Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kaltim Ubah Strategi Ke SDA Terbarukan

awang faroek ishak, mengubah strategi perekonomian, sumber daya alam

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 216

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan bahwa provinsi yang dipimpinnya itu telah mengubah strategi perekonomian dari sebelumnya tergantung pada sumber daya alam (SDA) tidak terbarukan menjadi SDA yang terbarukan.

'SDA tidak terbarukan seperti minyak, gas, dan batu bara memang hasilnya sangat besar, tetapi harus disadari bahwa semua itu lambat laun akan habis,' ujar gubernur saat membuka Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kaltim di Stadion Madya Sempaja, Samarinda, Sabtu.

Menurutnya, saat ini Pemprov Kaltim terus mendorong perkembangan pertanian dalam arti luas, seperti sub sektor peternakan, perikanan, kelautan, perkebunan, dan pertanian tanaman pangan.

Selain itu, katanya, Kaltim juga terus mempercepat pembangunan ekonomi yang berdaya saing, yakni dengan mengembangkan beberapa kawasan industri melalui pendekatan klaster sebagai pusat pertumbuhan ekonomi.

'Kita patut bersyukur karena seiring dengan kebijakan pengembangan industri nasional sesuai Inpres nomor 1 tahun 2010 tentang percepatan pelaksanaan prioritas pembangunan nasional, pemerintah pusat telah menetapkan dua klaster industri di Kaltim,' katanya.

Dua klaster tersebut diyakini mampu menunjang pembangunan pertanian dalam arti luas, yakni klaster industri berbasis pertanian dan oleochemical di Kecamatan Maloy, Kutai Timur, serta klaster industri berbasis migas dan kondensat di Bontang.

Kedua klaster tersebut sangat penting karena pengembangan sejumlah sektor usaha pertanian akan saling terkoneksi antar sub sektor, sehingga akan menjadi kekuatan ekonomi Kaltim di kawasan Indonesia bagian timur.

Terkait dengan pengembangan klaster tersebut, lanjut Awang, para petani, nelayan, dan sub sektor lainnya harus terlibat dalam pemanfaatan dan pengelolaan industri hulu yang berbasis pertanian.(ant/rd)

Bupati Minahasa Targetkan Tiap Kecamatan Miliki Puskesmas

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajouw menargetkan hingga 2018 setiap kecamatan di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, memiliki pusat kesehatan masyarakat yang layak.

Hayom Melaju Babak Penyisihan All England 2015

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Dionysius Hayom Rumbaka melaju ke babak penyisihan turnamen Yonex All England Open 2015 setelah menyisihkan sesama pemain Indonesia Simon Santoso dalam babak kualifikasi.

Ketua KPU/Bawaslu Berbagi Pengalaman Dengan Mesir

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Husni Kamil Manik dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad secara khusus diundang Mesir untuk berbagi pengalaman dengan pihak-pihak terkait.

Emas Turun Jelang Laporan Ketenagakerjaan AS

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Selasa (Rabu pagi WIB), menjelang laporan ketenagakerjaan AS yang akan dirilis pada Jumat.

Harga Minyak Dunia Berbalik Naik Dipicu Kerusuhan Libya

Harga minyak dunia berbalik lebih tinggi pada Selasa (Rabu pagi WIB), dipicu kerusuhan di negara pengekspor minyak Libya dan pasar memperkirakan kenaikan lain dalam persediaan di Amerika Serikat.