Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Padangpanjang Bangun MCK Plus Di Sigando

mandi cuci kakus, swadaya masyarakat setempat

Posted on 16 Mar 2013. Hits : 504

Pemerintah Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, membangun tempat mandi cuci kakus (MCK) plus di Kelurahan Sigando untuk memudahkan masyarakat yang tidak memiliki jamban.

"Kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan MCK plus tersebut dengan sebaik-baiknya," kata Wakil Wali Kota Padangpanjang Edwin di Padangpanjang, Jumat.

Dia mengatakan, pembangunan MCK plus tersebut sangat dibutuhkan warga, mengingat sebagian besar masyarakat di Batang Tibarau Kelurahan Sigando itu tidak memiliki jamban.

MCK plus tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan, karena juga dilengkapi dengan sarana tempat ibadah umat Islam, yakni surau yang dibagun di lantai dua.

Bangunan MCK plus yang berukuran sekitar 6 x 10 meter persegi itu, sudah diresmikan pemakaiannya oleh Wakil Wali Kota Padangpanjang Edwin, Kamis (14/3).

"Saat ini masyarakat sudah bisa memanfaatkan MCK plus itu, sehingga keluhan masyarakat terhadap minimnya jamban di daerah itu tidak ada lagi," kata dia.

Pembangunan MCK plus memerlukan waktu sekitar tiga bulan dan pengerjaannya itu juga atas partisipasi dan swadaya masyarakat setempat.

"Swadaya masyarakat sangat menentukan terlaksananya pembangunan MCK ini berupa penyerahan lahan untuk kepentingan umum dengan harga sekitar Rp25 juta," kata dia.

Pembangunan setiap unit MCK plus tersebut menelan biaya sekitar Rp500 juta. Dana tersebut Rp470 juta di antaranya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dinas Pekerjaan Umum dan selebihnya swadaya masyarakat.

"Sejak 2011, kita sudah membangun empat unit MCK di Kota Padangpanjang ini masing-masing di kelurahan Kampung Manggis, Ganting, Sigando dan Koto Panjang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Padangpanjang Defrial.

Dia menyebutkan, untuk 2013, Pemkot Padangpanjang juga akan membangun MCK plus di dua kelurahan yang ada di daerah itu.

"Sekarang kita masih dalam tahap penjajakan kelurahan mana yang cocok," kata dia.(ant/rd)

Rumah Sakit Wisata Harapkan Pengalihan Pasien Jamkesda

Pihak Rumah Sakit Wisata Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar berharap Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dapat mengalihkan pasien Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke fasilitas pelayanan kesehatan baru tersebut.

Polres Balangan Razia Obat Terlarang

Kepolisian Resor Balangan, Kalimantan Selatan, merazia peredaran obat terlarang daftar G yang kini marak diperjualbelikan di wilayahnya.

Organisasi Persatuan Alumni GMNI Didesak Jadi Presidium

Sejumlah kalangan mendesak agar format organisasi persatuan alumni GMNI berbentuk presidium karena lebih merealisasikan konsep gotong-royong dalam organisasi.

Perbatasan Kolombia-Venezuela Ditutup

Seorang pria ditembak dan tewas dalam bentrokan antara penjaga nasional Venezuela dan para pedagang yang memasukkan barang dagangan ke Kolombia sehingga mendorong pihak otoritas untuk menutup penyeberangan perbatasan utama antara kedua negara.

Situasi di MMalangsari Sudah Kondusif

Situasi keamanan di Desa Malangsari Kabupaten Lampung Selatan pada Kamis sudah kondusif, namun personel gabungan masih berjaga di daerah tersebut.