Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pakar: Kebudayaan Dan Filsafat China Pengaruhi Dunia

pakar kebudayaan, nanchang university china, prof wang deban, kebudayaan dan filsafat negara, pengaruh besar, perkembangan dunia

Posted on 25 May 2013. Hits : 192

Pakar kebudayaan dari 'Nanchang University' China Prof Wang Deban mengatakan bahwa kebudayaan dan filsafat negaranya telah memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan dunia saat ini.

'Filsafat China merupakan salah satu dari filsafat tertua di dunia. Konfusius sebagai salah satu filsuf China memberikan sumbangan besar terhadap kemajuan kebudayaan yang berkembang dari masa ke masa,' kata Deban di sela-sela kehadirannya di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sabtu.

Menurut dia, kebudayaan yang luar biasa itu, tidak hanya berpengaruh terhadap gaya bangunan, tetapi gaya hidup. Cara berkomunikasi dengan manusia lainnya dan cara menghargai bumi, juga termasuk dalam ajaran yang diberikan oleh sang filusuf.

Dia mengatakan, dalam sejarah filsafat China ada tiga unsur penting yakni harmoni, toleransi dan prikemanusiaan. Ketiga unsur tersebut tidak dapat dipisahkan.

'Selalu dicarikan keseimbangan atau harmoni sebagai suatu jalan tengah antara dua ekstrem, yakni antara manusia dan sesama, antara manusia dan alam, antara manusia dan surga,' katanya.

Menurut dia, toleransi terlihat dalam keterbukaan terhadap pendapat-pendapat yang sama sekali berbeda dari pendapat-pendapat pribadi.

Termasuk sikap perdamaian yang memungkinkan pluralitas yang luar biasa dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam bidang agama.(ant/rd)

KPID DIY Diharapkan Perjuangkan Kepentingan Masyarakat

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Daerah Istimewa Yogyakarta diharapkan memiliki semangat dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat setempat yang mencerminkan keanekaragaman, multikulturisme, dan demokrasi.

Astra Agro Akan Akuisisi Saham Kreasijaya Adhikarya

PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) merencanakan untuk mengakuisisi 50 persen saham PT Kreasijaya Adhikarya senilai Rp75 miliar untuk memperkuat hilirasi bisnis minyak sawit mentah (CPO).

Wali Kota : Pertumbuhan Mataram Kontribusi Dari Wirausaha

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengatakan, para pengusaha memiliki kontribusi besar terhadap pertumbuhan di Kota Mataram,Nusa Tenggara Barat, sehingga pendapatan asli daerah ini terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Presiden Tiba Di Solo

Presiden Joko Widodo, Jumat malam, sekitar pukul 20.

Pertamina Berharap Pemerintah Pastikan Pengambilalihan Blok Mahakam

Presiden Direktur PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi, Ardiansyah berharap pemerintah segera memastikan rencana pengambilalihan pengelolaan Blok Mahakam.