Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pelayanan Puskesmas Ditingkatkan Sesuai Standar

puskesmas, pelayanan puskesmas, bangka belitung

Posted on 16 Nov 2012. Hits : 561

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, berupaya meningkatkan pelayanan seluruh Puskesmas sesuai standar "Pelayanan Obsetri dan Neonatal Esensial Dasar (Poned)" dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

"Delapan Puskesmas yang tersebar di enam kecamatan pada 2013 diusulkan mendapatkan fasilitas sesuai standar Poned, agar dapat memberikan pelayanan maksimal pada ibu melahirkan," ujar Kepala Bidang Pelayanan Medik Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Rudi Faizul di Muntok, Jumat.

Ia mengatakan, sudah mengusulkan penambahan berbagai fasilitas pendukung sesuai standar Poned melalui APBN dan APBD kabupaten agar dapat direalisasikan pada 2013.

"Agar sesuai standar Poned kami usulkan penambahan fasilitas Puskesmas sesuai standar seperti obat-obatan, inkubator, alat bantuan pernafasan, instalasi farmasi, kursi, lampu dan lainnya, karena yang ada sekarang meskip[un sudah layak namun kurang mendukung," ujarnya.

Ia mengatakan, sejak Januari hingga Oktober 2012 kasus kematian ibu melahirkan di daerah itu mencapai tujuh kasus dari sekitar 4.000 persalinan, atau turun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai sembilan kasus.

Dengan ketersediaan fasilitas standar Poned, dia mengharapkan puskesmas di daerah itu memiliki kemampuan memberikan pelayanan selama 24 jam untuk kasus kegawatdaruratan obstetri dan neonatal.

"Kami juga akan meningkatkan standar administrasi, manajemen, fasilitas bangunan, tenaga kesehatan dan fasilitas penunjang lain di seluruh puskesmas," kata dia.

Selain meningkatkan kualitas puskesmas, kata dia, Pemkab juga akan meningkatkan fasilitas alat kesehatan di pos kesehatan desa (Poskesdes) dengan menyediakan "Poned kit" atau peralatan pendukung pelayanan kesehatan ibu hamil dan bersalin sederhana.

Ia mengatakan, pengadaan "poned kit" jinjing tersebut akan dibagikan ke 35 Poskesdes yang ada diseluruh Bangka Barat, agar mampu mempercepat pelayanan kesehatan ibu hamil dan melahirkan para bidan desa.

"Langkah ini kami lakukan sebagai wujud komitmen Pemkab dalam upaya menurunkan kasus kematian pada ibu dan bayi saat melahirkan," ujarnya. (ant/as)

DPRD Tindaklanjuti Aspirasi Buruh Di Sumsel

Komisi V DPRD Sumatera Selatan akan menindaklanjuti aspirasi para buruh yang disampaikan ke lembaga legislatif tersebut, terkait kesejahteraan para buruh di provinsi itu.

PKK Bogor Bentuk Komunitas Warga Tanpa Rokok

Tim Penggerak PKK Kota Bogor, Jawa Barat membentuk Komunitas Warga Tanpa Rokok dalam rangka mendukung implementasi Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2009 tentang kawasan tanpa rokok (KTR) yang bertujuan untuk melindungi kesehatan masyarakat dari bahaya merokok.

Disperindag Amankan Ratusan Miras Dari Swalayan Pekanbaru

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pekanbaru, berhasil menyita ratusan botol minuman keras mengandung alkohol kadar dibawah lima persen dari sebuah swalayan Giant karena tidak mengantongi izin Surat Keterangan Penjualan Akhir atau SKPA.

Belasan Anak Inhil Unjuk Keterampilan Di Pekanbaru

Sebanyak 18 anak dari Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, akan unjuk keterampilan dalam ajang perlombaan balas pantun, lomba fashion show baju melayu, lomba puisi dan pentas seni tari, di Kota Pekanbaru pada 30 April 2015.

Sekda Sumenep : Pencairan Dana Pilkada Tunggu NPHD

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Hadi Soetarto menyatakan pencairan dana pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat kepada para pihak terkait menunggu penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD).