Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Banyumas Segera Selesaikan Pembagian Zonasi Kampanye

kpu banyumas, pembagian zonasi kampanye, selesaikan

Posted on 18 Sep 2013. Hits : 329

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, segera menyelesaikan pembagian zonasi pemasangan alat peraga kampanye Pemilihan Umum Legislatif 2014.

"Kami sudah koordinasikan sambil sosialisasi. Sampai hari ini semua zona sudah masuk ke KPU," kata Ketua KPU Kabupaten Banyumas Aan Rohaeni di Purwokerto, Rabu.

Menurut dia, zonasi tersebut diusulkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang menggelar rapat bersama camat dengan mengundang kepala desa/kelurahan, Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) untuk menentukan zona.

"Minimal dua zona setiap desa. Artinya, kami memberi kesempatan seluas-luasnya kepada partai politik tetapi di tempat-tempat yang memang representatif," katanya.

Dalam beberapa hari ke depan, kata dia, KPU akan menginventarisasi secara internal untuk mengantisipasi kemungkinan ada yang masih kurang, misalnya hanya satu zona.

Jika masih ada kekurangan, lanjut dia, akan dikoordinasikan kembali dengan PPK.

"Setelah 'fix', kami akan mengundang pemerintah daerah yang juga mendapat laporan dari camat. Kita juga akan meminta masukkan dari partai politik. Jika sudah tidak ada permasalahan, baru dibuat SKB (Surat Keputusan Bersama) antara pemerintah daerah dan KPU," katanya.

Aan mengatakan bahwa zona tersebut tidak hanya untuk caleg DPRD Kabupaten, tetapi juga caleg DPR RI, DPD RI, maupun DPRD Provinsi.

"Mereka pun harus berlaku sama. Jadi, hanya boleh memasang di zona-zona tersebut," kata dia.

Dengan demikian, kata dia, caleg DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD RI harus tunduk terhadap ketentuan-ketentuan zonasi yang ditetapkan di Kabupaten Banyumas maupun Cilacap.

Terkait pemberian sanksi terhadap caleg DPRD Provinsi, DPR RI, maupun DPD RI, Aan mengatakan bahwa hal itu dilakukan secara berjenjang.

Dalam hal ini jika ada temuan pelanggaran, kata dia, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) melapor ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan selanjutnya Bawaslu melaporkan ke KPU Provinsi atau KPU Pusat.(ris/ant)

Banten Kembangkan Karet Jadi Komoditas Unggulan

Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten mengembangkan tanaman karet menjadi komoditas unggulan daerah karena terbukti mampu menumbuhkan perekonomian perdesaan dan menyerap ribuan tenaga kerja lokal.

Naskah Kuno Kesultanan Inderapura Akan Dipamerkan

Naskah kuno milik keturunan Kesultanan Inderapura, Pesisir Selatan, pertama kalinya akan diperlihatkan kepada khalayak ramai Sumatera Barat (Sumbar) dalam pameran yang digelar UPTD Museum Nagari Adityawarman Padang, Selasa (23/9).

Kawasan Sungai Jawi Pontianak Dijadikan Wisata Kuliner

Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, akan menata kawasan pinggir Sungai Jawi mulai dari Jalan H Rais A Rahman hingga ujung jembatan Jalan dr Wahidin untuk dijadikan tempat wisata kuliner.

Disperindagpas Indragiri Hulu Awasi Harga Elpiji

Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagpas) Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, tetap mengawasi pelaksanaan harga eceran tertinggi (HET) elpiji 12 kilogram pascakenaikan harga bahan bakar tersebut.

Dua Calhaj Palembang Wafat Di Tanah Suci

Dua calon haji dari Embarkasi Palembang dilaporkan wafat di Tanah Suci yakni Yansuri Zainal Abidin dari kelompok terbang 7 dan Herawati Sukarno dari kloter 3.