Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

SBY Hadiri Peringatan Hari Anti-Narkoba Internasional

susilo bambang yudhoyono, hadiri, hari anti narkoba

Posted on 24 Jun 2013. Hits : 307

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (24/6), menghadiri peringatan hari anti-narkoba internasional di Istana Negara Jakarta.

Hari antipenyalahgunaan narkotika internasional diperingati setiap tanggal 26 Juni. Peringatan tersebut di Indonesia, dilaksanakan oleh Badan Nasional Narkotika (BNN).

Kepala BNN Komisaris Jenderal (Pol) Anang Iskandar dalam sambutannya mengatakan peringatan itu dilaksanakan sebagai bentuk keprihatinan negara-negara di dunia atas penyalahgunaan narkotika.

Ia menjelaskan, dalam laporan World Drug Report pada 2012 bahwa 300 juta pecandu narkotika di seluruh dunia adalah usia produktif antara 15 tahun hingga 64 tahun.

"Dan 200 juta orang meninggal setiap hari di seluruh dunia akibat kecanduan," kata Kepala BNN.

Saat ini, kata Anang, telah ada 251 jenis narkotika baru baik sintetis dan alami yang belum termasuk dalam aturan hukum guna pencegahan penyalahgunaan narkotika.

"Narkoba jenis baru sintetis maupun alami, 251 macam zat. Ini belum terjangkau oleh aturan hukum di dunia," kata Kepala BNN.

Untuk Indonesia sendiri, berdasarkan hasil survei,nasional 2011, prevalensi pecandu narkoba mencapai 2,2 persen atau terdapat 4 juta penyalahguna narkotika," kata Anang.

Ia menjelaskan, pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkotika terus dilakukan, termasuk dengan upaya mengubah paradigma penanganan pecandu dari asumsi sebagai pelaku kejahatan namun sebagai korban dan perlu mendapat rehabilitasi atas kecanduannya.

Peringatan tersebut dihadiri juga oleh Ibu Negara, Ani Yudhoyono, para pimpinan lembaga negara, menteri kabinet Indonesia Bersatu II dan sejumlah pejabat lainnya.(ris/ant)

Ribuan Jemaah Haji Riau Dalam Perawatan di Saudi

Lima orang haji dari Provinsi Riau hingga saat ini masih dalam perawatan intensif Rumah Sakit di Arab Saudi dan belum bisa pulang ke tanah air, meski teman-teman sesama Kelompok Terbangnya sudah tiba di Indonesia.

'Kamu Harus Cepat Pulang' Tutup Syukuran Rakyat

Lagu 'Kamu Harus Cepat Pulang' dari grup musik Slank menjadi penutup Syukuran Rakyat Salam Tiga Jari di Kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Senin malam.

Pabrik Rokok Stop Pembelian Tembakau di Bojonegoro

Dinas Perhutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan sejumlah pabrik rokok menghentikan pembelian tembakau, karena panen tanaman tembakau Virginia Voor Oogst (VO) dan Jawa, yang merupakan tanaman Juni ternyata sudah habis.

Ekspor Kerajinan Bali Naik

Bali meraup devisa sebesar 151,19 juta dolar AS dari pengapalan aneka jenis hasil kerajinan skala rumah tangga selama delapan bulan periode Januari-Juli 2014, atau naik 14,22 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya "Hasil industri sentuhan tangan-tangan terampil perajin dan seniman Bali itu mampu memberikan kontribusi sebesar 44,23 persen dari total ekspor Bali sebesar 341,81 juta dolar AS," kata kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Panusunan Siregar di Denpasar, Selasa.

Lebanon Tak Lagi Terima Pengungsi Suriah

Menteri Urusan Sosial Lebanon Rashid Derbas pada Senin, mengatakan negaranya tidak akan menerima pengungsi Suriah lagi, demikian laporan National News Agency (NNA).