Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

ITS Buka D4 Teknik Sipil

institut teknologi sepuluh nopember, membuka diploma-4, teknik sipil

Posted on 21 May 2013. Hits : 430

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuka Diploma-4 (sarjana terapan) Teknik Sipil untuk menyikapi 'booming' infrastruktur yang membutuhkan sumber daya manusia dalam kuantitas dan kualitas memadai.

'Sebanyak 140-145 lulusan D3 yang ada selama ini selalu dipesan sejumlah perusahaan kontraktor sebelum lulus, karena itu kami membuka D4 Teknik Sipil,' kata Kepala Prodi Diploma ITS Ir M sigit Darmawan M.Eng.Sc PhD di Surabaya, Senin.

Didampingi Sekretaris Prodi Diploma I Dr Ridho Bayuaji ST MT, ia menjelaskan pembukaan D4 Teknik Sipil itu untuk melayani kebutuhan pasar yang cukup besar itu, sekaligus menjawab 'booming' infrastruktur di Tanah Air akhir-akhir ini.

'Tapi, persiapan kami mendadak, sehingga tidak sempat menerima D4 Teknik Sipil dari jalur nasional seperti SNMPTN dan SBMPTN, karena itu angkatan pertama kami seleksi dengan ujian lokal pada 27 Juni mendatang dengan pendaftaran pada 13 Mei-21 Juni,' katanya.

Menurut dia, D4 Teknik Sipil yang merupakan program ketiga secara nasional setelah UI dan ITB itu mencetak lulusan dengan tiga kompetensi yakni Bangunan Gedung, Bangunan Air, dan Bangunan Transportasi.

'Jalur karir dari ketiga kompetensi itu antara lain ahli struktur, ahli material bangunan, ahli pelaksanaan proyek, ahli pantai, ahli pengembangan sumber daya air (bendungan/irigasi), ahli pengelolaan air perkotaan, ahli jalan raya, ahli pelabuhan, dan ahli jembatan,' katanya.

Ditanya perbedaan dengan S1 Teknik Sipil yang sudah dimiliki ITS, ia mengatakan D4 sebagai program vokasi/terapan itu menerapkan 40 persen praktik, sedangkan praktik dalam program S1 hanya sekitar 25 persen.

'Selain itu, D4 Teknik Sipil itu fokus pada aplikasi dan mencetak lulusan siap kerja, karena sistem pengajarannya lebih banyak di laboratorium atau studio, lalu pembelajaran tidak diakhiri dengan skripsi, melainkan tugas akhir dalam bentuk proyek,' katanya.

Perbedaan lain lagi, pihaknya memberikan tugas magang pada 60-90 perusahaan yang selama ini menjalin kerja sama dengan Teknik Sipil ITS, di antaranya PT Adhikarya, PT Wijaya Karya, PT Hutama Karya, PT Waskita Karya, PT Pembangunan Perumahan, PT Pelindo, PT PLN, PT Semen Gresik, PDAM, PT Geosistem, PT Tata, dan sebagainya.

Mengenai biaya perkuliahan, ia mengatakan pihaknya akan menerapkan uang kuliah tunggal (UKT) sebesar Rp7,5 juta, namun angka itu masih belum diputuskan secara resmi.(ant/rd)

Presiden Hadi Bertemu Menlu Somalia Bahas Kerja Sama Bilateral

Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi Rabu bertemu dengan Menteri Luar Negeri Somalia Abdirahman Duale Beyle, yang saat ini mengunjungi Yaman.

Kota Pagaralam Sumsel Daerah Penghasil Strawbery

Lereng Gunung Dempo di Wilayah Kota Pagaralam Sumatera Selatan merupakan daerah selain memproduksi teh, juga terdapat perkebunan strawbery.

Pemkab Bangka Sediakan 10 Unit Mobil

Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan 10 unit mobil jenis pick-up guna kendaraan operasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Babel Akan Moratorium Pengiriman Timah

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memoratorium pengiriman timah ke luar negeri dalam mengantisipasi turunnya harga timah.

Kanada Lanjutkan Bantuan Burkina Faso Setelah Pemerintah Sipil Dipulihkan

Kanada mencabut penghentian bantuan kepada Burkina Faso, Kamis, dan mengatakan pihaknya puas bahwa pemerintahan sipil telah dipulihkan setelah pihak militer merebut kekuasaan bulan lalu.