Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pusat Nilai Kelayakan Solok Selatan Ikut Tour De Singkarak

tour de singkarak, sarana promosi, rumah dagang

Posted on 23 Feb 2013. Hits : 510

Tim dari pemerintah pusat menilai kelayakan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, untuk ikut serta dalam event tahunan Tour de Singkarak (TdS) 2013.

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Promosi Wisata untuk wilayah Sumatera Raseno Arya, di Padang Aro, Jumat, mengatakan potensi pariwisata Solok Selatan cukup banyak dan sudah seharusnya dipromosikan ke luar daerah bahkan internasional.

"TdS ini juga sarana promosi, sehingga potensi Solok Selatan serta kabupaten kota lain bisa diketahui secara luas," katanya.

Salah satu potensi wisata di Solok Selatan yang unik itu misalnya kawasan seribu "rumah gadang" (rumah adat Minangkabau) yang tidak dimiliki daerah lain dan ini bisa dijadikan ikon ajang tahunan ini.

Selain itu, kata dia, saat meninjau kawasan seribu rumah gadang tersebut masyarakatnya juga menyambut dengan positif dan sangat berharap TdS bisa melewati Solok Selatan.

"Para pemilik rumah gadang tersebut bersemangat menyambut event ini dan bersedia menjadikannya sebagai penginapan pada ajang tahunan ini setelah melakukan perbincangan dengan mereka," katanya.

Menurut dia, dengan dilewatinya Solok Selatan oleh TdS maka itu bisa menjadi momen bangkitnya kembali pariwisata di daerah itu.

"Melihat banyaknya potensi pariwisata di Solok Selatan, maka daerah itu sangat layak di lewati jalur TdSi," katanya.

Dia menjelaskan, dengan adanya ajang ini maka daerah harus cepat belajar bagaimana cara menpromosikan pariwisata daerahnya ke luar.

"Memasuki tahun ke lima pelaksanaan TdS, Solok Selatan masuk dalam salah satu daerah yang dilewati dan kabupaten ini harus cepat belajar untuk memperkenalkan wilayahnya ke luar karena ini sudah bertaraf Internasional," jelasnya.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria, mengatakan memang potensi wisata di daerah itu banyak, tetapi belum dikenal masyarakat luar sehingga kunjungan masih sedikit.

Potensi wisata yang dimiliki kata bupati, seperti air terjun, lintasan sungai arung jeram, hamparan kebun teh, dan tahun ini juga sudah di alokasikan dana sebesar Rp2,5 miliar untuk menyelesaikan Hot Waterboom.

Selain itu, kata dia, dengan ajang ini maka pembangunan di Solok Selatan akan lebih cepat karena infrastruktur otomatis akan menjadi prioritas.

"Selama ini jalan provinsi di Solok Selatan kurang mendapat perbaikan dan dengan event ini provinsi harus memperbaikinya," imbuhnya.(ant/rd)

Relawan Turki Bagikan Bantuan

Relawan kemanusiaan yang bernaung dibawah Badan Amal Kimse Yok Mu asal Turki tetap membagikan bantuan di Jalur Gaza meskipun terkepung akibat perang di Palestina.

Pengemis Anak-anak Marak

Pengemis yang tergolong anak-anak usia sekolah dasar di Palembang, Sumatera Selatan marak di kawasan permukiman penduduk dan perempatan lampu merah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

Pasar Murah Bantu Masyarakat

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar pasar murah untuk membantu masyarakat kurang mampu di daerah ini mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah.

BLH Dinilai Lemah

Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau dinilai masih lemah dalam melakukan pengawasan terkait pencemaran lingkungan oleh perusahaan Pabrik Kelapa Sawit yang mengakibatkan masarakat menjadi korban.

Lakalantas Turun 30 Persen

Angka Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) tahun 2013 selama Operasi Ketupat Polres Labuhanbatu menurun 30 persen jika dibanding tahun sebelumnya.