Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pakar: Kebudayaan Dan Filsafat China Pengaruhi Dunia

pakar kebudayaan, nanchang university china, prof wang deban, kebudayaan dan filsafat negara, pengaruh besar, perkembangan dunia

Posted on 25 May 2013. Hits : 158

Pakar kebudayaan dari 'Nanchang University' China Prof Wang Deban mengatakan bahwa kebudayaan dan filsafat negaranya telah memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan dunia saat ini.

'Filsafat China merupakan salah satu dari filsafat tertua di dunia. Konfusius sebagai salah satu filsuf China memberikan sumbangan besar terhadap kemajuan kebudayaan yang berkembang dari masa ke masa,' kata Deban di sela-sela kehadirannya di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sabtu.

Menurut dia, kebudayaan yang luar biasa itu, tidak hanya berpengaruh terhadap gaya bangunan, tetapi gaya hidup. Cara berkomunikasi dengan manusia lainnya dan cara menghargai bumi, juga termasuk dalam ajaran yang diberikan oleh sang filusuf.

Dia mengatakan, dalam sejarah filsafat China ada tiga unsur penting yakni harmoni, toleransi dan prikemanusiaan. Ketiga unsur tersebut tidak dapat dipisahkan.

'Selalu dicarikan keseimbangan atau harmoni sebagai suatu jalan tengah antara dua ekstrem, yakni antara manusia dan sesama, antara manusia dan alam, antara manusia dan surga,' katanya.

Menurut dia, toleransi terlihat dalam keterbukaan terhadap pendapat-pendapat yang sama sekali berbeda dari pendapat-pendapat pribadi.

Termasuk sikap perdamaian yang memungkinkan pluralitas yang luar biasa dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam bidang agama.(ant/rd)

Pleno KPU Tanjabar Baru Rampungkan Satu Dapil

Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara yang digelar KPU Tanjung Jabung Timur berjalan alot, karena hingga Minggu dinihari (20/4) baru merampungkan perhitungan untuk satu daerah pemilihan.

Suarez Raih Gol Ke-30 Yang Bersejarah

Luis Suarez mencetak gol ke-30 di Liga Utama Inggris (Premier League) pada musim ini saat menghadapi Norwich City, Minggu, sekaligus menjadi pemain Liverpool pertama yang melewati capaian rekor itu sejak Ian Rush pada 1987.

Pelopor Bangun Subak Abadi

Pemerintah Kota Denpasar diharapkan menjadi pelopor pembangunan dan menetapkan kawasan subak abadi di Provinsi Bali, untuk menjaga kesinambungan lahan pertanian dan lahan terbuka hijau di ibu kota di Pulau Dewata ini.

Mobil Sean Bermasalah di Silverstone

Pebalap Indonesia Sean Gelael merasa kecewa besar karena keuletannya dalam test pralomba tidak terwujud saat berlomba yang sebenarnya pada putaran pertama Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa yang berlangsung di Silverstone, akhir minggu lalu.

DPRD Rejang Lebong Kagumi Hutan Pelawan Namang

Rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengaku kagum dengan hamparan hutan asri yang sengaja dipelihara untuk penangkaran madu lebah pelawan di Kecamatan Namang, Bangka Tengah, Bangka Belitung.