Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kemensos - JCSW Kerjasama Tingkatkan Kompetensi Pekerja Sosial

kemensos gandeng, jcsw tingkatkan, pekerja sosial

Posted on 10 Apr 2013. Hits : 483

Kementerian Sosial bekerja sama dengan Japan College of Sosial Work (JCSW) guna meningkatkan kompetensi pekerja sosial

"Menyelesaikan masalah sosial membutuhkan sinergitas, kolaborasi dan kerja sama berskala internasional," kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu (10/4).

Kerja sama tersebut direalisasikan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri di Tokyo, Jepang, pada Selasa (9/4).

Acara tersebut dihadiri pula oleh Penasihat senior Menteri Sosial, Muman Nuryana sekaligus pemimpin delegasi, Kepala Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial Harry Hikmat, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Samsudi.

Luasnya cakupan masalah sosial, membutuhkan keterlibatan profesional dan kerja sama untuk menumbuhkan harapan dan meningkatkan kualitas hidup.

Kondisi struktur sosial masyarakat masih dilingkupi oleh masalah kemiskinan, ketidakberdayaan, eksklusi sosial dan penyalahgunaan obat. Kompetensi pekerja sosial mutlak diperlukan dan syarat bisa terselenggara pelayanan sosial yang baik.

"Tersedianya sumberdaya manusia pekerja sosial yang memiliki kompetensi merupakan kebutuhan mendesak. Mengingat permasalahan sosial semakin kompleks dan dinamis," tambah Mensos.

Menurut Mensos, menghadapi masalah sosial lintas batas sebagai dampak keterbukaan interaksi di era global saat ini. Misalnya, terkait pekerja migran, adopsi antar-negara secara ilegal, serta perdagangan manusia.

Kompleksitas masalah sosial tidak mungkin diatasi secara maksimal dengan sumber daya manusia bidang kesejahteraan sosial terbatas. Karena itu, keterbatasan melahirkan tuntutan terhadap pendidikan pekerjaan sosial, penelitian dan pelatihan. Hingga kini, masih dibutuhkan 139,000 pekerja sosial untuk menambah kekurangan 15,000 pekerja sosial yang ada.

Hingga kini, JCSW telah memberikan kontribusi nyata yang sangat berharga bagi bangsa untuk menghasilkan pekerja sosial profesional. Selain itu, JCSW merupakan institusi yang bekerja sama dengan Kemensos. Terlebih, lembaga tersebut memiliki sejarah panjang sejak 1958 dan keunikan pendidikan pekerjaan sosial dan penelitian sosial di Jepang.(ris/ant)

Gempa 5,1 Sr Guncang Pesisir Selatan Sumbar

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5,1 skala Richter di barat daya Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, Minggu, pukul 19.

Balon Wako Dumai Utamakan Program Air Bersih

Seorang Bakal Calon Wali Kota Dumai dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Ikhsan menyatakan akan mengutamakan program pembangunan air bersih jika diberi amanah masyarakat dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Desember 2015.

Morotai Rawan Jadi Pintu Masuk Produk Ilegal

Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), rawan menjadi pintu masuk produk ilegal asal luar negeri ke wilayah Malut, karena kabupaten itu berada di daerah perbatasan dengan Filipina, 'Kapal ikan asal Filipina selama ini sering masuk secara ilegal ke Morotai dan itu tidak tertutup kemungkinan kapal itu membawa berbagai produk ilegal asal Filipina untuk di pasarkan di Morotai,' kata Kepala Balai Pengawasan Obat dan makanan (BPOM) Malut, Abdullah Latukonsina di Ternate, Minggu.

423 PIK Riau Lindungi Remaja Dari Bahaya

Keberadaan sebanyak 423 unit Pusat Informasi Konseling (PIK) remaja di Provinsi Riau diharapkan dapat melindungi generasi muda dari lingkungan yang berbahaya seperti pengaruh narkoba dan penyakit AIDS.

Gubernur Bali Ingatkan Warga Buleleng Jalin Silaturahmi

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengingatkan warga dari Kabupaten Buleleng yang tinggal di perantauan agar senantiasa menjalin silaturahmi dengan semua warga di Pulau Dewata maupun di luar pulau.