Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Wabup Batanghari Pantau Harga Sembako

sinwan sh, memantau, harga sembako, gejolak harga

Posted on 19 Jul 2013. Hits : 111

Wakil Bupati Batanghari, Jambi, Sinwan SH, Kamis, memantau harga sembako dan daging di Pasar Kramat Tinggi, Muarabulian, sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya gejolak harga selama puasa dan menjelang Idul Fitri.

'Kita ingin pastikan harga kebutuhan pokok tidak bergejolak, termasuk harga daging. dari kunjungan itu, saya lihat walaupun ada kenaikan tetapi masih dalam batas kewajaran,' katanya ketika ditanya wartawan.

Ia mengatakan, dari kunjungan dan dialog dengan pedagang harga sembako masih bervariasi, sekalipun masih tergolong tinggi. Selain itu, suplainya juga lancar.

Wabup yang didampingi beberapa pejabat dinas terkait sempat berkeliling meninjau lapak pedagang Pasar Kramat Tinggi dan berdialog dengan sejumlah pedagang, antara lain pedagang cabai, bawang dan daging.

'Berapa harga cabai hari ini,' tanya Bupati kepada pedagang cabai. 'Hari ini harganya naik menjadi Rp47 ribu/Kg pak,' jawab Erna pedagang cabai tersebut.

Bupati cukup terkejut, karena pedagang tersebut menjelaskan dua hari lalu harga cabai merah masih Rp25 ribu/Kg, tapi hanya dua hari melonjak.

Sementara ketika meninjau lapak penjual daging, Sinwan mendapat penjelasan bahwa harga daging saat ini sebesar Rp100 ribu/Kg, atau turun dari pekan sebelumnya yang sempat mencapai Rp120 ribu/Kg.

Menurut dia, terjadi kenaikkan pada beberapa kebutuhan pokok terjadi karena mekanisme pasar, yaitu jika pasokan normal maka harga akan stabil, namun jika pasokan sedikit tersendat otomatis harga akan naik.

Ia mengakui adanya kesulitan yang dihadapi masyarakat menghadapi kenaikkan beberapa harga kebutuhan pokok selama Ramadhan ini, karena itu Pemkab Batanghari akan terus melakukan pemantauan.

'Tidak tertutup kemungkinan jika terjadi gejolak pemerintah akan melakukan operasi pasar,' katanya.

Selain itu, untuk membantu meringankan beban masyarakat, Pemkab Batanghari melalui dinas terkait akan menggelar pasar murah di setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Batanghari.

'Melalui pasar murah ini, masyarakat bisa membeli sembako dengan harga yang lebih murah dari harga di pasaran,' ujarnya.(ant/rd)

Pendidikan Seni Idealnya Integrasikan Tiga Pelatihan

Guru Besar Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar I Wayan Dibia mengatakan lembaga pendidikan tinggi seni idealnya mampu mengintegrasikan tiga jenis pelatihan yang meliputi artistik, estetik, dan kultural.

Legislator Minta Pemkot Denpasar Tertibkan Papan Reklame

Anggota DPRD Bali Ida Bagus Parta meminta pembersihan papan reklame dan pamflet yang mengotori kota dilakukan serius oleh aparat Kota Denpasar, terbukti masih ada terpampang di jalan protokol atau DI tempat strategis.

Objek Wisata Pantai Lampung Diminati Pemudik Lebaran

Sejumlah objek wisata pantai di perbatasan Kota Bandarlampung dengan Kabupaten Lampung Selatan maupun Kabupaten Pesawaran menjadi sasaran utama yang diminati para pemudik dari luar daerah saat berlebaran di daerah itu.

Askati : Jokowi-JK Harus Bawa Kemajuan Daerah Tertinggal

Ketua Asosiasi Kabupaten Tertinggal se-Indonesia (Askati), Mulyadi Jayabaya mengatakan, pasangan presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla harus membawa kemajuan bagi daerah tertinggal guna mendukung proses percepatan pembangunan.

Puncak Arus Balik Pelabuhan Bolok H+6

General Manajer PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Fery Cabang Kupang, Arnol Janssen mengatakan, puncak arus balik menuju Pelabuhan Bolok, Kupang, diperkirakan pada H+6 atau Minggu (3/8).