Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Biak Buka Pendaftaran Pemantau PILKADA Independen

komisi pemilihan umum, membuka pendaftaran, pemantau independen, pemilihan kepala daerah

Posted on 22 May 2013. Hits : 316

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua membuka pendaftaran pemantau independen untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) bupati setempat pada 10 September 2013 serta Pemilu legislatif 2014.

Ketua KPU Biak Milliam P.Tiblola di Biak, Rabu mengatakan, untuk menjadi pemantau Pemilu independen syaratnya harus mendaftar ke KPU untuk diberikan akreditasi dan Identitas sehingga bisa melakukan pengawasan di lapangan.

'Meski KPU sudah membuka jadwal pendaftaran pengawas Pemilu dan pengawas Pilkada BupatiBiak Numforhingga Mei 2013 belum satupun kelompok masyarakat mendaftar menjadi pengawas independen,' ucap Ketua KPU Milliam Tiblola.

Ia mengakui, persyaratan lain menjadi pemantau independen harus memiliki sumber dana yang jelas serta berbadan hukum dibuktikan dengan akta notaris bersangkutan.

Ketua KPU Milliam mengakui, perlu ada pemantau independen sehingga proses demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 10 September 2013 serta Pemilu legislatif 9 Aprik 2014 dapat berjalan secara demokratis, langsung, bebas rahasia serta jujur dan adil.

KPU Biak, lanjut Milliam, masih membuka kesempatan bagi setiap organisasi atau kelompok masyarakat untuk mendaftar sebagai pemantau independen untuk proses demokrasi Pilkada Bupati 2013 dan Pemilu 2014.

'Untuk tahapan Pemilukada Bupati Biak sudah memasuki jadwalpendaftaran pasangan calon Bupati 25 Mei hingga 1 Juni 2013melalui gabungan partai politik serta jalur perseorangan yang saat ini hanya diawasi Panitia Pengawas Pemilu setempat,' katanya.

Sedangkan tahapan Pemilu 2014, lanjut Milliam, hingga saat ini telah memasuki proses perbaikan berkas administrasi bakal calon anggota legislatif DPRD Biak Numfor hingga batas waktu 22 Mei 2013.(ant/rd)

Gubernur : Beri Perlakuan Khusus Pasien Terduga MERS

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus minta dua jemaah haji asal Jambi yang merupakan suami-isteri yang diduga terinfeksi virus MERS (Middle East Respiratory Syndrome) dan kini dirawat RSU Raden Mattaher Jambi diberi perlakuan khusus.

Menpora Dorong Optimalisasi Diklat Ragunan

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mendorong optimalisasi Diklat Ragunan Jakarta yang merupakan sekolah khusus olahragawan muda Indonesia sebelum terjun dilevel nasional maupun internasional.

Presiden Inginkan Upaya Nyata Penanganan Sinabung

Presiden Joko Widodo menginginkan adanya upaya nyata percepatan pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi terkait bencana erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara.

Legislator : Fungsi Kontrol Harus Dimaksimalkan

Anggota DPRD Kalimantan Timur Dahri Yasin, mengatakan fungsi pengawasan yang merupakan kewenangan yang diberikan oleh undang-undang untuk mengawasi kinerja pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan harus dimaksimalkan.

PPP Riau Versi Romi : Muktamar SDA Mubazir

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan versi Romahurmuziy menyatakan muktamar yang diselenggarakan oleh kubu Surya Dharma Ali, Jumat di Jakarta adalah sesuatu yang mubazir dan cenderung mengedepankan ego pribadi saja.