Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

SBY Hadiri Peringatan Hari Anti-Narkoba Internasional

susilo bambang yudhoyono, hadiri, hari anti narkoba

Posted on 24 Jun 2013. Hits : 307

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (24/6), menghadiri peringatan hari anti-narkoba internasional di Istana Negara Jakarta.

Hari antipenyalahgunaan narkotika internasional diperingati setiap tanggal 26 Juni. Peringatan tersebut di Indonesia, dilaksanakan oleh Badan Nasional Narkotika (BNN).

Kepala BNN Komisaris Jenderal (Pol) Anang Iskandar dalam sambutannya mengatakan peringatan itu dilaksanakan sebagai bentuk keprihatinan negara-negara di dunia atas penyalahgunaan narkotika.

Ia menjelaskan, dalam laporan World Drug Report pada 2012 bahwa 300 juta pecandu narkotika di seluruh dunia adalah usia produktif antara 15 tahun hingga 64 tahun.

"Dan 200 juta orang meninggal setiap hari di seluruh dunia akibat kecanduan," kata Kepala BNN.

Saat ini, kata Anang, telah ada 251 jenis narkotika baru baik sintetis dan alami yang belum termasuk dalam aturan hukum guna pencegahan penyalahgunaan narkotika.

"Narkoba jenis baru sintetis maupun alami, 251 macam zat. Ini belum terjangkau oleh aturan hukum di dunia," kata Kepala BNN.

Untuk Indonesia sendiri, berdasarkan hasil survei,nasional 2011, prevalensi pecandu narkoba mencapai 2,2 persen atau terdapat 4 juta penyalahguna narkotika," kata Anang.

Ia menjelaskan, pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkotika terus dilakukan, termasuk dengan upaya mengubah paradigma penanganan pecandu dari asumsi sebagai pelaku kejahatan namun sebagai korban dan perlu mendapat rehabilitasi atas kecanduannya.

Peringatan tersebut dihadiri juga oleh Ibu Negara, Ani Yudhoyono, para pimpinan lembaga negara, menteri kabinet Indonesia Bersatu II dan sejumlah pejabat lainnya.(ris/ant)

Harga Daging Sapi Naik Jelang Lebaran

Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Jakarta mengalami kenaikan karena ketersediaan sapi potong berkurang menjelang Lebaran Idul Adha 1435 Hijriyah.

Masyarakat Terpaksa Beralih Ke Elpiji 3kg

Sebagian masyarakat Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah terpaksa beralih ke gas elpiji ukuran 3Kg akibat susahnya mendapatkan minyak tanah, ditambah lagi mahalnya harga elpiji 12Kg.

Pemimpin Kemerdekaan Skotlandia Akan Mundur

Menteri Pertama Skotlandia Alex Salmond menyatakan akan mundur dari posisinya sekaligus sebagai pemimpin Partai Nasional Skotlandia (SNP) setelah pemilihan suara rakyat Skotlandia menghasilkan tetap bergabung dengan Kerajaan Inggris.

Presiden Jerman Kesampingkan Kunjungan Rusia

Presiden Jerman Joachim Gauck mengatakan kepada surat kabar 'Rheinische Post' Jumat bahwa kunjungan ke Rusia tidak pada agendanya.

Dinkes Muba Siapkan Kelambu Antimalaria

Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan pada 2014 ini menyiapkan ribuan unit kelambu antimalaria untuk ibu hamil.