Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DOB Grime Nawa Siap Dimekarkan

daerah otonomi baru, dob, pemekaran

Posted on 08 Jan 2014. Hits : 381

Daerah Otonomi Baru (DOB) Grime Nawa 99,9 persen siap dimekarkan karena telah memenuhi syarat secara fisik maupun administrasi.

Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan Grime Nawa yang sudah masuk dalam Amanat Presiden (Ampres) dari 65 DOB ini, masuk dalam urutan 31 dan lebih siap dalam dari sekian banyak DOB yang Ampresnya sudah dikeluarkan oleh Presiden pada 27 Desember 2013.

"Grime Nawa bertahun-tahun sudah siap dari segi infrastruktur, akses, komunikasi dan kesiapan masyarakat serta sumber dayanya," tandasnya kepada Antara di Sentani, Rabu.

Ia menjelaskan dari sekian banyak kabupaten yang ada di Papua dan sudah memenuhi syarat 99,9 persen adalah Grime Nawa dan jika dikatakan seperti itu berarti semuanya sudah tuntas termasuk batas wilayahnya, baik kecamatannya maupun ibukota kabupaten.

"Penyerahan Amanat Presiden (Ampres) oleh Anggota Komisi II DPR RI, Agustina Basik Basik, untuk pemekaran Grime Nawa menjadi hadiah tahun baru yang luar biasa dan sangat dinanti-nantikan masyarakat," ujarnya.

Bupati menuturkan pihaknya sudah mempunyai target yang mengacu kepada Peraturan Presiden Tahun 2007, dimana dengan apa yang sudah diamanatkan didalamnya menjadi fisik kewilayahan dan administrasinya yang akan dikaji lagi.

"Ini adalah sesuatu yang menggembirakan dan hal yang wajar karena dengan adanya DOB maka daerah ini akan berkembang dengan cepat dan kesejahteraan bisa cepat tercapai," urainya.

Bupati mengungkapkan dengan turunnya Ampres, DOB ini akan dibahas oleh DPR RI dan DPD RI, maka pasti atau tidak pasti yang penting Ampres sudah turun sehingga tidak bisa dipungkiri lagi pemekarannya.

"Untuk memastikan hal tersebut, pada saat sudah bergulir dalam pembahasan pimpinan DPR RI, kemudian akan diturunkan surat penugasan kepada DPD RI untuk bekerja dan akan segera ditindaklanjuti untuk turun meninjau lapangan," pungkasnya.(ant/vaa)

Adaro Bukukan Pendapatan 1,399 Miliar Dolar AS

PT Adaro Energy Tbk (ADRO) membukukan penurunan pendapatan pada semester pertama 2015 sebesar 17 persen menjadi 1,399 miliar dolar AS dibandingkan periode sama tahun sebelumnya 1,693 miliar dolar AS.

Inspektorat Audit Dana Hibah Di Bawaslu NT

Tim audit dari Inspektorat Nusa Tenggara Barat melakukan audit khusus terhadap Badan Pengawas Pemilihan Umum NTB terkait penggunaan dana hibah pilkada tahun 2013 sebesar Rp13,5 miliar.

Masyarakat Diharapkan Hindari Kawasan Jalan Merdeka Barat

Masyarakat diharapkan menghindari kawasan Jalan Medan Merdeka Barat hingga Istana Negara pada Selasa (1/8), mengingat akan ada aksi dari sekitar 48.

UMK Siap Berkompetisi Di Tingkat Global

Universitas Muria Kudus (UMK), Jawa Tengah, menyatakan kesiapannya bersaing di tingkat global, menyusul diterimanya akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Bupati Minahasa Tenggara Minta Pelayanan PLN Ditingkatkan

Bupati Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, James Sumendap meminta PLN meningkatkan manajemen pelayanan listrik bagi masyarakat.