Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPPM Dorong Perempuan Yogyakarta Lebih Berani Berpolitik

yogyakarta, perempuan berpolitik

Posted on 23 Nov 2012. Hits : 276

Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong perempuan di daerah lebih berani berkiprah dalam dunia politik.

"Kami mendorong agar perempuan di Yogyakarta menunjukkan keberaniannya untuk berkiprah di dunia politik," kata Kepala BPPM DIY, Rochana Dwi Astuti di Yogyakarta, Jumat.

Dia mengakui peran perempuan di Yogyakarta dalam berbagai bidang sudah maju pesat, kecuali di ranah politik.

"Di bidang ekonomi, pendidikan, apalagi kesehatan perempuan di Yogyakarta sudah cukup berperan, kecuali di bidang politik masih kurang," katanya.

Ia mengatakan persentase keterwakilan perempuan di legislatif DIY baru memenuhi 21 persen dari kuota 30 persen seperti yang sudah diatur dalam UU tentang partai politik.

"Untuk legislatif di tingkat provinsi keterwakilan perempuan baru mencapai 21 persen apalagi di tingkat kabupaten atau kota kemungkinan besar bisa lebih sedikit," katanya.

Dalam bidang apa pun termasuk politik, lanjut dia, seharusnya perempuan jangan sampai memiliki mental untuk menjadi "kaum nomor dua" melainkan menunjukkan bahwa perempuan memiliki hak untuk berkiprah khususnya di bidang politik.

Dalam upaya meningkatkan peran perempuan di bidang politik, kata dia, BPPM DIY telah beberapa kali memberikan pendidikan politik khusus kepada perempuan namun hingga saat ini ternyata hasilnya belum signifikan.

"Sebagian besar dari mereka masih memiliki satu hambatan klasik, yaitu rasa kurang percaya diri termasuk mempertimbangkan mahalnya ongkos politik di Indonesia," katanya.

Rasa percaya diri tersebut, kata dia, sebenarnya bisa dilatih secara mandiri oleh kaum perempuan. (ant/as)

Honda Minta Maaf Pada Stoner Atas Insiden Suzuka

Honda Racing telah meminta maaf kepada pebalap Australia Casey Stoner atas kerusakan katup sehingga mengakibatkan kecelakaan di ajang ketahanan "Suzuka 8 Jam" pada akhir pekan lalu dan mengakibatkan mantan juara dunia MotoGP itu menderita beberapa patah tulang.

Menu Kepah Khas Rupat Utara Semakin Diminati

Menu masakan dari kepah atau siput gayam merupakan sejenis kerang-kerangan air asin yang mudah didapat di Pantai Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengklais, Riau semakin diminati.

Dekranasda Samarinda Perkenalkan Batik Bermotif Ikan Pesut

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Samarinda, Kalimantan Timur, akan memperkenalkan batik bermotif Ikan Pesut pada pameran Hari Koperasi ke-68 tingkat Provinsi Kalimantan Timur, yang rencananya dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Panwas Pilkada Supiori Melapor Ke Bawaslu

Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kepala Daerah (Panwas Pilkada) Kabupaten Supiori, melapor ke Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia di Jakarta dan Bawaslu Provinsi Papua terkait dengan ketiadaan pengalokasian dana hibah pilkada serentak.