Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Wabup Batanghari Pantau Harga Sembako

sinwan sh, memantau, harga sembako, gejolak harga

Posted on 19 Jul 2013. Hits : 117

Wakil Bupati Batanghari, Jambi, Sinwan SH, Kamis, memantau harga sembako dan daging di Pasar Kramat Tinggi, Muarabulian, sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya gejolak harga selama puasa dan menjelang Idul Fitri.

'Kita ingin pastikan harga kebutuhan pokok tidak bergejolak, termasuk harga daging. dari kunjungan itu, saya lihat walaupun ada kenaikan tetapi masih dalam batas kewajaran,' katanya ketika ditanya wartawan.

Ia mengatakan, dari kunjungan dan dialog dengan pedagang harga sembako masih bervariasi, sekalipun masih tergolong tinggi. Selain itu, suplainya juga lancar.

Wabup yang didampingi beberapa pejabat dinas terkait sempat berkeliling meninjau lapak pedagang Pasar Kramat Tinggi dan berdialog dengan sejumlah pedagang, antara lain pedagang cabai, bawang dan daging.

'Berapa harga cabai hari ini,' tanya Bupati kepada pedagang cabai. 'Hari ini harganya naik menjadi Rp47 ribu/Kg pak,' jawab Erna pedagang cabai tersebut.

Bupati cukup terkejut, karena pedagang tersebut menjelaskan dua hari lalu harga cabai merah masih Rp25 ribu/Kg, tapi hanya dua hari melonjak.

Sementara ketika meninjau lapak penjual daging, Sinwan mendapat penjelasan bahwa harga daging saat ini sebesar Rp100 ribu/Kg, atau turun dari pekan sebelumnya yang sempat mencapai Rp120 ribu/Kg.

Menurut dia, terjadi kenaikkan pada beberapa kebutuhan pokok terjadi karena mekanisme pasar, yaitu jika pasokan normal maka harga akan stabil, namun jika pasokan sedikit tersendat otomatis harga akan naik.

Ia mengakui adanya kesulitan yang dihadapi masyarakat menghadapi kenaikkan beberapa harga kebutuhan pokok selama Ramadhan ini, karena itu Pemkab Batanghari akan terus melakukan pemantauan.

'Tidak tertutup kemungkinan jika terjadi gejolak pemerintah akan melakukan operasi pasar,' katanya.

Selain itu, untuk membantu meringankan beban masyarakat, Pemkab Batanghari melalui dinas terkait akan menggelar pasar murah di setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Batanghari.

'Melalui pasar murah ini, masyarakat bisa membeli sembako dengan harga yang lebih murah dari harga di pasaran,' ujarnya.(ant/rd)

560 Anak PAUD Simalungun Dilepas Ke SD

Sebanyak 560 anak binaan Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, dilepas dalam satu acara untuk mengikuti pendidikan jenjang sekolah dasar, di lapangan Nagori (Desa) Sindar Raya, Kamis.

'Laut Luka Blues' Tolak Reklamasi Teluk Benoa

Pameran Foto 'Laut Luka Blues' karya pewarta foto Antara Ismar Patrizki yang digelar Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) mengangkat gerakan anak muda Bali yang berjuang melakukan penolakan rencana reklamasi Teluk Benoa, Denpasar.

Sentul Bergerak Cepat Untuk Persiapkan MotoGP 2017

Manajemen Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, langsung bergerak cepat setelah ada peluang untuk menggelar salah satu seri kejuaraan balap motor terbesar di dunia yaitu MotoGP 2017.

Kerja Sama Maritim Indonesia-Tiongkok Dinilai Perlu Kontrol

Kerja sama di bidang kemaritiman antara Indonesia dengan Tiongkok memerlukan kontrol agar tetap menjaga kedaulatan negara, kata Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Arif Havas Oegroseno.

PAN Bantah 'Deal' Ketua Golkar Soppeng Di Pilkada

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Sulawesi Selatan membantah telah melakukan kesepakatan terhadap Ketua DPD II Partai Golkar Soppeng, Andi Kaswadi Razak untuk diusung pada pemilihan kepala daerah akhir tahun ini.