Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jumlah Penduduk Miskin Kotawaringin Timur Turun

pendudk miskin, kotawaringin timur, menurun

Posted on 07 Nov 2013. Hits : 172

Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dalam tiga tahun terakhir sejak 2010 mengalami penurunan.

"Secara umum tingkat kemiskinan di Kabupaten Kotim mengalami penurunan, namun jika dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng) jumlah penduduk miskin di kabupaten Kotim masih tergolong tinggi," kata Bupati Kotim, Supian Hadi di Sampit, Kamis.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kotim jumlah penduduk miskin pada 2010 ada sebanyak 31.400 jiwa atau 8,22 persen.

Kemudian pada 2011 jumlah penduduk miskin menurun menjadi 28.400 jiwa atau 7,43 persen dan pada 2012 penduduk miskin ada sebanyak 28.900 atau 6,91 persen.

Pemerintah Kabupaten Kotim bertekad akan terus berupaya menekan angka kemiskinan hingga pada angka terendah dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di wilayah Kalteng.

"Kami menargetkan penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Kotim pada 2014 nanti mencapai 8-10 persen," katanya.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah Kabupaten Kotim pada 2014 nanti menetapkan kebijakan ekonomi daerah masih tetap diarahkan pada peningkatan kemampuan ekonomi dalam menciptakan lapangan kerja yang lebih luas, serta mengurangi jumlah penduduk miskin.

Pemerintah daerah juga akan menangani desa tertinggal dengan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi di sector potensial dan penyediaan infrastruktur secara berkelanjutan.

"Pada 2014 nanti kami menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,8-7,2 persen, angka pengangguran turun 5-6 persen, angka kemiskinan turun 8-10 persen, laju inflasi 4,5 persen dan bertambah atau berkurang 1 persen," ucapnya.

Sedangkan asumsi capaian ekonomi daerah dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2014 ditargetkan, pertumbuhan ekonomi berada di kisaran 6,75-7,25 persen.

Kemudian untuk laju inflasi berada pada kisaran 4,5-6,5 persen, angka pengangguran turun 3,5-4,5 persen dan angka kemiskinan turun 6 -6,5 persen.(ris/ant)

Mataram Bukan Penyangga Stok Pangan

Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mengatakan, Kota Mataram tidak termasuk daerah penyangga stok pangan nasional, karena produksi padi relatif kecil dibandingkan kabupaten lain di Nusa Tenggara Barat.

18 Anggota Taliban Tewas

Sebanyak 18 gerilyawan Taliban tewas sementara tujuh orang lagi cedera dalam operasi militer Afghanistan dalam 24 jam terkahir, kata Kementerian Pertahanan negeri itu, Kamis pagi waktu setempat.

Adipura Bukti Keberhasilan Suatu Daerah

Wakil Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana mengatakan, penghargaan piala Adipura menjadi bukti keberhasilan suatu daerah dalam melaksanakan kegiatan pembangunan.

Ultimatum Penuntasan Jual Beli Listrik

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengultimatum PT Pertamina dan PT PLN untuk secepatnya membuat kesepakatan perjanjian jual beli listrik pada sembilan lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) atau proyek geothermal yang sedang dikerjakan Pertamina.

179 Migran Yang Diculik Dibebaskan

Tentara Meksiko telah membebaskan 179 pekerja migran tak berdokumen Amerika Tengah dengan tujuan Amerika Serikat, kata jaksa penuntut umum Rabu.