Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

SBY Hadiri Peringatan Hari Anti-Narkoba Internasional

susilo bambang yudhoyono, hadiri, hari anti narkoba

Posted on 24 Jun 2013. Hits : 307

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (24/6), menghadiri peringatan hari anti-narkoba internasional di Istana Negara Jakarta.

Hari antipenyalahgunaan narkotika internasional diperingati setiap tanggal 26 Juni. Peringatan tersebut di Indonesia, dilaksanakan oleh Badan Nasional Narkotika (BNN).

Kepala BNN Komisaris Jenderal (Pol) Anang Iskandar dalam sambutannya mengatakan peringatan itu dilaksanakan sebagai bentuk keprihatinan negara-negara di dunia atas penyalahgunaan narkotika.

Ia menjelaskan, dalam laporan World Drug Report pada 2012 bahwa 300 juta pecandu narkotika di seluruh dunia adalah usia produktif antara 15 tahun hingga 64 tahun.

"Dan 200 juta orang meninggal setiap hari di seluruh dunia akibat kecanduan," kata Kepala BNN.

Saat ini, kata Anang, telah ada 251 jenis narkotika baru baik sintetis dan alami yang belum termasuk dalam aturan hukum guna pencegahan penyalahgunaan narkotika.

"Narkoba jenis baru sintetis maupun alami, 251 macam zat. Ini belum terjangkau oleh aturan hukum di dunia," kata Kepala BNN.

Untuk Indonesia sendiri, berdasarkan hasil survei,nasional 2011, prevalensi pecandu narkoba mencapai 2,2 persen atau terdapat 4 juta penyalahguna narkotika," kata Anang.

Ia menjelaskan, pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkotika terus dilakukan, termasuk dengan upaya mengubah paradigma penanganan pecandu dari asumsi sebagai pelaku kejahatan namun sebagai korban dan perlu mendapat rehabilitasi atas kecanduannya.

Peringatan tersebut dihadiri juga oleh Ibu Negara, Ani Yudhoyono, para pimpinan lembaga negara, menteri kabinet Indonesia Bersatu II dan sejumlah pejabat lainnya.(ris/ant)

Pinjaman Koperasi Tunas Muara Teweh Rp4 Miliar

Omzet pemberian pinjaman kepada anggota atau nasabah Koperasi Simpan Pinjam 'Tunas' Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah sampai tahun 2014 mencapai Rp4 miliar lebih.

DPR Ajukan Dua Opsi Pilkada Bagi Legislator

Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat masih membahas mekanisme bagi legislator yang ikut ambil bagian dalam Pilkada serentak diwacanakan pada 2016.

Sebanyak 61 Penyandang Disabilitas Terima Alat Bantu

Sebanyak 61 penyandang disabilitas menerima alat bantu gerak berupa kaki dan tangan palsu dari Yayasan Peduli Tuna Daksa bekerjasama dengan PT Thiess Contractor Indonesia dan PT Leighton Contractor Indonesia yang difasilitasi Dinas Sosial Kaltim.

Pemerintah Kaji Penerbitan Perppu Minerba

Pemerintah mengkaji penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Pro Duta Masuk Grup Keras Viareggio Cup

Pro Duta U-19 masuk dalam grup V Viareggio Cup di Italia yang merupakan grup keras karena juga dihuni Inter Milan, Genk dan AC Parma.