Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pakar: Kebudayaan Dan Filsafat China Pengaruhi Dunia

pakar kebudayaan, nanchang university china, prof wang deban, kebudayaan dan filsafat negara, pengaruh besar, perkembangan dunia

Posted on 25 May 2013. Hits : 192

Pakar kebudayaan dari 'Nanchang University' China Prof Wang Deban mengatakan bahwa kebudayaan dan filsafat negaranya telah memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan dunia saat ini.

'Filsafat China merupakan salah satu dari filsafat tertua di dunia. Konfusius sebagai salah satu filsuf China memberikan sumbangan besar terhadap kemajuan kebudayaan yang berkembang dari masa ke masa,' kata Deban di sela-sela kehadirannya di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sabtu.

Menurut dia, kebudayaan yang luar biasa itu, tidak hanya berpengaruh terhadap gaya bangunan, tetapi gaya hidup. Cara berkomunikasi dengan manusia lainnya dan cara menghargai bumi, juga termasuk dalam ajaran yang diberikan oleh sang filusuf.

Dia mengatakan, dalam sejarah filsafat China ada tiga unsur penting yakni harmoni, toleransi dan prikemanusiaan. Ketiga unsur tersebut tidak dapat dipisahkan.

'Selalu dicarikan keseimbangan atau harmoni sebagai suatu jalan tengah antara dua ekstrem, yakni antara manusia dan sesama, antara manusia dan alam, antara manusia dan surga,' katanya.

Menurut dia, toleransi terlihat dalam keterbukaan terhadap pendapat-pendapat yang sama sekali berbeda dari pendapat-pendapat pribadi.

Termasuk sikap perdamaian yang memungkinkan pluralitas yang luar biasa dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam bidang agama.(ant/rd)

Tumpahan Kopi Sebabkan Pesawat Presiden Serbia Anjlok

Seorang pilot pendamping menumpahkan kopi pada panel instrumen pesawat Presiden Serbia dan saat mencoba mengelap tumpahan itu justru tertekan tombol darurat, sehingga menyebabkan jet itu anjlok, kata hasil penyelidikan, Selasa.

Mahasiswa Universitas Bengkulu Juara Cepat Tepat Perpajakan

Mahasiswa Universitas Bengkulu menjadi juara I dengan meraih 1.

DJP : Faktur Fiktif Banten Rugikan Rp750 Miliar

Direktur Intelijen dan Penyidikan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Yuli Kristiyono mengatakan pelanggaran terkait faktur pajak fiktif di wilayah Banten dapat membuat negara rugi Rp750 miliar.

Mahasiswa UI Ciptakan Beton Dari Abu Dan Kaca

Mahasiswa Universitas Indonesia kembali menciptakan inovasi teknologi beton bermutu tinggi dengan menggunakan limbah berupa abu dan botol kaca.

Sulut Targetkan Periksa 33.429 Perempuan Terkait Kanker

Dinas Kesehatan Sulawesi Utara menargetkan untuk memeriksa sebanyak 33.