Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Ada Lima Sasaran Agen Pemilu 2014

kpu, bengkulu, lima sasaran, agen sosialisasi, pemilu

Posted on 29 Sep 2013. Hits : 330

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan ada lima sasaran agen sosialiasi pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2014.

'Ada lima kelompok masyarakat yang menjadi sasaran para agen tersebut untuk menyosialisasikan pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih,' katanya di Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan lima kelompok sasaran tersebut, yakni unsur pemilih pemula, pemilih perempuan, kelompok agama, disabilitas atau penyandang cacat dan kaum marginal.

Agen sosialisasi pemilu yang direkrut KPU, kata dia, berasal dari lima unsur tersebut, yang bertugas memberikan pemahaman tentang pentingnya hak politik.

'Kami merekrut agen pemilu dari perwakilan tiap unsur masyarakat ini untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih,' tambahnya.

Menurutnya tidak hanya kualitas pemilih yang ditingkatkan, tapi termasuk juga kesadaran memilih.

Saputra mengatakan bahwa budaya idealis yang ada pada pemilih, cenderung bergeser menjadi pragmatis.

'Jadi harapannya masyarakat itu benar-benar dengan sadar menggunakan hak politik, bukan karena iming-iming atau ada kalkulasinya,' ujarnya.

Selain agen pemilu, KPU, kata dia, juga akan merekrut relawan demokrasi yakni mereka yang memiliki semangat kerelawanan.

Relawan demokrasi tersebut yakni mereka yang kesadaran demokrasinya masih kental dan secara sadar mengkampanyekan pentingnya menggunakan hak politik.(ant/rd)

PASI Harapkan Satu Organisasi Olahraga

Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Mohammad Hasan mengharapkan hanya ada satu induk organisasi keolahragaan yang mengurusi cabang-cabang olahraga di Indonesia.

Mendag Diminta Cabut Permendag 44/2014

Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Sihol Manulang meminta Menteri Perdagangan Rachmat Gobel untuk mencabut Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 44 Tahun 2014, karena mendorong penyelundupan timah dalam jumlah besar.

Uranium Sulbar Tidak Dikomersialisasi

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menyatakan kandungan uranium yang terdapat di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat tidak akan dibuat menjadi komersial tetapi untuk pembangunan bangsa ini.

Pemerintah Akan Perkuat Sistem Logistik Nasional

Pemerintahan Indonesia akan mengoptimalkan penerapan sistem logistik nasional untuk meningkatkan industri logistik Tanah Air, kata Asisten Deputi Fasilitas Sistem Logistik dan Perdagangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Erwin Raza.

KRKP Berharap Pemerintah Lirik Kedelai Edamame

Pemerintah diharapkan dapat melirik produksi kedelai edamame, pasalnya komoditi tersebut memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan memberikan keuntungan bagi petaninya, kata Manager Advokasi dan Jaringan Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) Said Abdullah.