Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Bantul Temukan Dua Bakal Caleg PNS

yogyakarta, verifikasi berkas, nur huri mustofa

Posted on 07 May 2013. Hits : 224

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menemukan dua bakal calon anggota legislatif berasal dari pegawai negeri sipil saat verifikasi berkas.

Anggota KPU Bantul Nur Huri Mustofa di Bantul, Senin, mengatakan kedua bakal caleg itu yakni Heru Sudibyo, pegawai negeri sipil (PNS) di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Wibowo PNS Kementrian Kehutanan (Kemenhut) Yogyakarta.

"Saat mendaftar kedua bakal caleg masih berstatus sebagai PNS, namun untuk Heru Sudibyo purnatugas per 1 Mei, sedangkan Wibowo mungkin masih aktif karena tidak ada data penjelasan," katanya.

Menurut dia, meski begitu kedua bakal caleg harus mengisi formulir tentang pengunduran diri dari status PNS pada saat perbaikan berkas yang dijadwalkan mulai 9 sampai 22 Mei 2013.

"Tindakan dari KPU meminta mereka untuk mengisi formulir terkait jika ingin lanjut, sedangkan untuk surat keputusan (SK) pemberhentian diserahkan paling lambat 8 Agustus 2013," katanya.

Ia mengatakan, kewajiban yang harus dipenuhi oleh bakal caleg yang berasal dari PNS itu sesuai dengan Peraturan KPU nomor 7 Tahun 2013, bahkan surat pengunduruan diri tidak dapat ditarik kembali.

Menurut dia, KPU Bantul menerima sebanyak 455 berkas bakal caleg yang diajukan oleh semua partai politik (parpol) peserta pemilu 2014 di Bantul yang berjumlah 12 partai.

"Hingga hari ini verifikasi berkas telah kami selesaikan, sehingga pada 7-8 Mei hasilnya akan kami beritahukan ke semua parpol, silakan datang ke kantor," katanya.

Ia mengatakan, bagi semua bakal caleg yang belum memenuhi persyaratan dapat melengkapi berkas pada masa perbaikan 9-22 Mei, namun untuk SK pengunduran diri bakal caleg bisa diserahkan sebelum penetapan DCT.

"Termasuk sejumlah perangkat desa yeng mendaftar dan juga anggota dewan yang mendaftar dengan partai lain juga wajib menyerahkan SK pengunduran diri dari Gubernur," katanya.(ant/rd)

Puluhan Penyelenggara Haji Khusus Belum Lapor Kepulangan

Dari 139 Penyelenggarah Ibadah Haji Khusus yang dulu dikenal dengan ONH plus, 23 PIHK di antaranya hingga kini belum melaporkan kepulangan jamaah mereka ke Kantor Urusan Haji Daerah Kerja Mekkah.

BKD Tabalong Sepekan Uji Peserta Seleksi CPNS

Badan Kepegawaian Daerah Tabalong, Kalimantan Selatan, selama sepekan mulai 26 Oktober hingga 1 November per hari menguji 400 peserta seleksi calon pegawai negeri sipil.

Lavrov : Rusia Tidak Setuju Latih Tentara Irak

Rusia tidak setuju melatih pasukan Irak seperti yang diusulkan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dalam satu wawancara televisi Sabtu.

Stok Beras Pengungsi Erupsi Gunung Sinabung Menipis

Stok logistik beras untuk pengungsi erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, mulai menipis dan bantuan dari Pemerintah Pusat hingga saat ini belum juga datang.

Petani Cabai Majene Antisipasi Dampak Kemarau

Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Barat, menyampaikan bahwa petani cabai di Kabupaten Majene telah melakukan langkah antisipasi menghadapi musim kemarau.