Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

O2SN 2013 Sertakan Siswa SMK

o2sn 2013, sertakan siswa smk, palembang

Posted on 11 Apr 2013. Hits : 1310

Peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2013 mengalami perubahan yakni tidak sebatas mengikutsertakan Sekolah Menengah Atas (SMA) saja, tapi juga melibatkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sehingga setiap daerah harus menerapkan aturan baru itu dari tingkat kecamatan hingga provinsi.

"Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya melibatkan SMA, kali ini sesuai arahan dari Kementerian Pendidikan Nasional mengharuskan melibatkan SMK," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota setempat, Reza Pahlevi di Palembang, Kamis (11/4).

Ia mengatakan, guna menindaklanjuti aturan baru itu, pihaknya telah mengikutsertakan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kota untuk siswa sekolah menengah di Palembang, 9-12 April 2013.

"Kesempatan diberikan kepada siswa SMK, ini bertujuan membuka peluang sebesar-besarnya untuk mengembangkan bakat di bidang olahraga, mengingat selama ini hanya sebatas siswa SMA," katanya.

Ia mengharapkan, pelaksanaan O2SN ini menjadi ajang pembibitan dan rekrutmen atlet bagi Kota Palembang dan Sumatera Selatan pada umumnya.

Perhelatan O2SN 2013 ini mempertandingkan lima cabang olahraga untuk tingkat SMA, yakni atletik, pencak silat, karate, tenis meja, dan bulutangkis. Sementara untuk tingkat SMK terdiri atas empat cabang olahraga, bola voli, catur, tenis meja, dan bulutangkis.

Ketua Pelaksana O2SN Rustam Effendi menerangkan pelaksanaan dari tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan ini tersebar di beberapa tempat.

"Atletik dipusatkan di Stadion Atletik Jakabaring, pencak silat di Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS), karate di SMKN 3 Palembang. Sedangkan bulutangkis digelar di Hall Padang Selasa Bukit Besar, dan catur di SMAN 14 Palembang," katanya.

Menurutnya, sebagian besar cabang olahraga telah menyelesaikan babak penyisihan untuk berlanjut pada babak sistem gugur.(ris/ant)

Jalasenastri Korcab Pasmar-1 Gelar Lomba Tenis Berkebaya

Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir menggelar berbagai perlombaan untuk memperingati Hari Kartini 2014, di antaranya lomba tenis berkebaya dan lomba memasak nasi goreng berkebaya.

Umat Kristiani Khusuk Merayakan Tri Hari Paskah

Umat Kristiani di Nusa Tenggara Timur khusuk merayakan tri hari suci Paskah sejak malam Rabu atau Kamis Putih dan dilanjutkan dengan Jumat Agung, lalu Sabtu Alleya.

PGRI Lubuklinggau Minta Polisi Usut Kematian Guru

Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan minta jajaran Polres setempat mengusut tuntas kasus kematian guru SDN 47 di kota itu pekan lalu.

PLN Musirawas Perbaiki Jaringan Ke BTS Ulu

PT PLN Kabupaten Musiarwas, Sumatera selatan, sudah memperbaiki seluruh jaringan listrik ke beberapa desa di Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu setelah terputus akibat bencana alam beberapa waktu lalu.

Pakaian Jadi Bali Raup 6,36 Juta Dolar

Bali meraup devisa sebesar 6,36 juta dolar AS dari ekspor pakaian jadi bukan rajutan selama Februari 2014, menurun 4,83 persen dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 6,67 juta dolar AS.