Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jabar Gulirkan Dana Pendamping BOS Rp 300 Miliar

dana bos, program bos, jawa barat

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 350

Provinsi Jawa Barat menggulirkan program pedampingan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) senilai Rp300 miliar pada 2013.

"BOS dari pemerintah pusat nilainya sebesar sekitar Rp1,2 triliun untuk membebaskan SPP SMA dan SMK, dan dana pendampingan dari Pemprov Jabar Rp300 miliar. Jumlah pelajar SMA dan sederajat sekitar 1,2 jutaan siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dr Wahyudin Zarkasy di Bsndung, Selasa.

Menurut Zarkasy, program BOS pada 2012 hingga Juni 2013 masih Rintisan BOS (R-BOS) dimana setiap sekolah masih melakukan pungutan, sedangkan BOS digelar mulai Juli 2013.

"Selanjutnya setelah menjadi BOS kami tunggu juklaknya, apa masih boleh nggak ada penghimpunan dana dari orang tua siswa, namun bila BOS biasanya tidak boleh, tapi kita tunggu nanti," katanya.

Ia menyebutkan guliran BOS dengan membebaskan uang SPP sekolah itu bertujuan meringankan beban orang tua siswa khususnya dari kalangan tidak mampu untuk bisa menyekolahkan anaknya tanpa biaya sekolah yang tinggi.

Ia menyebutkan BOS tersebut selain untuk SMA negeri juga swasta, sehingga diharapkan ada gairah dari sekolah swasta untuk meningkatkan kualitasnya.

"Saat ini bebas SPP sudah digulirkan di Kabupaten Karawang dan Kabupaten Cirebon. Bisa tuh dilakukan dan akan menjadi acuan untuk pembebasan SPP di sekolah lainnya di Jabar," kata Wahyudin.

Ia menyebutkan uang R-BOS saat ini sudah ada di rekening Dinas Pendidikan Jawa Barat dan akan segera didistribusikan bila persyaratan dan administrasinya sudah komplit.

"Dananya sudah ada di rekening Disdik Jabar, siap digulirkan. Kami akan secepatnya mendistribusikan langsung ke rekening sekolah terkait," kata Wahyudin.

Ia mengakui masih adanya sekolah yang khawatir dana bantuan itu terlambat turun sehingga bisa segera dicairkan untuk operasional sekolah.

"Kekhawatiran itu ada, dan kami upayakan bisa secepatnya bisa dicairkan," katanya.(ant/id)

Pulau Pasaran Tetap Pasok Teri ke Jawa

ejumlah perajin ikan teri di Pulau Pasaran Bandarlampung menyebutkan mereka tetap memasok ikan teri ke Pulau Jawa dan kawasan Jakarta, meski tidak mengurangi pasokan ke pasar modern dan tradisional di Bandarlampung.

185 Regu Ikuti Lintas Alam Menumbing 2014

Sebanyak 185 regu dari berbagai daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti lomba lintas alam Gunung Menumbing 2014 di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Babel, Minggu.

Mesir Jadi Tuan Rumah Perundingan Palestina-Israel

Mesir Selasa akan menjadi tuan rumah perundingan tidak langsung antara Palestina dan Israel yang bertujuan untuk mencapai pemahaman komprehensif dan perjanjian permanen mengenai berbagai isu.

Bencana Rawan Pangan Belum Terlihat

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Nusa Tenggara Timur, Tini Thadeus mengatakan, provinsi kepuluan itu belum mengalami bencana rawan pangan, meskipun terjadi krisis air yang disebabkan oleh El Nino.

Warga Tanjabtim Minta Dibangunkan Jalan Ke Gubernur

Warga Desa Lambur Luar, Kecamatan Tanjung Jabung Timur minta kepada Gubernur Jambi Hasan Basri Agus agar membangun jalan menuju desa mereka.