Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Greenpeace: Kawasan Mifee Diincar Karena Dataran Rendah

mifee, wwf, sawit, hektare

Posted on 14 Dec 2012. Hits : 207

Kepala Pemetaan dan Riset Greenpeace Indonesia Kiki Taufik, mengatakan kawasan Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) banyak diincar oleh sejumlah perusahaan karena terdapat di dataran rendah.

"Kawasan MIFEE merupakan dataran rendah dan dekat dengan laut. Tak heran jika banyak perusahaan yang mengincar kawasan tersebut," ujar Kiki Taufik di Jakarta, Jumat.

Dataran rendah sangat cocok untuk wilayah perkebunan. Sementara kedekatan dengan laut meringankan biaya transportasi.

Laporan dari WWF wilayah Sahul menyebutkan sebanyak 54 hingga 60 persen kawasan MIFEE malah digunakan untuk Hutan Tanaman Industri (HTI).

Berdasarkan data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah menyebutkan kawasan itu mempunyai luasan sebanyak 2,16 juta hektare dan dikelola 45 perusahaan.

"Seharusnya MIFEE itu benar-benar dimanfaatkan untuk pangan. Tapi kenyataannya banyak perusahaan yang berlomba-lomba mendapatkan izin untuk sawit dan HTI." Greenpeace, lanjut dia, sudah berupaya meminta pemerintah untuk mengkaji ulang izin MIFEE tersebut.

Untuk tingkat provinsi sudah membuahkan hasil dimana pemerintah provinsi sudah mulai terbuka. Namun sayangnya kendala ada di tingkat kabupaten.

"Pemerintah kabupaten mudah tergiur oleh tawaran-tawaran perusahaan," kata dia.

Program MIFEE mencakup pertanian padi, tebu, jagung, kedelai, perkebunan kelapa sawit, peternakan sapi, perikanan dan lain-lain. Program itu diluncurkan pada 11 Agustus 2010.(ant/ev)

Gunung Kidul Persiapkan Pilkada 2015

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar rapat koordinasi evaluasi Pemilu Legislatif 9 April dan Pemilu Presiden 9 Juli 2014, serta persiapan Pemilihan Umum Kepala Daerah 2015.

Kodam XVI Pattimura Gelar Aksi Donor Darah

Kodam XVI Pattimura menggelar aksi donor darah memperingati HUT TNI ke-69 tahun 2014 sebagai salah satu kegiatan rutin dan bentuk pelayanan kepada masyarakat.

4 Pilar Utama Tingkatkan SDM Aceh

Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan empat pilar utama untuk meningkatkan sumber daya manusia yang sesuai dengan karakteristik dan kekhasan dimiliki provinsi ini.

Kendaraan Dinas Dilarang Gunakan BBM Bersubsidi

Pemerintah Kabupaten Kolaka mulai menerapkan pelarangan kendaraan dinas menggunakan bahan bakar minyak bersubsidi di semua wilayah itu mulai diberlakukan sejak 1 September 2014.

Menperin: Industri Dorong Perekonomian Indonesia

Menteri Perindustrian (Menperin) menyatakan industri menjadi pendorong ekonomi Indonesia yang sangat strategis, bahkan dalam lima tahun terakhir, telah berkontribusi sekitar 21 persen terhadap PDB dengan tingkat pertumbuhan 6 persen per tahun.