Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kemensos - JCSW Kerjasama Tingkatkan Kompetensi Pekerja Sosial

kemensos gandeng, jcsw tingkatkan, pekerja sosial

Posted on 10 Apr 2013. Hits : 483

Kementerian Sosial bekerja sama dengan Japan College of Sosial Work (JCSW) guna meningkatkan kompetensi pekerja sosial

"Menyelesaikan masalah sosial membutuhkan sinergitas, kolaborasi dan kerja sama berskala internasional," kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu (10/4).

Kerja sama tersebut direalisasikan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri di Tokyo, Jepang, pada Selasa (9/4).

Acara tersebut dihadiri pula oleh Penasihat senior Menteri Sosial, Muman Nuryana sekaligus pemimpin delegasi, Kepala Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial Harry Hikmat, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Samsudi.

Luasnya cakupan masalah sosial, membutuhkan keterlibatan profesional dan kerja sama untuk menumbuhkan harapan dan meningkatkan kualitas hidup.

Kondisi struktur sosial masyarakat masih dilingkupi oleh masalah kemiskinan, ketidakberdayaan, eksklusi sosial dan penyalahgunaan obat. Kompetensi pekerja sosial mutlak diperlukan dan syarat bisa terselenggara pelayanan sosial yang baik.

"Tersedianya sumberdaya manusia pekerja sosial yang memiliki kompetensi merupakan kebutuhan mendesak. Mengingat permasalahan sosial semakin kompleks dan dinamis," tambah Mensos.

Menurut Mensos, menghadapi masalah sosial lintas batas sebagai dampak keterbukaan interaksi di era global saat ini. Misalnya, terkait pekerja migran, adopsi antar-negara secara ilegal, serta perdagangan manusia.

Kompleksitas masalah sosial tidak mungkin diatasi secara maksimal dengan sumber daya manusia bidang kesejahteraan sosial terbatas. Karena itu, keterbatasan melahirkan tuntutan terhadap pendidikan pekerjaan sosial, penelitian dan pelatihan. Hingga kini, masih dibutuhkan 139,000 pekerja sosial untuk menambah kekurangan 15,000 pekerja sosial yang ada.

Hingga kini, JCSW telah memberikan kontribusi nyata yang sangat berharga bagi bangsa untuk menghasilkan pekerja sosial profesional. Selain itu, JCSW merupakan institusi yang bekerja sama dengan Kemensos. Terlebih, lembaga tersebut memiliki sejarah panjang sejak 1958 dan keunikan pendidikan pekerjaan sosial dan penelitian sosial di Jepang.(ris/ant)

Dolar Menguat di Asia

Kurs dolar menguat di perdagangan Asia pada Kamis, karena perubahan sedikit "bullish" oleh Federal Reserve AS memicu harapan untuk kenaikan suku bunga AS lebih awal.

BI: Kenaikan BBM Sumbang Inflasi 2,31 Persen

Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) Luctor Tapiheru memperkirakan bila kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi Rp3000 per liter akan memberikan sumbangan inflasi Kota Manado sebesar 2,31 persen.

LIPI Patenkan 350 Hasil Penelitian Generasi Muda

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah mematenkan 350 hasil penelitian generasi muda untuk melindungi hasil inovasi anak bangsa dari pembajakan negara asing.

Target Imunisasi Aceh Masih Rendah

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh M Yani mengatakan target pemberian imunisasi bagi anak-anak di provinsi itu masih cukup rendah.

Jonan Diminta Fokus Kembangkan Transportasi Multimoda

Mantan Plt Menteri Perhubungan Bambang Susantono meminta Menhub baru Ignasius Jonan memfokuskan pengembangan transportasi multimoda untuk penghematan biaya logistik nasional.