Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pakar: Kebudayaan Dan Filsafat China Pengaruhi Dunia

pakar kebudayaan, nanchang university china, prof wang deban, kebudayaan dan filsafat negara, pengaruh besar, perkembangan dunia

Posted on 25 May 2013. Hits : 192

Pakar kebudayaan dari 'Nanchang University' China Prof Wang Deban mengatakan bahwa kebudayaan dan filsafat negaranya telah memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan dunia saat ini.

'Filsafat China merupakan salah satu dari filsafat tertua di dunia. Konfusius sebagai salah satu filsuf China memberikan sumbangan besar terhadap kemajuan kebudayaan yang berkembang dari masa ke masa,' kata Deban di sela-sela kehadirannya di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sabtu.

Menurut dia, kebudayaan yang luar biasa itu, tidak hanya berpengaruh terhadap gaya bangunan, tetapi gaya hidup. Cara berkomunikasi dengan manusia lainnya dan cara menghargai bumi, juga termasuk dalam ajaran yang diberikan oleh sang filusuf.

Dia mengatakan, dalam sejarah filsafat China ada tiga unsur penting yakni harmoni, toleransi dan prikemanusiaan. Ketiga unsur tersebut tidak dapat dipisahkan.

'Selalu dicarikan keseimbangan atau harmoni sebagai suatu jalan tengah antara dua ekstrem, yakni antara manusia dan sesama, antara manusia dan alam, antara manusia dan surga,' katanya.

Menurut dia, toleransi terlihat dalam keterbukaan terhadap pendapat-pendapat yang sama sekali berbeda dari pendapat-pendapat pribadi.

Termasuk sikap perdamaian yang memungkinkan pluralitas yang luar biasa dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam bidang agama.(ant/rd)

Indonesia Hebat Mulai Rekrut Cabup Persiapan Pilkada

Partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat mulai membuka pendaftaran untuk kader yang ingin maju di pemilihan kepala daerah langsung di 11 kabupaten pada 2015.

Palembang Sosialisasikan Layanan IMB 'Online'

Dinas Tata Kota Palembang menyosialisasikan pelayanan izin mendirikan bangunan (IMB) secara online atau hanya dengan mengakses internet semua persyaratan bisa disampaikan.

Keberadaan Sekolah TK Di Muba Belum Merata

Keberadaan sekolah Taman Kanak-kanak atau TK di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, belum merata karena hingga September 2014 ini tidak setiap desa memiliki sekolah tingkat usia dini itu.

Mukomuko Vaksinasi 9.000 Anjing Peliharaan Masyarakat

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2014 akan memvaksinasi sebanyak 9.

Disperindagkop Minta Agen Tidak Menumpuk Stok Elpiji

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta agen maupun pangkalan elpiji di daerah ini tidak menumpuk stok elpiji bersubsidi ukuran tiga kilogram di tempat tertentu.