Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pelayanan Puskesmas Ditingkatkan Sesuai Standar

puskesmas, pelayanan puskesmas, bangka belitung

Posted on 16 Nov 2012. Hits : 561

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, berupaya meningkatkan pelayanan seluruh Puskesmas sesuai standar "Pelayanan Obsetri dan Neonatal Esensial Dasar (Poned)" dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

"Delapan Puskesmas yang tersebar di enam kecamatan pada 2013 diusulkan mendapatkan fasilitas sesuai standar Poned, agar dapat memberikan pelayanan maksimal pada ibu melahirkan," ujar Kepala Bidang Pelayanan Medik Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Rudi Faizul di Muntok, Jumat.

Ia mengatakan, sudah mengusulkan penambahan berbagai fasilitas pendukung sesuai standar Poned melalui APBN dan APBD kabupaten agar dapat direalisasikan pada 2013.

"Agar sesuai standar Poned kami usulkan penambahan fasilitas Puskesmas sesuai standar seperti obat-obatan, inkubator, alat bantuan pernafasan, instalasi farmasi, kursi, lampu dan lainnya, karena yang ada sekarang meskip[un sudah layak namun kurang mendukung," ujarnya.

Ia mengatakan, sejak Januari hingga Oktober 2012 kasus kematian ibu melahirkan di daerah itu mencapai tujuh kasus dari sekitar 4.000 persalinan, atau turun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai sembilan kasus.

Dengan ketersediaan fasilitas standar Poned, dia mengharapkan puskesmas di daerah itu memiliki kemampuan memberikan pelayanan selama 24 jam untuk kasus kegawatdaruratan obstetri dan neonatal.

"Kami juga akan meningkatkan standar administrasi, manajemen, fasilitas bangunan, tenaga kesehatan dan fasilitas penunjang lain di seluruh puskesmas," kata dia.

Selain meningkatkan kualitas puskesmas, kata dia, Pemkab juga akan meningkatkan fasilitas alat kesehatan di pos kesehatan desa (Poskesdes) dengan menyediakan "Poned kit" atau peralatan pendukung pelayanan kesehatan ibu hamil dan bersalin sederhana.

Ia mengatakan, pengadaan "poned kit" jinjing tersebut akan dibagikan ke 35 Poskesdes yang ada diseluruh Bangka Barat, agar mampu mempercepat pelayanan kesehatan ibu hamil dan melahirkan para bidan desa.

"Langkah ini kami lakukan sebagai wujud komitmen Pemkab dalam upaya menurunkan kasus kematian pada ibu dan bayi saat melahirkan," ujarnya. (ant/as)

Indonesia Kirim 25 Wakil Di Prancis Terbuka

Indonesia mengirim 25 wakilnya di turnamen French Open Super Series 2014 yang digelar Selasa (21/10) hingga Minggu (26/10) di stadion Pierre de Coubertin Paris, Prancis.

Cegah Terorisme, Inggris Perketat Penggalangan Amal

Perdana Menteri Inggris David Cameron akan mengumumkan rencana untuk memperketat peraturan dalam upaya mencegah penggalangan amal yang digunakan sebagai kedok pendanaan bagi kelompok-kelompok teroris, Rabu.

Tembakan Meriam Buka Pameran 'Bangkalan Ekspo'

Tembakan meriam menandai pembukaan Pameran 'Bangkalan Ekspo' yang digelar Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, di Alun-alun kota setempat, Selasa malam.

Pemkot Minta Warga Menerima Keputusan Pembangunan Pltd

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh meminta masyarakat menghormati keputusan pengadilan terkait pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Tanjung Karang.

Ahok Girang Diajak Keliling Istana

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku belum pernah mengunjungi Istana Kepresidenan RI yang terletak di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.