Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jabar Gulirkan Dana Pendamping BOS Rp 300 Miliar

dana bos, program bos, jawa barat

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 350

Provinsi Jawa Barat menggulirkan program pedampingan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) senilai Rp300 miliar pada 2013.

"BOS dari pemerintah pusat nilainya sebesar sekitar Rp1,2 triliun untuk membebaskan SPP SMA dan SMK, dan dana pendampingan dari Pemprov Jabar Rp300 miliar. Jumlah pelajar SMA dan sederajat sekitar 1,2 jutaan siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dr Wahyudin Zarkasy di Bsndung, Selasa.

Menurut Zarkasy, program BOS pada 2012 hingga Juni 2013 masih Rintisan BOS (R-BOS) dimana setiap sekolah masih melakukan pungutan, sedangkan BOS digelar mulai Juli 2013.

"Selanjutnya setelah menjadi BOS kami tunggu juklaknya, apa masih boleh nggak ada penghimpunan dana dari orang tua siswa, namun bila BOS biasanya tidak boleh, tapi kita tunggu nanti," katanya.

Ia menyebutkan guliran BOS dengan membebaskan uang SPP sekolah itu bertujuan meringankan beban orang tua siswa khususnya dari kalangan tidak mampu untuk bisa menyekolahkan anaknya tanpa biaya sekolah yang tinggi.

Ia menyebutkan BOS tersebut selain untuk SMA negeri juga swasta, sehingga diharapkan ada gairah dari sekolah swasta untuk meningkatkan kualitasnya.

"Saat ini bebas SPP sudah digulirkan di Kabupaten Karawang dan Kabupaten Cirebon. Bisa tuh dilakukan dan akan menjadi acuan untuk pembebasan SPP di sekolah lainnya di Jabar," kata Wahyudin.

Ia menyebutkan uang R-BOS saat ini sudah ada di rekening Dinas Pendidikan Jawa Barat dan akan segera didistribusikan bila persyaratan dan administrasinya sudah komplit.

"Dananya sudah ada di rekening Disdik Jabar, siap digulirkan. Kami akan secepatnya mendistribusikan langsung ke rekening sekolah terkait," kata Wahyudin.

Ia mengakui masih adanya sekolah yang khawatir dana bantuan itu terlambat turun sehingga bisa segera dicairkan untuk operasional sekolah.

"Kekhawatiran itu ada, dan kami upayakan bisa secepatnya bisa dicairkan," katanya.(ant/id)

Tower Telekomunikasi Hasilkan PAD Rp352,16 Juta

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar), menyatakan dari jumlah operator tower teleokomunikasi yang ada di daerah itu, jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang didapat pemerintah daerah setempat mencapai Rp352,16 juta dalam setahun.

Silang Sengkarut Monorail Jakarta dari Masa Foke, Jokowi Sampai Ahok

Pembangunan monorail di Jakarta masih menjadi isu yang tidak ada habisnya untuk dibahas sejak kepemimpinan beberapa gubernur.

Mukomuko Datangkan Gabah Dari Luar Provinsi

Kalangan pengusaha penggilingan padi di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak sebulan terakhir terpaksa mendatangkan gabah kering panen dari luar provinsi untuk memenuhi kebutuhan beras warga masyarakat setempat.

Kebutuhan Media Terintegrasi Semakin Tinggi

Kebutuhan akan adanya media terintegrasi semakin tinggi karena berita dan informasi yang beredar di masyarakat semakin banyak dan cenderung acak.

Hypermart Tarik Sebagian Apel Impor

Pusat perbelanjaan Hypermart menarik sebagian apel impor yaitu yang berjenis Granny Smith dan Royal Gala karena diduga mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan manusia.