Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Bantul Temukan Dua Bakal Caleg PNS

yogyakarta, verifikasi berkas, nur huri mustofa

Posted on 07 May 2013. Hits : 224

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menemukan dua bakal calon anggota legislatif berasal dari pegawai negeri sipil saat verifikasi berkas.

Anggota KPU Bantul Nur Huri Mustofa di Bantul, Senin, mengatakan kedua bakal caleg itu yakni Heru Sudibyo, pegawai negeri sipil (PNS) di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Wibowo PNS Kementrian Kehutanan (Kemenhut) Yogyakarta.

"Saat mendaftar kedua bakal caleg masih berstatus sebagai PNS, namun untuk Heru Sudibyo purnatugas per 1 Mei, sedangkan Wibowo mungkin masih aktif karena tidak ada data penjelasan," katanya.

Menurut dia, meski begitu kedua bakal caleg harus mengisi formulir tentang pengunduran diri dari status PNS pada saat perbaikan berkas yang dijadwalkan mulai 9 sampai 22 Mei 2013.

"Tindakan dari KPU meminta mereka untuk mengisi formulir terkait jika ingin lanjut, sedangkan untuk surat keputusan (SK) pemberhentian diserahkan paling lambat 8 Agustus 2013," katanya.

Ia mengatakan, kewajiban yang harus dipenuhi oleh bakal caleg yang berasal dari PNS itu sesuai dengan Peraturan KPU nomor 7 Tahun 2013, bahkan surat pengunduruan diri tidak dapat ditarik kembali.

Menurut dia, KPU Bantul menerima sebanyak 455 berkas bakal caleg yang diajukan oleh semua partai politik (parpol) peserta pemilu 2014 di Bantul yang berjumlah 12 partai.

"Hingga hari ini verifikasi berkas telah kami selesaikan, sehingga pada 7-8 Mei hasilnya akan kami beritahukan ke semua parpol, silakan datang ke kantor," katanya.

Ia mengatakan, bagi semua bakal caleg yang belum memenuhi persyaratan dapat melengkapi berkas pada masa perbaikan 9-22 Mei, namun untuk SK pengunduran diri bakal caleg bisa diserahkan sebelum penetapan DCT.

"Termasuk sejumlah perangkat desa yeng mendaftar dan juga anggota dewan yang mendaftar dengan partai lain juga wajib menyerahkan SK pengunduran diri dari Gubernur," katanya.(ant/rd)

Dua Polisi Dipanggil KPK Untuk Jadi Saksi Korupsi Simulator

KPK memanggil dua polisi sebagai saksi dalam penyidikan perkara kasus korupsi pengadaan "driving" simulator uji klinik pengemudi roda dua (R2) dan roda empat (R4) anggaran 2011 di Korlantas Polri.

Ekonomi Indonesia Masih Dalam Keadaan Baik

Menteri Keuangan Republik Indonesia periode 1988-1993 Johannes Baptista (JB) Sumarlin meyakini bahwa keadaan perekonomian Indonesia akan semakin membaik ke depan.

Tersangka Penembakan Wartawan Virginia Mengaku Sakit Hati

Tersangka penembak mati dua wartawan televisi selagi siaran langsung di Virginia Rabu waktu setempat, Vester Flanagan (41), sempat membanjiri media sosial untuk menumpahkan unek-uneknya sekaligus memposting video penembakan itu dari sudutnya sendiri.

40 Orang Tewas Dalam Serangan Udara di Yaman

Setidaknya 40 orang tewas dalam serangan udara lebih dari 24 jam oleh koalisi pimpinan Arab Saudi serta pertempuran di Provinsi Baida Yaman tengah, sumber militer mengatakan kepada AFP, Selasa.

Harga Minyak Perpanjang Kenaikan Di Perdagangan Asia

Harga minyak mentah memperpanjang kenaikannya di perdagangan Asia pada Jumat, menyusul lonjakan harga 10 persen pada sesi sebelumnya dipicu oleh data ekonomi AS yang kuat.