Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPPM Dorong Perempuan Yogyakarta Lebih Berani Berpolitik

yogyakarta, perempuan berpolitik

Posted on 23 Nov 2012. Hits : 276

Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong perempuan di daerah lebih berani berkiprah dalam dunia politik.

"Kami mendorong agar perempuan di Yogyakarta menunjukkan keberaniannya untuk berkiprah di dunia politik," kata Kepala BPPM DIY, Rochana Dwi Astuti di Yogyakarta, Jumat.

Dia mengakui peran perempuan di Yogyakarta dalam berbagai bidang sudah maju pesat, kecuali di ranah politik.

"Di bidang ekonomi, pendidikan, apalagi kesehatan perempuan di Yogyakarta sudah cukup berperan, kecuali di bidang politik masih kurang," katanya.

Ia mengatakan persentase keterwakilan perempuan di legislatif DIY baru memenuhi 21 persen dari kuota 30 persen seperti yang sudah diatur dalam UU tentang partai politik.

"Untuk legislatif di tingkat provinsi keterwakilan perempuan baru mencapai 21 persen apalagi di tingkat kabupaten atau kota kemungkinan besar bisa lebih sedikit," katanya.

Dalam bidang apa pun termasuk politik, lanjut dia, seharusnya perempuan jangan sampai memiliki mental untuk menjadi "kaum nomor dua" melainkan menunjukkan bahwa perempuan memiliki hak untuk berkiprah khususnya di bidang politik.

Dalam upaya meningkatkan peran perempuan di bidang politik, kata dia, BPPM DIY telah beberapa kali memberikan pendidikan politik khusus kepada perempuan namun hingga saat ini ternyata hasilnya belum signifikan.

"Sebagian besar dari mereka masih memiliki satu hambatan klasik, yaitu rasa kurang percaya diri termasuk mempertimbangkan mahalnya ongkos politik di Indonesia," katanya.

Rasa percaya diri tersebut, kata dia, sebenarnya bisa dilatih secara mandiri oleh kaum perempuan. (ant/as)

Topi Napoleon Dilelang Di Prancis

Jarang sebuah topi menjadi sangat identik dengan pemiliknya, kecuali Napoleon dengan topi hitam dua sisinya.

Al Kalam Pameran Pusaka Peringati 1 Muharram

Al Kalam menggelar pameran benda-benda pusaka dalam memperingati 1 Muharram atau tahun baru Islam yang jatuh pada 1436 Hijriah.

Pemprov Jambi Berupaya Tingkatkan Pemerataan Pendidikan

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan Pemprov Jambi terus berupaya untuk meningkatkan akses dan pemerataan pendidikan serta peningkatan kualitas pendidikan melalui berbagai program dan kegiatan, termasuk program beasiswa pendidikan.

Gubernur Jambi Minta Masyarakat Awasi Program Beasiswa

Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus meminta masyarakat Jambi untuk memantau dan mengawasi program beasiswa masyarakat miskin yang diluncurkan pemerintah melalui program unggulan Provinsi Jambi, Satu Miliar Satu Kecamatan (Samisake).

Industri Kakao Malaysia Tergantung Pasokan Indonesia

Industri kakao (coklat) di Malaysia hingga sekarang ini masih sangat tergantung pasokan dari Indonesia meski negara itu juga penghasil komoditas tersebut.