Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPT di Kabupaten Malang Diverifikasi Ulang

dpt, kabupaten malang, verifikasi ulang

Posted on 09 Oct 2013. Hits : 575

Daftar pemilih tetap Pemilu Legislatif 2014 di Kabupaten Malang, Jatim, diverifikasi ulang karena dikhawatirkan berpotensi ada pemilih ganda, kata Pimpinan Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Panwas Kabupaten Malang Eka Fatmawati.

Hasil verifikasi (audit) daftar pemilih tetap (DPT) ini akan diserahkan ke Bawaslu Provinsi Jatim yang selanjutnya ke Bawaslu pusat, kata Eka Fatmawati di Malang, Rabu.

"Proses audit DPT ini sudah dilakukan sejak kemarin (Selasa, 8/10). Audit DPT ini kami lakukan karena sesuai pernyataan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Malang, perbandingan antara daftar pemilih sementara (DPS) dengan DPT berada di atas ambang," katanya.

DPT yang melebihi batas ambang itu, kata Eka, ada ketidakwajaran antara DPT dengan data kependudukan, bahkan persentasenya mencapai 80 persen hingga 100 persen.

Dari 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang, 25 kecamatan di antaranya masuk daftar di atas ambang batas. Batas ambang normal adalah 60 sampai 80 persen dari jumlah penduduk dan Kabupaten Malang rata-rata ambang batasnya mencapai 84 persen.

Delapan kecamatan yang "normal" itu di antaranya adalah Kecamatan Singosari, Kromengan, Wagir, Pakisaji, Pagelaran, Pakis serta Kepanjen.

Lebih lanjut Eka Fatmawati menjelaskan audit DPT tersebut sebagai tindak lanjut dari Surat edaran Bawaslu Nomor 717 tentang Pelaksanaan dan pengawasan DPT Pemilu DPR, DPD dan DPRD.

Bawaslu RI meminta semua Panwaslu di kota/kabupaten untuk melakukan audit, sebab DPT yang telah ditetapkan Komisi pemilihan Umum (KPU) diduga masih banyak kejanggalan, termasuk DPT ganda, Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda serta status perkawinan.

Proses audit tersebut, lanjutnya, adalah membandingkan antara DPT pada Pilgub Jatim akhir Agustus lalu dengan daftar potensial penduduk pemilih pemilu (DP4), kemudian dibandingkan dengan DPS dan terakhir dengan DPT.

"Besok (Kamis, 10/10) hasil verifiaksi ini kami serahkan k e Bawaslu Provinsi Jatim dan selanjutnya akan diserahkan ke Bawaslu RI. Di Bawaslu puasat nantinya akan dibahas dalam rapat kerja nasional (Rakernas)," ujarnya, menambahkan.(ris/ant)

BPTP Kumpulkan Tanaman Sumber Daya Genetik

Badan Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta mengumpulkan berbagai jenis tanaman yang dijadikan sumber daya genetik untuk mengantisipasi kepunahan.

Fraksi PPP Dukung Hak Interpelasi

Sebanyak tujuh dari 202 anggota DPR yang mendukung hak interpelasi kenaikan harga BBM berasal dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan.

Barut Salurkan Dana PSKS

Kantor Pos Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mulai mencairkan dana kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak melalui Program Simpanan Keluarga Sejahtera yang mencapai 3.

Kandang Ayam Resahkan Warga Jembrana

Kandang ayam meresahkan warga Dusun Munduk Kendung, Desa Berangbang, Kabupaten Jembrana, Bali, karena memicu banyaknya lalat.

Pengendara Motor Jakarta Mulai Beralih ke BBM Swasta

Seminggu pascapenaikan harga bahan bakar minyak masyarakat pengguna sepeda motor mulai mengonsumsi BBM swasta atau industri yang ada di SPBU di sepanjang jalan di sekitar Jakarta.