Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Wabup Batanghari Pantau Harga Sembako

sinwan sh, memantau, harga sembako, gejolak harga

Posted on 19 Jul 2013. Hits : 117

Wakil Bupati Batanghari, Jambi, Sinwan SH, Kamis, memantau harga sembako dan daging di Pasar Kramat Tinggi, Muarabulian, sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya gejolak harga selama puasa dan menjelang Idul Fitri.

'Kita ingin pastikan harga kebutuhan pokok tidak bergejolak, termasuk harga daging. dari kunjungan itu, saya lihat walaupun ada kenaikan tetapi masih dalam batas kewajaran,' katanya ketika ditanya wartawan.

Ia mengatakan, dari kunjungan dan dialog dengan pedagang harga sembako masih bervariasi, sekalipun masih tergolong tinggi. Selain itu, suplainya juga lancar.

Wabup yang didampingi beberapa pejabat dinas terkait sempat berkeliling meninjau lapak pedagang Pasar Kramat Tinggi dan berdialog dengan sejumlah pedagang, antara lain pedagang cabai, bawang dan daging.

'Berapa harga cabai hari ini,' tanya Bupati kepada pedagang cabai. 'Hari ini harganya naik menjadi Rp47 ribu/Kg pak,' jawab Erna pedagang cabai tersebut.

Bupati cukup terkejut, karena pedagang tersebut menjelaskan dua hari lalu harga cabai merah masih Rp25 ribu/Kg, tapi hanya dua hari melonjak.

Sementara ketika meninjau lapak penjual daging, Sinwan mendapat penjelasan bahwa harga daging saat ini sebesar Rp100 ribu/Kg, atau turun dari pekan sebelumnya yang sempat mencapai Rp120 ribu/Kg.

Menurut dia, terjadi kenaikkan pada beberapa kebutuhan pokok terjadi karena mekanisme pasar, yaitu jika pasokan normal maka harga akan stabil, namun jika pasokan sedikit tersendat otomatis harga akan naik.

Ia mengakui adanya kesulitan yang dihadapi masyarakat menghadapi kenaikkan beberapa harga kebutuhan pokok selama Ramadhan ini, karena itu Pemkab Batanghari akan terus melakukan pemantauan.

'Tidak tertutup kemungkinan jika terjadi gejolak pemerintah akan melakukan operasi pasar,' katanya.

Selain itu, untuk membantu meringankan beban masyarakat, Pemkab Batanghari melalui dinas terkait akan menggelar pasar murah di setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Batanghari.

'Melalui pasar murah ini, masyarakat bisa membeli sembako dengan harga yang lebih murah dari harga di pasaran,' ujarnya.(ant/rd)

Bali Raih 983.388 Dolar Dari Ekspor Anyaman

Bali meraih devisa sebesar 983.388 dolar AS dari ekspor hasil kerajinan anyaman bambu selama bulan Februari 2015, meningkat 50,46 persen dibanding bulan sebelumnya (Januari 2015) yang tercatat 653.

Pengentasan Kemiskinan Tingkatkan Pendapatan

Ketua Pusat Penelitian Subak Universitas Udayana Prof.

Ridwan Kamil : Setelah KAA Fokus PON XIX/2016

Seusai perhelatan peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA), Kota Bandung bersiap dan fokus mempersiapkan diri menjadi tuan rumah PON XIX/2016.

Balai Benih Ikan Belumai Terancam Tidak Berproduksi

Balai Benih Ikan Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, terancam tidak dapat memproduksi bibit ikan akibat kerusakan saluran irigasi di daerah itu.

Yayasan Trikaya Lakukan Latihan Berbasis Sekolah Lapang

Yayasan Trikaya Bali, sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang peduli terhadap sektor pertanian siap melakukan pelatihan berbasis sekolah lapangan kepada berbagai komponen masyarakat dalam menyukseskan pembangunan bidang pertanian.