Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jabar Gulirkan Dana Pendamping BOS Rp 300 Miliar

dana bos, program bos, jawa barat

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 350

Provinsi Jawa Barat menggulirkan program pedampingan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) senilai Rp300 miliar pada 2013.

"BOS dari pemerintah pusat nilainya sebesar sekitar Rp1,2 triliun untuk membebaskan SPP SMA dan SMK, dan dana pendampingan dari Pemprov Jabar Rp300 miliar. Jumlah pelajar SMA dan sederajat sekitar 1,2 jutaan siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dr Wahyudin Zarkasy di Bsndung, Selasa.

Menurut Zarkasy, program BOS pada 2012 hingga Juni 2013 masih Rintisan BOS (R-BOS) dimana setiap sekolah masih melakukan pungutan, sedangkan BOS digelar mulai Juli 2013.

"Selanjutnya setelah menjadi BOS kami tunggu juklaknya, apa masih boleh nggak ada penghimpunan dana dari orang tua siswa, namun bila BOS biasanya tidak boleh, tapi kita tunggu nanti," katanya.

Ia menyebutkan guliran BOS dengan membebaskan uang SPP sekolah itu bertujuan meringankan beban orang tua siswa khususnya dari kalangan tidak mampu untuk bisa menyekolahkan anaknya tanpa biaya sekolah yang tinggi.

Ia menyebutkan BOS tersebut selain untuk SMA negeri juga swasta, sehingga diharapkan ada gairah dari sekolah swasta untuk meningkatkan kualitasnya.

"Saat ini bebas SPP sudah digulirkan di Kabupaten Karawang dan Kabupaten Cirebon. Bisa tuh dilakukan dan akan menjadi acuan untuk pembebasan SPP di sekolah lainnya di Jabar," kata Wahyudin.

Ia menyebutkan uang R-BOS saat ini sudah ada di rekening Dinas Pendidikan Jawa Barat dan akan segera didistribusikan bila persyaratan dan administrasinya sudah komplit.

"Dananya sudah ada di rekening Disdik Jabar, siap digulirkan. Kami akan secepatnya mendistribusikan langsung ke rekening sekolah terkait," kata Wahyudin.

Ia mengakui masih adanya sekolah yang khawatir dana bantuan itu terlambat turun sehingga bisa segera dicairkan untuk operasional sekolah.

"Kekhawatiran itu ada, dan kami upayakan bisa secepatnya bisa dicairkan," katanya.(ant/id)

Dolar Bervariasi Karena Ekonomi AS Tumbuh Moderat

Kurs dolar AS diperdagangkan bervariasi terhadap mata uang utama lainnya pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena data menunjukkan ekonomi AS kembali ke pertumbuhan moderat pada kuartal keempat 2014.

UEFA : Liverpool Dan Sparta Praha Tidak Langgar Peraturan FFP

Klub Liga Utama Inggris Liverpool dan klub Ceko Sparta Praha dinyatakan tidak melanggar peraturan-peraturan Financial Fair Play (FFP), oleh badan sepak bola Eropa pada Jumat.

Emas Naik Setelah PDB AS Lebih Buruk Dari Perkiraan

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik pada Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah data menunjukkan produk domestik bruto (PDB) AS tumbuh lebih rendah dari yang diperkirakan.

Pertumbuhan Ekonomi AS Melambat Jadi 2,2 Persen

Ekonomi Amerika Serikat tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan pada kuartal keempat 2014, tertekan oleh kenaikan lebih kecil dalam persediaan dan peningkatan lebih besar dalam impor, data revisi menunjukkan Jumat.

Taufan : Saya Tidak Mencalonkan Diri Ketua KNPI

Ketua demisioner DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Taufan EN Rotorasiko menyatakan tidak akan maju dalam bursa pencalonan ketua KNPI periode 2015-2018.