Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Ada Lima Sasaran Agen Pemilu 2014

kpu, bengkulu, lima sasaran, agen sosialisasi, pemilu

Posted on 29 Sep 2013. Hits : 330

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan ada lima sasaran agen sosialiasi pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2014.

'Ada lima kelompok masyarakat yang menjadi sasaran para agen tersebut untuk menyosialisasikan pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih,' katanya di Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan lima kelompok sasaran tersebut, yakni unsur pemilih pemula, pemilih perempuan, kelompok agama, disabilitas atau penyandang cacat dan kaum marginal.

Agen sosialisasi pemilu yang direkrut KPU, kata dia, berasal dari lima unsur tersebut, yang bertugas memberikan pemahaman tentang pentingnya hak politik.

'Kami merekrut agen pemilu dari perwakilan tiap unsur masyarakat ini untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih,' tambahnya.

Menurutnya tidak hanya kualitas pemilih yang ditingkatkan, tapi termasuk juga kesadaran memilih.

Saputra mengatakan bahwa budaya idealis yang ada pada pemilih, cenderung bergeser menjadi pragmatis.

'Jadi harapannya masyarakat itu benar-benar dengan sadar menggunakan hak politik, bukan karena iming-iming atau ada kalkulasinya,' ujarnya.

Selain agen pemilu, KPU, kata dia, juga akan merekrut relawan demokrasi yakni mereka yang memiliki semangat kerelawanan.

Relawan demokrasi tersebut yakni mereka yang kesadaran demokrasinya masih kental dan secara sadar mengkampanyekan pentingnya menggunakan hak politik.(ant/rd)

Pakar: Calon Menteri Juga Perlu Dites Kesehatan

Pakar kesehatan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr Ari Syam mengemukakan calon menteri hendaknya mengikuti tes kesehatan, untuk mengetahui kondisi kesehatan yang sebenarnya para calon tersebut.

RSJ Riau Lebihi Kapasitas

Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, Pekanbaru, Provinsi Riau, saat ini kondisinya kelebihan kapasitas, sehingga membuat petugas kewalahan menangani pasien, terutama untuk tempat tidur.

Kuli Panggul Tanah Abang

Seorang kuli panggul sedang membawa barang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (24/10).

Mali Jadi Negara ke-6 Afrika Barat Dilanda Ebola

Mali memastikan tularan pertama Ebola, Kamis, sehingga menjadi negara keenam Afrika Barat tersentuh wabah terburuk dalam sejarah demam berdarah tersebut, yang telah menewaskan hampir 4.

Kesibukan di Pasar Tanah Abang

Suasana kesibukan di Blok A, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (24/10).