Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemerintah Perpanjang Pendaftaran Program Bantuan Siswa Miskin

pemerintah, perpanjang bsm, akhir november, pemegang kps, kartu perlindungan sosial

Posted on 01 Oct 2013. Hits : 394

Pemerintah memperpanjang pendaftaran bagi masyarakat yang akan mengajukan program Bantuan Siswa Miskin (BSM) hingga akhir November 2013 dari sebelumnya ditutup pada 13 September 2014.

Berdasarkan siaran pers Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang diterima, Senin, perpanjangan tersebut untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada rumah tangga miskin pemegang kartu perlindungan sosial (KPS) yang memiliki anak usia sekolah agar mendapatkan program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Untuk itu, pihak sekolah diminta menerima pendaftar dengan membuat rekapitulasi pendaftar dan menyampaikannya kepada Dinas Pendidikan/Kantor Kementerian Agama setempat.

Program BSM ini ditujukan kepada 16,6 juta anak usia sekolah yang berasal dari 15,5 juta rumah tangga penerima kartu perlindungan sosial (KPS) dan masyarakat miskin lainnya dalam usia sekolah.

Besaran Manfaat BSM yang akan diterima adalah sebesar Rp 225.000/semester untuk SD/MI, Rp 375.000/semester untuk SMP/ MTs, dan Rp 500.000/semester untuk SMA/ SMK/ MA.

Untuk mendapatkan BSM, rumah tangga penerima KPS cukup membawa KPS/SKRTM/Kartu BSM ke Sekolah/Madrasah tempat siswa terdaftar disertai kartu keluarga (KK) atau surat keterangan dari Ketua RT/RW/Dusun/Setara jika kepala keluarga tidak memiliki KK atau nama kepala keluarga tidak sama dengan di KK.

Sementara sekolah dan madrasah tidak boleh menolak orang tua siswa miskin yang mendaftarkan anaknya dengan membawa KPS/SKRTM/Kartu BSM dan kemudian membuat rekapitulasi pendaftar untuk disampaikan kepada Dinas Pendidikan atau Kantor Kementerian Agama setempat.(ant/rd)

Pemkot Bekasi Raih Penghargaan KIP 2014

Pemerintah Kota Bekasi memperoleh penghargaan sebagai salah satu pemerintah daerah di Jawa Barat yang berhasil dalam mengelola keterbukaan informasi publik pada 2014.

Polisi Tembak Tewas Pemrotes

Seorang anggota kelompok separatis Yaman selatan Senin ditembak mati ketika polisi turun tangan untuk membubarkan pengunjuk rasa memperingati hari ketidaktaatan sipil di wilayah yang sebelumnya independen, kata para saksi dan seorang dokter.

Polres Siapkan Pengamanan Natal

Polres Lubuklinggau Sumatera Selatan menyiapkan personel pengamanan perayaan Natal 2014 dan tahun Baru 2015, khususnya menjaga di sekitar gereja dan pusat keramaian.

Pengelola Bus Gorontalo Manado Tidak Menaikan Tarif

Meskipun jumlah calon penumpang tujuan Gorontalo-Manado-Bitung-Minahasa dan Bolmong mulai meningkat menjelang Natal dan tahun baru, namun pengelola armada bus tidak akan menaikan tarif.

Arus Penumpang Gorontalo Tujuan Manado Mulai Meningkat

Menjelang Natal dan Tahun Baru 2015, arus penumpang dari terminal 42 Kota Gorontalo dengan tujuan Manado, Bitung dan Minahasa, mulai mengalami peningkatan.