Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

IDI Ajukan PK Kasus Dokter di Manado

idi, pk kasus dokter, manado

Posted on 18 Nov 2013. Hits : 441

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin mengatakan pihaknya akan mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atas putusan Mahkamah Agung (MA) yang memerintahkan penahanan dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG.

"Kami akan mengajukan PK atas putusan tersebut," ujar Zaenal di Jakarta, Senin.

Dokter Dewa Ayu dijebloskan ke tahanan berdasarkan putusan yang telah berkekuatan hukum tetap oleh Mahkamah Agung, Nomor 365.K/Pid/2012 tertanggal 18 September 2012.

Kasus tersebut bermula dari ditahannya dr Dewa Ayu Sasiary Prawani SpOG oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara sejak 8 November lalu.

Dokter Dewa Ayu Sasiary Prawani bersama dua rekannya dr Hendry Simanjuntak dan dr Hendy Siagian diduga melakukan malpraktek.

Ketiga dokter spesialis kandungan tersebut terpidana dalam kasus dugaan malpraktek terhadap korban Julia Fransiska Makatey (25) pada 2010.

Para dokter melakukan tindakan Sectio Caesaria Sito karena riwayat gawat janin, setelah sebelumnya Julia dirujuk dari puskesmas. Beberapa hari setelah dilakukan operasi, Julia meninggal dunia akibat masuknya angin ke jantung atau emboli udara.

"Kasus ini harus dituntaskan, jika tidak bisa mengganggu dunia kesehatan," jelas dia.

Jika tidak diselesaikan, lanjut dia, maka tidak ada lagi dokter yang mengerjakan kasus gawat darurat.

"Kasus gawat darurat itu, potensinya sangat kecil," ujarnya.

IDI, lanjut dia, juga fokus dalam urusan hukum.

Dalam pandangan IDI, kata dia, tidak pantas dilakukan tindakan hukum karena para dokter telah melakukan tindakan hukum.

IDI juga berjanji akan berjuang untuk membebaskan dokter Ayu dari tahanan dan dua dokter lainnya dari jerat hukum.(ris/ant)

TNI Rehabilitasi Rumah Kampung Bekas Markas OPM

Komandan Kodim 1703 Manokwari Letkol Inf. Stevanus Satrio Aribowo mengatakan anggotanya telah merampungkan pembangunan lima unit rumah layak huni bagi masyarakat Kampung Sosmuruf bekas markas Organisasi Papua Merdeka (OPM) Pasukan Kaswari Satu Manokwari, Papua Barat.

SPSI Freeport Nyatakan Mogok Kerja Batal

Pimpinan Unit Kerja (PUK) SPSI PT Freeport Indonesia, PUK SPSI PT Kuala Pelabuhan Indonesia dan PUK SPSI PT Puncak Jaya Power mengumumkan bahwa rencana mogok kerja selama sebulan mulai 6 November-6 Desember 2014 dinyatakan batal.

'Makassar Food Carnival' Hadirkan Kuliner Kreatif

Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan De'Sound Production menyelengarakan 'Makassar Food Carnival' yang menghadirkan ragam kuliner kreatif khas anak muda Makassar.

Asian Agri Berhasil Kembangkan Kemitraan Perusahaan - Petani

General Manager Asian Agri, Freddy Widjaya mengatakan mengembangkan kemitraan antara perusahaan dengan petani guna meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan para petani dan keluarganya.

Kota Medan Targetkan 50 Emas Porprov 2014

Kontingen Kota Medan ditargetkan merebut 50 medali emas Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, 9-15 November 2014, untuk mempertahankan gelar juara umum yang diraih pada 2010.