Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Greenpeace: Kawasan Mifee Diincar Karena Dataran Rendah

mifee, wwf, sawit, hektare

Posted on 14 Dec 2012. Hits : 204

Kepala Pemetaan dan Riset Greenpeace Indonesia Kiki Taufik, mengatakan kawasan Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) banyak diincar oleh sejumlah perusahaan karena terdapat di dataran rendah.

"Kawasan MIFEE merupakan dataran rendah dan dekat dengan laut. Tak heran jika banyak perusahaan yang mengincar kawasan tersebut," ujar Kiki Taufik di Jakarta, Jumat.

Dataran rendah sangat cocok untuk wilayah perkebunan. Sementara kedekatan dengan laut meringankan biaya transportasi.

Laporan dari WWF wilayah Sahul menyebutkan sebanyak 54 hingga 60 persen kawasan MIFEE malah digunakan untuk Hutan Tanaman Industri (HTI).

Berdasarkan data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah menyebutkan kawasan itu mempunyai luasan sebanyak 2,16 juta hektare dan dikelola 45 perusahaan.

"Seharusnya MIFEE itu benar-benar dimanfaatkan untuk pangan. Tapi kenyataannya banyak perusahaan yang berlomba-lomba mendapatkan izin untuk sawit dan HTI." Greenpeace, lanjut dia, sudah berupaya meminta pemerintah untuk mengkaji ulang izin MIFEE tersebut.

Untuk tingkat provinsi sudah membuahkan hasil dimana pemerintah provinsi sudah mulai terbuka. Namun sayangnya kendala ada di tingkat kabupaten.

"Pemerintah kabupaten mudah tergiur oleh tawaran-tawaran perusahaan," kata dia.

Program MIFEE mencakup pertanian padi, tebu, jagung, kedelai, perkebunan kelapa sawit, peternakan sapi, perikanan dan lain-lain. Program itu diluncurkan pada 11 Agustus 2010.(ant/ev)

Presiden Sierra Leone Umumkan Keadaan Darurat

Presiden Sierra Leone telah mengumumkan keadaan darurat masyarakat 'guna memungkinkan pemerintah melakukan pendekatan yang lebih kuat guna menangani penyakit ebola'.

Tiga Pengunjung Meninggal Terseret Ombak Di Agam

Sebanyak tiga dari tujuh pengunjung yang terseret ombak di Pantai Banda Mutiara, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis, sekitar 13.

Kubu Raya Bentuk 10 Tim Inspeksi PNS

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya membentuk 10 tim yang ditugaskan untuk melakukan inspeksi ke seluruh pegawai negeri sipil (PNS) untuk mengantisipasi pegawai yang bolos setelah libur Lebaran.

Li Na Absen Di AS Terbuka

Petenis peringkat dua dunia Li Na dari Tiongkok mengumumkan pada Kamis bahwa dia akan absen pada turnamen AS Terbuka bulan depan saat dia sedang bergulat dengan cedera lutut.

Pemkab Batang Rintis Jalan Tembus Bawang-Dieng

Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, merintis pembangunan jalan tembus dari Kecamatan Bawang menuju Dieng, Kabupaten Banjarnegara, sebagai upaya meningkatkan perekonomian warga setempat.