Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Ada Lima Sasaran Agen Pemilu 2014

kpu, bengkulu, lima sasaran, agen sosialisasi, pemilu

Posted on 29 Sep 2013. Hits : 330

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan ada lima sasaran agen sosialiasi pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2014.

'Ada lima kelompok masyarakat yang menjadi sasaran para agen tersebut untuk menyosialisasikan pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih,' katanya di Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan lima kelompok sasaran tersebut, yakni unsur pemilih pemula, pemilih perempuan, kelompok agama, disabilitas atau penyandang cacat dan kaum marginal.

Agen sosialisasi pemilu yang direkrut KPU, kata dia, berasal dari lima unsur tersebut, yang bertugas memberikan pemahaman tentang pentingnya hak politik.

'Kami merekrut agen pemilu dari perwakilan tiap unsur masyarakat ini untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih,' tambahnya.

Menurutnya tidak hanya kualitas pemilih yang ditingkatkan, tapi termasuk juga kesadaran memilih.

Saputra mengatakan bahwa budaya idealis yang ada pada pemilih, cenderung bergeser menjadi pragmatis.

'Jadi harapannya masyarakat itu benar-benar dengan sadar menggunakan hak politik, bukan karena iming-iming atau ada kalkulasinya,' ujarnya.

Selain agen pemilu, KPU, kata dia, juga akan merekrut relawan demokrasi yakni mereka yang memiliki semangat kerelawanan.

Relawan demokrasi tersebut yakni mereka yang kesadaran demokrasinya masih kental dan secara sadar mengkampanyekan pentingnya menggunakan hak politik.(ant/rd)

'Tie Beam' Jembatan Kartanegara Rampung Satu Bulan

Kegiatan pemasangan "tie beam" atau rangka lantai Jembatan Kartanegara Tenggarong di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, dijadwalkan rampung dalam waktu satu bulan.

Wapres Jadi Pembicara Konferensi Perdamaian Universal

Wakil Presiden Jusuf Kalla diminta untuk menjadi pembicara utama dalam Konferensi Perdamaian Universal di Korea Selatan setelah mendapat undangan dari Federasi Perdamaian Universal yang berbasis di New York.

Sulut Ekspor Ikan Segar ke Thailand

Provinsi Sulawesi Utara kembali mengekspor ikan segar ke Thailand pada pekan keempat Juli 2015, sehubungan permintaan tetap tinggi.

Posko Pemantau Lebaran Berakhir 2 Agustus

Kepala Bidang Keselamatan Pelayaran, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon, Abdul Muis Marasabessy mengatakan Posko Pemantauan Terpadu Angkutan Lebaran akan berakhir pada 2 Agustus 2015.