Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Ada Lima Sasaran Agen Pemilu 2014

kpu, bengkulu, lima sasaran, agen sosialisasi, pemilu

Posted on 29 Sep 2013. Hits : 330

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan ada lima sasaran agen sosialiasi pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2014.

'Ada lima kelompok masyarakat yang menjadi sasaran para agen tersebut untuk menyosialisasikan pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih,' katanya di Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan lima kelompok sasaran tersebut, yakni unsur pemilih pemula, pemilih perempuan, kelompok agama, disabilitas atau penyandang cacat dan kaum marginal.

Agen sosialisasi pemilu yang direkrut KPU, kata dia, berasal dari lima unsur tersebut, yang bertugas memberikan pemahaman tentang pentingnya hak politik.

'Kami merekrut agen pemilu dari perwakilan tiap unsur masyarakat ini untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih,' tambahnya.

Menurutnya tidak hanya kualitas pemilih yang ditingkatkan, tapi termasuk juga kesadaran memilih.

Saputra mengatakan bahwa budaya idealis yang ada pada pemilih, cenderung bergeser menjadi pragmatis.

'Jadi harapannya masyarakat itu benar-benar dengan sadar menggunakan hak politik, bukan karena iming-iming atau ada kalkulasinya,' ujarnya.

Selain agen pemilu, KPU, kata dia, juga akan merekrut relawan demokrasi yakni mereka yang memiliki semangat kerelawanan.

Relawan demokrasi tersebut yakni mereka yang kesadaran demokrasinya masih kental dan secara sadar mengkampanyekan pentingnya menggunakan hak politik.(ant/rd)

Opini BPH Diharapkan Naik

Gubernur Bali, Made Mangku Pastika berharap opini Badan Pemeriksaan Keuangan untuk Laporan Keuanga Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Badung pada tahun 2014 bisa naik kelas.

Sulut Butuh 1.500 Mw Gerakkan Sektor Ekonomi

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) masih membutuhkan 1.

Remaja Nakal Rentan Terhadap Penyalahgunaan Narkoba

Psikolog dari Sumatera Utara, Irna Minauli, di Medan, Minggu, mengatakan kenakalan remaja biasanya sangat rentan untuk memulai mencoba narkoba.

Susu Kedelai Jadi Tren Baru Perawatan Tubuh

Sejak zaman dahulu, susu keledai ternyata sudah dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan gizi dan perawatan tubuh.

12 Pegawai PDAM Kedapatan Terima Uang Pelanggan

Sebanyak 12 orang pegawai Perusahaa daerah air minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor, Jawa Barat terancam diberi sanksi tegas karena kedapatan menerima sejumlah uang dari masyarakat yang menjadi pelanggannya.