Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Beri Pelatihan PPK Tentang Sistem Sidalih

komisi pemilihan umum, memberikan pelatihan, panitia pemilihan kecamatan, sidalih dalam pemutakhiran data pemilih

Posted on 24 May 2013. Hits : 423

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan pelatihan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan tentang aplikasi sistem informasi data pemilih atau Sidalih dalam pemutakhiran data pemilih pada Pemilu 2014.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulon Progo Siti Ghoniyatun di Kulon Progo, Kamis, mengatakan sistem informasi data pemilih (Sidalih) akan digunakan untuk melakukan pemutakhiran data pemilih pada Pemilu 2014.

'Kami memberikan pelatihan aplikasi kepada teman-teman Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam pemutakhiran data pemilih,' katanya.

Ia mengatakan KPU akan menerapkan Sidarlih secara 'online' dari tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), PPK dan KPU.

'Sidalih ini akan menerapkan sistem komputer race. Semoga 60 anggota PPK dan 246 anggota PPS Kulon Progo dapat melakukan pemutakhiran data, baik menambah atau mengurangi jumlah pemilih setiap PPS. Selanjutnya memperbaiki data pemilih dengan menggunakan sistem Sidalih,' katanya.

Menurut dia, dengan sistem Sidalih ini, maka data terkoneksi secara nasional, dan diharapkan data pemilih ini merupakan data akurat, tidak ada data ganda.

Sebab, kata dia, data ini paling mutakhir dan sifatnya nasional.

'Dengan sistem Sidalih ini diharapkan tidak ada lagi pemilih ganda pada Pemilu 2014,' katanya.

Anggota PPK Lendah, Badrun Widarsono mengatakan sistem Sidalih tersebut memang memiliki banyak keunggulan dibading sistem sebelumnya. Mereka bisa mengetahui data pemilih, perpindahan pemilih dan lain sebagainya secara 'online' dibanding sistem sebelumnya.(ant/rd)

Tambrauw Segera Miliki Bandara Komersil

Pelaksana tugas Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Santoso Eddy Wibowo mengatakan Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat segera memiliki Bandar Udara Werur yang letaknya relatif dekat dengan objek wisata Raja Ampat.

Spanyol Akan Pulangkan Dari Sierra Leone Pendeta Yang Didiagnos Ebola

Spanyol Minggu mengirim satu pesawat militer ke Sierra Leone untuk memulangkan seorang imam Katolik Spanyol yang bekerja di negara Afrika yang telah diuji positif tertular Virus Ebola, kata pemerintah.

Selama Kemarau Warga Diimbau Waspada Diare

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta mengimbau kepada warga untuk mewaspadai penyakit-penyakit yang biasa terjadi selama musim kemarau yakni diare.

AS Monaco Bangkit Dengan Kemenangan Atas Guingamp

AS Monaco akhirnya mendapatkan sesuatu untuk dirayakan di Liga Prancis, ketika gol Nabil Dirar membawa mereka menang 1-0 atas tamunya En Avant Guingamp pada Minggu.

DPRD Terpilih Diingatkan Taat Kode Etik

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu terpilih diingatkan agar menaati kode etik yang berlaku selama periode masa jabatan.