Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

SBY Hadiri Peringatan Hari Anti-Narkoba Internasional

susilo bambang yudhoyono, hadiri, hari anti narkoba

Posted on 24 Jun 2013. Hits : 307

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (24/6), menghadiri peringatan hari anti-narkoba internasional di Istana Negara Jakarta.

Hari antipenyalahgunaan narkotika internasional diperingati setiap tanggal 26 Juni. Peringatan tersebut di Indonesia, dilaksanakan oleh Badan Nasional Narkotika (BNN).

Kepala BNN Komisaris Jenderal (Pol) Anang Iskandar dalam sambutannya mengatakan peringatan itu dilaksanakan sebagai bentuk keprihatinan negara-negara di dunia atas penyalahgunaan narkotika.

Ia menjelaskan, dalam laporan World Drug Report pada 2012 bahwa 300 juta pecandu narkotika di seluruh dunia adalah usia produktif antara 15 tahun hingga 64 tahun.

"Dan 200 juta orang meninggal setiap hari di seluruh dunia akibat kecanduan," kata Kepala BNN.

Saat ini, kata Anang, telah ada 251 jenis narkotika baru baik sintetis dan alami yang belum termasuk dalam aturan hukum guna pencegahan penyalahgunaan narkotika.

"Narkoba jenis baru sintetis maupun alami, 251 macam zat. Ini belum terjangkau oleh aturan hukum di dunia," kata Kepala BNN.

Untuk Indonesia sendiri, berdasarkan hasil survei,nasional 2011, prevalensi pecandu narkoba mencapai 2,2 persen atau terdapat 4 juta penyalahguna narkotika," kata Anang.

Ia menjelaskan, pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkotika terus dilakukan, termasuk dengan upaya mengubah paradigma penanganan pecandu dari asumsi sebagai pelaku kejahatan namun sebagai korban dan perlu mendapat rehabilitasi atas kecanduannya.

Peringatan tersebut dihadiri juga oleh Ibu Negara, Ani Yudhoyono, para pimpinan lembaga negara, menteri kabinet Indonesia Bersatu II dan sejumlah pejabat lainnya.(ris/ant)

Kuota Jamkesmas Bantul 2016 Bertambah

Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat kuota peserta jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) pada tahun 2016 bertambah sekitar 46.

Pemkab Kirim Alat Berat Ke Daerah Terisolasi

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat telah mengirimkan sejumlah alat berat ke daerah yang terisolasi akibat banjir dan longsor yang melanda daerah itu pada Senin (8/2).

Komunitas Muslim Indonesia Bangun Masjid Di Korsel

Komunitas Muslim Indonesia (KMI) Korea Selatan berencana membangun dua masjid di kota Gumi dan Daigu, kata Ketua KMI, Suripto Ilham dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Disdik Papua Cek Kesiapan UN Berbasis Komputer

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Provinsi Papua tengah mengecek kesiapan sekolah yang akan menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer tahun ajaran 2015/2016.

Minyak Jatuh Lagi Setelah Iea Peringatkan Penurunan Harga

Harga minyak dunia jatuh lagi pada Selasa (Rabu pagi WIB), setelah Badan Energi Internasional (IEA) memperingatkan harga bisa turun lebih lanjut karena meningkatnya kelebihan pasokan dan melemahnya pertumbuhan permintaan global.