Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPPM Dorong Perempuan Yogyakarta Lebih Berani Berpolitik

yogyakarta, perempuan berpolitik

Posted on 23 Nov 2012. Hits : 276

Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong perempuan di daerah lebih berani berkiprah dalam dunia politik.

"Kami mendorong agar perempuan di Yogyakarta menunjukkan keberaniannya untuk berkiprah di dunia politik," kata Kepala BPPM DIY, Rochana Dwi Astuti di Yogyakarta, Jumat.

Dia mengakui peran perempuan di Yogyakarta dalam berbagai bidang sudah maju pesat, kecuali di ranah politik.

"Di bidang ekonomi, pendidikan, apalagi kesehatan perempuan di Yogyakarta sudah cukup berperan, kecuali di bidang politik masih kurang," katanya.

Ia mengatakan persentase keterwakilan perempuan di legislatif DIY baru memenuhi 21 persen dari kuota 30 persen seperti yang sudah diatur dalam UU tentang partai politik.

"Untuk legislatif di tingkat provinsi keterwakilan perempuan baru mencapai 21 persen apalagi di tingkat kabupaten atau kota kemungkinan besar bisa lebih sedikit," katanya.

Dalam bidang apa pun termasuk politik, lanjut dia, seharusnya perempuan jangan sampai memiliki mental untuk menjadi "kaum nomor dua" melainkan menunjukkan bahwa perempuan memiliki hak untuk berkiprah khususnya di bidang politik.

Dalam upaya meningkatkan peran perempuan di bidang politik, kata dia, BPPM DIY telah beberapa kali memberikan pendidikan politik khusus kepada perempuan namun hingga saat ini ternyata hasilnya belum signifikan.

"Sebagian besar dari mereka masih memiliki satu hambatan klasik, yaitu rasa kurang percaya diri termasuk mempertimbangkan mahalnya ongkos politik di Indonesia," katanya.

Rasa percaya diri tersebut, kata dia, sebenarnya bisa dilatih secara mandiri oleh kaum perempuan. (ant/as)

Pemkab Bangka Tengah Lengkapi Fasilitas Taman Kota

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung secara bertahap melakukan renovasi dan melengkapi fasilitas pendukung di taman kota yang terdapat di kawasan Bundaran Ikan, Kecamatan Koba.

Siswa Di Palu Siap Ikut Ujian Nasional

Sejumlah siswa di Palu, Sulawesi Tengah menyatakan siap mengikuti ujian nasional (UN) tingkat SMP dan sederajat yang akan berlangsung 4-7 Mei 2015.

Menkominfo : Pembangunan Kabel Optik Merupakan Kebutuhan Mendesak

Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara mengatakan, pembangunan kabel optik bawah laut merupakan kebutuhan mendesak untuk melayani masyarakat luas.

11 Siswa SLB Banjarmasin Ikuti UN

Sebanyak 11 siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Banjarmasin akan mengikuti ujian nasional yang berlangsung 4-7 Mei.

Kampar Terapkan Pengawasan 24 Jam Tiap Desa

Pemerintah Kabupaten Kampar Provinsi Riau mewacanakan pengawasan ketat selama 24 jam di tiap desa untuk mengantisipasi berbagai hal negatif termasuk peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) serta berbagai potensi kejahatan lainnya.