Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kepanitiaan Hari Nusantara 2013 Diserahkan kepada Menparekraf

hari nusantara, mari elka pangestu, manparekraf

Posted on 17 Dec 2012. Hits : 750

Pataka Kepanitiaan Hari Nusantara 2013 diserahkan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu selaku ketua umum panitia nasional.

Pataka Kepanitiaan Hari Nusantara 2013 itu diserahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh selaku Ketua Umum Panitia Nasional Hari Nusantara 2012, pada puncak peringatan Hari Nusantara 2012 di Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin.

Puncak peringatan Hari Nusantara 2013 akan dipusatkan di Provinsi Sulawesi Tengah.

Puncak peringatan Hari Nusantara yang bertepatan dengan HUT ke-54 Pemprov NTB itu dihadiri Wakil Presiden (Wapres) Boediono, yang didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II.

Penyerahan Pataka Hari Nusantara 2013 itu dilakukan setelah pemberian penghargaan/tanda jasa dan bantuan, yakni bidang pendidikan dan kebudayaan, bidang kelautan dan perikanan, bidang perhubungan laut, serta bidang keamanan laut oleh menteri masing-masing.

Selain itu, penghargaan bidang pemerintahan berupa tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya, dan Satyalencana Wira Dharma.

Mendikbud juga menyerahkan bantuan sumber listrik tenaga surya dan angin untuk SD dan SMP di Kabupaten Lombok Timur.

Bantuan alat pembangkit listrik itu berupa teknologi hybrid, yaitu solar panel dan wind power (pembangkit listrik tenaga surya dan angin) dengan kapasita 400 watt.

Alat pembangkit listrik tersebut dilengkapi dengan baterai 100 Ah 12 V sebanyak tiga unit, sehingga mampu menyimpan daya listrik, serta lampu saku LED yang dapat dibawa pulang siswa untuk digunakan sebagai penerangan waktu belajar di rumahnya.

Nuh juga melaporkan rangkaian kegiatan Hari Nusantara 2012 yang diawali dengan peluncuran pada 8 Juni 2012 di Jakarta oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, dengan tema "membangkitkan wawasan dan budaya bahari melalui peningkatan SDM dan Iptek".

Kegiatan utama Hari Nusantara 2012 terdiri dari talkshow dan sosialisasi di media, seminar, workshop, forum, lokakarya, konferensi dan pemberian bantuan.

Kegiatan lainnya yakni festival, bhakti sosial, pelatihan, serta pemberian tanda kehormatan saat puncak peringatan.

Seminar nasional yang telah dilakukan tentang batas wilayah, workshop tentang hari kelautan sedunia, dan sosialisasi tentang Unclos 1982 kepada seluruh kepala daerah.

Kegiatan lainnya yakni fasilitasi galangan kapal, fasilitasi bantuan mesin/peralatan pengolahan rumput laut, fasilitasi olahraga bahari dan pelayaran lintas nusantara.

"Juga dilaksanakan bakti sosial di pulau-pulau kecil terluar, dan bersih pantai. Ada juga berbagai macam lomba seperti lomba masak serba ikan tingkat nasional," ujar Nuh. (ant/as/foto:bisnis)

Lampung Berpotensi Kembangkan Ternak

Provinsi Lampung memiliki potensi sumber daya yang sangat besar untuk mengembangkan ternak, karena memiliki lahan yang luas, pakan berlimpah, peternak yang terampil, didukung dengan beberapa perusahaan budi daya sapi yang sudah berkembang di daerah itu.

Izin Pangkalan Minyak Untuk Daerah Pelosok

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menolak permohonan izin pendirian pangkalan baru minyak tanah yang lokasinya di kawasan dalam Kota Sampit.

Potensi Bisnis Katering Tembus Rp 1 Triliun/Bulan

Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) memperkirakan potensi bisnis katering industri dan pernikahan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerangan dan Bekasi (Jabodetabek) mencapai sekitar Rp1,8 trilun per bulan.

Warga Puncak Diresahkan Imigran

Warga Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kembali dibuat resah dengan kehadiran imigran gelap pencari suaka yang menempati sejumlah wilayah di kawasan tersebut.

Udara Palembang Masih Berbahaya

Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan udara di Palembang hingga kini masih berbahaya, sebab Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) masih menunjukkan angka 418 atau berbahaya.