Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Banyumas Segera Selesaikan Pembagian Zonasi Kampanye

kpu banyumas, pembagian zonasi kampanye, selesaikan

Posted on 18 Sep 2013. Hits : 329

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, segera menyelesaikan pembagian zonasi pemasangan alat peraga kampanye Pemilihan Umum Legislatif 2014.

"Kami sudah koordinasikan sambil sosialisasi. Sampai hari ini semua zona sudah masuk ke KPU," kata Ketua KPU Kabupaten Banyumas Aan Rohaeni di Purwokerto, Rabu.

Menurut dia, zonasi tersebut diusulkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang menggelar rapat bersama camat dengan mengundang kepala desa/kelurahan, Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) untuk menentukan zona.

"Minimal dua zona setiap desa. Artinya, kami memberi kesempatan seluas-luasnya kepada partai politik tetapi di tempat-tempat yang memang representatif," katanya.

Dalam beberapa hari ke depan, kata dia, KPU akan menginventarisasi secara internal untuk mengantisipasi kemungkinan ada yang masih kurang, misalnya hanya satu zona.

Jika masih ada kekurangan, lanjut dia, akan dikoordinasikan kembali dengan PPK.

"Setelah 'fix', kami akan mengundang pemerintah daerah yang juga mendapat laporan dari camat. Kita juga akan meminta masukkan dari partai politik. Jika sudah tidak ada permasalahan, baru dibuat SKB (Surat Keputusan Bersama) antara pemerintah daerah dan KPU," katanya.

Aan mengatakan bahwa zona tersebut tidak hanya untuk caleg DPRD Kabupaten, tetapi juga caleg DPR RI, DPD RI, maupun DPRD Provinsi.

"Mereka pun harus berlaku sama. Jadi, hanya boleh memasang di zona-zona tersebut," kata dia.

Dengan demikian, kata dia, caleg DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD RI harus tunduk terhadap ketentuan-ketentuan zonasi yang ditetapkan di Kabupaten Banyumas maupun Cilacap.

Terkait pemberian sanksi terhadap caleg DPRD Provinsi, DPR RI, maupun DPD RI, Aan mengatakan bahwa hal itu dilakukan secara berjenjang.

Dalam hal ini jika ada temuan pelanggaran, kata dia, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) melapor ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan selanjutnya Bawaslu melaporkan ke KPU Provinsi atau KPU Pusat.(ris/ant)

Publik Perlu Menghormati Keputusan Penegak Hukum

Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) Henny S Widyaningsih meminta publik menghormati keputusan penegak hukum yang tidak ingin mengungkapkan segala hal terkait dengan penyelidikan dan penyidikan kasus meninggalnya Wayan Mirna Salihin.

Universitas Andalas Selenggarakan Tiga Jalur Seleksi

Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) merencanakan menampung sebanyak 4.

Film 'Spotlight' Diperkenalkan di Indonesia Bertepatan Hari Pers Nasional

Film Hollywood berjudul Spotlight karya sutradara Amerika Serikat Tom McCarthy diputar untuk pertama kalinya bagi insan media Indonesia bertepatan dengan puncak Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada 9 Februari 2016.

Pemerintah Taiwan Berikan Beasiswa Untuk Pelajar Indonesia

Kesempatan Beasiswa Taiwan 2016 kembali tersedia buat pelajar Indonesia.

Ahok: Genangan Muncul karena Saluran Tersumbat

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan penyebab utama munculnya genangan air di sejumlah wilayah ibu kota adalah saluran-saluran air yang tersumbat.