Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jumlah Penduduk Miskin Kotawaringin Timur Turun

pendudk miskin, kotawaringin timur, menurun

Posted on 07 Nov 2013. Hits : 233

Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dalam tiga tahun terakhir sejak 2010 mengalami penurunan.

"Secara umum tingkat kemiskinan di Kabupaten Kotim mengalami penurunan, namun jika dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng) jumlah penduduk miskin di kabupaten Kotim masih tergolong tinggi," kata Bupati Kotim, Supian Hadi di Sampit, Kamis.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kotim jumlah penduduk miskin pada 2010 ada sebanyak 31.400 jiwa atau 8,22 persen.

Kemudian pada 2011 jumlah penduduk miskin menurun menjadi 28.400 jiwa atau 7,43 persen dan pada 2012 penduduk miskin ada sebanyak 28.900 atau 6,91 persen.

Pemerintah Kabupaten Kotim bertekad akan terus berupaya menekan angka kemiskinan hingga pada angka terendah dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di wilayah Kalteng.

"Kami menargetkan penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Kotim pada 2014 nanti mencapai 8-10 persen," katanya.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah Kabupaten Kotim pada 2014 nanti menetapkan kebijakan ekonomi daerah masih tetap diarahkan pada peningkatan kemampuan ekonomi dalam menciptakan lapangan kerja yang lebih luas, serta mengurangi jumlah penduduk miskin.

Pemerintah daerah juga akan menangani desa tertinggal dengan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi di sector potensial dan penyediaan infrastruktur secara berkelanjutan.

"Pada 2014 nanti kami menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,8-7,2 persen, angka pengangguran turun 5-6 persen, angka kemiskinan turun 8-10 persen, laju inflasi 4,5 persen dan bertambah atau berkurang 1 persen," ucapnya.

Sedangkan asumsi capaian ekonomi daerah dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2014 ditargetkan, pertumbuhan ekonomi berada di kisaran 6,75-7,25 persen.

Kemudian untuk laju inflasi berada pada kisaran 4,5-6,5 persen, angka pengangguran turun 3,5-4,5 persen dan angka kemiskinan turun 6 -6,5 persen.(ris/ant)

Bandara Kualanamu Sosialisaikan Penutupan Loket Penjualan Tiket

PT Angkasa Pura 2 dan Otoritas Bandara Wilayah II Medan menyosialisasikan rencana penutupan lokat penjualan tiket di berbagai lokasi Bandar Udara Kualanamu.

Pelayanan Satu Pintu Permudah Izin Investasi

Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Maluku Fauzan Chatib menyatakan, untuk memudahkan investor menanamkan investasi di daerah ini perlu pelayanan satu pintu proses perizinan 'Pemerintah sudah mengarahkan untuk memberikan pelayanan satu pintu kepada para investor yang akan menanamkan modalnya di daerah ini, sehingga memudahkan proses perizinan,' kata Fauzan di Ambon, Jumat.

Komisioner KPU Mukomuko Lulus CPNS Mengundurkan Diri

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Dawud Gauraf menyatakan, komisioner yang lulus seleksi calon pegawai negeri sipil di daerah itu telah mengundurkan diri dari lembaga tersebut.

BI NTT Prediksi Inflasi Februari 0,4 Persen

Bank Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Timur memprediksi inflasi di NTT sebesar 0,4 persen pada Februari, salah satu pemicunya adalah kenaikan harga bahan pokok beras.

Disperindag Ingatkan Bahaya Gunakan Pakaian Bekas Impor

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor mengimbau warga untuk tidak menggunakan pakaian bekas impor, terutama untuk pakaian dalam dan baju anak karena disinyalir mengandung bakteri yang menggangu kesehatan.