Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Greenpeace: Kawasan Mifee Diincar Karena Dataran Rendah

mifee, wwf, sawit, hektare

Posted on 14 Dec 2012. Hits : 176

Kepala Pemetaan dan Riset Greenpeace Indonesia Kiki Taufik, mengatakan kawasan Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) banyak diincar oleh sejumlah perusahaan karena terdapat di dataran rendah.

"Kawasan MIFEE merupakan dataran rendah dan dekat dengan laut. Tak heran jika banyak perusahaan yang mengincar kawasan tersebut," ujar Kiki Taufik di Jakarta, Jumat.

Dataran rendah sangat cocok untuk wilayah perkebunan. Sementara kedekatan dengan laut meringankan biaya transportasi.

Laporan dari WWF wilayah Sahul menyebutkan sebanyak 54 hingga 60 persen kawasan MIFEE malah digunakan untuk Hutan Tanaman Industri (HTI).

Berdasarkan data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah menyebutkan kawasan itu mempunyai luasan sebanyak 2,16 juta hektare dan dikelola 45 perusahaan.

"Seharusnya MIFEE itu benar-benar dimanfaatkan untuk pangan. Tapi kenyataannya banyak perusahaan yang berlomba-lomba mendapatkan izin untuk sawit dan HTI." Greenpeace, lanjut dia, sudah berupaya meminta pemerintah untuk mengkaji ulang izin MIFEE tersebut.

Untuk tingkat provinsi sudah membuahkan hasil dimana pemerintah provinsi sudah mulai terbuka. Namun sayangnya kendala ada di tingkat kabupaten.

"Pemerintah kabupaten mudah tergiur oleh tawaran-tawaran perusahaan," kata dia.

Program MIFEE mencakup pertanian padi, tebu, jagung, kedelai, perkebunan kelapa sawit, peternakan sapi, perikanan dan lain-lain. Program itu diluncurkan pada 11 Agustus 2010.(ant/ev)

Pleno KPU Tanjabar Baru Rampungkan Satu Dapil

Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara yang digelar KPU Tanjung Jabung Timur berjalan alot, karena hingga Minggu dinihari (20/4) baru merampungkan perhitungan untuk satu daerah pemilihan.

Suarez Raih Gol Ke-30 Yang Bersejarah

Luis Suarez mencetak gol ke-30 di Liga Utama Inggris (Premier League) pada musim ini saat menghadapi Norwich City, Minggu, sekaligus menjadi pemain Liverpool pertama yang melewati capaian rekor itu sejak Ian Rush pada 1987.

Pelopor Bangun Subak Abadi

Pemerintah Kota Denpasar diharapkan menjadi pelopor pembangunan dan menetapkan kawasan subak abadi di Provinsi Bali, untuk menjaga kesinambungan lahan pertanian dan lahan terbuka hijau di ibu kota di Pulau Dewata ini.

Mobil Sean Bermasalah di Silverstone

Pebalap Indonesia Sean Gelael merasa kecewa besar karena keuletannya dalam test pralomba tidak terwujud saat berlomba yang sebenarnya pada putaran pertama Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa yang berlangsung di Silverstone, akhir minggu lalu.

DPRD Rejang Lebong Kagumi Hutan Pelawan Namang

Rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengaku kagum dengan hamparan hutan asri yang sengaja dipelihara untuk penangkaran madu lebah pelawan di Kecamatan Namang, Bangka Tengah, Bangka Belitung.