Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

IDI Ajukan PK Kasus Dokter di Manado

idi, pk kasus dokter, manado

Posted on 18 Nov 2013. Hits : 422

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin mengatakan pihaknya akan mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atas putusan Mahkamah Agung (MA) yang memerintahkan penahanan dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG.

"Kami akan mengajukan PK atas putusan tersebut," ujar Zaenal di Jakarta, Senin.

Dokter Dewa Ayu dijebloskan ke tahanan berdasarkan putusan yang telah berkekuatan hukum tetap oleh Mahkamah Agung, Nomor 365.K/Pid/2012 tertanggal 18 September 2012.

Kasus tersebut bermula dari ditahannya dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara sejak 8 November lalu.

Dokter Dewa Ayu Sasiary Prawani bersama dua rekannya dr Hendry Simanjuntak dan dr Hendy Siagian diduga melakukan malpraktek.

Ketiga dokter spesialis kandungan tersebut terpidana dalam kasus dugaan malpraktek terhadap korban Julia Fransiska Makatey (25) pada 2010.

Para dokter melakukan tindakan Sectio Caesaria Sito karena riwayat gawat janin, setelah sebelumnya Julia dirujuk dari puskesmas. Beberapa hari setelah dilakukan operasi, Julia meninggal dunia akibat masuknya angin ke jantung atau emboli udara.

"Kasus ini harus dituntaskan, jika tidak bisa mengganggu dunia kesehatan," jelas dia.

Jika tidak diselesaikan, lanjut dia, maka tidak ada lagi dokter yang mengerjakan kasus gawat darurat.

"Kasus gawat darurat itu, potensinya sangat kecil," ujarnya.

IDI, lanjut dia, juga fokus dalam urusan hukum.

Dalam pandangan IDI, kata dia, tidak pantas dilakukan tindakan hukum karena para dokter telah melakukan tindakan hukum.

IDI juga berjanji akan berjuang untuk membebaskan dokter Ayu dari tahanan dan dua dokter lainnya dari jerat hukum.(ris/ant)

Tanjung Perak Mulai Padat

Puluhan ribu pemudik mulai memadati Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya hingga H-6 Lebaran 1435 Hijriah karena kian tingginya minat masyarakat menggunakan moda transportasi laut untuk pulang ke kampung halaman.

Timah Ctat Kenaikan Produksi

PT Timah Tbk mencatat produksi bijih timah sebesar 14.

Serangan Udara Tewaskan 19 Orang

Serangan-serangan udara pemerintah Irak di Falluja Senin dan Selasa nmenewaskan 19 orang termasuk anak-anak, kata seorang pejabat kesehatan di kota yang dikuasai gerilyawan itu.

Pilpres Usai, Pilkada Jembrana Disiapkan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jembrana, Bali barat seusai pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) segera mempersiapkan rancangan tahapan untuk Pilkada Jembrana, Bali, pada bulan Desember 2015.

Presiden Terpilih Diminta Perhatikan Leih Atlet

Pemerintah baru diminta memperhatikan prestasi atlet dengan memberikan penghargaan yang layak atas pencapaian mereka mengharumkan nama bangsa, kata Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) Dian Widjaja Kesumawati Arifin.