Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jabar Gulirkan Dana Pendamping BOS Rp 300 Miliar

dana bos, program bos, jawa barat

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 350

Provinsi Jawa Barat menggulirkan program pedampingan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) senilai Rp300 miliar pada 2013.

"BOS dari pemerintah pusat nilainya sebesar sekitar Rp1,2 triliun untuk membebaskan SPP SMA dan SMK, dan dana pendampingan dari Pemprov Jabar Rp300 miliar. Jumlah pelajar SMA dan sederajat sekitar 1,2 jutaan siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dr Wahyudin Zarkasy di Bsndung, Selasa.

Menurut Zarkasy, program BOS pada 2012 hingga Juni 2013 masih Rintisan BOS (R-BOS) dimana setiap sekolah masih melakukan pungutan, sedangkan BOS digelar mulai Juli 2013.

"Selanjutnya setelah menjadi BOS kami tunggu juklaknya, apa masih boleh nggak ada penghimpunan dana dari orang tua siswa, namun bila BOS biasanya tidak boleh, tapi kita tunggu nanti," katanya.

Ia menyebutkan guliran BOS dengan membebaskan uang SPP sekolah itu bertujuan meringankan beban orang tua siswa khususnya dari kalangan tidak mampu untuk bisa menyekolahkan anaknya tanpa biaya sekolah yang tinggi.

Ia menyebutkan BOS tersebut selain untuk SMA negeri juga swasta, sehingga diharapkan ada gairah dari sekolah swasta untuk meningkatkan kualitasnya.

"Saat ini bebas SPP sudah digulirkan di Kabupaten Karawang dan Kabupaten Cirebon. Bisa tuh dilakukan dan akan menjadi acuan untuk pembebasan SPP di sekolah lainnya di Jabar," kata Wahyudin.

Ia menyebutkan uang R-BOS saat ini sudah ada di rekening Dinas Pendidikan Jawa Barat dan akan segera didistribusikan bila persyaratan dan administrasinya sudah komplit.

"Dananya sudah ada di rekening Disdik Jabar, siap digulirkan. Kami akan secepatnya mendistribusikan langsung ke rekening sekolah terkait," kata Wahyudin.

Ia mengakui masih adanya sekolah yang khawatir dana bantuan itu terlambat turun sehingga bisa segera dicairkan untuk operasional sekolah.

"Kekhawatiran itu ada, dan kami upayakan bisa secepatnya bisa dicairkan," katanya.(ant/id)

Referendum Keanggotan Inggris di Uni Eropa Digelar 2017

Warga Inggris akan memutuskan apakah negaranya akan tetap bertahan sebagai anggota Uni Eropa dalam referendum, yang akan digelar pada 2017, kata pemerintah pada Kamis.

Pemkab Penajam-BPPT Gelar Pelatihan Budidaya Rumput Laut

Pemerintah Kabupaten Penajam, Kalimantan Timur, bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi menggelar pelatihan budidaya rumput laut dan pengolahan pascapanen.

Presiden Mesir Janjikan Pileg Sebelum Akhir Tahun

Presiden Mesir Abdel Fatah Al Sisi kembali menjanjikan pemilihan anggota legislatif (pileg) menjelang akhir tahun 2015 ini setelah beberapa kali ditunda.

Gelombang Panas Tewaskan 1.371 Warga India

Gelombang panas di India, dengan suhu udara mencapai di atas 47 derajat "celsius", menewaskan setidak-tidaknya 1.

Korsel Mendapati Tujuh Penderita MERS, Satu Pergi ke Tiongkok

Jumlah penderita Sindroma Pernafasan Timur Tengah (MERS) di Korea Selatan, Kamis, meningkat menjadi tujuh orang dan pejabat setempat mengatakan satu terduga penderita keluar dari rumah karantina lalu pergi ke Tiongkok.