Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pelayanan Puskesmas Ditingkatkan Sesuai Standar

puskesmas, pelayanan puskesmas, bangka belitung

Posted on 16 Nov 2012. Hits : 561

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, berupaya meningkatkan pelayanan seluruh Puskesmas sesuai standar "Pelayanan Obsetri dan Neonatal Esensial Dasar (Poned)" dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

"Delapan Puskesmas yang tersebar di enam kecamatan pada 2013 diusulkan mendapatkan fasilitas sesuai standar Poned, agar dapat memberikan pelayanan maksimal pada ibu melahirkan," ujar Kepala Bidang Pelayanan Medik Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Rudi Faizul di Muntok, Jumat.

Ia mengatakan, sudah mengusulkan penambahan berbagai fasilitas pendukung sesuai standar Poned melalui APBN dan APBD kabupaten agar dapat direalisasikan pada 2013.

"Agar sesuai standar Poned kami usulkan penambahan fasilitas Puskesmas sesuai standar seperti obat-obatan, inkubator, alat bantuan pernafasan, instalasi farmasi, kursi, lampu dan lainnya, karena yang ada sekarang meskip[un sudah layak namun kurang mendukung," ujarnya.

Ia mengatakan, sejak Januari hingga Oktober 2012 kasus kematian ibu melahirkan di daerah itu mencapai tujuh kasus dari sekitar 4.000 persalinan, atau turun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai sembilan kasus.

Dengan ketersediaan fasilitas standar Poned, dia mengharapkan puskesmas di daerah itu memiliki kemampuan memberikan pelayanan selama 24 jam untuk kasus kegawatdaruratan obstetri dan neonatal.

"Kami juga akan meningkatkan standar administrasi, manajemen, fasilitas bangunan, tenaga kesehatan dan fasilitas penunjang lain di seluruh puskesmas," kata dia.

Selain meningkatkan kualitas puskesmas, kata dia, Pemkab juga akan meningkatkan fasilitas alat kesehatan di pos kesehatan desa (Poskesdes) dengan menyediakan "Poned kit" atau peralatan pendukung pelayanan kesehatan ibu hamil dan bersalin sederhana.

Ia mengatakan, pengadaan "poned kit" jinjing tersebut akan dibagikan ke 35 Poskesdes yang ada diseluruh Bangka Barat, agar mampu mempercepat pelayanan kesehatan ibu hamil dan melahirkan para bidan desa.

"Langkah ini kami lakukan sebagai wujud komitmen Pemkab dalam upaya menurunkan kasus kematian pada ibu dan bayi saat melahirkan," ujarnya. (ant/as)

Dua Desa Cianjur Terendam Banjir

Puluhan rumah warga di dua kampung di Desa Babakan Caringin, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, Jabar, terendam banjir setinggi 50 centimeter, akibat jebolnya saluran irigasi Sungai Ciheulang yang membentang di wilayah tersebut.

Sistem Komputasi Reaktor Nuklir Korsel Diretas

Sistem komputasi operator pembangkit listrik tenaga nuklir Korea Selatan diretas namun tidak membahayakan keamanan instalasi 23 reaktor atom di negara tersebut, demikian keterangan pemerintah setempat pada Senin.

Pertumbuhan Industri Ritel Melambat

Pertumbuhan industri ritel atau minimarket di sejumlah daerah di Indonesia melambat karena kebijakan yang diterapkan pemerintah daerah tumpang tindih dengan pemerintah pusat.

Kebijakan IMF Untuk Ebola Tuai Kritikan

Kebijakan Badan Dana Moneter Internasional (IMF) dalam menangani wabah virus mematikan Ebola di negara-negara Afrika Selatan menuai kritikan setelah meninggalkan sistem kesehatan di daerah endemik penyakit yang telah menewaskan lebih dari 7.

Ternate Taati Larangan Rapat di Hotel

Wali Kota Ternate, Maluku Utara, Burhan Abdurrahman menjamin seluruh satuan kerja perangkat daerah yang dipimpinnya menaati larangan menggelar rapat atau kegiatan dinas lain di hotel.