Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

O2SN 2013 Sertakan Siswa SMK

o2sn 2013, sertakan siswa smk, palembang

Posted on 11 Apr 2013. Hits : 1609

Peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2013 mengalami perubahan yakni tidak sebatas mengikutsertakan Sekolah Menengah Atas (SMA) saja, tapi juga melibatkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sehingga setiap daerah harus menerapkan aturan baru itu dari tingkat kecamatan hingga provinsi.

"Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya melibatkan SMA, kali ini sesuai arahan dari Kementerian Pendidikan Nasional mengharuskan melibatkan SMK," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota setempat, Reza Pahlevi di Palembang, Kamis (11/4).

Ia mengatakan, guna menindaklanjuti aturan baru itu, pihaknya telah mengikutsertakan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kota untuk siswa sekolah menengah di Palembang, 9-12 April 2013.

"Kesempatan diberikan kepada siswa SMK, ini bertujuan membuka peluang sebesar-besarnya untuk mengembangkan bakat di bidang olahraga, mengingat selama ini hanya sebatas siswa SMA," katanya.

Ia mengharapkan, pelaksanaan O2SN ini menjadi ajang pembibitan dan rekrutmen atlet bagi Kota Palembang dan Sumatera Selatan pada umumnya.

Perhelatan O2SN 2013 ini mempertandingkan lima cabang olahraga untuk tingkat SMA, yakni atletik, pencak silat, karate, tenis meja, dan bulutangkis. Sementara untuk tingkat SMK terdiri atas empat cabang olahraga, bola voli, catur, tenis meja, dan bulutangkis.

Ketua Pelaksana O2SN Rustam Effendi menerangkan pelaksanaan dari tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan ini tersebar di beberapa tempat.

"Atletik dipusatkan di Stadion Atletik Jakabaring, pencak silat di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS), karate di SMKN 3 Palembang. Sedangkan bulutangkis digelar di Hall Padang Selasa Bukit Besar, dan catur di SMAN 14 Palembang," katanya.

Menurutnya, sebagian besar cabang olahraga telah menyelesaikan babak penyisihan untuk berlanjut pada babak sistem gugur.(ris/ant)

LIPI Usulkan Lembaga Langsung Di Bawah Presiden

Kepala LIPI Prof Lukman Hakim mengusulkan lembaga ilmu pengetahuan Indonesia diberi kewenangan tersendiri dan langsung di bawah pimpinan presiden.

Israel Kembali Diserang Mortir Gaza

Para pejuang Palestina menembakkan mortir ke Israel selatan Selasa dalam serangan pertama sejak gencatan senjata 26 Agustus, tanpa menimbulkan korban, kata militer Israel.

Wali Kota : RUU Pilkada Kemunduran Demokrasi

Wali Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Suaidi Yahya berpendapat apabila Rancangan Undang Undang Pilkada disahkan maka bupati dan wali kota nantinya dipilih oleh DPRK, dan hal tersebut sebuah kemunduran dalam pencapaian prestasi demokrasi di Indonesia.

27 Korporasi Rugikan Negara

Wahana Lingkungan Hidup menyatakan sebanyak 27 korporasi bidang kehutanan yang beroperasi secara ilegal di Provinsi Riau telah mendatangkan kerugian negara senilai Rp500 miliar.

Ekspor Ikan Kakap Bali Turun

Bali menghasilkan devisa sebesar 2,17 juta dolar AS dari ekspor ikan kakap selama periode Januari-Juli 2014 turun 41,65 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya 3,72 juta dolar AS.