Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Greenpeace: Kawasan Mifee Diincar Karena Dataran Rendah

mifee, wwf, sawit, hektare

Posted on 14 Dec 2012. Hits : 207

Kepala Pemetaan dan Riset Greenpeace Indonesia Kiki Taufik, mengatakan kawasan Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) banyak diincar oleh sejumlah perusahaan karena terdapat di dataran rendah.

"Kawasan MIFEE merupakan dataran rendah dan dekat dengan laut. Tak heran jika banyak perusahaan yang mengincar kawasan tersebut," ujar Kiki Taufik di Jakarta, Jumat.

Dataran rendah sangat cocok untuk wilayah perkebunan. Sementara kedekatan dengan laut meringankan biaya transportasi.

Laporan dari WWF wilayah Sahul menyebutkan sebanyak 54 hingga 60 persen kawasan MIFEE malah digunakan untuk Hutan Tanaman Industri (HTI).

Berdasarkan data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah menyebutkan kawasan itu mempunyai luasan sebanyak 2,16 juta hektare dan dikelola 45 perusahaan.

"Seharusnya MIFEE itu benar-benar dimanfaatkan untuk pangan. Tapi kenyataannya banyak perusahaan yang berlomba-lomba mendapatkan izin untuk sawit dan HTI." Greenpeace, lanjut dia, sudah berupaya meminta pemerintah untuk mengkaji ulang izin MIFEE tersebut.

Untuk tingkat provinsi sudah membuahkan hasil dimana pemerintah provinsi sudah mulai terbuka. Namun sayangnya kendala ada di tingkat kabupaten.

"Pemerintah kabupaten mudah tergiur oleh tawaran-tawaran perusahaan," kata dia.

Program MIFEE mencakup pertanian padi, tebu, jagung, kedelai, perkebunan kelapa sawit, peternakan sapi, perikanan dan lain-lain. Program itu diluncurkan pada 11 Agustus 2010.(ant/ev)

Tujuh Korban ABK Masih Berada Dalam Kapal

Tujuh korban anak buah kapal (ABK) yang dinyatakan hilang diduga masih berada di dalam Kapal Motor Kumala Endah yang tenggelam di perairan Belawan, Provinsi Sumatera Utara.

200 Ayam Mati Akibat Virus Flu Burung

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua Barat Harry Uhi mengatakan, sebanyak 200 ekor ayam mati mendadak kena virus flu burung di Kota Sorong.

Warga Perbatasan Minta Gubernur Jambi Perbaiki Jalan

Warga enam Desa di perbatasan Jambi, Sumatera Selatan, meminta Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus memperbaiki jalan di desa mereka.

Kawasan Wisata Gua Putri OKU Mulai Dibenahi

Kawasan wisata Gua Putri di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, yang rusak akibat diterjang banjir bandang pada Sabtu (14/3), sekarang mulai dilakukan pembenahan.

RSI Surabaya Segera Bangun Gedung Lima Lantai

Rumah Sakit Islam (RSI) Ahmad Yani Surabaya segera membangun gedung lima lantai di sisi utama rumah sakit itu mulai Mei mendatang.