Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pakar: Kebudayaan Dan Filsafat China Pengaruhi Dunia

pakar kebudayaan, nanchang university china, prof wang deban, kebudayaan dan filsafat negara, pengaruh besar, perkembangan dunia

Posted on 25 May 2013. Hits : 192

Pakar kebudayaan dari 'Nanchang University' China Prof Wang Deban mengatakan bahwa kebudayaan dan filsafat negaranya telah memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan dunia saat ini.

'Filsafat China merupakan salah satu dari filsafat tertua di dunia. Konfusius sebagai salah satu filsuf China memberikan sumbangan besar terhadap kemajuan kebudayaan yang berkembang dari masa ke masa,' kata Deban di sela-sela kehadirannya di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sabtu.

Menurut dia, kebudayaan yang luar biasa itu, tidak hanya berpengaruh terhadap gaya bangunan, tetapi gaya hidup. Cara berkomunikasi dengan manusia lainnya dan cara menghargai bumi, juga termasuk dalam ajaran yang diberikan oleh sang filusuf.

Dia mengatakan, dalam sejarah filsafat China ada tiga unsur penting yakni harmoni, toleransi dan prikemanusiaan. Ketiga unsur tersebut tidak dapat dipisahkan.

'Selalu dicarikan keseimbangan atau harmoni sebagai suatu jalan tengah antara dua ekstrem, yakni antara manusia dan sesama, antara manusia dan alam, antara manusia dan surga,' katanya.

Menurut dia, toleransi terlihat dalam keterbukaan terhadap pendapat-pendapat yang sama sekali berbeda dari pendapat-pendapat pribadi.

Termasuk sikap perdamaian yang memungkinkan pluralitas yang luar biasa dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam bidang agama.(ant/rd)

Obama-Erdogan Sepakat Intensifkan Pertempuran Terhadap Is Di Suriah

Presiden Amerika Serikat Barack Obama berbicara dengan timpalannya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan mereka berjanji untuk meningkatkan pertempuran terhadap kelompok Negara Islam (IS) di Suriah, kata Gedung Putih, Minggu.

Pertempuran Selama 5 Hari Tewaskan 75 Orang

Sembilan orang tewas Ahad dalam kekerasan terbaru di Benghazi di mana pasukan pro-pemerintah telah meluncurkan satu serangan terhadap milisi-milisi Islam, meningkatkan jumlah korban tewas menjadi 75 orang dalam lima hari, kata para petugas medis.

Pemerintahan Baru Diminta Fokus Pelestarian Hutan

Pemerintah Indonesia yang baru dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ke depannya harus fokus dalam pelestarian hutan di negara ini.

Prabowo Siap Bekerja Sama Dengan Pemerinttaha Jokowi

Ketua Dewan Pembina dan Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan siap bekerja sama dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo selama lima tahun ke depan.

Spiegel : Jerman Salahkan Pemberontak Pro-Rusia Untuk Jatuhnya Pesawat Penumpang Mh17

Badan intelijen luar negeri BND Jerman menyimpulkan bahwa pemberontak pro-Rusia akan dipersalahkan atas jatuhnya pesawat penumpang MH17 Malaysia Airline di Ukraina Juli, kata laporan mingguan Der Spiegel Minggu, lembaga Eropa pertama yang mengatakan hal itu.