Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

IDI Ajukan PK Kasus Dokter di Manado

idi, pk kasus dokter, manado

Posted on 18 Nov 2013. Hits : 441

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin mengatakan pihaknya akan mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atas putusan Mahkamah Agung (MA) yang memerintahkan penahanan dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG.

"Kami akan mengajukan PK atas putusan tersebut," ujar Zaenal di Jakarta, Senin.

Dokter Dewa Ayu dijebloskan ke tahanan berdasarkan putusan yang telah berkekuatan hukum tetap oleh Mahkamah Agung, Nomor 365.K/Pid/2012 tertanggal 18 September 2012.

Kasus tersebut bermula dari ditahannya dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara sejak 8 November lalu.

Dokter Dewa Ayu Sasiary Prawani bersama dua rekannya dr Hendry Simanjuntak dan dr Hendy Siagian diduga melakukan malpraktek.

Ketiga dokter spesialis kandungan tersebut terpidana dalam kasus dugaan malpraktek terhadap korban Julia Fransiska Makatey (25) pada 2010.

Para dokter melakukan tindakan Sectio Caesaria Sito karena riwayat gawat janin, setelah sebelumnya Julia dirujuk dari puskesmas. Beberapa hari setelah dilakukan operasi, Julia meninggal dunia akibat masuknya angin ke jantung atau emboli udara.

"Kasus ini harus dituntaskan, jika tidak bisa mengganggu dunia kesehatan," jelas dia.

Jika tidak diselesaikan, lanjut dia, maka tidak ada lagi dokter yang mengerjakan kasus gawat darurat.

"Kasus gawat darurat itu, potensinya sangat kecil," ujarnya.

IDI, lanjut dia, juga fokus dalam urusan hukum.

Dalam pandangan IDI, kata dia, tidak pantas dilakukan tindakan hukum karena para dokter telah melakukan tindakan hukum.

IDI juga berjanji akan berjuang untuk membebaskan dokter Ayu dari tahanan dan dua dokter lainnya dari jerat hukum.(ris/ant)

Broadway Musical Beauty and the Beast Premier Nanti Malam

Ting ting ting!!! Denting gelas-gelas timah itu selaras dengan musik live yang dimainkan oleh band di bawah panggung.

DSI Aceh : Guru Berkesempatan Bentuk Karakter Anak

Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Provinsi Aceh, Prof Syahrizal Abbas menyatakan guru memiliki ruang dan kesempatan besar untuk membentuk karakter anak agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

Presiden Minta Aturan Perkuliahan Ditinjau Ulang

Presiden Joko Widodo telah meminta Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk meninjau ulang aturan mengenai masa perkuliahan atau masa studi serta aturan terkait sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Disperindag Butur Awasi Peredaran Beras Plastik

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra),melakukan pengawasan secara intensif terhadap adanya indikasi peredaran beras plastik di daerah itu.

Pemprov Anggarkan Rp1,1 Miliar Untuk Bandara Adonara

Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur Menganggarkan dana sebesar Rp1,1 miliar untuk membiayai pembangunan lapangan terbang Adonara Kabupaten Flores Timur.