Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

IDI Ajukan PK Kasus Dokter di Manado

idi, pk kasus dokter, manado

Posted on 18 Nov 2013. Hits : 441

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin mengatakan pihaknya akan mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atas putusan Mahkamah Agung (MA) yang memerintahkan penahanan dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG.

"Kami akan mengajukan PK atas putusan tersebut," ujar Zaenal di Jakarta, Senin.

Dokter Dewa Ayu dijebloskan ke tahanan berdasarkan putusan yang telah berkekuatan hukum tetap oleh Mahkamah Agung, Nomor 365.K/Pid/2012 tertanggal 18 September 2012.

Kasus tersebut bermula dari ditahannya dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara sejak 8 November lalu.

Dokter Dewa Ayu Sasiary Prawani bersama dua rekannya dr Hendry Simanjuntak dan dr Hendy Siagian diduga melakukan malpraktek.

Ketiga dokter spesialis kandungan tersebut terpidana dalam kasus dugaan malpraktek terhadap korban Julia Fransiska Makatey (25) pada 2010.

Para dokter melakukan tindakan Sectio Caesaria Sito karena riwayat gawat janin, setelah sebelumnya Julia dirujuk dari puskesmas. Beberapa hari setelah dilakukan operasi, Julia meninggal dunia akibat masuknya angin ke jantung atau emboli udara.

"Kasus ini harus dituntaskan, jika tidak bisa mengganggu dunia kesehatan," jelas dia.

Jika tidak diselesaikan, lanjut dia, maka tidak ada lagi dokter yang mengerjakan kasus gawat darurat.

"Kasus gawat darurat itu, potensinya sangat kecil," ujarnya.

IDI, lanjut dia, juga fokus dalam urusan hukum.

Dalam pandangan IDI, kata dia, tidak pantas dilakukan tindakan hukum karena para dokter telah melakukan tindakan hukum.

IDI juga berjanji akan berjuang untuk membebaskan dokter Ayu dari tahanan dan dua dokter lainnya dari jerat hukum.(ris/ant)

Sumur Warga Di Toboali Tercemar

Sumur air warga di Jalan Teladan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung, tercemar sejak beberapa bulan lalu karena mengandung minyak dan lemak.

Rubel Rusia Capai Rekor Terendah

urs rubel Rusia merosot ke rekor terendah selama ini terhadap dolar dan euro pada Kamis, setelah kartel minyak OPEC memutuskan untuk mempertahankan pagu produksi kolektifnya tidak berubah.

15 Bangunan Di Pasar Tapango Di Gusur

Sebanyak 15 unit bangunan masyarakat di pasar Desa Jambumale, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Provinsi Sulawesi Barat digusur paksa.

Konflik DPR Tidak Cerminkan Karakter Bangsa

Wakil Ketua Wadah Musyawarah Masyarakat Baduy (Wammby) Medi Marsinun mengatakan perseteruan dua dua kubu, yakni Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih yang terjadi di DPR itu tidak mencerminkan karakter bangsa.

Wali Kota Pantau Ketersediaan Gas Tingkat Agen

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin di Medan, Kamis, melakukan pemantauan atas ketersediaan gas di tingkat agen demi upaya menyahuti informasi dari masyarakat terhadap langkanyagas ukuran tabung tiga kilogramdi pasaran.