Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemerintah Perpanjang Pendaftaran Program Bantuan Siswa Miskin

pemerintah, perpanjang bsm, akhir november, pemegang kps, kartu perlindungan sosial

Posted on 01 Oct 2013. Hits : 394

Pemerintah memperpanjang pendaftaran bagi masyarakat yang akan mengajukan program Bantuan Siswa Miskin (BSM) hingga akhir November 2013 dari sebelumnya ditutup pada 13 September 2014.

Berdasarkan siaran pers Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang diterima, Senin, perpanjangan tersebut untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada rumah tangga miskin pemegang kartu perlindungan sosial (KPS) yang memiliki anak usia sekolah agar mendapatkan program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Untuk itu, pihak sekolah diminta menerima pendaftar dengan membuat rekapitulasi pendaftar dan menyampaikannya kepada Dinas Pendidikan/Kantor Kementerian Agama setempat.

Program BSM ini ditujukan kepada 16,6 juta anak usia sekolah yang berasal dari 15,5 juta rumah tangga penerima kartu perlindungan sosial (KPS) dan masyarakat miskin lainnya dalam usia sekolah.

Besaran Manfaat BSM yang akan diterima adalah sebesar Rp 225.000/semester untuk SD/MI, Rp 375.000/semester untuk SMP/ MTs, dan Rp 500.000/semester untuk SMA/ SMK/ MA.

Untuk mendapatkan BSM, rumah tangga penerima KPS cukup membawa KPS/SKRTM/Kartu BSM ke Sekolah/Madrasah tempat siswa terdaftar disertai kartu keluarga (KK) atau surat keterangan dari Ketua RT/RW/Dusun/Setara jika kepala keluarga tidak memiliki KK atau nama kepala keluarga tidak sama dengan di KK.

Sementara sekolah dan madrasah tidak boleh menolak orang tua siswa miskin yang mendaftarkan anaknya dengan membawa KPS/SKRTM/Kartu BSM dan kemudian membuat rekapitulasi pendaftar untuk disampaikan kepada Dinas Pendidikan atau Kantor Kementerian Agama setempat.(ant/rd)

Puluhan Orang Dipasung Keluarga Di Riau

Rumah Sakit Jiwa Tampan Riau, mencatat Januari-September 2014 telah memberikan pelayanan perawatan dan kesehatan terhadap 27 orang yang mengalami gangguan kesehatan jiwa dan telah dipasung dan dirantai oleh keluarga mereka di rumah.

Suriah Tembak Jatuh Pesawat Tempur IS

Angkatan udara Suriah telah menghancurkan dua dari tiga pesawat tempur yang dilaporkan disita oleh para pejuang kelompok Negara Islam (IS) di utara negara itu, kata Menteri Informasi Omran al-Zohbi.

Petani Sulit Kembalikan KUR

Sejumlah petani di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengaku mengalami kesulitan untuk mengembalikan kredit usaha rakyat (KUR) karena usaha tani yang selama ini diandalkan tidak menghasilkan apa-apa akibat musim kemarau.

Pemkot Bekasi Segel Dua Menara Telekomunikasi Ilegal

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, kembali menyegel dua menara telekomunikasiyang berdiri secara ilegal di dua wilayah kecamatan setempat, Rabu.

Tamu Hotel Jambi Melonjak

Jumlah tamu yang menginap pada hotel berbintang di Provinsi Jambi mengalami kenaikan sebesar 24,86 persen dari 16.