Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Banyumas Segera Selesaikan Pembagian Zonasi Kampanye

kpu banyumas, pembagian zonasi kampanye, selesaikan

Posted on 18 Sep 2013. Hits : 329

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, segera menyelesaikan pembagian zonasi pemasangan alat peraga kampanye Pemilihan Umum Legislatif 2014.

"Kami sudah koordinasikan sambil sosialisasi. Sampai hari ini semua zona sudah masuk ke KPU," kata Ketua KPU Kabupaten Banyumas Aan Rohaeni di Purwokerto, Rabu.

Menurut dia, zonasi tersebut diusulkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang menggelar rapat bersama camat dengan mengundang kepala desa/kelurahan, Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) untuk menentukan zona.

"Minimal dua zona setiap desa. Artinya, kami memberi kesempatan seluas-luasnya kepada partai politik tetapi di tempat-tempat yang memang representatif," katanya.

Dalam beberapa hari ke depan, kata dia, KPU akan menginventarisasi secara internal untuk mengantisipasi kemungkinan ada yang masih kurang, misalnya hanya satu zona.

Jika masih ada kekurangan, lanjut dia, akan dikoordinasikan kembali dengan PPK.

"Setelah 'fix', kami akan mengundang pemerintah daerah yang juga mendapat laporan dari camat. Kita juga akan meminta masukkan dari partai politik. Jika sudah tidak ada permasalahan, baru dibuat SKB (Surat Keputusan Bersama) antara pemerintah daerah dan KPU," katanya.

Aan mengatakan bahwa zona tersebut tidak hanya untuk caleg DPRD Kabupaten, tetapi juga caleg DPR RI, DPD RI, maupun DPRD Provinsi.

"Mereka pun harus berlaku sama. Jadi, hanya boleh memasang di zona-zona tersebut," kata dia.

Dengan demikian, kata dia, caleg DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD RI harus tunduk terhadap ketentuan-ketentuan zonasi yang ditetapkan di Kabupaten Banyumas maupun Cilacap.

Terkait pemberian sanksi terhadap caleg DPRD Provinsi, DPR RI, maupun DPD RI, Aan mengatakan bahwa hal itu dilakukan secara berjenjang.

Dalam hal ini jika ada temuan pelanggaran, kata dia, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) melapor ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan selanjutnya Bawaslu melaporkan ke KPU Provinsi atau KPU Pusat.(ris/ant)

Kwarnas Hadirkan Kompetisi Pramuka Dengan Sentuhan Modern

Kwartir Nasional (Kwarnas) menghadirkan kompetisi Pramuka bernama 'Indonesia Scout's Challenge' (ISC) 2015 yang diberi sentuhan permainan modern agar menambah minat anak berpartisipasi dalam ajang ini.

Syahbandar Halangi Perusahaan Kapal Beroperasi Di Aceh

Direktur Cabang PT Pelayaran Jatarim Binau Lines, Arif Faiza, memprotes keputusan Kepala Syahbandar Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, yang melarang pihaknya beroperasi di daerah itu untuk melakukan kegiatan jasa pelayaran dan keagenan kapal.

Penggerukan untuk Cegah Banjir

Sebuah alat berat sedang melakukan penggerukan di Jalan Industri, Jakarta Pusat, Kamis (3/9).

DKI Berencana Bangun Tiga Terminal Bus Terpadu

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI berencana membangun sebanyak tiga terminal bus terpadu di wilayah ibukota.

Menkopolhukam : Napi Terorisme Dipisah Dari Tahanan Lain

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Pandjaitan mengatakan narapidana terorisme yang ada di lembaga-lembaga permasyarakatan akan dipisah dari tahanan kriminal lainnya.