Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pakar: Kebudayaan Dan Filsafat China Pengaruhi Dunia

pakar kebudayaan, nanchang university china, prof wang deban, kebudayaan dan filsafat negara, pengaruh besar, perkembangan dunia

Posted on 25 May 2013. Hits : 192

Pakar kebudayaan dari 'Nanchang University' China Prof Wang Deban mengatakan bahwa kebudayaan dan filsafat negaranya telah memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan dunia saat ini.

'Filsafat China merupakan salah satu dari filsafat tertua di dunia. Konfusius sebagai salah satu filsuf China memberikan sumbangan besar terhadap kemajuan kebudayaan yang berkembang dari masa ke masa,' kata Deban di sela-sela kehadirannya di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sabtu.

Menurut dia, kebudayaan yang luar biasa itu, tidak hanya berpengaruh terhadap gaya bangunan, tetapi gaya hidup. Cara berkomunikasi dengan manusia lainnya dan cara menghargai bumi, juga termasuk dalam ajaran yang diberikan oleh sang filusuf.

Dia mengatakan, dalam sejarah filsafat China ada tiga unsur penting yakni harmoni, toleransi dan prikemanusiaan. Ketiga unsur tersebut tidak dapat dipisahkan.

'Selalu dicarikan keseimbangan atau harmoni sebagai suatu jalan tengah antara dua ekstrem, yakni antara manusia dan sesama, antara manusia dan alam, antara manusia dan surga,' katanya.

Menurut dia, toleransi terlihat dalam keterbukaan terhadap pendapat-pendapat yang sama sekali berbeda dari pendapat-pendapat pribadi.

Termasuk sikap perdamaian yang memungkinkan pluralitas yang luar biasa dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam bidang agama.(ant/rd)

PSG Pastikan Tidak Rekrut Pemain Baru Lagi

Paris St Germain (PSG) tidak akan merekrut pemain-pemain baru lagi sebelum akhir bursa transfer sambil tetap membuka pintu keluar terbuka bagi Ezequiel Lavezzi, demikian dikatakan presiden klub Nasser Al-Khelaifi pada Jumat.

Konsumen Diminta Hati-hati Pilih Apotek 'Online'

Konsumen diharapkan berhati-hati dalam memilih apotek 'online', karena ditengarai banyak yang abal-abal, kata Direktur Obat24.

Lapangan Handil Total Hasilkan 15.000 BOPD Minyak

Lapangan Handil kawasan Blok Mahakam yang dikelola oleh Total E&P Indonesie saat ini masih memproduksi minyak dan kondensat sebesar 15.

Dirjen : Negara Lain Juga Alami Permasalahan Visa

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Abdul Djamil, mengatakan negara lain juga mengalami permasalahan visa haji yang menyebabkan jamaahnya tertunda berangkat ke Tanah Suci.

Kecamatan Sewon Tidak Menerima Izin Pembangunan Perumahan

Pemerintah Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak menerima permohonan izin pembangunan perumahan di wilayah setempat sejak ada moratorium perumahan oleh pemerintah daerah pada akhir Mei 2015.