Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Greenpeace: Kawasan Mifee Diincar Karena Dataran Rendah

mifee, wwf, sawit, hektare

Posted on 14 Dec 2012. Hits : 207

Kepala Pemetaan dan Riset Greenpeace Indonesia Kiki Taufik, mengatakan kawasan Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) banyak diincar oleh sejumlah perusahaan karena terdapat di dataran rendah.

"Kawasan MIFEE merupakan dataran rendah dan dekat dengan laut. Tak heran jika banyak perusahaan yang mengincar kawasan tersebut," ujar Kiki Taufik di Jakarta, Jumat.

Dataran rendah sangat cocok untuk wilayah perkebunan. Sementara kedekatan dengan laut meringankan biaya transportasi.

Laporan dari WWF wilayah Sahul menyebutkan sebanyak 54 hingga 60 persen kawasan MIFEE malah digunakan untuk Hutan Tanaman Industri (HTI).

Berdasarkan data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah menyebutkan kawasan itu mempunyai luasan sebanyak 2,16 juta hektare dan dikelola 45 perusahaan.

"Seharusnya MIFEE itu benar-benar dimanfaatkan untuk pangan. Tapi kenyataannya banyak perusahaan yang berlomba-lomba mendapatkan izin untuk sawit dan HTI." Greenpeace, lanjut dia, sudah berupaya meminta pemerintah untuk mengkaji ulang izin MIFEE tersebut.

Untuk tingkat provinsi sudah membuahkan hasil dimana pemerintah provinsi sudah mulai terbuka. Namun sayangnya kendala ada di tingkat kabupaten.

"Pemerintah kabupaten mudah tergiur oleh tawaran-tawaran perusahaan," kata dia.

Program MIFEE mencakup pertanian padi, tebu, jagung, kedelai, perkebunan kelapa sawit, peternakan sapi, perikanan dan lain-lain. Program itu diluncurkan pada 11 Agustus 2010.(ant/ev)

PLN-PDAM Pengaruhi Suksesnya MTQ Kabupaten Bengkalis

Perusahaan Listrik Negara dan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, berpengaruh terhadap suksesnya pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 40 tingkat kabupaten yang digelar pada 30 Mei mendatang.

Kepengurusan Perindo Sumut Ditargetkan Selesai Akhir Juni

Pemegang mandat Partai Perindo kabupaten/kota di Sumatera Utara diberikan target penyusunan kepengurusan hingga tingkat kecamatan paling lama akhir Juni 2015.

Jembrana Aman Dari Beras Sintetis

Berdasarkan pengecekan yang dilakukan Dinas Perdagangan, Perindustrian Dan Koperasi, Jumat, Kabupaten Jembrana, Bali, aman dari peredaran beras berbahan sintetis atau plastik.

Beras Sintetis Untungkan Pedagang Lokal Madura

Kabar adanya peredaran beras oplosan berbahan baku sintetis menguntung pedagang beras lokal di Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Dewan Minta Kelompok Kerja ULP Bekerja Profesional

Komisi III DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan melaksanakan proses lelang pengadaan barang atau jasa di lingkungan pemerintah setempat secara profesional.