Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPPM Dorong Perempuan Yogyakarta Lebih Berani Berpolitik

yogyakarta, perempuan berpolitik

Posted on 23 Nov 2012. Hits : 276

Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong perempuan di daerah lebih berani berkiprah dalam dunia politik.

"Kami mendorong agar perempuan di Yogyakarta menunjukkan keberaniannya untuk berkiprah di dunia politik," kata Kepala BPPM DIY, Rochana Dwi Astuti di Yogyakarta, Jumat.

Dia mengakui peran perempuan di Yogyakarta dalam berbagai bidang sudah maju pesat, kecuali di ranah politik.

"Di bidang ekonomi, pendidikan, apalagi kesehatan perempuan di Yogyakarta sudah cukup berperan, kecuali di bidang politik masih kurang," katanya.

Ia mengatakan persentase keterwakilan perempuan di legislatif DIY baru memenuhi 21 persen dari kuota 30 persen seperti yang sudah diatur dalam UU tentang partai politik.

"Untuk legislatif di tingkat provinsi keterwakilan perempuan baru mencapai 21 persen apalagi di tingkat kabupaten atau kota kemungkinan besar bisa lebih sedikit," katanya.

Dalam bidang apa pun termasuk politik, lanjut dia, seharusnya perempuan jangan sampai memiliki mental untuk menjadi "kaum nomor dua" melainkan menunjukkan bahwa perempuan memiliki hak untuk berkiprah khususnya di bidang politik.

Dalam upaya meningkatkan peran perempuan di bidang politik, kata dia, BPPM DIY telah beberapa kali memberikan pendidikan politik khusus kepada perempuan namun hingga saat ini ternyata hasilnya belum signifikan.

"Sebagian besar dari mereka masih memiliki satu hambatan klasik, yaitu rasa kurang percaya diri termasuk mempertimbangkan mahalnya ongkos politik di Indonesia," katanya.

Rasa percaya diri tersebut, kata dia, sebenarnya bisa dilatih secara mandiri oleh kaum perempuan. (ant/as)

Ranjau Darat Tewaskan Penjaga Perdamaian Chad

Seorang penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa asal Chad tewas dan beberapa orang lainnya cedera ketika kendaraan mereka menghantam ranjau darat di Mali utara, kata sumber militer di negara tersebut.

Kemarau Terjadi Hingga Oktober

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kediri, Nusa Tenggara Barat, menyebutkan musim kemarau di seluruh daerah ini akan terjadi hingga Oktober.

Temanggung Salurkan Air Bersih ke Dusun

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, telah menyalurkan bantuan air bersih ke delapan dusun yang mengalami kekeringan pada masim kemarau ini.

Trik Minat Wisatawan Taiwan Lewat Golf

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) berupaya menarik perhatian wisatawan mancanegara (wisman) asal Taiwan melalui olah raga golf.

Disperindag Tera Ulang Timbangan Pedagang

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh menera atau mengukur ulang timbangan pedagang, sehingga nilainya menjadi pas.