Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Padangpanjang Bangun MCK Plus Di Sigando

mandi cuci kakus, swadaya masyarakat setempat

Posted on 16 Mar 2013. Hits : 504

Pemerintah Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, membangun tempat mandi cuci kakus (MCK) plus di Kelurahan Sigando untuk memudahkan masyarakat yang tidak memiliki jamban.

"Kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan MCK plus tersebut dengan sebaik-baiknya," kata Wakil Wali Kota Padangpanjang Edwin di Padangpanjang, Jumat.

Dia mengatakan, pembangunan MCK plus tersebut sangat dibutuhkan warga, mengingat sebagian besar masyarakat di Batang Tibarau Kelurahan Sigando itu tidak memiliki jamban.

MCK plus tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan, karena juga dilengkapi dengan sarana tempat ibadah umat Islam, yakni surau yang dibagun di lantai dua.

Bangunan MCK plus yang berukuran sekitar 6 x 10 meter persegi itu, sudah diresmikan pemakaiannya oleh Wakil Wali Kota Padangpanjang Edwin, Kamis (14/3).

"Saat ini masyarakat sudah bisa memanfaatkan MCK plus itu, sehingga keluhan masyarakat terhadap minimnya jamban di daerah itu tidak ada lagi," kata dia.

Pembangunan MCK plus memerlukan waktu sekitar tiga bulan dan pengerjaannya itu juga atas partisipasi dan swadaya masyarakat setempat.

"Swadaya masyarakat sangat menentukan terlaksananya pembangunan MCK ini berupa penyerahan lahan untuk kepentingan umum dengan harga sekitar Rp25 juta," kata dia.

Pembangunan setiap unit MCK plus tersebut menelan biaya sekitar Rp500 juta. Dana tersebut Rp470 juta di antaranya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dinas Pekerjaan Umum dan selebihnya swadaya masyarakat.

"Sejak 2011, kita sudah membangun empat unit MCK di Kota Padangpanjang ini masing-masing di kelurahan Kampung Manggis, Ganting, Sigando dan Koto Panjang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Padangpanjang Defrial.

Dia menyebutkan, untuk 2013, Pemkot Padangpanjang juga akan membangun MCK plus di dua kelurahan yang ada di daerah itu.

"Sekarang kita masih dalam tahap penjajakan kelurahan mana yang cocok," kata dia.(ant/rd)

Pedagang Kecewa Jokowi Batal 'Blusukan'' Ke Pasar

Pedagang di Pasar Bawah Pekanbaru mengaku sedikit kecewa atas batalnya 'blusukan' Presiden RI Joko Widodo yang sudah berada di Riau ke tempat tersebut karena sudah ditunggu kedatangannya pada Rabu sore itu.

Buruh Siap Bersinergi Dengan Parlemen

Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Muhammad Rusdi mengatakan seluruh elemen buruh siap bersinergi dengan parlemen melalui gerakan ekstra parlementer untuk mewujudkan kesejahteraan buruh dan rakyat.

Para Menteri Koalisi Perangi IS Akan Bertemu

Para menteri luar negeri dari 60 negara koalisi pimpinan Amerika Serikat untuk memerangi kelompok garis keras Negara Islam (IS) akan mengadakan pertemuan pertama pekan depan di Brussels, kata para pejabat AS Rabu.

Festival Teater Gambarkan Pengaruh Teknologi Lewat Teater

Peserta se-Sumatera Selatan mencoba menggambarkan pengaruh teknologi dan perkembangan zaman lewat teater pada Festival teater pecah belah di Graha Budaya Jakabaring Palembang, Rabu.

Fahri: Prabowo Tidak Intervensi Munas Golkar

Sekretaris Koalisi Merah Putih Fahri Hamzah mengatakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak mengintervensi pelaksanaan Musyawarah Nasional IX Partai Golkar.