2014.

Ketua KPU Biak Milliam P.Tiblola di Biak, Rabu mengatakan, untuk menjadi pemantau Pemilu independen syaratnya harus mendaftar ke KPU untuk diberikan akreditasi dan Identitas sehingga bisa melakukan pengawasan di lapangan.

'Meski KPU sudah membuka jadwal pendaftaran pengawas Pemilu dan pengawas Pilkada BupatiBiak Numforhingga Mei 2013 belum satupun kelompok masyarakat mendaftar menjadi pengawas independen,' ucap Ketua KPU Milliam Tiblola.

Ia mengakui, persyaratan lain menjadi pemantau independen harus memiliki sumber dana yang jelas serta berbadan hukum dibuktikan dengan akta notaris bersangkutan.

Ketua KPU Milliam mengakui, perlu ada pemantau independen sehingga proses demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 10 September 2013 serta Pemilu legislatif 9 Aprik 2014 dapat berjalan secara demokratis, langsung, bebas rahasia serta jujur dan adil.

KPU Biak, lanjut Milliam, masih membuka kesempatan bagi setiap organisasi atau kelompok masyarakat untuk mendaftar sebagai pemantau independen untuk proses demokrasi Pilkada Bupati 2013 dan Pemilu 2014.

'Untuk tahapan Pemilukada Bupati Biak sudah memasuki jadwalpendaftaran pasangan calon Bupati 25 Mei hingga 1 Juni 2013melalui gabungan partai politik serta jalur perseorangan yang saat ini hanya diawasi Panitia Pengawas Pemilu setempat,' katanya.

Sedangkan tahapan Pemilu 2014, lanjut Milliam, hingga saat ini telah memasuki proses perbaikan berkas administrasi bakal calon anggota legislatif DPRD Biak Numfor hingga batas waktu 22 Mei 2013.(ant/rd)

DPRD Sulbar Prihatin Sungai Mandar Alami Kerusakan

Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Barat mengaku prihatin melihat kondisi bantaran aliran Sungai Mandar yang kini mulai mengalami kerusakan.

BNN Razia Mes Pekerja Hiburan Malam

Badan Narkotika Nasional (BNN) Purbalingga, Jawa Tengah, menggelar razia terhadap para penghuni mes khusus pekerja hiburan malam di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

Maskapai Diminta Tidak Naikkan Harga Tiket

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur meminta maskapai yang akan melayani perjalanan para pemudik ke sejumlah daerah dari bandara El Tari di Kupang tidak menaikkan harga tiket terlampau tinggi yang menyulitkan calon penumpang.

Pelaku Usaha Tradisional Terus Bertahan

Pelaku usaha Bordir tradisional di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat terus bertahan meski dunia usaha saat ini sudah sistem digital.

Pemkab Kampar Bagikan Paket Sembako Ramadhan

Pemerintah Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, telah membagikan sejumlah paket sembako selama bulan Ramadhan kepada keluarga kurang mampu yang berada di sejumlah wilayah kecamatan di kabupaten itu.