Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPPM Dorong Perempuan Yogyakarta Lebih Berani Berpolitik

yogyakarta, perempuan berpolitik

Posted on 23 Nov 2012. Hits : 272

Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong perempuan di daerah lebih berani berkiprah dalam dunia politik.

"Kami mendorong agar perempuan di Yogyakarta menunjukkan keberaniannya untuk berkiprah di dunia politik," kata Kepala BPPM DIY, Rochana Dwi Astuti di Yogyakarta, Jumat.

Dia mengakui peran perempuan di Yogyakarta dalam berbagai bidang sudah maju pesat, kecuali di ranah politik.

"Di bidang ekonomi, pendidikan, apalagi kesehatan perempuan di Yogyakarta sudah cukup berperan, kecuali di bidang politik masih kurang," katanya.

Ia mengatakan persentase keterwakilan perempuan di legislatif DIY baru memenuhi 21 persen dari kuota 30 persen seperti yang sudah diatur dalam UU tentang partai politik.

"Untuk legislatif di tingkat provinsi keterwakilan perempuan baru mencapai 21 persen apalagi di tingkat kabupaten atau kota kemungkinan besar bisa lebih sedikit," katanya.

Dalam bidang apa pun termasuk politik, lanjut dia, seharusnya perempuan jangan sampai memiliki mental untuk menjadi "kaum nomor dua" melainkan menunjukkan bahwa perempuan memiliki hak untuk berkiprah khususnya di bidang politik.

Dalam upaya meningkatkan peran perempuan di bidang politik, kata dia, BPPM DIY telah beberapa kali memberikan pendidikan politik khusus kepada perempuan namun hingga saat ini ternyata hasilnya belum signifikan.

"Sebagian besar dari mereka masih memiliki satu hambatan klasik, yaitu rasa kurang percaya diri termasuk mempertimbangkan mahalnya ongkos politik di Indonesia," katanya.

Rasa percaya diri tersebut, kata dia, sebenarnya bisa dilatih secara mandiri oleh kaum perempuan. (ant/as)

Turis Jepang Dominasi Kunjungan Ke Biak

Turis mancanegara dari Jepang setiap tahun mendominasi kunjungan ke Kabupaten Biak Numfor, Papua, untuk mengenang korban Perang Dunia II saat bertempur melawan tentara Sekutu sekitar tahun 1943-an.

Ketua Asosiasi Sepak Bola Argentina Grondona Meninggal

Julio Grondona, presiden veteran dari Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) dan wakil presiden FIFA, meninggal dunia Rabu pada usia 82 tahun di klinik Buenos Aires, demikian dilaporkan sumber-sumber AFA.

Mesir Bantah Kirim Pangan Kedaluwarsa Ke Palestina

Pemerintah Mesir membantah laporan dari media massa bahwa pihaknya telah mengirim bantuan bahan makanan dan obat-obatan kedaluwarsa ke Palestina.

Romelu Lukaku Dilaporkan Semakin Dekat Untuk Dimiliki Everton

Everton semakin dekat untuk mengumumkan perekrutan penyerang Romelu Lukaku dengan basis permanen dari sesama klub Liga Utama Inggris Chelsea, demikian dilaporkan media-media Inggris pada Rabu (Kamis WIB).

Liga Utama Inggris Adopsi Penggunaan Semprotan Penanda

Liga Utama Inggris mengumumkan pada Rabu bahwa wasit-wasit di kompetisi strata teratas Inggris akan menggunakan semprotan penanda untuk mengawasi tendangan-tendangan bebas pada awal musim 2014/2015.