Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Biak Buka Pendaftaran Pemantau PILKADA Independen

komisi pemilihan umum, membuka pendaftaran, pemantau independen, pemilihan kepala daerah

Posted on 22 May 2013. Hits : 316

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua membuka pendaftaran pemantau independen untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) bupati setempat pada 10 September 2013 serta Pemilu legislatif 2014.

Ketua KPU Biak Milliam P.Tiblola di Biak, Rabu mengatakan, untuk menjadi pemantau Pemilu independen syaratnya harus mendaftar ke KPU untuk diberikan akreditasi dan Identitas sehingga bisa melakukan pengawasan di lapangan.

'Meski KPU sudah membuka jadwal pendaftaran pengawas Pemilu dan pengawas Pilkada BupatiBiak Numforhingga Mei 2013 belum satupun kelompok masyarakat mendaftar menjadi pengawas independen,' ucap Ketua KPU Milliam Tiblola.

Ia mengakui, persyaratan lain menjadi pemantau independen harus memiliki sumber dana yang jelas serta berbadan hukum dibuktikan dengan akta notaris bersangkutan.

Ketua KPU Milliam mengakui, perlu ada pemantau independen sehingga proses demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 10 September 2013 serta Pemilu legislatif 9 Aprik 2014 dapat berjalan secara demokratis, langsung, bebas rahasia serta jujur dan adil.

KPU Biak, lanjut Milliam, masih membuka kesempatan bagi setiap organisasi atau kelompok masyarakat untuk mendaftar sebagai pemantau independen untuk proses demokrasi Pilkada Bupati 2013 dan Pemilu 2014.

'Untuk tahapan Pemilukada Bupati Biak sudah memasuki jadwalpendaftaran pasangan calon Bupati 25 Mei hingga 1 Juni 2013melalui gabungan partai politik serta jalur perseorangan yang saat ini hanya diawasi Panitia Pengawas Pemilu setempat,' katanya.

Sedangkan tahapan Pemilu 2014, lanjut Milliam, hingga saat ini telah memasuki proses perbaikan berkas administrasi bakal calon anggota legislatif DPRD Biak Numfor hingga batas waktu 22 Mei 2013.(ant/rd)

Mukomuko Usulkan Alih Fungsi Sawit Ke Sawah

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan anggaran untuk alih fungsi seluas 1.

KKP Dukung Kelompok Pakan Mandiri Di Banjarnegara

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberi dukungan terhadap kelompok pakan mandiri yang dikelola Kelompok Tani Ikan Makmur Sejahtera, Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

KKP : Ekspor Perikanan Ke AS Ditargetkan Meningkat

Ekspor produk perikanan Indonesia ke Amerika Serikat pada 2015 ditargetkan meningkat 40 persen dibandingkan 2014, kata Direktur Pengembangan Produk Nonkonsumsi Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Maman Hermawan.

Pemerintah Berikan Penghargaan Kepada Warga Berjasa Korsel

Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul, Korea Selatan menyerahkan penghargaan kepada sejumlah warga yang berjasa bagi perwakilan Tanah Air di 'Negeri Ginseng'.

Calon Haji Indonesia Mulai Masuk Makkah Minggu

Sebanyak 4.636 calon haji Indonesia akan memasuki Makkah dari Madinah secara bertahap mulai Minggu (30/8), sekitar pukul 14.