Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemerintah Perpanjang Pendaftaran Program Bantuan Siswa Miskin

pemerintah, perpanjang bsm, akhir november, pemegang kps, kartu perlindungan sosial

Posted on 01 Oct 2013. Hits : 394

Pemerintah memperpanjang pendaftaran bagi masyarakat yang akan mengajukan program Bantuan Siswa Miskin (BSM) hingga akhir November 2013 dari sebelumnya ditutup pada 13 September 2014.

Berdasarkan siaran pers Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang diterima, Senin, perpanjangan tersebut untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada rumah tangga miskin pemegang kartu perlindungan sosial (KPS) yang memiliki anak usia sekolah agar mendapatkan program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Untuk itu, pihak sekolah diminta menerima pendaftar dengan membuat rekapitulasi pendaftar dan menyampaikannya kepada Dinas Pendidikan/Kantor Kementerian Agama setempat.

Program BSM ini ditujukan kepada 16,6 juta anak usia sekolah yang berasal dari 15,5 juta rumah tangga penerima kartu perlindungan sosial (KPS) dan masyarakat miskin lainnya dalam usia sekolah.

Besaran Manfaat BSM yang akan diterima adalah sebesar Rp 225.000/semester untuk SD/MI, Rp 375.000/semester untuk SMP/ MTs, dan Rp 500.000/semester untuk SMA/ SMK/ MA.

Untuk mendapatkan BSM, rumah tangga penerima KPS cukup membawa KPS/SKRTM/Kartu BSM ke Sekolah/Madrasah tempat siswa terdaftar disertai kartu keluarga (KK) atau surat keterangan dari Ketua RT/RW/Dusun/Setara jika kepala keluarga tidak memiliki KK atau nama kepala keluarga tidak sama dengan di KK.

Sementara sekolah dan madrasah tidak boleh menolak orang tua siswa miskin yang mendaftarkan anaknya dengan membawa KPS/SKRTM/Kartu BSM dan kemudian membuat rekapitulasi pendaftar untuk disampaikan kepada Dinas Pendidikan atau Kantor Kementerian Agama setempat.(ant/rd)

Pulau Pasaran Tetap Pasok Teri ke Jawa

ejumlah perajin ikan teri di Pulau Pasaran Bandarlampung menyebutkan mereka tetap memasok ikan teri ke Pulau Jawa dan kawasan Jakarta, meski tidak mengurangi pasokan ke pasar modern dan tradisional di Bandarlampung.

185 Regu Ikuti Lintas Alam Menumbing 2014

Sebanyak 185 regu dari berbagai daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti lomba lintas alam Gunung Menumbing 2014 di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Babel, Minggu.

Mesir Jadi Tuan Rumah Perundingan Palestina-Israel

Mesir Selasa akan menjadi tuan rumah perundingan tidak langsung antara Palestina dan Israel yang bertujuan untuk mencapai pemahaman komprehensif dan perjanjian permanen mengenai berbagai isu.

Bencana Rawan Pangan Belum Terlihat

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Nusa Tenggara Timur, Tini Thadeus mengatakan, provinsi kepuluan itu belum mengalami bencana rawan pangan, meskipun terjadi krisis air yang disebabkan oleh El Nino.

Warga Tanjabtim Minta Dibangunkan Jalan Ke Gubernur

Warga Desa Lambur Luar, Kecamatan Tanjung Jabung Timur minta kepada Gubernur Jambi Hasan Basri Agus agar membangun jalan menuju desa mereka.