Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Beri Pelatihan PPK Tentang Sistem Sidalih

komisi pemilihan umum, memberikan pelatihan, panitia pemilihan kecamatan, sidalih dalam pemutakhiran data pemilih

Posted on 24 May 2013. Hits : 423

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan pelatihan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan tentang aplikasi sistem informasi data pemilih atau Sidalih dalam pemutakhiran data pemilih pada Pemilu 2014.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulon Progo Siti Ghoniyatun di Kulon Progo, Kamis, mengatakan sistem informasi data pemilih (Sidalih) akan digunakan untuk melakukan pemutakhiran data pemilih pada Pemilu 2014.

'Kami memberikan pelatihan aplikasi kepada teman-teman Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam pemutakhiran data pemilih,' katanya.

Ia mengatakan KPU akan menerapkan Sidarlih secara 'online' dari tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), PPK dan KPU.

'Sidalih ini akan menerapkan sistem komputer race. Semoga 60 anggota PPK dan 246 anggota PPS Kulon Progo dapat melakukan pemutakhiran data, baik menambah atau mengurangi jumlah pemilih setiap PPS. Selanjutnya memperbaiki data pemilih dengan menggunakan sistem Sidalih,' katanya.

Menurut dia, dengan sistem Sidalih ini, maka data terkoneksi secara nasional, dan diharapkan data pemilih ini merupakan data akurat, tidak ada data ganda.

Sebab, kata dia, data ini paling mutakhir dan sifatnya nasional.

'Dengan sistem Sidalih ini diharapkan tidak ada lagi pemilih ganda pada Pemilu 2014,' katanya.

Anggota PPK Lendah, Badrun Widarsono mengatakan sistem Sidalih tersebut memang memiliki banyak keunggulan dibading sistem sebelumnya. Mereka bisa mengetahui data pemilih, perpindahan pemilih dan lain sebagainya secara 'online' dibanding sistem sebelumnya.(ant/rd)

Relawan: Komitmen Jokowi Mulai Terbukti

Kalangan pengusaha muda yang tergabung dalam Entrepreneur and Professional for Jokowi menilai komitmen Presiden Joko Widodo terhadap pemberantasan korupsi sudah terbukti dengan upaya menyerahkan nama kandidat menteri ke KPK dan PPATK.

Unjuk Rasa Anti Ahok Ganggu Lalu Lintas

Arus lalu lintas jalan kawasan kantor DPRD DKI Jakarta, Jumat, terhambat unjuk rasa Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) yang menolak rencana pengangkatan Wakil Gubernur Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) menjadi gubernur pengganti Joko Widodo.

Wali Kota Apresiasi Kegiatan Simulasi Teroris

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengapresiasi kegiatan latihan pemeliharaan kemampuan prajurit Satuan Yonif 900/Raider Rindam IX Udayana dalam penanganan aksi terorisme di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

ITS Berstatus PTN-BH

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah resmi berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) terhitung sejak 17 Oktober 2014 bersama Unpad Bandung, Unhas Makassar, dan Undip Semarang.

Indonesia Konsultasi Dengan Brazil

Pemerintah mempersiapkan sesi konsultasi dengan Brazil terkait proteksi perdagangan daging ayam beku dan olahannya, di mana Negeri Samba tersebut telah melaporkan Indonesia ke World Trade Organization.