Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jumlah Penduduk Miskin Kotawaringin Timur Turun

pendudk miskin, kotawaringin timur, menurun

Posted on 07 Nov 2013. Hits : 233

Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dalam tiga tahun terakhir sejak 2010 mengalami penurunan.

"Secara umum tingkat kemiskinan di Kabupaten Kotim mengalami penurunan, namun jika dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng) jumlah penduduk miskin di kabupaten Kotim masih tergolong tinggi," kata Bupati Kotim, Supian Hadi di Sampit, Kamis.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kotim jumlah penduduk miskin pada 2010 ada sebanyak 31.400 jiwa atau 8,22 persen.

Kemudian pada 2011 jumlah penduduk miskin menurun menjadi 28.400 jiwa atau 7,43 persen dan pada 2012 penduduk miskin ada sebanyak 28.900 atau 6,91 persen.

Pemerintah Kabupaten Kotim bertekad akan terus berupaya menekan angka kemiskinan hingga pada angka terendah dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di wilayah Kalteng.

"Kami menargetkan penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Kotim pada 2014 nanti mencapai 8-10 persen," katanya.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah Kabupaten Kotim pada 2014 nanti menetapkan kebijakan ekonomi daerah masih tetap diarahkan pada peningkatan kemampuan ekonomi dalam menciptakan lapangan kerja yang lebih luas, serta mengurangi jumlah penduduk miskin.

Pemerintah daerah juga akan menangani desa tertinggal dengan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi di sector potensial dan penyediaan infrastruktur secara berkelanjutan.

"Pada 2014 nanti kami menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,8-7,2 persen, angka pengangguran turun 5-6 persen, angka kemiskinan turun 8-10 persen, laju inflasi 4,5 persen dan bertambah atau berkurang 1 persen," ucapnya.

Sedangkan asumsi capaian ekonomi daerah dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2014 ditargetkan, pertumbuhan ekonomi berada di kisaran 6,75-7,25 persen.

Kemudian untuk laju inflasi berada pada kisaran 4,5-6,5 persen, angka pengangguran turun 3,5-4,5 persen dan angka kemiskinan turun 6 -6,5 persen.(ris/ant)

Gubernur Babel Revolusi Mental Pejabat Eselon

Gubernur Bangka Belitung, Rustam Effendi menyatakan akan merevolusi mental pejabat eselon untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat di daerah itu.

Bangka Barat Dorong Pembangunan Pelabuhan Tanjungular

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung mendorong rencana pembangunan pelabuhan di Tanjungular, Muntok untuk mempercepat terbentuknya kawasan industri terpadu di daerah itu.

OASE-KK Gandeng Media Sosialisasikan Deteksi Dini Kanker

Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) akan menggandeng media massa dalam menyosialisasikan dan menyebarluaskan imbauan pentingnya melakukan pencegahan dan deteksi dini penyakit kanker.

Gubernur Imbau Masyarakat Tenang Sikapi Harga BBM

Gubernur Bangka Belitung, Rustam Effendi mengimbau masyarakat tetap tenang menyikapi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sebesar Rp500 per liter.

Sulbar Dapatkan Rp330 Miliar Dari Kementerian Perhubungan

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mendapatkan bantuan anggaran dari Kementerian Perhubungan sebesar Rp330 miliar untuk membangun sarana infrastruktur di bidang perhubungan.