Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pakar: Kebudayaan Dan Filsafat China Pengaruhi Dunia

pakar kebudayaan, nanchang university china, prof wang deban, kebudayaan dan filsafat negara, pengaruh besar, perkembangan dunia

Posted on 25 May 2013. Hits : 192

Pakar kebudayaan dari 'Nanchang University' China Prof Wang Deban mengatakan bahwa kebudayaan dan filsafat negaranya telah memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan dunia saat ini.

'Filsafat China merupakan salah satu dari filsafat tertua di dunia. Konfusius sebagai salah satu filsuf China memberikan sumbangan besar terhadap kemajuan kebudayaan yang berkembang dari masa ke masa,' kata Deban di sela-sela kehadirannya di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sabtu.

Menurut dia, kebudayaan yang luar biasa itu, tidak hanya berpengaruh terhadap gaya bangunan, tetapi gaya hidup. Cara berkomunikasi dengan manusia lainnya dan cara menghargai bumi, juga termasuk dalam ajaran yang diberikan oleh sang filusuf.

Dia mengatakan, dalam sejarah filsafat China ada tiga unsur penting yakni harmoni, toleransi dan prikemanusiaan. Ketiga unsur tersebut tidak dapat dipisahkan.

'Selalu dicarikan keseimbangan atau harmoni sebagai suatu jalan tengah antara dua ekstrem, yakni antara manusia dan sesama, antara manusia dan alam, antara manusia dan surga,' katanya.

Menurut dia, toleransi terlihat dalam keterbukaan terhadap pendapat-pendapat yang sama sekali berbeda dari pendapat-pendapat pribadi.

Termasuk sikap perdamaian yang memungkinkan pluralitas yang luar biasa dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam bidang agama.(ant/rd)

Angeline Fokus Persiapkan Diri Daripada Pantau Lawan

Atlet biliar andalan Indonesia Angeline Magdalena Ticoalu memilih fokus mempersiapkan diri sendiri daripada memantau kekuatan calon lawan yang akan dihadapi pada SEA Games 2015 Singapura, 5-16 Juni.

Persiapan Atlet Indonesia Open Sudah 100 Persen

Kepala Bidang Pelatnas PB PBSI Ricky Subagja mengatakan persiapan atlet-atlet yang akan turun di BCA Indonesia Open 2015 di Istora Senayan Jakarta pada 2-7 Juni, sudah siap 100 persen.

Bulog Jamin Beras Plastik Tidak Masuk Madiun

Pihak Bulog Sub Divre IV Madiun, Jawa Timur, menjamin tidak ada beras sintetis atau beras plastik yang masuk ke wilayah kerjanya yang meliputi Kabupaten Madiun, Kota Madiun, dan Kabupaten Ngawi.

Soemarmo : Pelajar Naik Trans Semarang Harus Gratis

Bakal calon Wali Kota Semarang Soemarmo Hadi Saputro menilai kalangan pelajar yang menaiki moda transportasi massal Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang harus digratiskan.

Balikpapan Tuan Rumah Tenis Women's Circuit

Sebanyak 32 petenis wanita dari 10 negara berlaga dalam gelaran kejuaraan tenis berhadiah total 25.