Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pakar: Kebudayaan Dan Filsafat China Pengaruhi Dunia

pakar kebudayaan, nanchang university china, prof wang deban, kebudayaan dan filsafat negara, pengaruh besar, perkembangan dunia

Posted on 25 May 2013. Hits : 192

Pakar kebudayaan dari 'Nanchang University' China Prof Wang Deban mengatakan bahwa kebudayaan dan filsafat negaranya telah memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan dunia saat ini.

'Filsafat China merupakan salah satu dari filsafat tertua di dunia. Konfusius sebagai salah satu filsuf China memberikan sumbangan besar terhadap kemajuan kebudayaan yang berkembang dari masa ke masa,' kata Deban di sela-sela kehadirannya di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sabtu.

Menurut dia, kebudayaan yang luar biasa itu, tidak hanya berpengaruh terhadap gaya bangunan, tetapi gaya hidup. Cara berkomunikasi dengan manusia lainnya dan cara menghargai bumi, juga termasuk dalam ajaran yang diberikan oleh sang filusuf.

Dia mengatakan, dalam sejarah filsafat China ada tiga unsur penting yakni harmoni, toleransi dan prikemanusiaan. Ketiga unsur tersebut tidak dapat dipisahkan.

'Selalu dicarikan keseimbangan atau harmoni sebagai suatu jalan tengah antara dua ekstrem, yakni antara manusia dan sesama, antara manusia dan alam, antara manusia dan surga,' katanya.

Menurut dia, toleransi terlihat dalam keterbukaan terhadap pendapat-pendapat yang sama sekali berbeda dari pendapat-pendapat pribadi.

Termasuk sikap perdamaian yang memungkinkan pluralitas yang luar biasa dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam bidang agama.(ant/rd)

Menhut janji Selesaikan Peer Sebelum Mundur

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan berjanji untuk segera menyelesaikan sejumlah hal yang menjadi wewenangnya sebelum mengundurkan diri pada 28 September nanti dari jabatannya.

Pameran Pendidikan UNM Tampilkan Karya Inovatif

Pameran pendidikan Universitas Negeri Makassar (UNM) menampilkan karya inovatif dari mahasiswa untuk berpartisipasi dalam peringatan Diesnatalis ke-53.

Situasi Jakarta Tetap Kondusif

Situasi Ibu Kota Jakarta jelang putusan Mahkamah Konstitusi tentang gugatal pilpres, Kamis (21/8) tetap kondusif.

Mobil Dinas Anggota DPRD Lama Ditarik

Sekretariat DPRD Nunukan, Kalimantan Utara, mengaku telah menarik mobil dinas (mobdin) yang digunakan anggota DPRD periode 2009-2014 yang tidak terpilih kembali pada pemilu legislatif 2014.

Angkutan Batu Bara Terus Diawasi

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus melakukan pengawasan terhadap angkutan batu bara, terutama yang melalui jalan umum.