Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Ada Lima Sasaran Agen Pemilu 2014

kpu, bengkulu, lima sasaran, agen sosialisasi, pemilu

Posted on 29 Sep 2013. Hits : 330

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan ada lima sasaran agen sosialiasi pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2014.

'Ada lima kelompok masyarakat yang menjadi sasaran para agen tersebut untuk menyosialisasikan pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih,' katanya di Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan lima kelompok sasaran tersebut, yakni unsur pemilih pemula, pemilih perempuan, kelompok agama, disabilitas atau penyandang cacat dan kaum marginal.

Agen sosialisasi pemilu yang direkrut KPU, kata dia, berasal dari lima unsur tersebut, yang bertugas memberikan pemahaman tentang pentingnya hak politik.

'Kami merekrut agen pemilu dari perwakilan tiap unsur masyarakat ini untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih,' tambahnya.

Menurutnya tidak hanya kualitas pemilih yang ditingkatkan, tapi termasuk juga kesadaran memilih.

Saputra mengatakan bahwa budaya idealis yang ada pada pemilih, cenderung bergeser menjadi pragmatis.

'Jadi harapannya masyarakat itu benar-benar dengan sadar menggunakan hak politik, bukan karena iming-iming atau ada kalkulasinya,' ujarnya.

Selain agen pemilu, KPU, kata dia, juga akan merekrut relawan demokrasi yakni mereka yang memiliki semangat kerelawanan.

Relawan demokrasi tersebut yakni mereka yang kesadaran demokrasinya masih kental dan secara sadar mengkampanyekan pentingnya menggunakan hak politik.(ant/rd)

Pembangunan Bendungan Raknamo Capai 10 Persen

Project Maneger Pembangunan Bendungan Raknamo dari PT Waskita Karya, Muhammad mengatakan, proses pembangunan bendungan itu telah mencapai 10 persen dari rencana awal yang diharapkan.

BPPT Latih 450 Petani Rumput Laut

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi melatih 450 petani rumput laut di Kabupaten Penajam Paser utara, Kalimantan Timur, untuk mengisi "Nasional Science and Techno Park Marine" yang akan dibangun di daerah itu.

Kapolres Puncak Jaya dan Pantai Minta Tambahan Pasukan

Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende mengakui pihaknya telah mengirimkan pasukan Brimob ke Mulia dan Enarotali karena permintaan kapolres kedua daerah tersebut.

Ekonom : Kelembagaan Koperasi Perlu Diperkuat

Kelembagaan koperasi perlu diperkuat agar dapat menjadi bangun usaha ekonomi rakyat, kata ekonom Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Edy Suandi Hamid.

Menteri : Video Asusila Anak Karena Kurangnya Pencegahan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise mengatakan adanya video asusila anak terjadi karena kurangnya tindakan pencegahan oleh berbagai pihak dalam mengantisipasi adanya modus-modus kejahatan baru.