Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Ada Lima Sasaran Agen Pemilu 2014

kpu, bengkulu, lima sasaran, agen sosialisasi, pemilu

Posted on 29 Sep 2013. Hits : 313

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan ada lima sasaran agen sosialiasi pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2014.

'Ada lima kelompok masyarakat yang menjadi sasaran para agen tersebut untuk menyosialisasikan pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih,' katanya di Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan lima kelompok sasaran tersebut, yakni unsur pemilih pemula, pemilih perempuan, kelompok agama, disabilitas atau penyandang cacat dan kaum marginal.

Agen sosialisasi pemilu yang direkrut KPU, kata dia, berasal dari lima unsur tersebut, yang bertugas memberikan pemahaman tentang pentingnya hak politik.

'Kami merekrut agen pemilu dari perwakilan tiap unsur masyarakat ini untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih,' tambahnya.

Menurutnya tidak hanya kualitas pemilih yang ditingkatkan, tapi termasuk juga kesadaran memilih.

Saputra mengatakan bahwa budaya idealis yang ada pada pemilih, cenderung bergeser menjadi pragmatis.

'Jadi harapannya masyarakat itu benar-benar dengan sadar menggunakan hak politik, bukan karena iming-iming atau ada kalkulasinya,' ujarnya.

Selain agen pemilu, KPU, kata dia, juga akan merekrut relawan demokrasi yakni mereka yang memiliki semangat kerelawanan.

Relawan demokrasi tersebut yakni mereka yang kesadaran demokrasinya masih kental dan secara sadar mengkampanyekan pentingnya menggunakan hak politik.(ant/rd)

Cuti Bersama Pemkot Denpasar Buka Pelayanan Publik

Pemerintah Kota Denpasar, Bali, tetap membuka sejumlah instansi pelayanan publik saat cuti bersama serangkaian Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1435 Hijriah.

PHBI Biak Lombakan Kendaraan Hias Takbir Keliling

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Biak Numfor, Papua, melombakan kendaraan hias peserta pawai takbir keliling menyambut malam hari raya Idul Fitri 1435 Hijriah pada Minggu malam 27 Juli 2014.

Mukomuko Gratiskan Biaya Pengobatan Bagi Pemudik Lebaran

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menggratiskan biaya pengobatan bagi pemudik lebaran tahun 2014 yang sakit hingga mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Lintas Barat di daerah itu.

KNPI Ajak Masyarakat Terima Karateker Mateng

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sulawesi Barat mengajak kepada masyarakat menerima pejabat karateker Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) yang baru ditetapkan.

Gubernur Lampung Minta Akurasi Data Penduduk Segera

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo meminta instansi terkat di jajarannya segera melakukan akurasi data kependudukan, sebagai dasar melakukan pembangunan manusia seutuhnya.