Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

O2SN 2013 Sertakan Siswa SMK

o2sn 2013, sertakan siswa smk, palembang

Posted on 11 Apr 2013. Hits : 1609

Peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2013 mengalami perubahan yakni tidak sebatas mengikutsertakan Sekolah Menengah Atas (SMA) saja, tapi juga melibatkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sehingga setiap daerah harus menerapkan aturan baru itu dari tingkat kecamatan hingga provinsi.

"Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya melibatkan SMA, kali ini sesuai arahan dari Kementerian Pendidikan Nasional mengharuskan melibatkan SMK," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota setempat, Reza Pahlevi di Palembang, Kamis (11/4).

Ia mengatakan, guna menindaklanjuti aturan baru itu, pihaknya telah mengikutsertakan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kota untuk siswa sekolah menengah di Palembang, 9-12 April 2013.

"Kesempatan diberikan kepada siswa SMK, ini bertujuan membuka peluang sebesar-besarnya untuk mengembangkan bakat di bidang olahraga, mengingat selama ini hanya sebatas siswa SMA," katanya.

Ia mengharapkan, pelaksanaan O2SN ini menjadi ajang pembibitan dan rekrutmen atlet bagi Kota Palembang dan Sumatera Selatan pada umumnya.

Perhelatan O2SN 2013 ini mempertandingkan lima cabang olahraga untuk tingkat SMA, yakni atletik, pencak silat, karate, tenis meja, dan bulutangkis. Sementara untuk tingkat SMK terdiri atas empat cabang olahraga, bola voli, catur, tenis meja, dan bulutangkis.

Ketua Pelaksana O2SN Rustam Effendi menerangkan pelaksanaan dari tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan ini tersebar di beberapa tempat.

"Atletik dipusatkan di Stadion Atletik Jakabaring, pencak silat di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS), karate di SMKN 3 Palembang. Sedangkan bulutangkis digelar di Hall Padang Selasa Bukit Besar, dan catur di SMAN 14 Palembang," katanya.

Menurutnya, sebagian besar cabang olahraga telah menyelesaikan babak penyisihan untuk berlanjut pada babak sistem gugur.(ris/ant)

Warga Borobudur Rintis Wisata Bukit Purwosari

Masyarakat kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, merintis pengembangan kepariwisataan Bukit Purwosari yang menawarkan panorama matahari terbit dan keindahan kabut menyelimuti warisan peradaban dunia tersebut.

Timsel KPID Sulbar Kembali Disorot

Tim Seleksi (Timsel) Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Barat, kembali menuai sorotan dari publik lantaran tidak melibatkan satu pun perwakilan perempuan.

Gubernur Aceh : Forbes DPR-DPD Perjuangkan Turunan UUPA

Gubernur Aceh Zaini Abdullah meminta Forum Bersama (Forbes) anggota DPR-DPD asal provinsi itu dapat memperjuangkan beberapa turunan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh.

Pemprov Kepri Bantu Pembangunan Masjid Dan Mushala

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau membantu pembangunan sebuah masjid dan lima mushalla di Kecamatan Batuaji Kota Batam, Provinsi Kepri, untuk mempercepat pengerjaan rumah-rumah ibadah itu.

Zikrul Maut Di Batam Latih Pemandi Jenazah

Organisasi kemasyarakatan Zikrul Maut melatih 400 ibu-ibu anggota Badan Kontak Majelis Taklim di Kota Batam, Kepulauan Riau, mengenai cara memandikan jenazah yang benar sesuai syariat Islam.