Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pelayanan Puskesmas Ditingkatkan Sesuai Standar

puskesmas, pelayanan puskesmas, bangka belitung

Posted on 16 Nov 2012. Hits : 561

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, berupaya meningkatkan pelayanan seluruh Puskesmas sesuai standar "Pelayanan Obsetri dan Neonatal Esensial Dasar (Poned)" dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

"Delapan Puskesmas yang tersebar di enam kecamatan pada 2013 diusulkan mendapatkan fasilitas sesuai standar Poned, agar dapat memberikan pelayanan maksimal pada ibu melahirkan," ujar Kepala Bidang Pelayanan Medik Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Rudi Faizul di Muntok, Jumat.

Ia mengatakan, sudah mengusulkan penambahan berbagai fasilitas pendukung sesuai standar Poned melalui APBN dan APBD kabupaten agar dapat direalisasikan pada 2013.

"Agar sesuai standar Poned kami usulkan penambahan fasilitas Puskesmas sesuai standar seperti obat-obatan, inkubator, alat bantuan pernafasan, instalasi farmasi, kursi, lampu dan lainnya, karena yang ada sekarang meskip[un sudah layak namun kurang mendukung," ujarnya.

Ia mengatakan, sejak Januari hingga Oktober 2012 kasus kematian ibu melahirkan di daerah itu mencapai tujuh kasus dari sekitar 4.000 persalinan, atau turun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai sembilan kasus.

Dengan ketersediaan fasilitas standar Poned, dia mengharapkan puskesmas di daerah itu memiliki kemampuan memberikan pelayanan selama 24 jam untuk kasus kegawatdaruratan obstetri dan neonatal.

"Kami juga akan meningkatkan standar administrasi, manajemen, fasilitas bangunan, tenaga kesehatan dan fasilitas penunjang lain di seluruh puskesmas," kata dia.

Selain meningkatkan kualitas puskesmas, kata dia, Pemkab juga akan meningkatkan fasilitas alat kesehatan di pos kesehatan desa (Poskesdes) dengan menyediakan "Poned kit" atau peralatan pendukung pelayanan kesehatan ibu hamil dan bersalin sederhana.

Ia mengatakan, pengadaan "poned kit" jinjing tersebut akan dibagikan ke 35 Poskesdes yang ada diseluruh Bangka Barat, agar mampu mempercepat pelayanan kesehatan ibu hamil dan melahirkan para bidan desa.

"Langkah ini kami lakukan sebagai wujud komitmen Pemkab dalam upaya menurunkan kasus kematian pada ibu dan bayi saat melahirkan," ujarnya. (ant/as)

Sudin Sosial Tangani Bantuan ABK Tahun Depan

Suku Dinas Sosial di enam wilayah administrasi Provinsi DKI Jakarta akan menangani bantuan untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) mulai tahun 2015, kata Kepala Seksi Pelayanan Sosial Anak Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Vivi Kafilatul.

WNI Diimbau Waspadai Demo Besar Oposisi Mesir

Rencana demonstrasi besar yang diserukan pihak oposisi Front Salafi pada Jumat (28/11) mendorong Duta Besar RI untuk Mesir Nurfaizi Suwandi mengimbau semua warga negara Indonesia (WNI) terutama para mahasiswa untuk waspada.

DPRD Balikpapan Segera Rampungkan Pembahasan RAPBD 2015

DPRD Kota Balikpapan, Kalimantan Timur akan segera merampungkan pembahasan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2015 agar bisa ditetapkan pertengahan Desember 2014.

Pemkab Deliserdang Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah

Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, terus berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, mengingat potensi yang ada di daerah itu cukup besar namun belum terkelola dengan sepenuhnya.

Walikota Pariaman Sampaikan Nota RAPBD Tahun 2015

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyampaikan nota Rancangan Anggaran Perndapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun anggaran 2015 di hadapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman.