Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DOB Grime Nawa Siap Dimekarkan

daerah otonomi baru, dob, pemekaran

Posted on 08 Jan 2014. Hits : 381

Daerah Otonomi Baru (DOB) Grime Nawa 99,9 persen siap dimekarkan karena telah memenuhi syarat secara fisik maupun administrasi.

Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan Grime Nawa yang sudah masuk dalam Amanat Presiden (Ampres) dari 65 DOB ini, masuk dalam urutan 31 dan lebih siap dalam dari sekian banyak DOB yang Ampresnya sudah dikeluarkan oleh Presiden pada 27 Desember 2013.

"Grime Nawa bertahun-tahun sudah siap dari segi infrastruktur, akses, komunikasi dan kesiapan masyarakat serta sumber dayanya," tandasnya kepada Antara di Sentani, Rabu.

Ia menjelaskan dari sekian banyak kabupaten yang ada di Papua dan sudah memenuhi syarat 99,9 persen adalah Grime Nawa dan jika dikatakan seperti itu berarti semuanya sudah tuntas termasuk batas wilayahnya, baik kecamatannya maupun ibukota kabupaten.

"Penyerahan Amanat Presiden (Ampres) oleh Anggota Komisi II DPR RI, Agustina Basik Basik, untuk pemekaran Grime Nawa menjadi hadiah tahun baru yang luar biasa dan sangat dinanti-nantikan masyarakat," ujarnya.

Bupati menuturkan pihaknya sudah mempunyai target yang mengacu kepada Peraturan Presiden Tahun 2007, dimana dengan apa yang sudah diamanatkan didalamnya menjadi fisik kewilayahan dan administrasinya yang akan dikaji lagi.

"Ini adalah sesuatu yang menggembirakan dan hal yang wajar karena dengan adanya DOB maka daerah ini akan berkembang dengan cepat dan kesejahteraan bisa cepat tercapai," urainya.

Bupati mengungkapkan dengan turunnya Ampres, DOB ini akan dibahas oleh DPR RI dan DPD RI, maka pasti atau tidak pasti yang penting Ampres sudah turun sehingga tidak bisa dipungkiri lagi pemekarannya.

"Untuk memastikan hal tersebut, pada saat sudah bergulir dalam pembahasan pimpinan DPR RI, kemudian akan diturunkan surat penugasan kepada DPD RI untuk bekerja dan akan segera ditindaklanjuti untuk turun meninjau lapangan," pungkasnya.(ant/vaa)

11 Ribu Warga Miskin Aceh Barat Terima ZIS

Sedikitnya 11 ribu masyarakat miskin di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh menerima bantuan Zakat, Infak dan Sadaqah (ZIS) agar terbantu perekonomian keluarga menyambut bulan puasa Ramadhan 1436 Hijriah.

Pemkot Bentuk Tim Pengawasan Stok Kebutuhan Pokok

Menjelang bulan suci Ramadan, Dinas Perindagkop Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut), membentuk tim pengawasan terkait dengan pengawasan stok beras dan seluruh bahan pokok untuk memaksimalkan stok di bulan Ramadhan.

Menteri Yohana Siapkan Larangan Anak Main Ponsel

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise mengatakan pihaknya sedang menyiapkan peraturan menteri mengenai larangan penggunaan telepon seluler atau ponsel pada anak.

Tren Mudik Lebaran Tahun Ini Cenderung Gunakan Kendaraan Pribadi

Tren pemudik Lebaran tahun ini cenderung beralih ke kendaraan pribadi terutama untuk jalur darat yang dipicu dengan mendapatkan kendaraan bermotor pribadi, terutama mobil dan sepeda motor, kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Djoko Sasono.

Telkomsel Perluas 4G LTE Di Tujuh Kota

Operator seluler Telkomsel hingga akhir tahun 2015 akan memperluas layanan teknologi 4G Long Term Evolution (LTE) ke tujuh kota di Tanah Air, dari saat ini sudah hadir di lima kota.