Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPPM Dorong Perempuan Yogyakarta Lebih Berani Berpolitik

yogyakarta, perempuan berpolitik

Posted on 23 Nov 2012. Hits : 276

Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong perempuan di daerah lebih berani berkiprah dalam dunia politik.

"Kami mendorong agar perempuan di Yogyakarta menunjukkan keberaniannya untuk berkiprah di dunia politik," kata Kepala BPPM DIY, Rochana Dwi Astuti di Yogyakarta, Jumat.

Dia mengakui peran perempuan di Yogyakarta dalam berbagai bidang sudah maju pesat, kecuali di ranah politik.

"Di bidang ekonomi, pendidikan, apalagi kesehatan perempuan di Yogyakarta sudah cukup berperan, kecuali di bidang politik masih kurang," katanya.

Ia mengatakan persentase keterwakilan perempuan di legislatif DIY baru memenuhi 21 persen dari kuota 30 persen seperti yang sudah diatur dalam UU tentang partai politik.

"Untuk legislatif di tingkat provinsi keterwakilan perempuan baru mencapai 21 persen apalagi di tingkat kabupaten atau kota kemungkinan besar bisa lebih sedikit," katanya.

Dalam bidang apa pun termasuk politik, lanjut dia, seharusnya perempuan jangan sampai memiliki mental untuk menjadi "kaum nomor dua" melainkan menunjukkan bahwa perempuan memiliki hak untuk berkiprah khususnya di bidang politik.

Dalam upaya meningkatkan peran perempuan di bidang politik, kata dia, BPPM DIY telah beberapa kali memberikan pendidikan politik khusus kepada perempuan namun hingga saat ini ternyata hasilnya belum signifikan.

"Sebagian besar dari mereka masih memiliki satu hambatan klasik, yaitu rasa kurang percaya diri termasuk mempertimbangkan mahalnya ongkos politik di Indonesia," katanya.

Rasa percaya diri tersebut, kata dia, sebenarnya bisa dilatih secara mandiri oleh kaum perempuan. (ant/as)

Beijing Denda 1.600 Perusak Lingkungan

Pemerintah Kota Beijing sejak Maret 2014 mengeluarkan 1.

Pidato Pangeran William Di Tiongkok Dapat Sambutan Meriah

Pangeran William dari Inggris mendapat banjir pujian dari pengguna internet di Tiongkok, Kamis setelah ia mengunjungi pusat perlindungan gajah liar di negeri itu dan mengecam penyelundupan satwa liar yang disebutnya sebagai "kejahatan yang keji".

AGP Jual Beras Murah Di Jabodetabek

Lembaga nirlaba Artha Graha Peduli (AGP) menggelar operasi penjualan murah di sekitar 100 titik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang bertujuan meringankan beban masyarakat menyusul kenaikan harga beras yang terus melambung.

Pakar: Tiga Fase Membesarkan Anak Islami Di Barat

Pengamat pendidikan anak dari Aberdeen Dr Syeikh Ahmed El Maghrebi mengatakan ada tiga fase perkembangan anak yang perlu diperhatikan bagi orang tua yang ingin membesarkan anak di negara Barat seperti Inggris.

Kubu Aburizal Daftarkan Gugatan Baru Ke Pengadilan

Partai Golkar pimpinan Aburizal Bakrie mendaftarkan gugatan baru ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat terkait polemik internal partai beringin, setelah sebelumnya mencabut pengajuan kasasi di Mahkamah Agung.