Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

IDI Ajukan PK Kasus Dokter di Manado

idi, pk kasus dokter, manado

Posted on 18 Nov 2013. Hits : 441

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin mengatakan pihaknya akan mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atas putusan Mahkamah Agung (MA) yang memerintahkan penahanan dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG.

"Kami akan mengajukan PK atas putusan tersebut," ujar Zaenal di Jakarta, Senin.

Dokter Dewa Ayu dijebloskan ke tahanan berdasarkan putusan yang telah berkekuatan hukum tetap oleh Mahkamah Agung, Nomor 365.K/Pid/2012 tertanggal 18 September 2012.

Kasus tersebut bermula dari ditahannya dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara sejak 8 November lalu.

Dokter Dewa Ayu Sasiary Prawani bersama dua rekannya dr Hendry Simanjuntak dan dr Hendy Siagian diduga melakukan malpraktek.

Ketiga dokter spesialis kandungan tersebut terpidana dalam kasus dugaan malpraktek terhadap korban Julia Fransiska Makatey (25) pada 2010.

Para dokter melakukan tindakan Sectio Caesaria Sito karena riwayat gawat janin, setelah sebelumnya Julia dirujuk dari puskesmas. Beberapa hari setelah dilakukan operasi, Julia meninggal dunia akibat masuknya angin ke jantung atau emboli udara.

"Kasus ini harus dituntaskan, jika tidak bisa mengganggu dunia kesehatan," jelas dia.

Jika tidak diselesaikan, lanjut dia, maka tidak ada lagi dokter yang mengerjakan kasus gawat darurat.

"Kasus gawat darurat itu, potensinya sangat kecil," ujarnya.

IDI, lanjut dia, juga fokus dalam urusan hukum.

Dalam pandangan IDI, kata dia, tidak pantas dilakukan tindakan hukum karena para dokter telah melakukan tindakan hukum.

IDI juga berjanji akan berjuang untuk membebaskan dokter Ayu dari tahanan dan dua dokter lainnya dari jerat hukum.(ris/ant)

Kompolnas Siap Evaluasi Polri Pascapenangkapan Novel

Wakil Ketua Komisi Kepolisian Nasional, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, mengatakan lembaga tersebut siap mengevaluasi jajaran Kepolisian RI usai penangkapan dan penahanan terhadap tersangka penganiayaan yang juga penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan.

Mendagri : Tidak Boleh Ada Intervensi Polri, KPK

Wakil Ketua Komisi Kepolisian Nasional, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, mengatakan kinerja Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai lembaga penegak hukum tidak boleh ditunggangi oleh kepentingan kelompok tertentu.

Sebuah Sekolah Di Meranti Habis Terbakar

Sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Kepulauan Meranti ludes dilalap si jago merah pada Sabtu.

Juventus Menangi Gelar Italia Ke-31

Juventus memenangi gelar Italia untuk ke-31 kalinya pada Sabtu, setelah gol Arturo Vidal di babak pertama membawa pasukan Massimiliano Allegri itu menaklukkan Sampdoria dengan skor 1-0.

Perbaikan Jalan Trans Sulawesi Mamuju Akibatkan Kemacetan

Perbaikan jalan dengan cara pengerukan bukit di jalur trans Sulawesi di Pa'tidi Kecamatan Simboro Kepulauan Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat mengakibatkan kemacetan lalu lintas.