Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

SBY Hadiri Peringatan Hari Anti-Narkoba Internasional

susilo bambang yudhoyono, hadiri, hari anti narkoba

Posted on 24 Jun 2013. Hits : 307

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (24/6), menghadiri peringatan hari anti-narkoba internasional di Istana Negara Jakarta.

Hari antipenyalahgunaan narkotika internasional diperingati setiap tanggal 26 Juni. Peringatan tersebut di Indonesia, dilaksanakan oleh Badan Nasional Narkotika (BNN).

Kepala BNN Komisaris Jenderal (Pol) Anang Iskandar dalam sambutannya mengatakan peringatan itu dilaksanakan sebagai bentuk keprihatinan negara-negara di dunia atas penyalahgunaan narkotika.

Ia menjelaskan, dalam laporan World Drug Report pada 2012 bahwa 300 juta pecandu narkotika di seluruh dunia adalah usia produktif antara 15 tahun hingga 64 tahun.

"Dan 200 juta orang meninggal setiap hari di seluruh dunia akibat kecanduan," kata Kepala BNN.

Saat ini, kata Anang, telah ada 251 jenis narkotika baru baik sintetis dan alami yang belum termasuk dalam aturan hukum guna pencegahan penyalahgunaan narkotika.

"Narkoba jenis baru sintetis maupun alami, 251 macam zat. Ini belum terjangkau oleh aturan hukum di dunia," kata Kepala BNN.

Untuk Indonesia sendiri, berdasarkan hasil survei,nasional 2011, prevalensi pecandu narkoba mencapai 2,2 persen atau terdapat 4 juta penyalahguna narkotika," kata Anang.

Ia menjelaskan, pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkotika terus dilakukan, termasuk dengan upaya mengubah paradigma penanganan pecandu dari asumsi sebagai pelaku kejahatan namun sebagai korban dan perlu mendapat rehabilitasi atas kecanduannya.

Peringatan tersebut dihadiri juga oleh Ibu Negara, Ani Yudhoyono, para pimpinan lembaga negara, menteri kabinet Indonesia Bersatu II dan sejumlah pejabat lainnya.(ris/ant)

Warga Mukomuko Keluhkan Air Sumur Bor Asin

Warga di Desa Lubuk Sanai I, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengeluhkan air yang berasal dari sumur bor di rumahnya terasa asin sehingga tidak bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kesenian Topeng 'Prembon' Jadi Pemersatu Masyarakat

Kesenian topeng 'prembon' yang berlangsung di Panggung Parahita Mandala RRI Denpasar, Sabtu malam, diharapkan menjadi pemersatu masyarakat Pulau Dewata dalam mencintai kesenian dan budaya Bali.

Mandiri Target 500 Ribu Nasabah Laku Pandai

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk secara nasional menargetkan 500 ribu nasabah baru pada program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) pada tahun 2015.

Indonesia Raih Komitmen Bisnis 71,44 Miliar Dolar

Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan ke Jepang dan Tiongkok pada 22-28 Maret 2015 menghasilkan komitmen bisnis senilai sekitar 71,44 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

PPP Mukomuko Musyawarah Tentukan Calon Bupati

Dewan Pimpinan Daerah Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menggelar musyawah daerah untuk menentukan satu dari tiga orang calon bupati yang akan diusung partai itu pada Pemilihan Kepala Daerah mendatang.