Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

ITS Buka D4 Teknik Sipil

institut teknologi sepuluh nopember, membuka diploma-4, teknik sipil

Posted on 21 May 2013. Hits : 430

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuka Diploma-4 (sarjana terapan) Teknik Sipil untuk menyikapi 'booming' infrastruktur yang membutuhkan sumber daya manusia dalam kuantitas dan kualitas memadai.

'Sebanyak 140-145 lulusan D3 yang ada selama ini selalu dipesan sejumlah perusahaan kontraktor sebelum lulus, karena itu kami membuka D4 Teknik Sipil,' kata Kepala Prodi Diploma ITS Ir M sigit Darmawan M.Eng.Sc PhD di Surabaya, Senin.

Didampingi Sekretaris Prodi Diploma I Dr Ridho Bayuaji ST MT, ia menjelaskan pembukaan D4 Teknik Sipil itu untuk melayani kebutuhan pasar yang cukup besar itu, sekaligus menjawab 'booming' infrastruktur di Tanah Air akhir-akhir ini.

'Tapi, persiapan kami mendadak, sehingga tidak sempat menerima D4 Teknik Sipil dari jalur nasional seperti SNMPTN dan SBMPTN, karena itu angkatan pertama kami seleksi dengan ujian lokal pada 27 Juni mendatang dengan pendaftaran pada 13 Mei-21 Juni,' katanya.

Menurut dia, D4 Teknik Sipil yang merupakan program ketiga secara nasional setelah UI dan ITB itu mencetak lulusan dengan tiga kompetensi yakni Bangunan Gedung, Bangunan Air, dan Bangunan Transportasi.

'Jalur karir dari ketiga kompetensi itu antara lain ahli struktur, ahli material bangunan, ahli pelaksanaan proyek, ahli pantai, ahli pengembangan sumber daya air (bendungan/irigasi), ahli pengelolaan air perkotaan, ahli jalan raya, ahli pelabuhan, dan ahli jembatan,' katanya.

Ditanya perbedaan dengan S1 Teknik Sipil yang sudah dimiliki ITS, ia mengatakan D4 sebagai program vokasi/terapan itu menerapkan 40 persen praktik, sedangkan praktik dalam program S1 hanya sekitar 25 persen.

'Selain itu, D4 Teknik Sipil itu fokus pada aplikasi dan mencetak lulusan siap kerja, karena sistem pengajarannya lebih banyak di laboratorium atau studio, lalu pembelajaran tidak diakhiri dengan skripsi, melainkan tugas akhir dalam bentuk proyek,' katanya.

Perbedaan lain lagi, pihaknya memberikan tugas magang pada 60-90 perusahaan yang selama ini menjalin kerja sama dengan Teknik Sipil ITS, di antaranya PT Adhikarya, PT Wijaya Karya, PT Hutama Karya, PT Waskita Karya, PT Pembangunan Perumahan, PT Pelindo, PT PLN, PT Semen Gresik, PDAM, PT Geosistem, PT Tata, dan sebagainya.

Mengenai biaya perkuliahan, ia mengatakan pihaknya akan menerapkan uang kuliah tunggal (UKT) sebesar Rp7,5 juta, namun angka itu masih belum diputuskan secara resmi.(ant/rd)

Ponpes Darunnajah Beri Pelatihan Cegah Negatif Medsos

Perkembangan media sosial di kalangan remaja sudah sangat pesat, guna mencegah sisi negatifnya, Pondok Pesantren Darunnajah, Cipining, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar pelatihan khusus diikuti puluhan santrinya.

DIY Fasilitasi Nelayan Bantul Mendapat Asuransi Kecelakaan

Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun ini mulai memfasilitasi nelayan di wilayah pantai selatan Kabupaten Bantul agar mendapat asuransi kecelakaan dari PT Jasa Raharja Putera Cabang DIY.

BKD : Kepsek Minahasa Tenggara Segera Direposisi

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Mitra Robert Rogahang mengatakan kepala sekolah (kepsek) di kabupaten tersebut akan segera direposisi sebagai bentuk penyegaran.

Dikda Tomohon Seleksi Prestasi Siswa Melalui O2SN

Dinas Pendidikan Daerah (dikda) Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan proses seleksi siswa berprestasi melalui pelaksanaan Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN).

Bawaslu Sulsel Minta Panwas Bangun Kepercayaan Masyarakat

Badan Pengawas Pemilu Sulawesi Selatan meminta kepada Panitia Pengawas Pemilu di 11 kabupaten untuk segera membangun relasi dengan pejabat Komisi Pemilihan Umum setempat dalam membangun kepercayaan masyarakat.