Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Padangpanjang Bangun MCK Plus Di Sigando

mandi cuci kakus, swadaya masyarakat setempat

Posted on 16 Mar 2013. Hits : 504

Pemerintah Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, membangun tempat mandi cuci kakus (MCK) plus di Kelurahan Sigando untuk memudahkan masyarakat yang tidak memiliki jamban.

"Kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan MCK plus tersebut dengan sebaik-baiknya," kata Wakil Wali Kota Padangpanjang Edwin di Padangpanjang, Jumat.

Dia mengatakan, pembangunan MCK plus tersebut sangat dibutuhkan warga, mengingat sebagian besar masyarakat di Batang Tibarau Kelurahan Sigando itu tidak memiliki jamban.

MCK plus tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan, karena juga dilengkapi dengan sarana tempat ibadah umat Islam, yakni surau yang dibagun di lantai dua.

Bangunan MCK plus yang berukuran sekitar 6 x 10 meter persegi itu, sudah diresmikan pemakaiannya oleh Wakil Wali Kota Padangpanjang Edwin, Kamis (14/3).

"Saat ini masyarakat sudah bisa memanfaatkan MCK plus itu, sehingga keluhan masyarakat terhadap minimnya jamban di daerah itu tidak ada lagi," kata dia.

Pembangunan MCK plus memerlukan waktu sekitar tiga bulan dan pengerjaannya itu juga atas partisipasi dan swadaya masyarakat setempat.

"Swadaya masyarakat sangat menentukan terlaksananya pembangunan MCK ini berupa penyerahan lahan untuk kepentingan umum dengan harga sekitar Rp25 juta," kata dia.

Pembangunan setiap unit MCK plus tersebut menelan biaya sekitar Rp500 juta. Dana tersebut Rp470 juta di antaranya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dinas Pekerjaan Umum dan selebihnya swadaya masyarakat.

"Sejak 2011, kita sudah membangun empat unit MCK di Kota Padangpanjang ini masing-masing di kelurahan Kampung Manggis, Ganting, Sigando dan Koto Panjang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Padangpanjang Defrial.

Dia menyebutkan, untuk 2013, Pemkot Padangpanjang juga akan membangun MCK plus di dua kelurahan yang ada di daerah itu.

"Sekarang kita masih dalam tahap penjajakan kelurahan mana yang cocok," kata dia.(ant/rd)

Fadli Zon Sebut KMP Belum Ditawari Menteri

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon menegaskan hingga saat ini Presiden Joko Widodo belum memberikan tawaran kepada partai politik yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih untuk menduduki jabatan menteri.

PLN Sarankan Pelanggan Gunakan Kwh Meter Prabayar

Manajemen PT PLN Rayon Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyarankan pelanggannya menggunakan KWH meter dengan sistem prabayar.

Muspida Bekasi Imbau Buruh Tertib 'May Day'

Musyawarah Pimpinan Daerah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengimbau kalangan buruh di wilayah setempat berlaku tertib dalam menjalankan perayaan Hari Buruh International 1 Mei 2015.

Balon Bupati Nasdem Konawe Selatan Tujuh Orang

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) telah menetapkan tujuh bakal calon (balon) bupati Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), yang akan disurvei untuk diusung pada pemilihan kepala daerah (pilkada) akhir tahun 2015.

Warga Bengkulu Keluhkan Buruknya Kondisi Transportasi Umum

Masyarakat Kota Bengkulu mengeluhkan buruknya kondisi sektor transportasi umum, keadaan itu juga diperparah dengan kondisi perekonomian kekinian.