Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Padangpanjang Bangun MCK Plus Di Sigando

mandi cuci kakus, swadaya masyarakat setempat

Posted on 16 Mar 2013. Hits : 504

Pemerintah Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, membangun tempat mandi cuci kakus (MCK) plus di Kelurahan Sigando untuk memudahkan masyarakat yang tidak memiliki jamban.

"Kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan MCK plus tersebut dengan sebaik-baiknya," kata Wakil Wali Kota Padangpanjang Edwin di Padangpanjang, Jumat.

Dia mengatakan, pembangunan MCK plus tersebut sangat dibutuhkan warga, mengingat sebagian besar masyarakat di Batang Tibarau Kelurahan Sigando itu tidak memiliki jamban.

MCK plus tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan, karena juga dilengkapi dengan sarana tempat ibadah umat Islam, yakni surau yang dibagun di lantai dua.

Bangunan MCK plus yang berukuran sekitar 6 x 10 meter persegi itu, sudah diresmikan pemakaiannya oleh Wakil Wali Kota Padangpanjang Edwin, Kamis (14/3).

"Saat ini masyarakat sudah bisa memanfaatkan MCK plus itu, sehingga keluhan masyarakat terhadap minimnya jamban di daerah itu tidak ada lagi," kata dia.

Pembangunan MCK plus memerlukan waktu sekitar tiga bulan dan pengerjaannya itu juga atas partisipasi dan swadaya masyarakat setempat.

"Swadaya masyarakat sangat menentukan terlaksananya pembangunan MCK ini berupa penyerahan lahan untuk kepentingan umum dengan harga sekitar Rp25 juta," kata dia.

Pembangunan setiap unit MCK plus tersebut menelan biaya sekitar Rp500 juta. Dana tersebut Rp470 juta di antaranya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dinas Pekerjaan Umum dan selebihnya swadaya masyarakat.

"Sejak 2011, kita sudah membangun empat unit MCK di Kota Padangpanjang ini masing-masing di kelurahan Kampung Manggis, Ganting, Sigando dan Koto Panjang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Padangpanjang Defrial.

Dia menyebutkan, untuk 2013, Pemkot Padangpanjang juga akan membangun MCK plus di dua kelurahan yang ada di daerah itu.

"Sekarang kita masih dalam tahap penjajakan kelurahan mana yang cocok," kata dia.(ant/rd)

Pengelolaan Nieuw Victoria Harus Diserahkan Kepada BPCB

Pengelolaan Benteng Nieuw Vicoria harus diserahkan kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Ternate agar bisa diperbaiki sesuai konstruksi aslinya, kata Arkeolog Syahruddin Mansyur dari Balai Arkeologi Ambon, Selasa.

KP2KM Ajak Masyarakat Kembangkan Pariwisata

Komunitas Peduli Pariwisata Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengajak dan mendorong masyarakat setempat untuk sadar mengembangkan beragam potensi wisata di daerah ini guna meningkatkan roda perekonomian.

Pemerintah Fokus Kurangi Kematian Ibu

Pemerintah menargetkan untuk mengurangi jumlah kematian ibu menjadi 226 per 100 ribu kelahiran hidup pada tahun 2015, dari 359 per 100 ribu kelahiran hidup pada 2012, sesuai hasil survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI).

Produksi Kedelai Mataram Diatas Rata-rata

Produktivitas kedelai Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat mencapai rata-rata 1,5 ton per hektare atau di atas rata-rata nasional sebesar 1,4 ton per hektare.

Kampung Terpencil Nikmati Listrik

Salah satu kampung terpencil di Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur segera menikmalti penerangan listrik yang dibangun dengan dana dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd).