Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jumlah Penduduk Miskin Kotawaringin Timur Turun

pendudk miskin, kotawaringin timur, menurun

Posted on 07 Nov 2013. Hits : 233

Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dalam tiga tahun terakhir sejak 2010 mengalami penurunan.

"Secara umum tingkat kemiskinan di Kabupaten Kotim mengalami penurunan, namun jika dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng) jumlah penduduk miskin di kabupaten Kotim masih tergolong tinggi," kata Bupati Kotim, Supian Hadi di Sampit, Kamis.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kotim jumlah penduduk miskin pada 2010 ada sebanyak 31.400 jiwa atau 8,22 persen.

Kemudian pada 2011 jumlah penduduk miskin menurun menjadi 28.400 jiwa atau 7,43 persen dan pada 2012 penduduk miskin ada sebanyak 28.900 atau 6,91 persen.

Pemerintah Kabupaten Kotim bertekad akan terus berupaya menekan angka kemiskinan hingga pada angka terendah dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di wilayah Kalteng.

"Kami menargetkan penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Kotim pada 2014 nanti mencapai 8-10 persen," katanya.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah Kabupaten Kotim pada 2014 nanti menetapkan kebijakan ekonomi daerah masih tetap diarahkan pada peningkatan kemampuan ekonomi dalam menciptakan lapangan kerja yang lebih luas, serta mengurangi jumlah penduduk miskin.

Pemerintah daerah juga akan menangani desa tertinggal dengan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi di sector potensial dan penyediaan infrastruktur secara berkelanjutan.

"Pada 2014 nanti kami menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,8-7,2 persen, angka pengangguran turun 5-6 persen, angka kemiskinan turun 8-10 persen, laju inflasi 4,5 persen dan bertambah atau berkurang 1 persen," ucapnya.

Sedangkan asumsi capaian ekonomi daerah dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2014 ditargetkan, pertumbuhan ekonomi berada di kisaran 6,75-7,25 persen.

Kemudian untuk laju inflasi berada pada kisaran 4,5-6,5 persen, angka pengangguran turun 3,5-4,5 persen dan angka kemiskinan turun 6 -6,5 persen.(ris/ant)

KNPI-BSMI Beri Layanan Kesehatan Bagi Pengungsi

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) melaksanakan pengobatan gratis untuk pengungsi Rohingya, Myanmar dan Banglades yang di pusatkan di kamp penampungan Kuala Langsa, Kota Langsa.

Harman Pilih Demokrat Untuk Maju Pilkada Inhu

Harman Harmaini mendaftarkan diri ke Partai Demokrat sebagai salah satu bakal calon Bupati Indragiri Hulu Provinsi Riau guna mengikuti pemilihan kepala daerah pada Desember 2015 mendatang.

Jambi Usulkan Ranperda Perlindungan Sapi Produktif

Pemerintah Provinsi Jambi mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) ke DPRD Provinsi Jambi tentang Pengendalian Ternak Sapi dan Kerbau Betina Produktif guna melindungi sapi dan kerbau usia produktif agar tidak lagi dipotong.

Merangin Jambi Bekerjasama Dengan Kejari Bangko

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin, Provinsi Jambi, melakukan kerja sama bidang perdata dan tata usaha negara dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangko guna mewujudkan azas umum pemerintahan yang baik.

Disperindag : Bengkalis Bebas Dari Beras Sintetis

Pejabat Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menyebutkan daerah itu bebas dari peredaran beras sintetis atau beras berbahan baku plastik.