Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Wabup Batanghari Pantau Harga Sembako

sinwan sh, memantau, harga sembako, gejolak harga

Posted on 19 Jul 2013. Hits : 117

Wakil Bupati Batanghari, Jambi, Sinwan SH, Kamis, memantau harga sembako dan daging di Pasar Kramat Tinggi, Muarabulian, sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya gejolak harga selama puasa dan menjelang Idul Fitri.

'Kita ingin pastikan harga kebutuhan pokok tidak bergejolak, termasuk harga daging. dari kunjungan itu, saya lihat walaupun ada kenaikan tetapi masih dalam batas kewajaran,' katanya ketika ditanya wartawan.

Ia mengatakan, dari kunjungan dan dialog dengan pedagang harga sembako masih bervariasi, sekalipun masih tergolong tinggi. Selain itu, suplainya juga lancar.

Wabup yang didampingi beberapa pejabat dinas terkait sempat berkeliling meninjau lapak pedagang Pasar Kramat Tinggi dan berdialog dengan sejumlah pedagang, antara lain pedagang cabai, bawang dan daging.

'Berapa harga cabai hari ini,' tanya Bupati kepada pedagang cabai. 'Hari ini harganya naik menjadi Rp47 ribu/Kg pak,' jawab Erna pedagang cabai tersebut.

Bupati cukup terkejut, karena pedagang tersebut menjelaskan dua hari lalu harga cabai merah masih Rp25 ribu/Kg, tapi hanya dua hari melonjak.

Sementara ketika meninjau lapak penjual daging, Sinwan mendapat penjelasan bahwa harga daging saat ini sebesar Rp100 ribu/Kg, atau turun dari pekan sebelumnya yang sempat mencapai Rp120 ribu/Kg.

Menurut dia, terjadi kenaikkan pada beberapa kebutuhan pokok terjadi karena mekanisme pasar, yaitu jika pasokan normal maka harga akan stabil, namun jika pasokan sedikit tersendat otomatis harga akan naik.

Ia mengakui adanya kesulitan yang dihadapi masyarakat menghadapi kenaikkan beberapa harga kebutuhan pokok selama Ramadhan ini, karena itu Pemkab Batanghari akan terus melakukan pemantauan.

'Tidak tertutup kemungkinan jika terjadi gejolak pemerintah akan melakukan operasi pasar,' katanya.

Selain itu, untuk membantu meringankan beban masyarakat, Pemkab Batanghari melalui dinas terkait akan menggelar pasar murah di setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Batanghari.

'Melalui pasar murah ini, masyarakat bisa membeli sembako dengan harga yang lebih murah dari harga di pasaran,' ujarnya.(ant/rd)

Pemkot Ajak Wartawan Bersinergi Bangun Kota Tomohon

Pemerintah Kota(Pemkot) Tomohon, Provinsi SulawesiUtara (Sulut) mengajak wartawan bersinergi membangun kota tanpa melepaskan identitasnya, sebagai kontrol atas kebijakan yang dilakukan.

Agraria Jadikan Merapi Model Konsolidasi Tanah Bencana

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan akan menjadikan sertifikasi konsolidasi tanah di Lereng Gunung Merapi menjadi model acuan bagi daerah bencana lainnya dalam pembaruan status lahan.

Pakar Pertanyakan Pelimpahan Kasus BG Ke Kejagung

Pakar hukum pidana dari Universitas Indonesia Ganjar Laksmana Bonaprapta mempertanyakan pelimpahan kasus Komjen Pol Budi Gunawan dari KPK ke Kejaksaan Agung.

Ahmad Appa Minta Restu Gubernur Sulbar

Kepala Biro Umum Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat Ahmad Appa yang juga salah satu bakal calon bupati mengaku telah meminta restu Gubernur Sulawesi Barat, H Anwar Adnan Saleh terkait pencalonan dirinya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mamuju yang akan berlangsung Desember 2015.

Petani Mukomuko Ketiadaan Dana Operasikan Mesin Air

Petani di Desa Pasar Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, ketiadaan dana mengoperasikan mesin air untuk pengairan seluas 100 hektare sawah tadah hujan di wilayah itu.