Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jabar Gulirkan Dana Pendamping BOS Rp 300 Miliar

dana bos, program bos, jawa barat

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 350

Provinsi Jawa Barat menggulirkan program pedampingan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) senilai Rp300 miliar pada 2013.

"BOS dari pemerintah pusat nilainya sebesar sekitar Rp1,2 triliun untuk membebaskan SPP SMA dan SMK, dan dana pendampingan dari Pemprov Jabar Rp300 miliar. Jumlah pelajar SMA dan sederajat sekitar 1,2 jutaan siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dr Wahyudin Zarkasy di Bsndung, Selasa.

Menurut Zarkasy, program BOS pada 2012 hingga Juni 2013 masih Rintisan BOS (R-BOS) dimana setiap sekolah masih melakukan pungutan, sedangkan BOS digelar mulai Juli 2013.

"Selanjutnya setelah menjadi BOS kami tunggu juklaknya, apa masih boleh nggak ada penghimpunan dana dari orang tua siswa, namun bila BOS biasanya tidak boleh, tapi kita tunggu nanti," katanya.

Ia menyebutkan guliran BOS dengan membebaskan uang SPP sekolah itu bertujuan meringankan beban orang tua siswa khususnya dari kalangan tidak mampu untuk bisa menyekolahkan anaknya tanpa biaya sekolah yang tinggi.

Ia menyebutkan BOS tersebut selain untuk SMA negeri juga swasta, sehingga diharapkan ada gairah dari sekolah swasta untuk meningkatkan kualitasnya.

"Saat ini bebas SPP sudah digulirkan di Kabupaten Karawang dan Kabupaten Cirebon. Bisa tuh dilakukan dan akan menjadi acuan untuk pembebasan SPP di sekolah lainnya di Jabar," kata Wahyudin.

Ia menyebutkan uang R-BOS saat ini sudah ada di rekening Dinas Pendidikan Jawa Barat dan akan segera didistribusikan bila persyaratan dan administrasinya sudah komplit.

"Dananya sudah ada di rekening Disdik Jabar, siap digulirkan. Kami akan secepatnya mendistribusikan langsung ke rekening sekolah terkait," kata Wahyudin.

Ia mengakui masih adanya sekolah yang khawatir dana bantuan itu terlambat turun sehingga bisa segera dicairkan untuk operasional sekolah.

"Kekhawatiran itu ada, dan kami upayakan bisa secepatnya bisa dicairkan," katanya.(ant/id)

Mahasiswa Kelautan Unhas Bersihkan Sampah Laut Losari

Keluarga besar mahasiswa kelautan Universitas Hasanuddin (Unhas), yang tergabung dalam beberapa lembaga kemahasiswaan, mengelar aksi bersih-bersih sampah di sepanjang pantai losari serta laut Losari di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu Kegiatan itu dilakukan prakondisi jelang peringatan Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari 2016 serta kampanye akan kesehatan dan kepedulian akan lingkungan bersih.

Pengamat: Partai Oposisi Belum Jadi Mitra Oposisional

Partai-partai dalam Koalisi Merah Putih sebagai oposisi pemerintah belum menjadi mitra oposisional pemerintah yang baik dalam sistem pemerintahan, kata pengamat politik Ray Rangkuti.

Dinas Kebersihan Maksimalkan Kinerja Saat Imlek

Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang kabupaten Kubu Raya akan memaksimalkan kinerja petugas kebersihan yang ada, pada saat menjelang dan sesudah perayaan Imlek tahun ini.

Korsel Dan AS Bicarakan Operasi Pemasangan Sistem Rudal AS

Para pejabat pertahanan Korea Selatan dan Amerika Serikat mengatakan pada Minggu bahwa mereka akan memulai sebuah diskusi formal terkait peluncuran sistem pertahanan peluru kendali Amerika Serikat di semenanjung Korea untuk menangkal ancaman yang tumbuh dari Korea Utara.

Tiongkok Sesalkan Peluncuran Roket Korea Utara

Tiongkok pada Minggu menyampaikan penyesalannya atas peluncuran sebuah roket jarak jauh milik Korea Utara setelah Pyongyang mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil meluncurkan sebuah satelit ke dalam orbit.