Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Ada Lima Sasaran Agen Pemilu 2014

kpu, bengkulu, lima sasaran, agen sosialisasi, pemilu

Posted on 29 Sep 2013. Hits : 317

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan ada lima sasaran agen sosialiasi pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2014.

'Ada lima kelompok masyarakat yang menjadi sasaran para agen tersebut untuk menyosialisasikan pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih,' katanya di Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan lima kelompok sasaran tersebut, yakni unsur pemilih pemula, pemilih perempuan, kelompok agama, disabilitas atau penyandang cacat dan kaum marginal.

Agen sosialisasi pemilu yang direkrut KPU, kata dia, berasal dari lima unsur tersebut, yang bertugas memberikan pemahaman tentang pentingnya hak politik.

'Kami merekrut agen pemilu dari perwakilan tiap unsur masyarakat ini untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih,' tambahnya.

Menurutnya tidak hanya kualitas pemilih yang ditingkatkan, tapi termasuk juga kesadaran memilih.

Saputra mengatakan bahwa budaya idealis yang ada pada pemilih, cenderung bergeser menjadi pragmatis.

'Jadi harapannya masyarakat itu benar-benar dengan sadar menggunakan hak politik, bukan karena iming-iming atau ada kalkulasinya,' ujarnya.

Selain agen pemilu, KPU, kata dia, juga akan merekrut relawan demokrasi yakni mereka yang memiliki semangat kerelawanan.

Relawan demokrasi tersebut yakni mereka yang kesadaran demokrasinya masih kental dan secara sadar mengkampanyekan pentingnya menggunakan hak politik.(ant/rd)

Pemudik Masih Padati Pantura Kalbar

Jalur Pantai Utara Provinsi Kalimantan Barat masih dipadati pemudik yang ingin ke kampung halaman maupun bersilaturahmi ke kerabat.

Bj Habibie : Syukuri Demokrasi Merakyat

Presiden ke-3 RI Profesor Bacharuddin Jusuf Habibie mengatakan masyarakat patut mensyukuri sistem demokrasi merakyat yang telah berlangsung di Indonesia.

Dinkes Minta Masyarakat Waspadai Penyakit Pencernaan

Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta masyarakat setempat mewaspadai penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan saat merayakan hari raya Lebaran.

Warga Samarinda Melahirkan Saat Shalat Ied

Seorang warga Samarinda, Kalimantan Timur, melahirkan saat akan melaksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid Islamic Centre.

Wali Kota Batam Ingatkan Warga Bekerja Keras

Wali Kota Batam Kepulauan Riau, Ahmad Dahlan mengingatkan seluruh warganya untuk terus bekerja keras dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di kota itu dan sesama kawasan industri di Asia Pasifik.