Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

IDI Ajukan PK Kasus Dokter di Manado

idi, pk kasus dokter, manado

Posted on 18 Nov 2013. Hits : 441

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin mengatakan pihaknya akan mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atas putusan Mahkamah Agung (MA) yang memerintahkan penahanan dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG.

"Kami akan mengajukan PK atas putusan tersebut," ujar Zaenal di Jakarta, Senin.

Dokter Dewa Ayu dijebloskan ke tahanan berdasarkan putusan yang telah berkekuatan hukum tetap oleh Mahkamah Agung, Nomor 365.K/Pid/2012 tertanggal 18 September 2012.

Kasus tersebut bermula dari ditahannya dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara sejak 8 November lalu.

Dokter Dewa Ayu Sasiary Prawani bersama dua rekannya dr Hendry Simanjuntak dan dr Hendy Siagian diduga melakukan malpraktek.

Ketiga dokter spesialis kandungan tersebut terpidana dalam kasus dugaan malpraktek terhadap korban Julia Fransiska Makatey (25) pada 2010.

Para dokter melakukan tindakan Sectio Caesaria Sito karena riwayat gawat janin, setelah sebelumnya Julia dirujuk dari puskesmas. Beberapa hari setelah dilakukan operasi, Julia meninggal dunia akibat masuknya angin ke jantung atau emboli udara.

"Kasus ini harus dituntaskan, jika tidak bisa mengganggu dunia kesehatan," jelas dia.

Jika tidak diselesaikan, lanjut dia, maka tidak ada lagi dokter yang mengerjakan kasus gawat darurat.

"Kasus gawat darurat itu, potensinya sangat kecil," ujarnya.

IDI, lanjut dia, juga fokus dalam urusan hukum.

Dalam pandangan IDI, kata dia, tidak pantas dilakukan tindakan hukum karena para dokter telah melakukan tindakan hukum.

IDI juga berjanji akan berjuang untuk membebaskan dokter Ayu dari tahanan dan dua dokter lainnya dari jerat hukum.(ris/ant)

Bupati Ketapang Optimistis Daud Jordan Menang KO

Bupati Ketapang Henrikus optimistis petinju Indonesia Daud Jordan mampu menaklukkan Ronal Pontillas dengan KO dalam perebutkan gelar Asia Pasifik versi WBO, di Gedung Olahraga (GOR) Pangsuma, Pontianak, Kalbar, Minggu (20/12).

Sharp Komitmen Hadirkan Produk Sehat Ramah Lingkungan

Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) Fumihiro Irie mengatakan Sharp berkomitmen untuk selalu menghadirkan produk yang sehat bagi keluarga dan ramah lingkungan.

Pemkab Bojonegoro Buka Dapur Umum Korban Banjir

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mulai Jumat membuka dapur umum di Desa Senganten dan Gondang, Kecamatan Gondang, untuk mencukupi kebutuhan makan warga korban banjir bandang di sejumlah desa di kecamatan setempat.

Dumai Turunkan 324 Personel Amankan Tahun Baru

Pelaksanaan Operasi Lilin 2014 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2015 di kota Dumai Riau akan dikawal ketat sebanyak 324 personel gabungan.

Bupati Ajak Masyarakat Rayakan Natal Dengan Kesederhanaan

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajouw mengajak masyarakat Minahasa agar merayakan Natal 25 Desember 2014 dengan penuh kesederhanaan.