Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DOB Grime Nawa Siap Dimekarkan

daerah otonomi baru, dob, pemekaran

Posted on 08 Jan 2014. Hits : 381

Daerah Otonomi Baru (DOB) Grime Nawa 99,9 persen siap dimekarkan karena telah memenuhi syarat secara fisik maupun administrasi.

Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan Grime Nawa yang sudah masuk dalam Amanat Presiden (Ampres) dari 65 DOB ini, masuk dalam urutan 31 dan lebih siap dalam dari sekian banyak DOB yang Ampresnya sudah dikeluarkan oleh Presiden pada 27 Desember 2013.

"Grime Nawa bertahun-tahun sudah siap dari segi infrastruktur, akses, komunikasi dan kesiapan masyarakat serta sumber dayanya," tandasnya kepada Antara di Sentani, Rabu.

Ia menjelaskan dari sekian banyak kabupaten yang ada di Papua dan sudah memenuhi syarat 99,9 persen adalah Grime Nawa dan jika dikatakan seperti itu berarti semuanya sudah tuntas termasuk batas wilayahnya, baik kecamatannya maupun ibukota kabupaten.

"Penyerahan Amanat Presiden (Ampres) oleh Anggota Komisi II DPR RI, Agustina Basik Basik, untuk pemekaran Grime Nawa menjadi hadiah tahun baru yang luar biasa dan sangat dinanti-nantikan masyarakat," ujarnya.

Bupati menuturkan pihaknya sudah mempunyai target yang mengacu kepada Peraturan Presiden Tahun 2007, dimana dengan apa yang sudah diamanatkan didalamnya menjadi fisik kewilayahan dan administrasinya yang akan dikaji lagi.

"Ini adalah sesuatu yang menggembirakan dan hal yang wajar karena dengan adanya DOB maka daerah ini akan berkembang dengan cepat dan kesejahteraan bisa cepat tercapai," urainya.

Bupati mengungkapkan dengan turunnya Ampres, DOB ini akan dibahas oleh DPR RI dan DPD RI, maka pasti atau tidak pasti yang penting Ampres sudah turun sehingga tidak bisa dipungkiri lagi pemekarannya.

"Untuk memastikan hal tersebut, pada saat sudah bergulir dalam pembahasan pimpinan DPR RI, kemudian akan diturunkan surat penugasan kepada DPD RI untuk bekerja dan akan segera ditindaklanjuti untuk turun meninjau lapangan," pungkasnya.(ant/vaa)

Muhaimin Pilih Tak Jadi Menteri

Pengamat politik Indonesian Public Institute Karyono Wibowo menilai Muhaimin Iskandar memilih untuk tidak menjadi menteri di pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dengan kembali menjadi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Korban Kebakaran Mendapat Santunan

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan santunan kepada warga Terbah, Kemin Hadi Wiyono, yang rumahnya mengalami kebakaran pada Minggu (31/8) malam.

Militer Lesotho Didesak Kembali ke Barak

Pemerintah Afrika Selatan pada Ahad (31/8) mendesak Pasukan Pertahanan Lesotho kembali ke barak mereka dan mengizinkan pemerintah yang terpilih secara demokratis di Kerajaan tersebut melaksanakan kegiatannya.

Pemprov Luncurkan Radio Suara Rakyat Hulondalo

Pemerintah Provinsi Gorontalo akhirnya meluncurkan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Suara Rakyat Hulondalo setelah LPPL itu mengudara dengan siaran percobaan kurang lebih dua bulan.

Pemkot Dukung 'Food Safety' Masuk Desa

Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mendukung penuh dan siap membantu menyukseskan program "Food Safety" Masuk Desa dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sultra.