Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BKD Madiun Curigai 2 Oknum PNS Terlibat Politik Praktis

badan kepegawaian daerah, kota madiun, politik, praktis

Posted on 22 Mar 2013. Hits : 349

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Madiun, Jawa Timur, terus memantau aktivitas dua oknum pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan setempat yang diduga terlibat politik praktis jelang pelaksanaan Pilkada Kabupaten Madiun 2013 pada Mei.

Kepala BKD Kabupaten Madiun Slamet Rijadi, Jumat mengatakan, kedua oknum PNS tersebut adalah EK yang bertugas di Kantor Lingkungan Hidup dan KH yang bertugas di Satpol PP setempat.

"Keduanya terbukti ikut dan terlibat dalam politik praktis saat pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sukiman-Sugito mengadakan kegiatan mirip kampanye berbentuk pengobatan terbatas di Lapangan Jiwan pada Sabtu tanggal 9 Maret 2013," ujar Slamet kepada wartawan.

Menurut dia, keterlibatan tersebut diketahui berdasarkan laporan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Jiwan kepada Inspektorat Kabupaten Madiun beberapa waktu lalu. Panwascam Jiwan menemukan pelanggaran berat dua oknum PNS Pemkab Madiun tersebut, terlibat dan mendukung pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Madiun, Sukiman-Sugito.

"Saat ini kami masih menunggu hasil pemeriksaan dari Inspektorat. Setelah hasilnya keluar, baru keduanya diproses sesuai aturan yang ada," tutur Slamet.

Ia menegaskan, jika keduanya terbukti terlibat dalam politik praktis, BKD Kabupaten Madiun akan memberikan sanksi sesuai aturan yang ada.

Kedua oknum PNS tersebut dinilai melanggar Undang-Undang Nomor 43 tahun 1999 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 8 tahun 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian, dan PP Nomor 53 tahun 2010 pasal 4 tentang Disiplin PNS.

Pada PP tersebut dengan tegas menyebutkan, PNS dilarang ikut kampanye mendukung salah satu calon. Peraturan KPU tentang kampanye juga memuat larangan keras PNS terlibat kampanye pasangan calon.

"Dalam aturan-aturan tersebut dijelaskan bahwa PNS tidak boleh terlibat politik praktis dan harus netral dalam pemilu ataupun pilkada.

Adapun, Pilkada Kabupaten Madiun 2013 akan diselenggarakan pada tanggal 25 Mei. Pilkada tersebut akan diikuti oleh dua pasangan bakal cabup dan cawabup, yakni pasangan pejabat kini ("incumbent") Muhtarom dan Iswanto (Muis) yang diusung koalisi PKB dan Demokrat serta pasangan Sukiman dan Sugito yang diusung koalisi PDIP dan Golkar. (bn/ant)

Komunitas Sadar Baca Pamekasan Santuni Anak Yatim

Komunitas Sadar Baca Pamekasan, Jawa Timur, memberikan santunan kepada anak yatim, sebagai bentuk kepedulian kelompok itu, serta upaya mengajak anak-anak usia dini agar gemar membaca.

Koalisi Merah Putih Konsolidasi Pembentukan Pansus Pilpres

Akbar Tandjung selaku anggota penasehat pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, mengatakan partai Koalisi Merah Putih terus melakukan konsolidasi atas pembentukan Pansus Pilpres, untuk menindaklanjuti dugaan terjadinya kecurangan pada Pilpres 2014.

Dishubkominfo : Puncak Mudik Di Gunung Kidul Sabtu

Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memprediksi puncak arus mudik di daerah setempat berlangsung pada Sabtu, 26 Juli.

Polantas Bekasi Kota : Disiplin Pemudik Bermotor Rendah

Satuan Lalu Lintas Polresta Bekasi Kota, Jawa Barat, menilai tingkat kedisiplinan pengendara sepeda motor pada arus mudik Lebaran 2014 di wilayah setempat masih relatif rendah.

BNN DIY Cek Urin Supir Bus Akap

Badan Narkotika Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta memeriksa kesehatan dan melakukan tes urin 48 sopir bus antarkota antarprovinsi di Terminal Wates, Kabupaten Kulon Progo.