Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Greenpeace: Kawasan Mifee Diincar Karena Dataran Rendah

mifee, wwf, sawit, hektare

Posted on 14 Dec 2012. Hits : 203

Kepala Pemetaan dan Riset Greenpeace Indonesia Kiki Taufik, mengatakan kawasan Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) banyak diincar oleh sejumlah perusahaan karena terdapat di dataran rendah.

"Kawasan MIFEE merupakan dataran rendah dan dekat dengan laut. Tak heran jika banyak perusahaan yang mengincar kawasan tersebut," ujar Kiki Taufik di Jakarta, Jumat.

Dataran rendah sangat cocok untuk wilayah perkebunan. Sementara kedekatan dengan laut meringankan biaya transportasi.

Laporan dari WWF wilayah Sahul menyebutkan sebanyak 54 hingga 60 persen kawasan MIFEE malah digunakan untuk Hutan Tanaman Industri (HTI).

Berdasarkan data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah menyebutkan kawasan itu mempunyai luasan sebanyak 2,16 juta hektare dan dikelola 45 perusahaan.

"Seharusnya MIFEE itu benar-benar dimanfaatkan untuk pangan. Tapi kenyataannya banyak perusahaan yang berlomba-lomba mendapatkan izin untuk sawit dan HTI." Greenpeace, lanjut dia, sudah berupaya meminta pemerintah untuk mengkaji ulang izin MIFEE tersebut.

Untuk tingkat provinsi sudah membuahkan hasil dimana pemerintah provinsi sudah mulai terbuka. Namun sayangnya kendala ada di tingkat kabupaten.

"Pemerintah kabupaten mudah tergiur oleh tawaran-tawaran perusahaan," kata dia.

Program MIFEE mencakup pertanian padi, tebu, jagung, kedelai, perkebunan kelapa sawit, peternakan sapi, perikanan dan lain-lain. Program itu diluncurkan pada 11 Agustus 2010.(ant/ev)

Biaya Rujukan Pasien Dekai Rp60 Juta

Biaya rujukan pasien dari Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, ke Jayapura kemudian sebaliknya dari Jayapura kembali ke Dekai sebesar Rp60 juta.

Disperindag Temukan Bahan Kue Kedaluwarsa

Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindag) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menemukan bahan kue dan makanan serta ikan kaleng kedaluwarsa dalam inspeksi mendadak menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah.

Ngurah Rai Siap Hadapi Lebaran

Bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar, Bali, dinilai siap dalam menghadapi lonjakan penumpang yang biasa dihadapi pada masa liburan lebaran 2014/1435 Hijriyah.

Telkomsel Pasang BTS di Bandara

Perseroan Terbatas Telkomsel Cabang Palu memasang satu unit base transceiver station (BTS) atau penguat sinyal untuk melayani para pemudik yang sedang berada di dalam ruang tunggu Bandara Mutiara SIS Aljufri, Kota Palu.

Polres Kotim Tingkatkan Pengamanan Rumah Pemudik

Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, meningkatkan pengamanan selama perayaan lebaran Idul Fitri, di antaranya pengamanan rumah-rumah pemudik.