Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemerintah Perpanjang Pendaftaran Program Bantuan Siswa Miskin

pemerintah, perpanjang bsm, akhir november, pemegang kps, kartu perlindungan sosial

Posted on 01 Oct 2013. Hits : 394

Pemerintah memperpanjang pendaftaran bagi masyarakat yang akan mengajukan program Bantuan Siswa Miskin (BSM) hingga akhir November 2013 dari sebelumnya ditutup pada 13 September 2014.

Berdasarkan siaran pers Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang diterima, Senin, perpanjangan tersebut untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada rumah tangga miskin pemegang kartu perlindungan sosial (KPS) yang memiliki anak usia sekolah agar mendapatkan program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Untuk itu, pihak sekolah diminta menerima pendaftar dengan membuat rekapitulasi pendaftar dan menyampaikannya kepada Dinas Pendidikan/Kantor Kementerian Agama setempat.

Program BSM ini ditujukan kepada 16,6 juta anak usia sekolah yang berasal dari 15,5 juta rumah tangga penerima kartu perlindungan sosial (KPS) dan masyarakat miskin lainnya dalam usia sekolah.

Besaran Manfaat BSM yang akan diterima adalah sebesar Rp 225.000/semester untuk SD/MI, Rp 375.000/semester untuk SMP/ MTs, dan Rp 500.000/semester untuk SMA/ SMK/ MA.

Untuk mendapatkan BSM, rumah tangga penerima KPS cukup membawa KPS/SKRTM/Kartu BSM ke Sekolah/Madrasah tempat siswa terdaftar disertai kartu keluarga (KK) atau surat keterangan dari Ketua RT/RW/Dusun/Setara jika kepala keluarga tidak memiliki KK atau nama kepala keluarga tidak sama dengan di KK.

Sementara sekolah dan madrasah tidak boleh menolak orang tua siswa miskin yang mendaftarkan anaknya dengan membawa KPS/SKRTM/Kartu BSM dan kemudian membuat rekapitulasi pendaftar untuk disampaikan kepada Dinas Pendidikan atau Kantor Kementerian Agama setempat.(ant/rd)

Asap Tebal Selimuti Daerah Riau

Empat Kabupaten dan Kota di Riau saat ini diselimuti kabut asap tebal dengan jarak pandang berkisar antara 400 meter hingga 800 meter pada Rabu pagi.

KPUD Harus Sosialisasikan Pemilih Cerdas

Komisi Pemilihan Umum Daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota harus gencar melakukan sosialisasi menjadi pemilih cerdas kepada masyarakat karena hal tersebut dapat mencegah terjadinya politik uang pada pelaksanakan Pilkada Serentak 2015.

Unicef: Jumlah Perempuan, Anak-Anak Yang Mengungsi Ke Eropa Meningkat

Sebanyak 3.000 orang singgah di republik bekas Yugoslavia, Macedonia, setiap hari, sepertiga dari mereka perempuan dan anak-anak, kata badan hak asasi anak PBB --UNICEF-- di Markas Besar PBB pada Selasa (1/9).

Sekjen PBB Serukan Disahkannya Agenda Baru Pembangunan

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada Selasa (1/9) menyerukan disahkannya agenda baru pembangunan global yang berkelanjutan saat Sidang Majelis Umum menyerahkan rancangan kepada negara anggota.

Petani Gula Aren Keluhkan Penjualan

Petani gula aren di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mengeluhkan penjualanan hasil panen tanaman nira dalam kurun waktu satu bulan terakhir.