Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

SBY Hadiri Peringatan Hari Anti-Narkoba Internasional

susilo bambang yudhoyono, hadiri, hari anti narkoba

Posted on 24 Jun 2013. Hits : 307

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (24/6), menghadiri peringatan hari anti-narkoba internasional di Istana Negara Jakarta.

Hari antipenyalahgunaan narkotika internasional diperingati setiap tanggal 26 Juni. Peringatan tersebut di Indonesia, dilaksanakan oleh Badan Nasional Narkotika (BNN).

Kepala BNN Komisaris Jenderal (Pol) Anang Iskandar dalam sambutannya mengatakan peringatan itu dilaksanakan sebagai bentuk keprihatinan negara-negara di dunia atas penyalahgunaan narkotika.

Ia menjelaskan, dalam laporan World Drug Report pada 2012 bahwa 300 juta pecandu narkotika di seluruh dunia adalah usia produktif antara 15 tahun hingga 64 tahun.

"Dan 200 juta orang meninggal setiap hari di seluruh dunia akibat kecanduan," kata Kepala BNN.

Saat ini, kata Anang, telah ada 251 jenis narkotika baru baik sintetis dan alami yang belum termasuk dalam aturan hukum guna pencegahan penyalahgunaan narkotika.

"Narkoba jenis baru sintetis maupun alami, 251 macam zat. Ini belum terjangkau oleh aturan hukum di dunia," kata Kepala BNN.

Untuk Indonesia sendiri, berdasarkan hasil survei,nasional 2011, prevalensi pecandu narkoba mencapai 2,2 persen atau terdapat 4 juta penyalahguna narkotika," kata Anang.

Ia menjelaskan, pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkotika terus dilakukan, termasuk dengan upaya mengubah paradigma penanganan pecandu dari asumsi sebagai pelaku kejahatan namun sebagai korban dan perlu mendapat rehabilitasi atas kecanduannya.

Peringatan tersebut dihadiri juga oleh Ibu Negara, Ani Yudhoyono, para pimpinan lembaga negara, menteri kabinet Indonesia Bersatu II dan sejumlah pejabat lainnya.(ris/ant)

DPRD Segera Gelar Paripurna Pengesahan APBD-P

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, segera menggelar dua sidang paripurna dalam rangka mengesahkan APBD Perubahan 2014.

Pemkot Manado Proyeksi PAD 2015 Rp263 Miliar

Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Sulawesi Utara memproyeksikan pendapatan asli daerah (PAD) untuk 2015 sebesar Rp263.

'Body Painting' Sanur Festival Minim Peserta

Peserta 'body painting' atau melukis tubuh di kegiatan Sanur Village Festival ke-9 minim peserta dibandingkan kegiatan tahun lalu pesertanya mencapai puluhan orang.

Pemerintah Membantu Mesin Untuk Petani

Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, HM Wardan menyerahkan bantuan 25 peralatan mesin pertanian (Alsintan) kepada perwakilan kelompok tani untuk membantu kegiatan warga agar hasilnya lebih baik.

PSSI Buka Kran Kerja Sama Dengan UEFA

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia membuka kran kerja sama dengan federasi sepak bola Eropa atau UEFA untuk mengembangkan sepak bola di Tanah Air di antaranya dari segi kompetisi.