Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Padangpanjang Bangun MCK Plus Di Sigando

mandi cuci kakus, swadaya masyarakat setempat

Posted on 16 Mar 2013. Hits : 504

Pemerintah Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, membangun tempat mandi cuci kakus (MCK) plus di Kelurahan Sigando untuk memudahkan masyarakat yang tidak memiliki jamban.

"Kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan MCK plus tersebut dengan sebaik-baiknya," kata Wakil Wali Kota Padangpanjang Edwin di Padangpanjang, Jumat.

Dia mengatakan, pembangunan MCK plus tersebut sangat dibutuhkan warga, mengingat sebagian besar masyarakat di Batang Tibarau Kelurahan Sigando itu tidak memiliki jamban.

MCK plus tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan, karena juga dilengkapi dengan sarana tempat ibadah umat Islam, yakni surau yang dibagun di lantai dua.

Bangunan MCK plus yang berukuran sekitar 6 x 10 meter persegi itu, sudah diresmikan pemakaiannya oleh Wakil Wali Kota Padangpanjang Edwin, Kamis (14/3).

"Saat ini masyarakat sudah bisa memanfaatkan MCK plus itu, sehingga keluhan masyarakat terhadap minimnya jamban di daerah itu tidak ada lagi," kata dia.

Pembangunan MCK plus memerlukan waktu sekitar tiga bulan dan pengerjaannya itu juga atas partisipasi dan swadaya masyarakat setempat.

"Swadaya masyarakat sangat menentukan terlaksananya pembangunan MCK ini berupa penyerahan lahan untuk kepentingan umum dengan harga sekitar Rp25 juta," kata dia.

Pembangunan setiap unit MCK plus tersebut menelan biaya sekitar Rp500 juta. Dana tersebut Rp470 juta di antaranya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dinas Pekerjaan Umum dan selebihnya swadaya masyarakat.

"Sejak 2011, kita sudah membangun empat unit MCK di Kota Padangpanjang ini masing-masing di kelurahan Kampung Manggis, Ganting, Sigando dan Koto Panjang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Padangpanjang Defrial.

Dia menyebutkan, untuk 2013, Pemkot Padangpanjang juga akan membangun MCK plus di dua kelurahan yang ada di daerah itu.

"Sekarang kita masih dalam tahap penjajakan kelurahan mana yang cocok," kata dia.(ant/rd)

Gubernur Terima Pengurus CFCD Chapter Riau

Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menerima kunjungan pengurus baru Corporate Forum for Community Development (CFCD) Chapter Riau, Kamis (30/10) bertempat di rumah dinas Jl.

Wacana Kenaikan Harga BBM Mulai Ganggu Pasar

Ekonom makro Universitas Widaya Mandira Kupang Dr Thomas Ola Langoday, mengatakan, wacana kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi pada awal November oleh Presiden Joko Widodo mulai mengganggu pasar yang beberapa hari sebelumnya cukup stabil.

KPU Palu Anggarkan Biaya Pilkada

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Sulawesi Tengah, membuat anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membiayai dua putaran pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun 2015.

Pemkab Kulon Progo Pasrah Kebijakan Moratorium Pegawai

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pasrah terkait kebijakan moratorium pegawai oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, meski akan berdampak pada kekurangan jumlah pegawai.

Bupati : Jangan Potong Sapi Betina Produktif

Bupati Tanjung Jabung Barat Usman Ermulan minta kepada peternak dan pengusaha di daerahnya agar tidak memotong sapi betina produktif.