Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jabar Gulirkan Dana Pendamping BOS Rp 300 Miliar

dana bos, program bos, jawa barat

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 350

Provinsi Jawa Barat menggulirkan program pedampingan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) senilai Rp300 miliar pada 2013.

"BOS dari pemerintah pusat nilainya sebesar sekitar Rp1,2 triliun untuk membebaskan SPP SMA dan SMK, dan dana pendampingan dari Pemprov Jabar Rp300 miliar. Jumlah pelajar SMA dan sederajat sekitar 1,2 jutaan siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dr Wahyudin Zarkasy di Bsndung, Selasa.

Menurut Zarkasy, program BOS pada 2012 hingga Juni 2013 masih Rintisan BOS (R-BOS) dimana setiap sekolah masih melakukan pungutan, sedangkan BOS digelar mulai Juli 2013.

"Selanjutnya setelah menjadi BOS kami tunggu juklaknya, apa masih boleh nggak ada penghimpunan dana dari orang tua siswa, namun bila BOS biasanya tidak boleh, tapi kita tunggu nanti," katanya.

Ia menyebutkan guliran BOS dengan membebaskan uang SPP sekolah itu bertujuan meringankan beban orang tua siswa khususnya dari kalangan tidak mampu untuk bisa menyekolahkan anaknya tanpa biaya sekolah yang tinggi.

Ia menyebutkan BOS tersebut selain untuk SMA negeri juga swasta, sehingga diharapkan ada gairah dari sekolah swasta untuk meningkatkan kualitasnya.

"Saat ini bebas SPP sudah digulirkan di Kabupaten Karawang dan Kabupaten Cirebon. Bisa tuh dilakukan dan akan menjadi acuan untuk pembebasan SPP di sekolah lainnya di Jabar," kata Wahyudin.

Ia menyebutkan uang R-BOS saat ini sudah ada di rekening Dinas Pendidikan Jawa Barat dan akan segera didistribusikan bila persyaratan dan administrasinya sudah komplit.

"Dananya sudah ada di rekening Disdik Jabar, siap digulirkan. Kami akan secepatnya mendistribusikan langsung ke rekening sekolah terkait," kata Wahyudin.

Ia mengakui masih adanya sekolah yang khawatir dana bantuan itu terlambat turun sehingga bisa segera dicairkan untuk operasional sekolah.

"Kekhawatiran itu ada, dan kami upayakan bisa secepatnya bisa dicairkan," katanya.(ant/id)

DPRD Sulbar Prihatin Sungai Mandar Alami Kerusakan

Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Barat mengaku prihatin melihat kondisi bantaran aliran Sungai Mandar yang kini mulai mengalami kerusakan.

BNN Razia Mes Pekerja Hiburan Malam

Badan Narkotika Nasional (BNN) Purbalingga, Jawa Tengah, menggelar razia terhadap para penghuni mes khusus pekerja hiburan malam di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

Maskapai Diminta Tidak Naikkan Harga Tiket

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur meminta maskapai yang akan melayani perjalanan para pemudik ke sejumlah daerah dari bandara El Tari di Kupang tidak menaikkan harga tiket terlampau tinggi yang menyulitkan calon penumpang.

Pelaku Usaha Tradisional Terus Bertahan

Pelaku usaha Bordir tradisional di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat terus bertahan meski dunia usaha saat ini sudah sistem digital.

Pemkab Kampar Bagikan Paket Sembako Ramadhan

Pemerintah Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, telah membagikan sejumlah paket sembako selama bulan Ramadhan kepada keluarga kurang mampu yang berada di sejumlah wilayah kecamatan di kabupaten itu.