Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Bantul Temukan Dua Bakal Caleg PNS

yogyakarta, verifikasi berkas, nur huri mustofa

Posted on 07 May 2013. Hits : 224

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menemukan dua bakal calon anggota legislatif berasal dari pegawai negeri sipil saat verifikasi berkas.

Anggota KPU Bantul Nur Huri Mustofa di Bantul, Senin, mengatakan kedua bakal caleg itu yakni Heru Sudibyo, pegawai negeri sipil (PNS) di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Wibowo PNS Kementrian Kehutanan (Kemenhut) Yogyakarta.

"Saat mendaftar kedua bakal caleg masih berstatus sebagai PNS, namun untuk Heru Sudibyo purnatugas per 1 Mei, sedangkan Wibowo mungkin masih aktif karena tidak ada data penjelasan," katanya.

Menurut dia, meski begitu kedua bakal caleg harus mengisi formulir tentang pengunduran diri dari status PNS pada saat perbaikan berkas yang dijadwalkan mulai 9 sampai 22 Mei 2013.

"Tindakan dari KPU meminta mereka untuk mengisi formulir terkait jika ingin lanjut, sedangkan untuk surat keputusan (SK) pemberhentian diserahkan paling lambat 8 Agustus 2013," katanya.

Ia mengatakan, kewajiban yang harus dipenuhi oleh bakal caleg yang berasal dari PNS itu sesuai dengan Peraturan KPU nomor 7 Tahun 2013, bahkan surat pengunduruan diri tidak dapat ditarik kembali.

Menurut dia, KPU Bantul menerima sebanyak 455 berkas bakal caleg yang diajukan oleh semua partai politik (parpol) peserta pemilu 2014 di Bantul yang berjumlah 12 partai.

"Hingga hari ini verifikasi berkas telah kami selesaikan, sehingga pada 7-8 Mei hasilnya akan kami beritahukan ke semua parpol, silakan datang ke kantor," katanya.

Ia mengatakan, bagi semua bakal caleg yang belum memenuhi persyaratan dapat melengkapi berkas pada masa perbaikan 9-22 Mei, namun untuk SK pengunduran diri bakal caleg bisa diserahkan sebelum penetapan DCT.

"Termasuk sejumlah perangkat desa yeng mendaftar dan juga anggota dewan yang mendaftar dengan partai lain juga wajib menyerahkan SK pengunduran diri dari Gubernur," katanya.(ant/rd)

Pembahasan APBD Mamuju 2015 Diminta Transparan

Pembahasan anggaran APBD Mamuju Provinsi Sulawesi Barat diminta transparan dan tidak perlu disembunyikan kepada publik ketika dibahas.

WHO : Wabah Di Madagaskar Tewaskan 40 Orang Dari 119 Kasus

Satu wabah telah menewaskan 40 orang dari 119 kasus yang dikonfirmasi di Madagaskar sejak akhir Agustus dan ada risiko penyakit tersebut menyebar dengan cepat di ibu kota, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Jumat.

Iran Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Sanda 2016

Iran akan menjadi tuan rumah berikutnya setelah Kejuaraan Dunia Sanda (The 7th Sanda World Cup 2014) di Istora Senayan Jakarta dan ditutup, Jumat malam.

PNS Samarinda Diminta Perkuat Potensi Diri

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Samarinda, Kalimantan timur, diminta terus belajar memperkuat potensinya dengan mengikuti berbagai seminar, lokakarya serta kegiatan lainnya agar kualitas pelayanannya kepada masyarakat senanantiasa meningkat dari waktu ke waktu.

Wali Kota Samarinda Tetapkan Penyesuaian Tarif Angkot

Wali Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Syaharie Jaang menetapkan penyesuaian tarif angkutan kota sebagai dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).