Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jumlah Penduduk Miskin Kotawaringin Timur Turun

pendudk miskin, kotawaringin timur, menurun

Posted on 07 Nov 2013. Hits : 233

Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dalam tiga tahun terakhir sejak 2010 mengalami penurunan.

"Secara umum tingkat kemiskinan di Kabupaten Kotim mengalami penurunan, namun jika dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng) jumlah penduduk miskin di kabupaten Kotim masih tergolong tinggi," kata Bupati Kotim, Supian Hadi di Sampit, Kamis.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kotim jumlah penduduk miskin pada 2010 ada sebanyak 31.400 jiwa atau 8,22 persen.

Kemudian pada 2011 jumlah penduduk miskin menurun menjadi 28.400 jiwa atau 7,43 persen dan pada 2012 penduduk miskin ada sebanyak 28.900 atau 6,91 persen.

Pemerintah Kabupaten Kotim bertekad akan terus berupaya menekan angka kemiskinan hingga pada angka terendah dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di wilayah Kalteng.

"Kami menargetkan penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Kotim pada 2014 nanti mencapai 8-10 persen," katanya.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah Kabupaten Kotim pada 2014 nanti menetapkan kebijakan ekonomi daerah masih tetap diarahkan pada peningkatan kemampuan ekonomi dalam menciptakan lapangan kerja yang lebih luas, serta mengurangi jumlah penduduk miskin.

Pemerintah daerah juga akan menangani desa tertinggal dengan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi di sector potensial dan penyediaan infrastruktur secara berkelanjutan.

"Pada 2014 nanti kami menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,8-7,2 persen, angka pengangguran turun 5-6 persen, angka kemiskinan turun 8-10 persen, laju inflasi 4,5 persen dan bertambah atau berkurang 1 persen," ucapnya.

Sedangkan asumsi capaian ekonomi daerah dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2014 ditargetkan, pertumbuhan ekonomi berada di kisaran 6,75-7,25 persen.

Kemudian untuk laju inflasi berada pada kisaran 4,5-6,5 persen, angka pengangguran turun 3,5-4,5 persen dan angka kemiskinan turun 6 -6,5 persen.(ris/ant)

Dinkessos Sawahlunto Serahkan Bantuan Bagi Lansia

Dinas Kesehatan dan Sosial (Dinkessos) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, menyerahkan bantuan bagi 177 orang masyarakat lanjut usia (Lansia) yang sudah tidak produktif, Selasa.

Pengamat : Dana Parpol Harus Kuatkan Lembaga

Pengamat politik yang juga Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2004-2007 Ramlan Surbakti menyatakan wacana peningkatan dana partai politik seandainya terealisasi harus mampu menciptakan penguatan lembaga partai sebagai organisasi politik.

Sulsel Suplai Beras Untuk Perdagangan Antar Provinsi

Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai salah satu wilayah lumbung padi nasional siap menyuplai beras untuk perdagangan antar provinsi.

Golkar Sulsel Usul Nama Senator Ke DPP

Dewan Pimpinan Daerah I Partai Golkar Sulawesi Selatan mengusul tiga nama bakal calon kepala daerah untuk Kabupaten Gowa dan salah satunya adalah Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI) Bahar Ngitung.

JHT BPJS Ketenagakerjaan Dinilai Membingungkan Pekerja

Jaminan Hari Tua (JHT) yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan terkait pengambilan klaim selama 10 tahun ke depan dianggap sejumlah pekerja beserta buruh membingungkan pencairan bahkan memberatkan mereka.