Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

IDI Ajukan PK Kasus Dokter di Manado

idi, pk kasus dokter, manado

Posted on 18 Nov 2013. Hits : 441

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin mengatakan pihaknya akan mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atas putusan Mahkamah Agung (MA) yang memerintahkan penahanan dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG.

"Kami akan mengajukan PK atas putusan tersebut," ujar Zaenal di Jakarta, Senin.

Dokter Dewa Ayu dijebloskan ke tahanan berdasarkan putusan yang telah berkekuatan hukum tetap oleh Mahkamah Agung, Nomor 365.K/Pid/2012 tertanggal 18 September 2012.

Kasus tersebut bermula dari ditahannya dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara sejak 8 November lalu.

Dokter Dewa Ayu Sasiary Prawani bersama dua rekannya dr Hendry Simanjuntak dan dr Hendy Siagian diduga melakukan malpraktek.

Ketiga dokter spesialis kandungan tersebut terpidana dalam kasus dugaan malpraktek terhadap korban Julia Fransiska Makatey (25) pada 2010.

Para dokter melakukan tindakan Sectio Caesaria Sito karena riwayat gawat janin, setelah sebelumnya Julia dirujuk dari puskesmas. Beberapa hari setelah dilakukan operasi, Julia meninggal dunia akibat masuknya angin ke jantung atau emboli udara.

"Kasus ini harus dituntaskan, jika tidak bisa mengganggu dunia kesehatan," jelas dia.

Jika tidak diselesaikan, lanjut dia, maka tidak ada lagi dokter yang mengerjakan kasus gawat darurat.

"Kasus gawat darurat itu, potensinya sangat kecil," ujarnya.

IDI, lanjut dia, juga fokus dalam urusan hukum.

Dalam pandangan IDI, kata dia, tidak pantas dilakukan tindakan hukum karena para dokter telah melakukan tindakan hukum.

IDI juga berjanji akan berjuang untuk membebaskan dokter Ayu dari tahanan dan dua dokter lainnya dari jerat hukum.(ris/ant)

UAE Luncurkan Kegiatan Besar Bantuan Buat Yaman

Presiden Uni Emirat Arab (UAE) Sheikh Khalifa bin Zayed An-Nahya, Sabtu (29/8), di Abu Dhabi memerintahkan dilancarkannya kegiatan besar kemanusiaan untuk menjangkau sebanyak 10 juta orang yang terpengaruh oleh krisis di Yaman.

Kebakaran Rumah Rugikan Pemilik Rp400 Juta

Kebakaran yang menghanguskan dua rumah dan satu gudang mebel di Jalan Arut, Palangka Raya, Sabtu pagi, menyebabkan pemilik rugi sekitar Rp400 Juta.

Menpora Lepas 3.722 Peserta 'Fun Bike' Haornas

Menpora Imam Nahrawi melepas 3.722 peserta kegiatan 'fun bike' untuk menyongsong Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang akan jatuh pada 9 September mendatang.

Presiden Lakukan Kunjungan Kerja Ke Bali

Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan kunjungan kerja selama sehari ke Bali, Minggu, dan Presiden bersama rombongan dijadwalkan berangkat dari bandar udara dengan Pesawat Kepresidenan pada pukul 08.

Dinas Kebudayaan Gelar Lomba Teater Se-Bali

Dinas Kebudayaan Provinsi Bali akan menggelar lomba teater se-Bali pada 1-3 September 2015 yang dipusatkan di Wantilan Taman Budaya, Denpasar.