Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jumlah Penduduk Miskin Kotawaringin Timur Turun

pendudk miskin, kotawaringin timur, menurun

Posted on 07 Nov 2013. Hits : 233

Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dalam tiga tahun terakhir sejak 2010 mengalami penurunan.

"Secara umum tingkat kemiskinan di Kabupaten Kotim mengalami penurunan, namun jika dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng) jumlah penduduk miskin di kabupaten Kotim masih tergolong tinggi," kata Bupati Kotim, Supian Hadi di Sampit, Kamis.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kotim jumlah penduduk miskin pada 2010 ada sebanyak 31.400 jiwa atau 8,22 persen.

Kemudian pada 2011 jumlah penduduk miskin menurun menjadi 28.400 jiwa atau 7,43 persen dan pada 2012 penduduk miskin ada sebanyak 28.900 atau 6,91 persen.

Pemerintah Kabupaten Kotim bertekad akan terus berupaya menekan angka kemiskinan hingga pada angka terendah dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di wilayah Kalteng.

"Kami menargetkan penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Kotim pada 2014 nanti mencapai 8-10 persen," katanya.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah Kabupaten Kotim pada 2014 nanti menetapkan kebijakan ekonomi daerah masih tetap diarahkan pada peningkatan kemampuan ekonomi dalam menciptakan lapangan kerja yang lebih luas, serta mengurangi jumlah penduduk miskin.

Pemerintah daerah juga akan menangani desa tertinggal dengan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi di sector potensial dan penyediaan infrastruktur secara berkelanjutan.

"Pada 2014 nanti kami menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,8-7,2 persen, angka pengangguran turun 5-6 persen, angka kemiskinan turun 8-10 persen, laju inflasi 4,5 persen dan bertambah atau berkurang 1 persen," ucapnya.

Sedangkan asumsi capaian ekonomi daerah dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2014 ditargetkan, pertumbuhan ekonomi berada di kisaran 6,75-7,25 persen.

Kemudian untuk laju inflasi berada pada kisaran 4,5-6,5 persen, angka pengangguran turun 3,5-4,5 persen dan angka kemiskinan turun 6 -6,5 persen.(ris/ant)

Sumsel Gelar Gerakkan Minum Susu

Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Selatan akan menggelar gerakan massal minum susu dan makan telur untuk menyemarakkan bulan bakti peternakan pada 26 September 2014.

JK Jamin Integritas Menteri

Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih Jusuf Kalla menjamin integritas para menteri dari kalangan partai yang nanti akan terpilih dalam kabinetnya.

Menteri BUMN Baru Tunggu Putusan Presiden Baru

Menteri BUMN Dahlan Iskan memastikan tidak akan ada pergantian direksi BUMN sebelum terbentuknya pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Presiden dan Wapres terlipih Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Balai Nikah Kebanjiran Calon Mempelai

Kegiatan pernikahan di balai nikah Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Gorontalo Utara, mengalami kenaikan drastis sebesar 70 persen, sejak implementasi Peraturan Pemerintah (PP) nomor 48 tahun 2014 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Kenaikan Harga BBM Diharapkan Bertahap

Pengurus Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah berharap agar kenaikan harga BBM subsidi sebaiknya dilakukan secara bertahap sehingga tidak menyulitkan pelaku ekonomi salah satunya pengembang perumahan.