Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pelayanan Puskesmas Ditingkatkan Sesuai Standar

puskesmas, pelayanan puskesmas, bangka belitung

Posted on 16 Nov 2012. Hits : 561

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, berupaya meningkatkan pelayanan seluruh Puskesmas sesuai standar "Pelayanan Obsetri dan Neonatal Esensial Dasar (Poned)" dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

"Delapan Puskesmas yang tersebar di enam kecamatan pada 2013 diusulkan mendapatkan fasilitas sesuai standar Poned, agar dapat memberikan pelayanan maksimal pada ibu melahirkan," ujar Kepala Bidang Pelayanan Medik Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Rudi Faizul di Muntok, Jumat.

Ia mengatakan, sudah mengusulkan penambahan berbagai fasilitas pendukung sesuai standar Poned melalui APBN dan APBD kabupaten agar dapat direalisasikan pada 2013.

"Agar sesuai standar Poned kami usulkan penambahan fasilitas Puskesmas sesuai standar seperti obat-obatan, inkubator, alat bantuan pernafasan, instalasi farmasi, kursi, lampu dan lainnya, karena yang ada sekarang meskip[un sudah layak namun kurang mendukung," ujarnya.

Ia mengatakan, sejak Januari hingga Oktober 2012 kasus kematian ibu melahirkan di daerah itu mencapai tujuh kasus dari sekitar 4.000 persalinan, atau turun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai sembilan kasus.

Dengan ketersediaan fasilitas standar Poned, dia mengharapkan puskesmas di daerah itu memiliki kemampuan memberikan pelayanan selama 24 jam untuk kasus kegawatdaruratan obstetri dan neonatal.

"Kami juga akan meningkatkan standar administrasi, manajemen, fasilitas bangunan, tenaga kesehatan dan fasilitas penunjang lain di seluruh puskesmas," kata dia.

Selain meningkatkan kualitas puskesmas, kata dia, Pemkab juga akan meningkatkan fasilitas alat kesehatan di pos kesehatan desa (Poskesdes) dengan menyediakan "Poned kit" atau peralatan pendukung pelayanan kesehatan ibu hamil dan bersalin sederhana.

Ia mengatakan, pengadaan "poned kit" jinjing tersebut akan dibagikan ke 35 Poskesdes yang ada diseluruh Bangka Barat, agar mampu mempercepat pelayanan kesehatan ibu hamil dan melahirkan para bidan desa.

"Langkah ini kami lakukan sebagai wujud komitmen Pemkab dalam upaya menurunkan kasus kematian pada ibu dan bayi saat melahirkan," ujarnya. (ant/as)

12 Orang Tertimbun Longsor Di Sukabumi

Sebanyak 12 orang tertimbun tanah longsor di Kecamatan Cireungas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (28/3) sekitar pukul 23.

Kesadaran UMKM Yogyakarta Urus HAKI Masih Rendah

Kesadaran usaha mikro kecil dan menengah di Kota Yogyakarta mengurus hak kekayaan intelektual masih kurang, sehingga Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian setempat akan mengintensifkan sosialisasinya tahun ini.

Legenda MU Heran Banyak Motor Di Malang

Pemain legenda Manchester United (MU) asal Korea Selatan, Park Ji Sung, menyatakan keheranannya ketika menginjakkan kakinya di Kota Malang, Jawa Timur, karena banyaknya sepeda motor yang lalu lalang di kota itu.

Kemlu Selenggarakan Pelatihan Internasional Budidaya Ternak Berkelanjutan

Kementerian Luar Negeri RI menyelenggarakan program pelatihan internasional 'Budidaya Ternak Berkelanjutan melalui Penguatan Inseminasi Buatan' untuk membantu pembangunan nasional Kamboja, Laos, dan Timor Leste.

Presiden Hadiri Prosesi Penghormatan Lee Kuan Yew

Presiden Joko Widodo Minggu siang dijadwalkan menghadiri prosesi penghormatan terakhir bagi mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew yang berlangsung di University Cultural Centre Hall, National University Singapore (NUS) mulai Minggu siang waktu setempat.