Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Ada Lima Sasaran Agen Pemilu 2014

kpu, bengkulu, lima sasaran, agen sosialisasi, pemilu

Posted on 29 Sep 2013. Hits : 330

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan ada lima sasaran agen sosialiasi pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2014.

'Ada lima kelompok masyarakat yang menjadi sasaran para agen tersebut untuk menyosialisasikan pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih,' katanya di Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan lima kelompok sasaran tersebut, yakni unsur pemilih pemula, pemilih perempuan, kelompok agama, disabilitas atau penyandang cacat dan kaum marginal.

Agen sosialisasi pemilu yang direkrut KPU, kata dia, berasal dari lima unsur tersebut, yang bertugas memberikan pemahaman tentang pentingnya hak politik.

'Kami merekrut agen pemilu dari perwakilan tiap unsur masyarakat ini untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih,' tambahnya.

Menurutnya tidak hanya kualitas pemilih yang ditingkatkan, tapi termasuk juga kesadaran memilih.

Saputra mengatakan bahwa budaya idealis yang ada pada pemilih, cenderung bergeser menjadi pragmatis.

'Jadi harapannya masyarakat itu benar-benar dengan sadar menggunakan hak politik, bukan karena iming-iming atau ada kalkulasinya,' ujarnya.

Selain agen pemilu, KPU, kata dia, juga akan merekrut relawan demokrasi yakni mereka yang memiliki semangat kerelawanan.

Relawan demokrasi tersebut yakni mereka yang kesadaran demokrasinya masih kental dan secara sadar mengkampanyekan pentingnya menggunakan hak politik.(ant/rd)

Produksi Minyak RAPBN 2015 Disepakati

Komisi VII DPR dan pemerintah menyepakati produksi minyak mentah dan kondensat RAPBN 2015 sebesar 900.

Labuhanbatu Bangun Fasilitas Untuk Lansia

Pemkab Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) membangun fasilitas umum untuk kalangan warga lanjut usia (lansia) di kawasan Stadion Binaraga Rantauprapat pada tahun ini.

CCTV Pantai Sungai dan Pasar

Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan dana sekitar Rp560 juta untuk pengadaan dan pemasangan "closed circuit television" yang akan digunakan untuk memantau kondisi sungai dan pasar di kota ini.

Distanbun : Atasi Elnino Dengan Tanaman Umur Pendek

Petani di Nusa Tenggara Timur diharapkan tidak panik menghadapi El Nino yang terjadi Agustus hingga Desember 2014, tetapi terus menyiapkan lahan untuk menanam tanaman yang umurnya pendek.

Pariwisata Hasilkan 17 Persen Pad Pangkalpinang

Sektor pariwisata kini menghasilkan 17 persen dari total pendapatan asli daerah (PAD) Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung.