Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Banyumas Segera Selesaikan Pembagian Zonasi Kampanye

kpu banyumas, pembagian zonasi kampanye, selesaikan

Posted on 18 Sep 2013. Hits : 267

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, segera menyelesaikan pembagian zonasi pemasangan alat peraga kampanye Pemilihan Umum Legislatif 2014.

"Kami sudah koordinasikan sambil sosialisasi. Sampai hari ini semua zona sudah masuk ke KPU," kata Ketua KPU Kabupaten Banyumas Aan Rohaeni di Purwokerto, Rabu.

Menurut dia, zonasi tersebut diusulkan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang menggelar rapat bersama camat dengan mengundang kepala desa/kelurahan, Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) untuk menentukan zona.

"Minimal dua zona setiap desa. Artinya, kami memberi kesempatan seluas-luasnya kepada partai politik tetapi di tempat-tempat yang memang representatif," katanya.

Dalam beberapa hari ke depan, kata dia, KPU akan menginventarisasi secara internal untuk mengantisipasi kemungkinan ada yang masih kurang, misalnya hanya satu zona.

Jika masih ada kekurangan, lanjut dia, akan dikoordinasikan kembali dengan PPK.

"Setelah 'fix', kami akan mengundang pemerintah daerah yang juga mendapat laporan dari camat. Kita juga akan meminta masukkan dari partai politik. Jika sudah tidak ada permasalahan, baru dibuat SKB (Surat Keputusan Bersama) antara pemerintah daerah dan KPU," katanya.

Aan mengatakan bahwa zona tersebut tidak hanya untuk caleg DPRD Kabupaten, tetapi juga caleg DPR RI, DPD RI, maupun DPRD Provinsi.

"Mereka pun harus berlaku sama. Jadi, hanya boleh memasang di zona-zona tersebut," kata dia.

Dengan demikian, kata dia, caleg DPRD Provinsi, DPR RI, dan DPD RI harus tunduk terhadap ketentuan-ketentuan zonasi yang ditetapkan di Kabupaten Banyumas maupun Cilacap.

Terkait pemberian sanksi terhadap caleg DPRD Provinsi, DPR RI, maupun DPD RI, Aan mengatakan bahwa hal itu dilakukan secara berjenjang.

Dalam hal ini jika ada temuan pelanggaran, kata dia, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) melapor ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan selanjutnya Bawaslu melaporkan ke KPU Provinsi atau KPU Pusat.(ris/ant)

Partai Harus Tonjolkan Capres Komunikasikan Visi-Misi

Partai Politik harus segera menonjolkan calon presiden masing-masing dengan memberi kesempatan untuk mengkomunikasikan visi atau misi yang akan disusung ketika menjadi presiden, kata pengamat politik Universitas Gadjah Mada, Erwan Agus Purwanto.

Gencatan Senjata Diakhiri

Taliban Pakistan secara resmi mengakhiri gencatan senjata 40 hari namun masih tetap terbuka untuk perundingan dengan pemerintah, kata seorang juru bicara, Rabu.

49 CPNS Terancam Batal Diangkat Jadi PNS

Sebanyak 49 calon pegawai negeri sipil di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang dinyatakan lulus tes penerimaan pegawai pada 2013 terancam batal diangkat menjadi PNS, karena menggunakan ijazah tidak sesuai formasi.

Snyder Kembali ke Yunani Kuno untuk Sekuel '300'

Sutradara Hollywood Zack Snyder mengatakan ia belum mempertimbangkan tindak lanjut film hits 2007 "300" hingga Frank Miller, penulis novel yag dijadikan dasar naskah, mengatakan ia mengerjakan sebuah proyek lainnya.

Dokkes Polda Temukan Penyakit Degeneratif Di Kepolisian

Kepala Sub bidang Kespol Bidang Dokter dan Kesehatan ( Bidokkes) Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat Ajun Komisaris Besar dr Purwanta mengatakan, ditemukan penyakit degeneratif di lingkungan kepolisian.