Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pelayanan Puskesmas Ditingkatkan Sesuai Standar

puskesmas, pelayanan puskesmas, bangka belitung

Posted on 16 Nov 2012. Hits : 561

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, berupaya meningkatkan pelayanan seluruh Puskesmas sesuai standar "Pelayanan Obsetri dan Neonatal Esensial Dasar (Poned)" dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

"Delapan Puskesmas yang tersebar di enam kecamatan pada 2013 diusulkan mendapatkan fasilitas sesuai standar Poned, agar dapat memberikan pelayanan maksimal pada ibu melahirkan," ujar Kepala Bidang Pelayanan Medik Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Rudi Faizul di Muntok, Jumat.

Ia mengatakan, sudah mengusulkan penambahan berbagai fasilitas pendukung sesuai standar Poned melalui APBN dan APBD kabupaten agar dapat direalisasikan pada 2013.

"Agar sesuai standar Poned kami usulkan penambahan fasilitas Puskesmas sesuai standar seperti obat-obatan, inkubator, alat bantuan pernafasan, instalasi farmasi, kursi, lampu dan lainnya, karena yang ada sekarang meskip[un sudah layak namun kurang mendukung," ujarnya.

Ia mengatakan, sejak Januari hingga Oktober 2012 kasus kematian ibu melahirkan di daerah itu mencapai tujuh kasus dari sekitar 4.000 persalinan, atau turun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai sembilan kasus.

Dengan ketersediaan fasilitas standar Poned, dia mengharapkan puskesmas di daerah itu memiliki kemampuan memberikan pelayanan selama 24 jam untuk kasus kegawatdaruratan obstetri dan neonatal.

"Kami juga akan meningkatkan standar administrasi, manajemen, fasilitas bangunan, tenaga kesehatan dan fasilitas penunjang lain di seluruh puskesmas," kata dia.

Selain meningkatkan kualitas puskesmas, kata dia, Pemkab juga akan meningkatkan fasilitas alat kesehatan di pos kesehatan desa (Poskesdes) dengan menyediakan "Poned kit" atau peralatan pendukung pelayanan kesehatan ibu hamil dan bersalin sederhana.

Ia mengatakan, pengadaan "poned kit" jinjing tersebut akan dibagikan ke 35 Poskesdes yang ada diseluruh Bangka Barat, agar mampu mempercepat pelayanan kesehatan ibu hamil dan melahirkan para bidan desa.

"Langkah ini kami lakukan sebagai wujud komitmen Pemkab dalam upaya menurunkan kasus kematian pada ibu dan bayi saat melahirkan," ujarnya. (ant/as)

Bupati Minahasa Targetkan Tiap Kecamatan Miliki Puskesmas

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajouw menargetkan hingga 2018 setiap kecamatan di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, memiliki pusat kesehatan masyarakat yang layak.

Hayom Melaju Babak Penyisihan All England 2015

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Dionysius Hayom Rumbaka melaju ke babak penyisihan turnamen Yonex All England Open 2015 setelah menyisihkan sesama pemain Indonesia Simon Santoso dalam babak kualifikasi.

Ketua KPU/Bawaslu Berbagi Pengalaman Dengan Mesir

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Husni Kamil Manik dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad secara khusus diundang Mesir untuk berbagi pengalaman dengan pihak-pihak terkait.

Emas Turun Jelang Laporan Ketenagakerjaan AS

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Selasa (Rabu pagi WIB), menjelang laporan ketenagakerjaan AS yang akan dirilis pada Jumat.

Harga Minyak Dunia Berbalik Naik Dipicu Kerusuhan Libya

Harga minyak dunia berbalik lebih tinggi pada Selasa (Rabu pagi WIB), dipicu kerusuhan di negara pengekspor minyak Libya dan pasar memperkirakan kenaikan lain dalam persediaan di Amerika Serikat.